Field Trip Online di Re-Opening Medikids Kemang, Bikin Anak Semangat Sikat Gigi

Keseruan field trip online re-opening Medikids Kemang, sukses membuat anak saya jadi semakin semangat sikat gigi. Menjaga kesehatan gigi tentu menjadi hal penting yang harus dibiasakan sejak dini. Meski masih gigi susu sekalipun. Kenapa? Karena ternyata, gigi susu yang sehat dan terawat akan menjadi pondasi yang baik untuk pertumbuhan gigi utama nantinya. Jadi, alangkah lebih mudahnya merawat ya ketimbang mengobati.


Medikids Kemang


Selain rajin menggosok gigi dan menjaga asupan makanan untuk anak, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi juga akan mendukung kesehatan gigi anak lho.


Lalu, bagaimana mengenalkan anak dengan dokter gigi? Atau bagaimana mudahnya mengajak anak ke dokter gigi?


Yuk cari tahu keseruan saya dan teman-teman dari komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis beserta si kecil, saat diajak untuk field trip online ke Medikids Kemang. Simak terus sampai akhir ya! Dijamin tertarik juga untuk ajak si kecil ke dokter gigi :)


Medikids Kemang

Medikids Kemang didukung dengan tenaga medis yang profesional dan ramah. Berbagai program edukasi mengenai kesehatan gigi untuk anak menjadi salah satu kelebihan yang akan didapatkan dari pelayanan di Medikids Kemang.


Selain layanan dental clinic, Medikids Kemang juga memberikan pelayanan kesehatan umum serta vaksin untuk anak dan dewasa juga lho. Pelayanan tersebut tentunya didukung oleh tenaga medis dari tim dokter gigi spesialis anak dan dewasa, dokter umum dan vaksinasi.


Medikids Kemang hadir dengan nuansa yang playfull, unik, colorfull, dan tentunya nyaman untuk anak-anak. Desain klinik gigi ini dirancang dengan tema yang menyenangkan, layaknya tempat bermain anak dengan berbagai tema.


Hadir dengan tema "Around the World",  nuansanya benar-benar selayaknya di airport dari berbagai penjuru dunia. Seperti Afrika Safari Dental Room, Paris Dental Room, Japan Dental Room, Turkey Dental Room, Amerika General Room, dan London Play Hospital. Serasa benar-benar sedang jalan-jalan ke luar negeri! Semuanya dihadirkan dengan gambar dan warna-warna yang menyenangkan.


Nah, fasilitas London Play Hospital ini adalah tempat anak-anak dapat belajar keseruan menjadi dokter gigi dan tenaga medis lainnya. Seru kan? Sudah pasti anak-anak akan betah dan nyaman ke dokter gigi :)


Klinik Gigi Anak

Dengan kehadirannya yang menarik, jadi sudah tidak perlu susah lagi membawa anak untuk mengunjungi dokter gigi. Rasa takut akan sakit serta suasana ruang dokter yang terkesan "seram", hingga tampilan dokter gigi yang terkesan serius dan membuat anak tegang, tidak akan didapatkan di Medikids Kemang.


Selain mendapatkan pemeriksaan gigi serta pembersihan gigi dan mulut secara berkala, juga diberikan edukasi cara menyikat gigi yang tepat. Perawatan lainnya yang bisa dilakukan seperti penambalan untuk gigi berlubang, perawatan syaraf gigi, pencabutan gigi dan orthodonti.


Pelayanan Baru di Medikids Kemang

Nah, di Medikids Kemang ini, ternyata juga menghadirkan pelayanan baru. Layanan dokter umum dan klinik vaksin menjadi hal terbaru untuk mendukung terjaganya kesehatan di masa pandemi. Pelayanan ini bisa didapatkan dengan sistem booking jadwal dokter. Tentu saja sangat memudahkan, apalagi di masa pandemi ini. Jadi lebih aman dalam menjaga jarak dengan yang lain saat datang ke klinik gigi. Jadi, tentu saja akan tetap aman ke dokter gigi di masa pandemi.


