Alasan Mengapa Memilih Ngeblog Ala Ibu Rumah Tangga

Blog memang bukan hal baru bagi saya. Tapi, baru dua tahun terakhir ini akhirnya saya serius untuk mengelolanya. Jika yang orang lihat sekarang, 'Wah enaknya jadi bloger, di rumah aja bisa dapat duit", hehe.. Alhamdulillah. Tapi yang pasti, dibalik semua kenikmatan yang terlihat banyak orang, ada banyak usaha dibaliknya. Namun, semua tetap dinikmati, karena alasan saya memilih ngeblog sudah pasti.


Blog merupakan sebuah platform website yang menampilkan tulisan sesuai dengan tema blog yang diangkat penulisnya. Blog juga memungkinkan menciptakan interaksi dua arah antara penulis dan pembaca. Sehingga, sering disebut juga sebagai web interaktif.


Baca Juga : Keuntungan Bergabung Komunitas Bloger


Awalnya, platform blog bagi saya hanya sekedar tempat mencurahkan berbagai kecemasan di hati dan pikiran. Mengenalnya sudah sejak tahun 2010. Saat itu adalah masa kuliah, saat harus merantau jauh. Menemui banyak masalah di kehidupan baru, namun belum menemukan banyak teman dekat yang membuat nyaman untuk mencurahkan isi hati dan pikiran dengan bebas. Sampai akhirnya saya menemukan tempat leluasa di platform ini.


Asalan Memilih Ngeblog

BIG WHY Mengapa Memilih Ngeblog?

Setahun terakhir, saya lebih percaya diri untuk menyebut pekerjaan saya kini adalah seorang bloger. Mengapa? Karena saya sudah bisa menghasilkan uang dari blog yang saya sayangi ini, hihi..


Tentu saja, untuk sampai pada tahap itu, banyak alasan yang harus diperkuat. Agar apa? Tentunya agar tidak mudah menyerah. Karena ternyata, ngeblog tidak hanya soal menulis semata. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui alasan besar atau big why kita mengapa memilih ngeblog.


Satu hal yang membuat banyak orang akhirnya menyerah adalah mereka tidak menemukan BIG WHY nya ketika melakukan sesuatu. BIG WHY ini seharusnya yang menjadi landasan kita untuk melakukan hal-hal yang kita lakukan.


Namun, banyak juga orang yang tetap keras kepala akan melakukannya berkali-kali meski sudah tahu akan gagal, frustasi atau bahkan depresi. Hal tersebut karena mereka sudah mengetahui pasti alasan terbesar yang mendasari apa yang mereka lakukan.


Jadi, saat ditanya mengapa memilih ngeblog? Tentu saja karena ini adalah hal yang saya sukai. Inilah big why saya ngeblog, dan berikut beberapa alasan lain yang mendasari saya yang kini, seorang ibu rumah tangga, untuk ngeblog.


Semua orang boleh mencobanya, tapi tidak perlu memaksakan jika memang tidak menyukainya. Pada akhirnya, semua ini adalah pilihan.


1. Wadah Penyalur Hobi

Sejak kecil, saya memang lebih suka menulis untuk mengutarakan isi pikiran atau bahkan isi hati. Rasanya lebih leluasa untuk bisa menuangkannya dengan merangkai kata. Jadi, sudah pasti saya akan terus ngeblog karena bisa menjadi wadah penyalur hobi.


Meski untuk sampai pada posisi saat ini, tentunya butuh usaha keras untuk meraihnya. Namun, saat alasan mendasar saya sudah kuat jika ini adalah hobi yang saya sukai, maka semua pahit manis untuk ngeblog akan dijalani.


Apalagi disela kesibukan mengurus si kecil dan semua pekerjaan di rumah yang tidak ada habisnya, hobi bisa menjadi salah satu sarana penghilang stress. Adanya wadah penyalur hobi ini, bisa menjadi tempat untuk mencurahkan hal-hal yang menjadi kekhawatiran. 


2. Memberi Waktu dan Kepuasan Pribadi

Nah, ini yang saya rasakan ketika akhirnya saya harus merelakan waktu saya untuk di rumah saja menemani si kecil. Ketika mengikhlaskan keinginan untuk kembali bekerja di kantor, perasaan kecewa sudah pasti ada. Merasa tidak lagi berguna, hanya karena harus di rumah saja. Merasa tidak ada lagi pekerjaan yang bisa saya lakukan selain mengerjakan pekerjaan rumah yang itu-itu saja setiap hari.


