Meningkatkan Skill di Kelas Monetisasi Blog Bersama Skill Academy

Mempelajari skill baru menjadi salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas diri. Meski merasa sudah ada di puncak karir dan menguasai banyak hal, terus tumbuh dan belajar akan hidup dapat membentuk kepribadian yang kuat. Termasuk saya, yang meski kini di rumah saja, meningkatkan skill juga perlu untuk investasi masa depan.


Terus diam berada dalam zona yang tidak berkembang, tentu membuat kehidupan kita juga akan jalan di tempat saja. Apalagi perkembangan dalam bidang teknologi semakin cepat. Jika kita tidak terus mengasah kemampuan diri, sudah pasti akan tergerus jaman.

kelas online skill academy

Meningkatkan Kualitas Diri dengan Mempelajari Skill Baru

Meningkatkan kualitas diri tentu saja dapat dioptimalkan dengan banyak cara. Salah satunya dengan mempelajari kemampuan atau skill baru. Nah, berikut ini adalah tips untuk dapat dengan mudah mempelajari skill baru.


1. Rincikan Skill yang Ingin Dipelajari

Sebelum ingin mempelajari skill baru, pastikan apa skill yang ingin dipelajari. Ini dapat membantu kita agar tidak bingung dengan skill yang dibutuhkan. Misalnya untuk menunjang pekerjaan atau sekedar hobi, yang mungkin saja akan menghasilkan jika ditekuni dengan skill yang mumpuni.


2. Fokus Pelajari Satu per Satu Skill

Sebaiknya, untuk mulai menambah skill baru, akan lebih efektif jika dilakukan secara bertahap. Tidak perlu buru-buru untuk bisa banyak skill secara langsung. Fokus untuk mempelajari satu per satu akan membuat kita justru dapat belajar secara utuh.


3. Kontrol Perkembangan

Jika sudah mulai mendapatkan ilmu baru, tentu saja perlu terus diterapkan agar semakin mudah dipahami. Apalagi jika sudah berhasil menjadikannya sebuah kebiasaan baru yang dapat selalu diterapkan.


Selanjutnya, kontrol perkembangan skill baru. Rutin untuk mengulang kembali apa yang sudah dipelajari, dan tentukan bagaimana perkembangannya. Mana yang sudah berhasil dikuasai dan hal apa saja yang masih perlu di upgrade lagi.


4. Bagikan Hasil Belajar

Nah, jika sudah mulai menguasai skill baru tersebut, mulai bagikan hasilnya. Agar apa? agar orang lain ikut menilai seberapa berhasil kita sudah menguasai skill baru tersebut. Dari mereka juga kita harus siap menerima kritik dan saran demi peningkatan kualitas diri kita. Selain itu, kita juga akan semakin memahami jika dapat membagikan kemampuan atau ilmu baru kita kepada orang lain.


Tips tersebut akan lebih maksimal jika didukung dengan waktu luang dan fasilitas yang menunjang. Namun sayangnya, tidak semua orang ternyata bisa memiliki kesempatan untuk dapat meningkatkan skill mereka. Banyak hal yang menjadi halangannya, termasuk masalah waktu.


Namun, semenjak pandemi COVID 19 yang melanda dunia, sistem pembelajaran dapat dengan mudah dilakukan secara online. Tentu saja, pasti menimbulkan banyak masalah di awal, karena belum banyak manusia yang terbiasa dengan kegiatan secara online tersebut. Namun ternyata, setelah satu tahun lebih kita melewatinya, sistem pembelajaran jarak jauh rupanya banyak menguntungkannya juga. Salah satunya adalah masalah waktu, yang menjadi lebih efisien karena tidak perlu membutuhkan waktu kehadiran menuju lokasi belajar.


Saya, salah satu yang dapat menikmati keuntungan pelatihan di kelas secara online. Semenjak memilih untuk sementara berkarir di rumah saja, sudah pasti banyak hal yang harus diadaptasi. Apalagi ketika memulai untuk serius dalam dunia blog. Meski terlihat mudah, ngeblog juga ternyata ada skill khusus yang perlu dipelajari agar menghasilkan blog yang optimal. Rupanya, bukan hanya tentang tulis menulis saja. Namun, bagaimana mengoptimalkan blog untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang.


Beruntung sekali, saya memperoleh kesempatan untuk dapat mengikuti pelatihan secara online. Kesempatan tersebut saya dapatkan dari Kartu Prakerja. Salah satu program pemerintah untuk memberikan fasilitas belajar dalam upaya meningkatkan ketrampilan masyarakat agar lebih siap di dunia kerja.


Saya menggunakan kesempatan tersebut untuk meng-upgrade skill di kelas online Skill Academy. Skill yang ingin saya pelajari kali ini menyangkut tentang dunia blog. Dari tiga kelas yang saya ikuti di Skill Academy, semuanya sangat mengesankan.