Medikids Kemang melayani vaksinasi untuk anak-anak dan juga dewasa. Vaksin yang tersedia juga cukup lengkap. Sehingga lebih terjangkau untuk sekalian melakukan pemeriksaan kesehatan. Mulai dari kesehatan umum, gigi dan tentunya mendapatkan vaksin juga. Praktis ya? :)


Lokasi Medikids Kemang

Medikids Kemang merupakan salah satu cabang dari MHDC (Mulian Health & Dental Care) Group. Awal berdiri di Januari tahun 2017, Medikids berlokasi di Jl. Benda No.98 C, Kemang. Namun mulai Oktober 2020, Medikids Kemang re-lokasi ke tempat yang lebih strategis lagi. Menghuni sebuah bangunan di jalan Ampera Raya No. 5A Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Medikids tetap hadir dengan suasana yang seru untuk anak-anak. 


Field Trip Online Re-Opening Medikids Kemang

Nah, dalam rangka re-opening di lokasinya yang baru, Medikids Kemang mengusung tema "Healthy Activities with Family" mengajak dari Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis untuk mengikuti keseruan field trip secara online.


Kegiatan Field Trip Online Re-Opening Medikids Kemang diadakan pada 11 November 2020, yang diikuti oleh 20 ibu-ibu dari Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Melalui aplikasi Zoom, kegiatan ini berlangsung kurang lebih satu jam. Penasaran apa saja kegiatannya? Yuk lanjutkan bacanya sampai akhir ya! :)


Dance Captain Medi

Kegiatan field trip ini dibuka dengan tarian bersama Captain Medi. Tarian yang mengedukasi mengenai gerakan sikat gigi. Selain itu juga ajakan untuk rajin menyikat gigi.


Konsep dance Captain Medi menjadi kegiatan pembuka yang menarik perhatian anak. Apalagi disisipkan dengan edukasi sederhana, sehingga membuat anak lebih lama ingat pesan yang disampaikan. Anak saya pun sampai saat ini selalu semangat untuk sikat gigi dengan mengingat ajakan si Captain Medi.


Edukasi Perawatan Gigi Anak

Kegiatan selanjutnya adalah materi mengenai kesehatan gigi yang diberikan oleh dr. Saskia. Penyampaian materinya sungguh menarik, dan mudah diterima oleh anak-anak. Meski anak saya masih dua tahun, tapi antusias sekali memperhatikan, dan cukup mengingat beberapa hal yang disampaikan lho :)


Mengawali materi yang diberikan mengenai edukasi kesehatan gigi, dr. Saskia mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan di era pandemi ini. Menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus semakin meluas, dengan beberapa cara berikut:


1. Mencuci tangan pakai sabun sesuai aturan dari WHO

2. Menggunakan masker jika keluar rumah

3. Menjaga jarak dengan menghindari kerumunan

4. Istirahat cukup dengan menerapkan jadwal tidur malam dan siang untuk anak yang cukup

5. Menjaga asupan makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang

6. Tetap di rumah saja jika tidak ada kepentingan yang mendesak.


Tips Perawatan Gigi Anak

Selanjutnya, dr. Saskia memberikan materi mengenai perawatan gigi anak. Materi dibuka dengan menyanyikan lagu yang mengenalkan cara-cara menyikat gigi serta ajakan sikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam hari. Lagu ini benar-benar ampuh membuat anak saya jadi semangat sikat gigi :) Liriknya mudah diikuti dan dihapalkan.


Merawat gigi anak memang perlu dilakukan sejak dini. Hal itu dikarenakan, perawatan gigi susu ternyata memiliki tantangan sendiri. Email gigi pada gigi susu masih lemah, sehingga akan lebih rentan dengan masalah kesehatan gigi. Oleh karena itu, perlu rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi sebelum terlambat. 


Berikut, 5 saran yang dibagikan oleh drg. Saskia saat acara, mengenai perawatan gigi anak:


1. Periksa rutin ke dokter gigi, minimal 6 bulan sekali.

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi dapat dimulai dari anak mulai muncul gigi pertamanya atau paling lambat di usianya satu tahun.


