Optimasi Blog Agar Eksis Bersama Blogger Squad ODOP

Optimasi Blog Agar Eksis Bersama Blogger Squad ODOP - Banyak ilmu cuma-cuma yang saya dapatkan selama mengikuti blogger squad ODOP. Kenapa cuma-cuma? Iya karena diberikan secara gratisss dari para master ahlinya. Merasa beruntung sekali ada di komunitas ini. Bukan hanya ilmu gratis saja, namun juga dorongan untuk terus berkarya dalam meng- optimasi blog agar eksis.

Optimasi Blog

Salah satu hal yang baru saya ketahui dan pertama saya dapatkan dari komunitas adalah mengoptimasi blog. Ternyata, menulis di blog tidak hanya sekedar menulis, namun juga ada trik dan tipsnya agar performa blog kita optimal. Apalagi ditengah persaingan ketat dunia online saat ini, tentunya semua ingin jadi yang pertama di mesin pencarian.


Satu tahun bersama Blogger Squad ODOP, membuat saya mengupgrade diri dalam dunia blogging. Selain konsisten dalam menulis, juga mengenal banyak istilah-istilah dalam mengembangkan blog. Termasuk ikut dalam lomba-lomba blog yang ada. Selain itu juga komunitas-komunitas lain yang mendukung. Pertama kalinya juga dari komunitas ini, saya mendapatkan informasi mengenai job yang bisa diperoleh dengan nge-blog. Betapa beruntungnya saya. Jadi apa saja ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti blogger squad ODOP? Yuk simak terus sampai akhir :)


Arisan Blog

Program ini dilakukan dengan menanam link (backlink) secara bergilir dari setiap anggota. Kami bergantian untuk membuat konten yang disesuaikan dengan niche blog para anggota. Kegiatan arisan blog ini menuntut kita untuk terus membuat karya. Sehingga secara tidak langsung memotivasi anggota agar konsisten menghasilkan tulisan.


Bagi para blogger, pasti sudah mengetahui manfaat dari backlink. Salah satunya adalah mengoptimalkan popularitas website kita di mesin penelusuran. Semua anggota bersemangat setiap minggunya. Tentu saja, ada tugas pasti ada hukuman jika tidak mengerjakannya, hehe.. Beberapa keuntungan arisan blog adalah sebagai berikut:


Memotivasi

Dengan adanya arisan blog, akan membuat para anggota saling memotivasi. Apalagi beruntung sekali dalam satu komunitas ini terdapat satu anggota yang sudah konsisten untuk rajin posting. Kak Jihan adalah salah satunya. Setiap hari selalu memunculkan tulisan yang berkualitas. Belum lagi, beberapa lomba blog, sudah dia menangkan. Hal tersebut tentu saja menjadi semangat bagi para anggota lainnya.


Backlink

Mendapatkan backlink tentu saja menjadi tujuan utamanya. Melalui cara ini, blog secara tidak langsung sudah dioptimasi untuk eksis di mesin penelusuran. Cara sederhana ini pertama saya dapatkan di blogger squad ODOP.


Silahturahmi

Nah, ini juga bonus yang luar biasa. Silahturahmi kami terjalin sangat baik meski belum pernah bertatap muka langsung. Kami dapat dengan bebeas membahas apapun tentang blog dalam sebuah WA group. Komunitas yang awalnya beranggotakan dua puluh orang lebih ini, kini sudah hanya tinggal tiga belas orang anggota saja ditambah tiga orang pengurusnya.


Menambah Wawasan

Melalui arisan blog ini juga, saya jadi mulai menggali konten-konten yang tidak hanya saya geluti selama ini. Kami dituntut untuk membuat tulisan dari tema-tema yang teman-teman lain tentukan. Inilah jalan menambah wawasan dan keluar dari zona nyaman menulis.


Optimasi Blog

Ilmu selanjutnya yang juga saya dapatkan dari blogger squad ODOP adalah cara mengoptimasi blog. Setelah satu program arisan selesai dilakukan, dan beberapa orang dari kami harus ada yang gugur, maka dilanjutkan dengan mengoptimasi blog.


Dari sini jugalah, saya akhirnya memberanikan diri untuk men-dot-com-kan blog saya. Untuk tetap lanjut ke tahap selanjutnya, tentu saja blog sudah tidak boleh yang gratisan terus, hehe.. Sungguh tidak ada yang sia-sia, satu bulan saya mulai men-dot-com-kan blog saya, saat itu juga saya sudah mendapatkan job dari blog. Akhirnya, blog saya menghasilkan. Secara tidak langsung memang karena langkah awal saya bergabung dengan blogger squad ODOP.


Apa saja ilmu optimasi blog yang dipelajari? Yuk saya ceritakan secara garis besarnya saja ya :) Kalau penasaran, silahkan bergabung ke Komunitas ODOP :)


Optimasi SEO on page

Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah blog atau website kita yang membuat betah untuk dikunjungi. Sehingga mereka akan lebih sering berkunjung lagi dan lebih lama berinteraksi dengan ide-ide yang kita tuangkan dalam tulisan. Nah, semakin pengunjung ini sering berinteraksi di blog kita, maka blog kita akan semakin optimal performanya di mata mesin penelusur.


SEO on page merupakan upaya dalam meningkatkan rating yang semakin tinggi di mesin penelusur. Selain itu juga akan meningkatkan jumlah pengunjung yang relevan.


Optimasi SEO off page

Nah, ternyata, optimasi SEO on page saja tidak cukup. Perlu juga untuk melakukan optimasi website dari sisi SEO off page. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas SEO website secara keseluruhan.


SEO off page menjadi langkah optimasi blog agar eksis yang dilakukan di luar konten. Caranya dengan mengoptimasinya dari faktor-faktor eksternal. Faktor eksternal disini adalah inbound link atau backlink hingga sharing di media sosial.


Benar-benar ilmu baru yang baru saya dapatkan dari komunitas ini. Optimasi blog agar eksis di mesin penelusuran tentu saja tidak instan, dan butuh konsisten untuk melakukannya. Salut saya dengan para blogger yang konsisten untuk membuat konten yang bermanfaat bagi para pembaca.


Jadi, ilmu apa saja yang sudah kalian dapatkan selama ngeblog? Yuk gabung di komunitas-komunitas blogger, agar mampu meningkatkan potensi kita. Selain itu, tentu saja tujuannya untuk optimasi blog agar eksis di mesin Google! 😉

2 komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.