Review Kelas Monetisasi Blog Bersama Skill Academy

Skill Academy by Ruangguru merupakan suatu wadah pelatihan yang dilakukan secara online. Berbagai pilihan kelas yang hadir, menjadikan solusi untuk meningkatkan kemampuan untuk para mahasiswa, profesional, bahkan ibu rumah tangga.


Pilihan pelatihan tersebut memungkinkan siapapun untuk #BeraniMaju dalam meningkatkan kualitas diri dengan mempelajari kemampuan baru. Tentu saja, karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.


Salah satu pelatihan online yang saya ikuti di kelas online Skill Academy adalah Cara Dapatkan Penghasilan Melalui Blog atau monetisasi blog. Monetisasi blog merupakan cara menghasilkan uang dari blog yang kita miliki. Bagaimana caranya?


Jika pada awalnya tujuan ngeblog hanya sebagai penyalur hobi menulis saja, kini saya juga ingin mendapatkan penghasilan dari blog saya.


cara mendapatkan penghasilan melalui blog

Namun, meski sudah lama memiliki blog, saya tidak tahu bagaimana blog dapat menghasilkan uang. Nah, saat memperoleh kesempatan untuk upgrade skill dengan fasilitas Kartu Prakerja, saya akhirnya memilih salah satu pelatihan ini di platform Skill Academy. lalu, apa saja ilmu yang saya dapatkan di kelas ini?


Secara garis besar, ilmu yang saya dapatkan tentang sumber penghasilan dari blog yang dapat digunakan. Kemudian, bagaimana memilih topik konten blog, bagaimana menghasilkan konten yang menarik, berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca.


Selain itu juga ada pembahasan teknis, seperti cara membuat akun dan perkenalan mengenai platform Blogger. Sehingga pelatihan ini juga cocok untuk para pemula yang baru mengenal blog. Diberikan juga tips untuk menemukan pembaca dan meningkatkan traffic kunjungan blog. Serta pembahasan detail mengenai langkah-langkah untuk monetisasi blog sesuai dengan pilihan metodenya.


Mengikuti salah satu kelas di Skill Academy ini, membuat saya puas belajar hal baru. Kenapa?


1. Materi Pembelajaran

Penyampaian Materi

Semua materi diberikan dalam bentuk video. Materi dikemas dengan apik sehingga menarik untuk dipelajari. Selain itu, disajikan dengan menyenangkan, sehingga tidak membuat bosan. Mudah juga untuk dimengerti karena intonasi pemaparan dari mentornya sangat jelas dan detail.


Kualitas Materi

Karena materi yang disampaikan dalam bentuk video, sudah pasti kualitas video menjadi yang utama. Dan terbukti, kualitas video yang disajikan memang berkualitas, tanpa hambatan untuk disimak.


Durasi Belajar

Selain itu, durasi video yang diberikan juga singkat dan jelas. Hal ini penting sekali agar tidak terlalu bosan mengikuti pembelajarannya.


Video yang disusun dengan konsep micro learning ini, meski singkat dan jelas, tetap tidak menghilangkan esensi dari materi yang disampaikan.


Terdapat Rangkuman

Nah, enaknya lagi, kita juga diberikan rangkuman materi secara ringkas dalam bentuk file PDF. Sehingga akan membantu juga dalam belajar secara offline.


Tes Kemampuan

Bagusnya lagi adalah, ada sesi tes sebelum materi diberikan dan setelah materi disampaikan. Hal ini akan mengukur sejauh mana pengetahuan kita sudah bertambah. Kita juga dapat mengukur apakah sudah mampu menerima dan mengerti semua materi yang diberikan.


2. Mentor Berpengalaman

Dalam kelas ini, mentor yang memberikan materi adalah Tedy Rizkha Heryansyah. Beliau adalah seorang blogger dan content writer. Sudah dipastiukan jika mentor sesuai dengan bidangnya. Sehingga penyampaian materi lebih jelas karena dikuasai.


3. Mendapatkan Akses Webinar

Selain mengikuti kelas online yang diberikan dengan bentuk materi pembelajaran di video singkat, kita juga mendapatkan webinar. Dengan webinar, kita bisa komunikasi dua arah yang lebih jelas lagi terkait materi yang sedang kita pelajari.


4. Mendapatkan Sertifikat

Nah, pelatihan ini juga memberikan sertifikat yang dapat digunakan untuk menambah portofolio kita.


5. Lifetime dan Bebas Akses

Satu hal lagi yang menyenangkan adalah kita dapat mengakses materi selamanya dari kelas pelatihan yang sudah kita ikuti tersebut. Selain itu, lebih asik lagi kita dapat belajar dari mana saja dan kapan saja. Meningkatkan kualitas diri dengan cara yang asyik ini sudah pasti lebih menyenangkan ya?


