Mengembangkan Hobi Jadi Sumber Uang

Siapa yang belum punya hobi selama menjalani hidup ini? Hobi ternyata memiliki banyak manfaat lho. Melakukan salah satu aktivitas yang membuat kita bahagia, tentu saja dapat membuat hidup lebih produktif lagi. Selain baik untuk perkembangan hidup kita, hobi yang terus ditekuni juga akan menghasilkan sumber uang.


Hobi atau kegemaran untuk melakukan suatu aktivitas yang disukai, bisa dilakukan sebagai kegiatan mengisi waktu senggang. Namun, tidak banyak juga yang akhirnya mengembangkan hobinya untuk dijadikan aktivitas utama. Bahkan dapat dijadikan sebagai sumber uang.


Baca Juga: Alasan Pilih Ngeblog


Cara Jitu Mengembangkan Hobi

Tumbuh dan berkembang di jaman yang sudah serba canggih ini, semakin memudahkan kita untuk mengembangkan hobi. Menyenangkan lagi, kalau kita bisa mengembangkan hobi menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Sehingga, sudah pasti pekerjaan akan lebih terasa ringan karena dikerjakan dengan hati. Nah, ini bisa kita lakukan dengan memilih hobi yang sesuai.


Do What You Love, Love What You Do.


Memilih Hobi

Meski hobi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan, namun ternyata masih ada juga orang yang tidak memiliki hobi. Mungkin saja karena waktu hidupnya yang sudah dihabiskan dengan banyak pekerjaan, atau bisa saja pekerjaan itulah yang menjadi hobinya.


Lalu, bagaimana memilih hobi yang tepat untuk diri sendiri?


1. Sesuaikan dengan Kepribadian

Cobalah untuk mengenal diri sendiri, apakah kita salah seorang yang tertutup atau terbuka. Apakah kita senang jika melakukan aktivitas seorang diri atau bersama-sama. Jika sesuai dengan apa yang membuat kita nyaman, maka kita dapat mencintai aktivitas kita.


2. Pilih Hal yang Membuat Bersemangat

Nah, ini juga penting untuk mengetahui kegiatan apa yang jika kita lakukan bisa menambah semangat kita berkali-kali lipat. Mungkin itu yang bisa kita jadikan hobi untuk menambah semangat kita menjalani aktivitas.


3. Sesuaikan Hobi dengan Kemampuan

Jika sudah sesuai dengan kepribadian kita dan membuat kita merasa bersemangat, tentunya perlu juga disesuaikan dengan kemampuan. Jangan biarkan hobi kita justru merugikan diri. Baik dari segi waktu yang nantinya justru hanya membuang-buang waktu. Atau dari segi uang, yang akhirnya membuat kantong jadi sekarat.


Nah, alih-alih memilih hobi yang memerlukan dana, kenapa tidak mencoba untuk mengembangkan hobi yang bisa jadi sumber uang? 😉


Jadi, kita bisa menikmati hobi, juga bisa mendapatkan penghasilan. Bisa jadi, justru dapat dijadikan pekerjaan utama. Tapi, apa bisa? Tentu saja jika kita fokus untuk mengembangkan hobi kita.


Mengembangkan Hobi

Jika sudah menemukan apa yang menjadi hobi, lebih baik lagi jika hobi tersebut terus kita kembangkan. Agar apa? Agar dapat menjadi salah satu keahlian kita. Tentu saja tidak akan rugi jika kita menguasai banyak keahlian.


1. Mulai dari Langkah Kecil

Segala yang besar pasti mulai dari yang kecil. Jadi mulai untuk melangkah untuk mengembangkan hobi, tentu saja tidak salah. Mulai dari yang sederhana dengan apa yang ada. Jika hobi kita memerlukan keahlian, langkah kecil bisa dimulai dengan mengasah keahlian tersebut. Dapat dari mengikuti pelatihan atau bergabung dengan komunitas yang mempunyai kesamaan hobi.