Melalui ngeblog, saya menemukan dunia baru untuk diri saya. Saya memberikan waktu dan kepuasaan tersendiri saat bisa menampilkan tulisan terbaik saya di blog. Apalagi jika banyak dibaca oleh orang dan bermanfaat. Ini yang menjadi kepuasaan tersendiri.


Saat ngeblog, inilah waktu saya untuk fokus pada diri sendiri. Saya bisa membebaskan diri dari segala pikiran "duh, cucian piring udah numpuk, jemuran belum diangkat, nasi belum dimasak", dan sebagainya. 


Saya sengaja memilih waktu-waktu santai yang dulunya hanya saya isi dengan tidur-tiduran malas sambil scroll media sosial atau online shopping. Kini diganti dengan aktif ngeblog. Kegiatan inilah yang akhirnya memberikan sebuah 'ruang tenang' untuk menikmati hari dengan diri sendiri.


3. Memacu Diri Untuk Belajar Hal Baru

Setiap akan membuat konten tulisan, tentu saja harus memikirkan hal-hal baru yang sekiranya menarik. Belum lagi, ternyata ngeblog tidak hanya tentang menulis saja. Namun, perlu juga mengoptimalkan tulisan kita agar layak untuk dibaca, dan bisa mudah ditemukan banyak orang. Belum lagi soal mendesain gambar yang mendukung tulisan. Atau hal lain yang masih sejalan.


Hal-hal baru tersebut yang menjadi pemacu untuk terus belajar. Meski menjadi ibu rumah tangga yang di rumah saja, saya tetap ingin selalu menambah pengetahuan dan skill agar dapat bermanfaat untuk banyak orang. 


Banyak hal baru yang akhirnya 'terpaksa' saya pelajari. Namun, jika melihat hasilnya, saya merasa lebih puas pencapaian saya sendiri. Hingga rela mengurangi waktu tidur dan bersantai, demi bisa mempelajari hal baru terkait ngeblog.


Baca Juga : Optimasi Blog Agar Eksis


4. Menjadi Sumber Penghasilan

Saat akhirnya memutuskan untuk sementara menjadi ibu rumah tangga, saya terus memikirkan bagaimana caranya agar saya bisa tetap mendapatkan penghasilan sendiri. Kenapa? Karena bagi saya, wanita tetap harus mandiri, salah satunya juga mandiri finansial.


Meski pada awal masuk ke dunia blog tidak beralasan kuat mengenai penghasilan ini, namun kini menjadi big why saya mengapa memilih ngeblog. Ya, karena saya sudah merasakan hasilnya, hehe.. Meski tak semudah itu ferguso, haha.. Tapi, tentu saja saya sudah membuktikannya. Bahkan tidak hanya menghasilkan uang, tapi juga barang-barang yang nilainya lumayan, hehe..


Baca Juga : Menaikkan DA Blog


5. Menemukan Jaringan Baru

Wah, ini juga yang menjadi alasan terkuat saya untuk asik menikmati dunia ngeblog. Saya menemukan kembali orang-orang yang sejalan, se-pemikiran, dan se-tujuan. Rasanya sungguh membuat saya lebih 'waras'. Apalagi setelah terbiasa bekerja kantoran dengan bertemu banyak orang dewasa yang sejalan dan sepemikiran, di rumah saja dan jarang bertemu dengan orang dewasa tentu menjadi 'tekanan'.


Jaringan baru ini yang membuat saya kembali 'hidup'. Apalagi bisa berbagi dengan mereka yang punya minat yang sama. Dengan mereka justru bukan menjadi pesaing, namun menjadi kawan untuk maju bersama. Jaringan ini yang akan jadi alasan kuat saya untuk terus memilih ngeblog.

Alasan Ngeblog


Nah, dari kelima alasan terkuat mengapa saya memilih ngeblog, mungkin salah satunya juga bisa menjadi alasan kalian untuk mencoba ngeblog. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Jadi, apa big why kalian ngeblog?