Manfaat Skill Academy 

Selain ilmu yang bertambah, manfaat Skill Academy tentu dapat menunjang kebutuhan pelatihan yang lebih praktis.


1. Upgrade Ilmu

Sudah pasti dengan mengikuti kelas online akan menambah ilmu baru. Menariknya, meski dilakukan secara online, ilmu yang kita dapatkan sangat berkualitas. Karena sudah pasti diberikan oleh mentor yang ahli dibidangnya.


2. Hemat Waktu

Jika dalam pelatihan seringkali kita terbentur dengan waktu, dengan Skill Academy, kita akan menghemat waktu untuk mengikuti kelas pelatihan online yang berkualitas. Kita bisa lebih mudah memilih kapan akan belajar dan berapa lama waktu belajar. Serta, tentu saja kita tidak perlu banyak waktu terbuang untuk hadir di suatu kelas pertemuan yang kadang terlalu bertele-tele.


3. Ilmu Seumur Hidup

Nah, manfaat dari Skill Academy yang bisa kita peroleh selanjutnya adalah, akses ilmu seumur hidup. Semua kelas dapat kita akses seumur hidup setelah berlangganan. Menguntungkan kan?


4. Praktis dan Berkualitas

Kapan lagi bisa upgrade ilmu dimana saja dan kapan saja. Bahkan bisa kita pelajari sesuka kita, tanpa perlu terikat aturan mengenai durasi waktu belajar. Pasti lebih menguntungkan ya? Karena tidak akan mengganggu mobilitas kita.

Manfaat Skill Academy

Disela-sela kesibukan lain atau bahkan sembari liburan, kita masih dapat mengakses materi pembelajaran. Seru kan? Sudah praktis, berkualitas juga. Kita bisa meningkatkan kualitas diri dimana saja dan kapan saja.


Yuk! Gabung Skill Academy

Jika kalian juga tertarik untuk meningkatkan keahlian tertentu, seperti keahlian di dunia blog ini, bisa lho ikut kelas membuat blog dari nol yang ternyata banyak peminatnya. Masih banyak juga kelas lainnya yang menarik. Semuanya bisa kalian ikuti, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan kalian.


Nah, kelas Cara Dapatkan Penghasilan Melalui Blog ini juga bisa kalian ikuti kalau mau menghasilkan cuan dari blog kalian, hehe.. Yuk, segera gabung bersama Skill Academy untuk meningkatkan skill kita. Demi menghasilkan diri yang lebih baik, bisa dari mana saja!

34 komentar:

  1. Wah...satu aplikasi dengan berjuta manfaat nih mb. Apalagi banyak benefit yang didapat, ada rangkuman materi,yang menarik juga lifetime access. Meningkatkan skill pelengkap sebagai blogger sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Mupeng Mupeng saya...Next ah mau kepo sama Skill Academy ini. Mau belajar juga ni tentang optimasi blog. Gak hanya suka nulis aja tapi bagaimana dengan kesukaan nulis ini bisa jadi cuan, asyiiiik!

    BalasHapus
  3. Dulu saya pernah daftar jadi member skill academy, cuman sayangnya saya belum pernah ikut ke berbagai macam kursus .

    Pernah pingin ikut kursus nulis konten kak, cuman belum kesampaian juga :)

    BalasHapus
  4. Skill academy ni sistem belajar online sekali belajar ya atau paket an mom? Penasaran nih dengan yg temanya cuan

    BalasHapus
  5. ada kelas monetisasi blog ternyata di skill academy

    BalasHapus
  6. Ehh aku baru tau kalau Skill Academy masih satu atap sama RuangGuru.
    Ya ampuun kemana saja aku selama ini

    BalasHapus
  7. fokus dan pelajari satu per satu, jadi nggak sekaligus di pelajari secara bersamaan ya mbak. supaya ilmunya juga dapet padet, hihi..

    lengkap skali nih Skill Academy..

    BalasHapus
  8. Skill Academy menjadi solusi bagi semua ya. Tak hanya berbicara tentang bisnis, pemasatan, ternyata monetisasi blog juga ada kelasnya disini.

    BalasHapus
  9. Pengen lah ikutan beginian, kan bisa nambah wawasan ya kak

    BalasHapus
  10. Menariiknyaaa, ternyata ada materi monetisasi blog di Skill Academy. Bagus juga supaya semakin banyak yang tahu manfaat ngeblog.

    BalasHapus
  11. Aku jadi pingin ikut Skill Academy ini :) menarik ternyata materi monetisasi blog pun ada. Baru tau.

    BalasHapus
  12. Bener juga ya, dengan berbagi malah makin melekatkan skill yang dimiliki. Aku turut seneng dengan kehadiran skill akademi, mau upgrade diri jadi makin mudah ya ..

