3 Keuntungan Bergabung dengan Komunitas Blogger

Memutuskan untuk bergabung dalam sebuah komunitas tentu bukan hal yang mudah. Komunitas yang dipilih tentu saja harus sesuai dengan visi dan misi. Jika saya yang akhirnya memilih terjun ke dalam dunia blogger, tentu saja harus memilih komunitas para blogger. Komunitas blogger pertama yang saya ikuti adalah Komunitas ODOP. Hampir dua tahun tergabung didalamnya, sudah banyak sekali ilmu cuma-cuma yang saya dapatkan. Lalu, apa keuntungan bergabung dengan komunitas blogger?


Menulis blog kini bukan lagi hanya menjadi sebuah hobi saja untuk saya, namun sudah menjadi profesi. Meski semakin berkembangnya tren video blogger atau vlogger, dunia blogger ternyata tidak juga meredup. Selain tentunya bisa dimanfaatkan sebagai media meluapkan isi pikiran, ternyata blog juga mampu mempertemukan saya dengan orang-orang hebat dan baik hati.

Komunitas Blogger


Komunitas Blog Pilihan

Berawal dari kecintaan saya terhadap dunia menulis, saya kemudian mencari sebuah semangat untuk tetap terus berkarya. Sampai akhirnya, saya menemukan sebuah komunitas menulis. Komunitas One Day One Post, saya kenal dari salah satu teman saya di sebuah media sosial. Saat itu sedang melakukan rekruitmen anggota baru. Tentu saja, saya langsung tertarik untuk ikut serta. Ternyata perjalanannya tidaklah mudah. Butuh konsisten untuk terus menghasilkan karya setiap harinya. Sesuai misinya, One Day One Post, yang berarti mengharuskan setiap anggotanya untuk menghasilkan karya setiap harinya.


Awalnya memang berat, namun ternyata konsistensi untuk terus berkarya memang dapat dibangun jika bersama-sama dilakukan dengan orang-orang yang satu misi. Satu tahun menimba ilmu bersama di komunitas ini, membuat saya semakin semangat untuk terus berkarya. Apalagi bersama orang-orang yang juga konsisten menghasilkan karya, jadi semakin terpecut.


Blogger Squad ODOP, Terima Kasih!

Sampai akhirnya saya memilih untuk mengikuti salah satu program yang ditawarkan di Komunitas ODOP, yaitu Blogger Squad. Dalam program ini, kami bersama-sama berkarya untuk menghasilkan tulisan untuk blog masing-masing. Berawal dari sinilah, saya memberanikan diri untuk men-dot-com-kan blog pribadi saya. Hingga banyak ilmu yang tidak saya duga, yang saya dapatkan disini.


Tidak hanya dihujani dengan ilmu yang istimewa secara gratis, banyak juga peluang untuk mendapatkan job dari blog. Sungguh saya tidak menduganya. Jalan karir saya menjadi blogger terbuka dari sini. Terima kasih banyak para Blogger Squad!


Kini, program Blogger Squad dari Komunitas ODOP periode ini sudah akan berakhir. Tulisan ini menjadi salah satu tugas akhir untuk bisa mendapatkan sertifikat. Namun, tentu saja bukan hanya sertifikat yang dikejar. Harapannya, ilmu yang diperoleh dapat terus diterapkan dan dibagikan untuk sesama. Serta rasa kekeluargaan yang tumbuh bersama orang-orang baik hati di dalamnya dapat terus dijaga.


Keuntungan Bergabung dengan Komunitas Blogger

Nah, kalian yang hobby menuliskan banyak hal di blog, mungkin perlu juga untuk menggabungkan diri dalam sebuah komunitas yang sejalan. Tidak hanya akan banyak ilmu, namun juga membukakan pintu rejeki. Rejeki dari orang-orang baik hati yang mau berbagi bersama. Sungguh itu salah satu keuntungan yang saya rasakan. Berikut 3 keuntungan lain yang saya rasakan setelah bergabung dengan Komunitas Blogger.


Mendapatkan Semangat Menulis

Tidak jarang, kita akan merasa jenuh saat melakukan sesuatu, meski itu sangat kita sukai. Rasa jenuh tersebut tentu akan mengubah diri menjadi malas untuk melakukan sesuatu kembali, meski rasanya mudah. Nah, untuk menghilangkan perasaan jenuh yang kadang sering datang, mengikuti komunitas blogger ini menjadikan semangat kembali untuk selalu menumbuhkan karya. Semangat menulis akan muncul kalau melihat teman yang juga semangat untuk menulis.


Seperti di Blogger Squad, saya dipertemukan dengan orang-orang rajin macam Kak Marita, Kak Sari, Kak Rindang, Kak Maria yang selalu semangat menghasilkan karya-karyanya. Semangat tersebut yang akhirnya menular untuk juga jadi lebih produktif.


Menemukan Tempat Diskusi

Jika menulis identik dengan proses merenung dan berpikir seorang diri. Mungkin dengan tergabung dalam komunitas menulis akan menjadikan wadah bertukar pikiran yang lebih nyaman. Tentu saja nyaman, karena memiliki kesukaan yang sama dalam hal menulis. Jadi tentu saja akan lebih nyambung untuk diajak diskusi atau menanyakan banyak hal.