17 komentar:

  1. samaan dengan mba atiq
    aku dulu ngeblog buat sarana sharing atau diary online plus karena memang suka nulis juga
    dan nggak nyangka kalau bisa bertahan sekian tahun lamanya, dan makin banyak pertemanan di circle blogger.
    seneng terus isinya pokoknya

    BalasHapus
  2. saya sudah ngeblog sejak 2010 tapi sempat vakum setelah 5 tahun. sekarang mulai lagi :)

    BalasHapus
  3. Ngeblog sejak awal kuliah tahun 2013, bug why nya adalah mendokumentasikan kenangan buat anak cucu kelak, di samping aku juga hobi nulis, hehe

    BalasHapus
  4. Hehe sama mbaak.. aku juga awal ngeblog karena hobby aja curhat di diary online. Haha lama lama alhamdulillah bisa ngasilin pundi-pundi dari blog. Tapi iya paling seneng kalo tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain yaa.. :)

    BalasHapus
  5. Semua org kyknya rata2 ngawalin blog sbg media buat menulis apa aja ttg perasaan dan aktivitas sehari2 ya dulu hehe
    Ternyata blog berkembang cepat sekali dan menjadi media yg banyak memberi manfaat sampai skrng ya

    BalasHapus
  6. Dari poin-poin di atas, aku setuju semuanya. Kalo lagi sumpek banget aku biasanya langsung nulis, entah itu akan dipublish atau enggak, yang penting aku tulis dulu. Aku pengen bikin section my daily life gitu di blog, tapi kok males banget

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah dari ngeblog aku dapat kenalan, ilmu dan rejeki. Semoga kita konsisten dan tetep semangat ngeblog ya mba!

    BalasHapus
  8. dari hobi menulis di blog justru bisa membuka banyak hal, networking, pertemanan, peluang usaha hingga menghasilkan uang ya

    BalasHapus
  9. Woohoo.. Merasa bangga deh jadi mom blogger. Berawal dari kegiatan iseng sebelum menikah, kemudian jadi hobi, dan sekarang alhamdulillah bisa jadi kegiatan bermanfaat yang menghasilkan pastinyaaaah..

    BalasHapus
  10. Baca ini jdi sadar alasan pertama dlu ngeblog yg skrg jdi terkesampingkan, saat landasan kita melenceng jdinya stuck gitu aja..makasih ya mba sharingnya

    BalasHapus
  11. Awalnya alasan aku yang nomor 1, tapi makin ke sini makin ngikut urutan alasan di atas deh. Hehe. Sekarang aku ngeblog mungkin lebih karena merasa perlu buat me time.

    BalasHapus
  12. Aku ngeblog terutama buat menyimpan kenangan. Siapa tau bisa dibaca lagi oleh anak-anakku kelak.

    BalasHapus
  13. setuju banget nih Mbak, setelah kantoran dan sekarang di rumah aja ngeblog itu memang jadi me time banget, bisa jadi 'pelarian', bisa jadi self healing juga, pokoknya dengan ngeblog kita bisa jadi menemukan dunia kita kembali ya.
    apalagi dengan ngeblog ini kita bisa menghasilkan juga, membangun networking walau di rumah aja :)

    BalasHapus
  14. Alasannya sama banget kayak aku kak. Aku juga sekarang enjoy banget ngeblog, dulu awal mulai mau sharing aja dan mau menjalankan hobi, eh ternyata seru juga, sekarang rasanya ini sudah jadi passion aku.

    BalasHapus
  15. Alasannya sama banget kayak aku kak. Aku juga sekarang enjoy banget ngeblog, dulu awal mulai mau sharing aja dan mau menjalankan hobi, eh ternyata seru juga, sekarang rasanya ini sudah jadi passion aku.

    BalasHapus
  16. jadi mom blogger itu memang ME TIME paling menyenangkan ya kak, teraphy healing juga buat aku mah. obat stress sama kelakuan anak yang kadang absurd, hehehehe. tentu selain alasan kakak semua yang , aku juga sama merasakan.

    BalasHapus
  17. Samaan ya mbak, saya juga ngeblog udah lamaaa... Tapi baru aktif banget setahun terakhir ini ehheheh... Semangat ya mbak, ketika menjalani sesuatu dengan happy tentunya hasil yang didapatkan bisa maksimal termasuk dapat cuan hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.