2. Gunakan sikat gigi khusus anak, sesuai usianya.

Sikat gigi dengan ujung kepala sikat kecil dan memiliki bulu yang lembut akan lebih aman digunakan. Khusus untuk bayi di bawah satu tahun, dapat menggunakan sikat gigi dengan bahan lembut. Jika bayi belum tumbuh gigi, dapat menggunakan kain kasa untuk membersihkan gusi dan lidah bayi.


Jangan lupa untuk rutin mengganti sikat jika bulu sudah rusak, atau maksimal 3 bulan sekali. Pastikan sikat gigi tidak bertukar-tukar dengan anggota keluarga yang lain.


3. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride, mulai usia 1 tahun.

Sesuaikan takaran penggunaannya, untuk usia kurang dari 3 tahun, hanya menggunakan pasta gigi ber-flouride sebanyak besar biji beras. Sedangkan untuk anak yang usianya sudah lebih dari 3 tahun, dapat menggunakannya sebanyak besar biji jagung.


4. Sikat gigi 2 kali sehari.

Pagi setelah makan, dan malam sebelum tidur. Pastikan si kecil tidak lagi makan atau minum susu setelah sikat gigi malam hari.


5. Minum air putih setelah makan, terutama makan makanan yang manis.


Nah, ibu-ibu sudah mulai mengajak si kecil ke dokter gigi belum? Kalau saya, jujur saja belum. Tapi memang berniat mengajaknya ke dokter gigi secepatnya. Apalagi setelah mendapatkan edukasi ini, jadi membuat saya tidak ragu lagi untuk mengajak si kecil ke dokter gigi.


Langkah Sikat Gigi yang Benar

Setelah membahas tips-tips untuk merawat gigi anak, sekarang giliran belajar bersama bagaimana cara yang benar untuk menyikat gigi anak. Beberapa caranya memang terlihat sederhana, dan sama tentunya dengan menyikat gigi orang dewasa. Cek berikut langkah-langkahnya, apa selama ini ibu-ibu sudah menyikat gigi si kecil dengan benar? :)


1. Gerakan Bulat-bulat.

Dilakukan dengan menggosok gigi secara berputar. Mulai dari gigi depan sampai ke bagian samping.


2. Gerakan Maju Mundur.

Dilakukan dengan menggosok gigi ke arah depan dan belakang. Mulai dari gigi depan sampai ke belakang.


3. Gerakan Cungkil-cungkil.

Gerakan ini dilakukan dengan mencungkil pada sela-sela gigi pada bagian dalam. Merata dari gigi atas dan bawah.


4. Sikat Lidah.

Menyikat lidah dengan lembut ke arah luar untuk mengeluarkan kotoran yang menempel di lidah. Tentu saja agar tidak menjadi sumber bau mulut.


5. Berkumur.

Kumur dengan air matang hingga bersih dan buang airnya.


Field Trip Online

Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba. Setelah materi edukasi perawatan gigi selesai diberikan oleh drg. Saskia, kini saatnya jalan-jalan melihat tempat perawatan gigi di Medikids Kemang. Tentu saja, acara jalan-jalan ini hanya melalui virtual saja, tapi tetap seruuuu dan menarik. Jadi tidak sabar untuk datang langsung kesana.


Seperti yang digambarkan sebelumnya, setiap ruangan di Medikids memiliki tema ruangan. Hal itu yang membuat anak saya semangat saat ditawari untuk kesana. Apalagi saat saya jelaskan kalau tempat tersebut adalah rumah dokter gigi untuk pemeriksaan gigi. Anak saya langsung semangat untuk kesana. Yuk, kita jadwalkan dulu :) Tunggu sharing selanjutnya ya, setelah saya dan si kecil berkunjung langsung ke Medikids Kemang :)


Mewarnai Face Mask

Rangkaian acara edukasi di atas ditutup dengan mewarnai face mask bersama si kecil. Jadi, sebelum acara berlangsung, kami berikan satu paket berisi facemask dan crayon untuk mewarnai. Face mask ini terbuat dari bahan katun yang aman dan crayon khusus untuk mewarnai kain. Selain itu juga ada tas belanja re-usable yang praktis dengan design yang lucu :)

Face Mask Medikids


Seru banget sih, si kecil semangat untuk mewarnai maskernya. Dan setelahnya, kami semua foto bersama dengan menggunakan face mask yang sudah selesai diwarnai. Gemes kan hasilnya ? :)


DIY Printable

Acara hiburan selanjutnya, seharusnya adalah mewarnai printable bersama. Namun sayangnya, waktu satu jam yang diberikan sudah habis. Tidak terasa, karena acara yang terlalu seru dan menarik. Kami pun harus berpisah.


