Jalan Kaki, Olahraga Pilihan yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Jalan kaki, jadi olahraga pilihan yang ternyata kaya manfaatnya bagi kesehatan. Walaupun mulai banyak pilihan olahraga baru yang bermunculan, tapi pilihan saya tetap pada berjalan, hehe..


Selain tentu saja lebih praktis karena tidak perlu alat apapun, olahraga ini juga bisa dilakukan kapan saja dan kemana saja.


Berapa Langkah Setiap Hari?

Nah ternyata, untuk digolongkan jadi olahraga yang memberikan manfaat, jalan kaki harus dilakukan minimal 7.500 langkah sekali jalan. Atau kurang lebih selama 30 menit. Ah, kecil segitu doang sih, hehe.. 


Bahkan, menurut orang-orang Jepang, jika jalan kaki yang kita tempuh dalam sehari masih kurang dari 5000 langkah, kita masih jadi golongan orang mager, MALAS GERAK! Nah, bahayanya, gaya hidup mager ini akan berisiko menimbulkan berbagai macam penyakit kronis.


Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, paling tidak berjalanlah 7500 langkah dalam sehari. Atau jika kuat, bisa sampai 10.000 langkah sehari, maka berat badan akan lebih stabil.


Jadi, sudah berapa langkah kalian jalan kaki sehari?


Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Jalan kaki sudah pasti gratis dilakukan, kecuali kalau jalan kaki kalian tujuannya adalah beli bubur ayam, hehe..


Jadi banyak orang yang memilih kegiatan ini untuk jadi rutinitas harian. Mudah dilakukan saat waktu luang, misalnya pagi hari saat pergi belanja, atau berangkat ke tempat kerja.

Olahraga Jalan Kaki
Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan (design by catatanatiqoh via Canva)

Bisa juga sore hari sembari menemani anak bermain di luar. Atau saat pulang dari tempat kerja.


Jadi lebih irit pengeluaran kan untuk transportasi? hehe.. Nah, selain hemat, dengan rutin berjalan juga berdampak positif untuk kesehatan tubuh dan lingkungan tentunya.


1. Menjaga Berat Badan

Para pejuang diet, sini merapat! hihi.. Olahraga mudah ini sudah terbukti lho menurunkan berat badan secara nyata. Apalagi kalau dilakukan setiap hari dan bisa sampai 10.000 langkah atau selama 45 menit, akan mampu membakar kalori hingga 150 kalori dalam tubuh.


Kalau dibahas dalam buku "Sehat Tanpa Obat", orang yang berjalan dengan jarak 4 km dalam satu jam akan membakar 200 - 250 kalori dan 22 - 28 gram lemak. Wow banget kan?


Dalam sebuah studi baru di Amerika Serikat juga menyebutkan bahwa mengikuti pola olahraga sederhana seperti berjalan cepat seratus langkah permenit, dapat membantu menyingkirkan banyak penyakit yang disebabkan oleh Obesitas.


Apalagi kalau dilakukan bareng dengan penerapan diet yang sesuai dengan petunjuk ahli gizi, badan bakalan cepat mencapai berat impian nih 😊


2. Mengurangi Stres

Banyak penelitian di Amerika yang mendorong untuk melakukan olahraga ini, karena manfaat yang dirasakan cukup banyak. Salah satunya menyebutkan jika berjalan selama tiga puluh menit dapat menjadikan perasaan seseorang merasa lebih baik. Ini disebabkan adanya sekresi hormon endorfin.


Jadi, bagi kalian yang sangat rentan dengan tekanan dan merasa penat dengan kegiatan yang monoton di dalam ruangan, cobalah untuk berjalan-jalan sejenak.


Mencari udara segar dan pemandangan yang tidak biasa juga bisa membantu mengurangi stres. Tapi bukan juga jalan-jalan ke mall ya, haha.. Meski itu juga bisa mengurangi stres sih 😂


3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Secara logika, tubuh kalau lelah pasti akan lebih mudah tertidur. Tapi, tidak selalu demikian ternyata kalau lelahnya tidak terarah.


Misalnya, kita terlalu lelah dengan kegiatan sehari-hari yang monoton, bukan cuma lelah karena energi yang terkuras, tapi badan juga akan kaku karena kurang gerak. Nah, ini yang justru akan mengurangi kualitas tidur.