Baca Juga: Keuntungan Bergabung Dengan Komunitas


Jika dari langkah kecil tersebut masih menyenangkan, maka dapat menjadi sinyal baik untuk terus mengembangkan hingga menghasilkan.


2. Tekuni Hobi

Jika sudah berani mulai dengan langkah kecil tersebut, maka selanjutnya juga perlu komitmen. Menekuni hobi bisa dengan menggali informasi mengenai hobi tersebut. Jika hobi kita menulis, gali terus informasi tentang menulis. Bisa menulis buku, menulis puisi, blog, dan lainnya.


3. Mengikuti Kompetisi

Nah, ini bisa jadi pilihan juga untuk mengasah keahlian yang sudah berkembang dari hobi kita. Sebagai langkah 'pembuktian' jika kita mulai mencintai apa yang kita kerjakan. Melalui kompetisi, kita juga akan semakin berkembang.


Kalau sudah mengikuti bagaimana memilih hobi dan cara mengembangkannya, sekarang giliran menjadikan hobi tersebut sumber uang. Apakah bisa? Hmm.. apa yang tidak bisa di jaman sekarang, hehe..


Mengubah Hobi Jadi Cuan

Jika hobi yang kita tekuni ingin berkembang dan dapat menghasilkan cuan, tentu saja perlu memahami tips memulai usaha dari hobi. Informasi ini sudah banyak di-sharing oleh para profesional yang sudah berhasil mengembangkan hobinya hingga menghasilkan.


Banyak peluang usaha yang bermula dari hobi. Seperti usaha rumah makan yang bermula dari hobi memasak. Dalam hal ini, kita juga memerlukan support system untuk membantu menjalankannya menjadi usaha. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengubah hobi menjadi cuan?


Modal

Modal yang dibutuhkan bukan tidak selalu dalam bentuk uang, bisa jadi modal waktu. Seperti misalnya dari hobi menyanyi, kemudian ingin membuka usaha les menyanyi, tentu saja modal uang tidak terlalu banyak, tapi modal waktu sangat dibutuhkan agar dapat menghasilkan.


Komunitas Pemasaran

Nah, selanjutnya bagaimana agar kegemaran kita menghasilkan? Tentu saja kemampuan kita harus dikenal banyak orang. Mengenalkan kemampuan ini tentu saja dapat mudah dilakukan jika dengan bantuan media iklan. Tapi tentu saja itu membutuhkan modal berupa uang.


Jika ingin minim modal uang, kita dapat memilih modal masa. Jadi, mengenalkan kemampuan ini membutuhkan keterkaitan dengan komunitas. Kita dapat masuk dalam sebuah komunitas untuk mengenalkan dan menawarkan usaha yang kita mulai tersebut dengan tanpa modal.


Ciptakan Brand

Dalam mengelola hobi menjadi usaha, sudah pasti membutuhkan brand yang akan kita promosikan. Menciptakan brand yang kita cintai ternyata juga tidak mudah. Tetap butuh riset pasar yang sesuai dengan hobi kita tersebut. Jadi tidak hanya menciptakan brand semata, namun juga ada target pasar yang menyertai.


Jadi, tidak ada salahnya untuk terus menekuni hobi. Selain memberikan kesenangan dalam menjalani hidup, jika menemukan pasarnya yang tepat, hobi juga dapat menjadi sumber uang lho.

2 komentar:

  1. Iyah, sebenarnya hobi kalau dikelola dengan baik bisa menghadirkan sebuah peluang bisnis.

    Cuma sayangnya kalau sudah ada keinginan untuk berbisnis, malah tekanan timbul dan seringnya sulit melakukan hobinya itu sendiri karena waktu banyak tersita.

    Butuh penyeimbangan antara target profitdan kesenangan..

    Iya nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga sih, kalau sudah jadi bisnis, sudah pasti akan ada target-target yg perlu dipenuhi. Daaan itulah yg jd sumber masalah hihii.. tp balik lg, kalau basic nya seneng, paling gak ada hiburan gt :)

      Hapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.