Tidak terkecuali dalam Blogger Squad ini. Menjadi wadah untuk berdiskusi dengan para master ahli yang baik hati di sini. Bahkan terkadang tidak hanya berdiskusi mengenai kepenulisan blog saja, namun banyak info-info lain yang meningkatkan performa blog. Tidak hanya itu, program-program menulis blog juga semakin di asah. Ini jadi tempat saya menanyakan berbagai macam hal tentang dunia ngeblog. Hingga saya lebih lihai menemukan ide-ide tulisan untuk blog. Terima kasih Blogger Squad!


Promosi Blog

Satu lagi keuntungan yang saya rasakan setelah bergabung dengan Komunitas Blogger, blog saya semakin dikenal. Sejujurnya, saya yang termasuk tidak begitu percaya diri untuk memamerkan hasil tulisan saya saat awal nge-blog. Hingga menemukan komunitas blog, akhirnya saya pun ikut berlomba-lomba untuk mempromosikan blog. Banyaknya kegiatan untuk saling men-support dengan re-share postingan blog atau blog walking, akan membuat blog kita dikunjungi banyak orang. Hal itulah yang akan membukakan peluang untuk mendapatkan pengunjung. Trafik blog pun akan naik dan semakin terbuka lebar untuk dikenal.


Nah, 3 keuntungan di atas saya rasakan setelah mengikuti Komunitas Blogger. Kalau kalian, sudahkah menemukan komunitas yang sesuai dengan kesukaan kalian? Bergabung dengan komunitas yang sejalan dapat menjadi pilihan. Bukan hanya tentang ketenaran, namun juga wawasan yang makin diperluas.

Sukses untuk Blogger Squad!💗

24 komentar:

  1. Pengin si gabung ke komunikasi cuma gak tau kenapa belum nemu jalannya dan ya untuk saat ini memilih sendiri dan otodidak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii.. boleh dicoba lho kak, insya Allah banyak keuntungannya ;)

      Hapus
  2. Setuju banget mba. Gabung di komunitas memang menjadi pilihan terbaik untuk yang mau maju serius di dunia blog ya. Banyak sekali yang di dapatkan dari kita berkomunitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, bakal banyak yg didapat ya, rasanya gak ada ruginya hihii

      Hapus
  3. Saya belum pernah ikut komunitas blogger ODOP, berarti hampir mirip 1minggu1cerita ya ?

    BalasHapus
  4. Baru dengar tentang komunitas ODOP yang asyiknya saling dukung
    Selama ini cuma ikut Kompasiana. Blogger Perempuan dan sekarang ODOP ISB

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, seru ya kalo ikut komunitas yg kompak dan saling dukung antar anggotanya jd serasa keluarga ;)

      Hapus
  5. Aku yang nulisnya masih 'semau gue', belum sanggup kalau harus ODOP.

    Bicara gabung komunitas, sebagai orang yang suka berinteraksi dengan banyak orang, gabung komunitas itu sangat seru. Nambah teman, nambah wawasan, dan mungkin juga bakal kebagian job. Hhehe

    BalasHapus
  6. Setuju sekali sebagai penulis blog perlu sekali bergabung dengan Komunitas yang manfaatnya sangat kita rasakan sekali . Membangun semangat sekalian untuk mendapatkan ilmu dan network

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, jadi ikut semangat kalau yg lain juga semangat ;)

      Hapus
  7. komunitas bisa menjadi wadah kita berkembang ya mbak. senangnya ketika sudah mendapatkan kenyamaan dan keuntungan dan bahkan bisa memberi di komunnitas kesayangan kita ya, semangat menulis terus mbak tiqoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, jd lebih terbuka lg wawasannya ;) semangat juga mba shafira ;)

      Hapus
  8. Betul setuju mbak bergabung dengan komunitas blog dapat memperoleh pengetahuan dan membuka jejaring serta peluang ya mbak ..saya pun merasakan demikian ..yuk semangat ngeblognya..

    BalasHapus
  9. saya setuju kak, komunitas blog memiliki peranan penting dalam perjalanan karir bloggger kita ya. bukan hanya sklii menulis, tapi juga teman dan pekerjaan bertambah sejak gabung dengan komunitas blogger. ngeblog juga makin semangat

    BalasHapus
  10. Kalo program odop udah tahu dr lama tp ternyata ada komunitasnya juga yaa. Menarik sampe ada blogger squad segala mbak. Seneng ya berkomunitas itu, kirain dlu cuma d kampus, ternyata d blog jg ada komunitasnya😁

    BalasHapus
  11. SAmpe saat ini menjalani dunia blogging hampir 13 tahun dan bergabung di komunitas bloggger yang ada banyak banget manfaatnya, selain hal2 di atas, bisa saling silaturahmi juga. Masa2 ODOP udah lewat aku, sekarang tinggal menyemangati mentemen blogger baru aja untuk challange ODOP yang banyak juga manfaatnya buat blog kita.

    BalasHapus
  12. Bergabung dengan komunitas blogger memang banyak manfaatnya. Salah 3-nya ya yang ditulis di atas. Aku sendiri, yang paling kerasa itu adalah jadi banyak teman. Walopun secara online, rasanya deket kayak di depan mata. Udah gitu juga jadi nambah wawasan. Pintu rezeki juga jadi banyak yang terbuka. :)

    BalasHapus
  13. setuju nih dengan tulisannya mbak Atiqoh.. gabung komunitas blog banyak sekali manfaatnya, toss yang nambah wawasan

    BalasHapus
  14. Banyak sekali keuntungan yang dirasakan ketika gabung di komunitas blogger ya, itupun yang aku rasakan sejak dulu. Banyak hal bisa dipelajari

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.