Jadi, karena acara yang satu ini yang paling ditunggu anak saya, maka kami pun tetap menyelesaikan mewarnai printable, hehe..


Kesimpulan

Satu acara yang bermanfaat untuk memberikan edukasi kesehatan dan hiburan yang berkualitas untuk keluarga. Meski di tengah pandemi, kini acara via virtual seperti ini sudah sangat efektif untuk menyampaikan pesan dua arah. Meski dibatasi waktu yang hanya satu jam, buat saya sudah penuh dengan materi dan pesan yang dapat dengan mudah diterima.


Saya pribadi mendapat wawasan baru dari acara ini mengenai pentingnya merawat gigi anak. Meski gigi susu ini akan berganti, namun ternyata penting diperhatikan karena menjadi pondasi gigi-gigi selanjutnya.

 

Selain itu, edukasi mengenai cara menggosok gigi dengan benar juga sangat membantu saya selaku orang tua untuk mengomunikasikan ke anak. Jika anak diajak bersama di acara edukasi ini, ketertarikannya tentu lebih besar, sehingga akan mudah untuk membiasakannya sikat gigi.


Tertarik Mengunjungi Medikids Kemang?

Info pelayanan Medikids Kemang lebih lanjut, dapat langsung menghubungi melalui telepon 021 27 15917 / 0811 1895 531. Selain itu, informasi lebih lanjut seputar perawatan dan pelayanan kesehatan gigi serta pricelist yang ditawarkan, bisa diperoleh melalui media sosial Medikids berikut:


Website: https://mhdc.co.id

Instagram: https://www.instagram.com/medikidsclinic

Facebook: https://www.facebook.com/mhdcclinic/

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCYyhZEIhwwliDbVZRPaXDBQ


Tips Mengajak Anak Ke Dokter Gigi

Nah, kalau masih ragu atau bingung cara mengajak anak ke dokter gigi tanpa drama, berikut tips ala catatanatiqoh ­čśŐ


1. Tidak dengan cara mengancam atau menakuti anak

Ajak anak untuk ke dokter gigi dengan alasan yang dapat diterima sesuai usianya. Tidak dengan menakuti atau mengancam. Dapat juga dengan memberikan gambaran yang menarik tentang dokter gigi.


2. Storytelling

Menceritakan kisah-kisah mengenai gigi, akan mengenalkan anak dengan gigi-gigi dan cara merawatnya. Storytelling bisa dilakukan berulang kali dengan cerita-cerita yang menarik.


3. Roleplaying

Memberikan gambaran melalui permainan peran menjadi dokter gigi akan mengenalkan di kecil yang belum pernah ke dokter gigi. Setidaknya membuat si kecil nyaman dan tertarik.


4. Persiapan ke Dokter Gigi

Salah satu bentuk persiapan ke dokter gigi dapat dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti seminar tentang kesehatan gigi atau acara edukasi seperti ini. Acara-acara yang melibatkan anak langsung, akan lebih mudah diterima anak dan tentunya menarik minat mereka.


Persiapan ke dokter gigi juga dapat dilakukan dengan datang lebih awal dengan reservation terlebih dahulu. Tentunya agar anak tidak bosan menunggu terlalu lama. 


5. Pilih Klinik yang Kids friendly

Nah, ini salah satu jurus yang paling ampuh untuk mengajak anak ke dokter gigi dengan mudah. Klinik gigi yang menarik untuk anak akan membuat mereka nyaman. Apalagi jika dilengkapi dengan fasilitas yang membuat mereka tidak bosan untuk menunggu. Contohnya di Medikids Kemang ini. Semua design kliniknya dibuat kids friendly dan benar-benar nyaman untuk anak. Penting juga untuk mencari dokter gigi yang ramah dan jauh dari kesan "seram" untuk anak-anak.