    BalasHapus
  13. belajar sekarang lebih mudah ya, aku kepo in ah aplikasinya. siapa tau ada yang cocok

    BalasHapus
  14. Kelas di Skill Academy bagi pemegang kartu prakerja itu membantu banget mengasah skill yang kita minati. Kelas blogwalking tentunya bisa membantu para narablog agar lebih serius.

    Blog sekarang kian banyak diminati, tetapi ada langkah mudah agar tidak bingung kelola blog dari awal berkat adanya kelas di Skill Academy.

    BalasHapus
  15. Wah tambah keren aja ya Skill Academy ini ada kelas untuk monetisasi blog pasti banyak yang mau ikut kelasnya, memang blog saat ini masih jadi peluang untuk mendapatkan penghasilan secara online :)

    BalasHapus
  16. Wah ada kelas monetisasi blog juga? Kereen. Mau juga aah. Soalnya pernah punya pengalaman belajar di salah satu kelas skill academy dan nagih banget.

    BalasHapus
  17. Barokallah adanya skill academy ini kabar baik untuk seluruh masyarakat Indonesia ya Kak. Bisa belajar banyak hal.

    BalasHapus
  18. Ngeliat materi yang disediakan kelasnya
    emang lengkap banget sih ya
    sampai ada examnya juga
    jadi bisa mengukur seberapa
    dalam pemahaman kita

    BalasHapus
  19. Jadi penasaran kepingin ikut juga jadi membernya nih mbaa...

    BalasHapus
  20. Saya langsung cus ke blog skill academy. Wow ternyata banyak pilihan di sana. Kelas untuk blogger pemula juga ada. Pengen ikutan biar bisa dan cuan juga dr ngeblog.

    BalasHapus
  21. wah ada kelas ini juga toh di skill academy. jadi penasaran pingin ikutan juga. terima kasih sharingnya Mbak....

    BalasHapus
  22. Wah ternyata kalau sudah berlangganan ternyata bisa akses seumur hidup ya. Skill Academy ini anak perusahaan Ruang Guru begitu kan ya.

    BalasHapus
  23. yang aku suka dalam satu kelas yang udah dipilih ternyata banyak juga materi yang dikasih, detail banget pembahasannya, lalu ada ujiannya juga.. seru macam kuliah aja

    BalasHapus
  24. Keren ya mba satu aplikasi dgn berjuta manfaat nih mba. banyak pula benefit yang didapatkan, btw ini harus tatap muka atau bisa dengerin aja gak sih mba?

    BalasHapus
  25. bener banget nih mba untung saat pandemi ada kelas macam Skill Academy sehingga kita bisa belajar di sela sela WFH

    BalasHapus
  26. Belajar itu ga harus di tempat pelatihan, dari rumah pun kita juga bisa mempelajarinya. Bermanfaat banget ya mengembangkan kemampuan kita belajar bersama di skill academy.

    BalasHapus
  27. Udah lama banget aku pengen daftar kelas kayak gini, yg ngasih skill ngelola blog secara optimal

    BalasHapus
  28. Harus dicoba nih, kebetulan lagi ngeceng beberapa coursenya.. Lengkap banget ya fasilitas yg bs didapatnya, dan aksesnya seumur hidup? Waah, mantap..

    BalasHapus
  29. Recommended banget nih, kayaknya aku harus coba juga deh. Jadi bisa buat nambah skill. Aku jadi pengen cek-cek kelas terupdate di skill academy nih kak, otw ah

    BalasHapus
  30. Upgrade ilmu di skill academy sebagai seorang blogger memang perlu apalagi bisa mendapatkan sertifikat, sehingga bisa jadi portfolio juga selain memikirkan DA/PA/DR aja ya kak

    BalasHapus
  31. Lengkap pakai banget ya kelas kelas d Skill Academy ini. Jadi pengen menelaah apa yang ingin aku ikuti supaya lebih pas ngga asal ikut hehe

    BalasHapus
  32. However, covid dan kemajuan zaman 4.0 bikin kita lebih fleksibel ya, kak. Bisa belajar dimana dan kapan saja, tanpa harus datang ke suatu tempat apalagi alokasi waktu sebagai ibu rumah tangga yang bener-bener PR banget!

    Nanti aku mau coba aaah untuk kelas monetasi blog-nya. Mana tau juga ada kelas SEO biar ilmuku juga nambah ttg dunia konten kreator.

    BalasHapus
  33. Mantap ya ini, sangat membantu para blogger yang mau belajar dan ingin mendalami ilmunya.

    BalasHapus
  34. asyik banget ya Mbak, paket lengkap ini maah.
    sudah diajar oleh mentor yang berpengalaman, materinya bisa diakses kapan dan di mana saja ya dan berlaku selamanya, mantap banget nih Skill Academy :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.