Tidur jadi tidak nyaman dan akan mudah terbangun. Bahkan, bangun tidur pun badan masih terasa lelah. Ada yang merasa demikian? Saya! Tapi dulu waktu masih malas gerak, hehe..


Menurut penelitian dari National Sleep Assosiation, mengungkapkan bahwa dengan kegiatan jalan kaki di sela aktivitas kesibukan sehari-hari, akan membantu seseorang tidur lebih nyenyak.


Berjalan akan merangsang sekresi hormon serotonin yang akan membuat rileks. Dan, kenaikan suhu tubuh karena berjalan, dapar merangsang otak untuk mengurangi suhu tubuh, kemudian membantu untuk tidur. Tercukupinya waktu tidur, akan membuat tubuh lebih sehat.


Daaaan, masih banyak lagi manfaat lainnya dari jalan kaki, yang memberikan pengaruh positif bagi tubuh. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh, juga mempercepat proses penyembuhan saat sedang terkena penyakit ringan, seperti flu, batuk atau pilek.


Tips Kuat dan Nyaman Berjalan Kaki

Pilihan olahraga tersebut, meski mudah dilakukan bukan berarti dapat sembarangan dilakukan. Penting juga untuk memperhatikan beberapa hal yang akan dapat membuat jalan lebih kuat dan nyaman.


Jika memang mempunyai keluhan atau penyakit tertentu, mungkin lebih baik untuk konsultasi ke dokter mengenai batasan-batasan jika ingin melakukan olahraga jalan kaki.


Namun selain itu, berikut ini ada tips dari beberapa sumber yang saya baca, supaya kaki tetap kuat berjalan meski jarak jauh, serta tetap nyaman.


1. Mulai Dengan Jarak Tempuh Dekat

Mulai dengan membiasakan diri untuk berjalan dalam jarak dekat. Kalau biasanya ke warung depan rumah dengan motor, sekarang coba jalan kaki, hehe..


Kemudian, latih terus secara bertahap, mulai tambah lagi jarak tempuh yang bisa dilewati. Kalau hari ini sudah mampu 50 meter tanpa berhenti, minggu depan mungkin menjadi dua kali lipatnya.


Tidak perlu dipaksakan, karena justru dapat membahayakan otot dan bisa saja cedera.


2. Mulai Dari Kecepatan Pelan

Nah, tips ini juga akan mempengaruhi nafas kita. Mulai jalan dari gerakan yang tidak perlu terlalu cepat. Setelah beberapa saat, baru mulai tingkatkan kecepatan berjalan.


Tapi, tentu saja sesuaikan juga dengan kemampuan nafas kita. Jika sudah mulai lelah dan tersengal, mulai untuk untuk menurunkan kecepatan perlahan.


3. Latih Otot Kaki

Agar otot kaki lebih kuat untuk berjalan, latih juga dengan naik turun tangga. Ini akan membantu otot-otot kaki lebih lentur dan terbiasa dengan pergerakan. Selain bisa lebih kuat untuk berjalan jauh, juga mengurangi kemungkinan cedera.


4. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Nah, penting juga untuk mencari kenyamanan pada saat berjalan. Kenyamanan ini bisa kita dapatkan dari alas kaki yang nyaman dipakai.


Tidak harus dengan sepatu, namun dapat juga menggunakan sandal, asalkan nyaman dan pas di kaki saat digunakan. Serta tidak menimbulkan resiko lainnya, seperti terjatuh karena alas kaki licin.


Jadi, sudah siap belum untuk meninggalkan gaya hidup MAGER? 😊


Yuk, mulai kebiasaan baik yang sederhana ini setiap harinya, agar mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Selain itu, jalan kaki juga bisa membantu mengatasi polusi lingkungan dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Selamat Berjalan!

2 komentar:

  1. halo kak, hobi jalan kaki juga ya, ikutan TANOS WALKING CHALLENGE YUK. biar kita barengan jalan kakinya dan ada banyak temen juga, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mau banget doong kak, keoin deh buat ikutan :) biar makin semangat hehe thanks infonya kak :)

      Hapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.