Terima kasih Medikids dan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis, sudah mengajak kami dalam acara field trip online di re-opening Medikids Kemang. Berhasil membuat anak saya semangat untuk sikat gigi, dan tentu saja tertarik untuk datang langsung ke Medikids. Sukses selalu!

Yuk semangat menjaga gigi-gigi si kecil :)

16 komentar:

  1. Udah lama saya gak pernah ke dokter gigi, lupa waktu itu saya ke dokter gigi kapan ya. Kadang sudah hampir lebih sebulan saya gak ke dokter gigi lagi

    BalasHapus
  2. Medikids Clinic Kemang, punya konsep untuk menarik anak-anak datang ke dokter gigi. Memang sulit untuk membujuk anak ke dokter gigi. Semoga pelayanan dan perawatan juga baik sesuai konsepnya.

    BalasHapus
  3. Alhamdullilah Medikids Kemang udah buka lagi ya?
    Periksa gigi kan ga bisa virtual
    Waktu anak anak saya masih kecil, saya juga paling rewel soal gigi
    Walau gigi susu
    Karena kalo anak udah sakit gigi. Duh ga tega

    BalasHapus
  4. Ealaah.. gerakan sikat giginya itu mestinya begini ya? Saya cuman taunya gerakan maju-mundur doang, pantes saya nggak percaya diri dengan kebersihan gigi saya. Terima kasih ya, Mbak Atiq :)

    BalasHapus
  5. Ruangannya unik dan menarik. Kalau begini sih, anak-anak nggak takut lagi kalau mau periksa gigi.

    BalasHapus
  6. Wah kalau ruangan dokter gigi nya menarik kyk playground gini pasti anak2 ga takut ya diajak ke dr.Gigi. Malah mungkin mereka antusias tiap diajak kesini hehehe ..emang harus cari cara yang tepat ya supaya anak tidak takut klo diajak ke dokter gigi

    BalasHapus
  7. Anakku udah rajin sikat gigi tapi masih aja ada tanda bolong di giginya. Sebelum tahun berganti, harus banget ke Medikids supaya giginya diperiksa

    BalasHapus
  8. Waah asik banget ada satu tempat yang beneran komplit kek Medikids Kemang yg melayani vaksinasi untuk anak-anak dan juga dewasa.
    Vaksin yang tersedia juga cukup lengkap. Sehingga lebih terjangkau untuk sekalian melakukan pemeriksaan kesehatan.

    BalasHapus
  9. Aku ikutan nih. Seru banget. Tahun lalu ke Medikids, seneng banget sama interiornya dan konsep traveling around the world buat anak. Anakku juga happy main di Play Hospital nya.

    BalasHapus
  10. Kalau kliniknya kayak gini jadi bikin betah anak ini. Ini Medikids hanya ada di Kemang ya Tiq?

    BalasHapus
  11. Wah kalau klinik giginya sekece ini anak-anak pasti nggak takut lagi dong ya.. Mom. Udah mah tempatnya asik, dentistnya juga kayaknya oke punya nih..

    BalasHapus
  12. sukak banget sama disain interiol klinik medikids kemang ini bikin anak2 betah ya mbak

    BalasHapus
  13. Konsep Medikids benar2 memahami psikologi anak dalam berobat ya. Semoga banyak cabangnya di Indonesia agaf bisa merasakan layanan medikids juga.

    BalasHapus
  14. wah iya nih, harus bisa bener2 memahami psikologi anak ya bahkan dalam berobat. makanya desain yang unik dan pelayanan ramah adlah kunci untuk membuat anak tertarik untuk diperiksa, jadi kesan dokter itu seram hilang dengan sendirinya ya..

    BalasHapus
  15. Seru banget bisa ikuran fieldtrip Medikids. Alhamdulillah sekarang sudah mulai banyak klinik yang buka. Medikids ini asik banget tempatnya, ini anak anak pasti betah banget disini

    BalasHapus
  16. Kesehatan gigi salah satu faktor yg penting...
    Kalo seandainya ada klinik gigi yg keren kayak gini bisa bikin anak-anak semangat periksa gigi...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.