Komunitas Blogger Squad ODOP, Antara Harapan dan Kenyataan

Tahun 2010 adalah awal pertama saya mengenal Blog. Awalnya hanya sebagai wadah untuk membuat tulisan sekenanya. Tentu saja isinya hanya tumpahan isi hati yang sedang galau, hehe.. Cara tersebut saya lakukan untuk mengurangi perasaan-perasaan yang kurang nyaman di hati. Namun, tidak nyaman juga untuk dibicarakan langsung. Jujur saja, saya lebih nyaman untuk bercerita melalui tulisan. Sampai pada akhirnya saya mengenal satu komunitas Blogger.


Komunitas Blogger ODOP

Blogger Squad merupakan salah satu bentukan kecil dari komunitas besar One Day One Post (ODOP). Sebuah komunitas yang didirikan untuk memecut para anggotanya agar produktif dalam menghasilkan karya (tulisan), minimal satu hari satu postingan. Sudah hampir dua tahun tergabung dalam ODOP, saya sungguh berterima kasih dididik dengan penuh cinta.


Banyak ilmu cuma-cuma yang saya dapatkan, hingga akhirnya saya percaya diri untuk menyebut diri saya Blogger. Inilah komunitas menulis pertama yang saya temukan dan akhirnya berhasil saya ikuti. Penasaran apa saja yang saya dapatkan disini? Yuk, baca terus sampai akhri ya!


Komunitas Blogger

Komunitas merupakan suatu wadah berkumpulnya beberapa orang yang mempunyai visi dan misi atau kesukaan yang sejalan. Salah satunya komunitas Blogger. Ternyata, banyak juga komunitas Blogger di Indonesia yang keren-keren. Komunitas ini lahir karena satu tujuan dalam memfasilitasi potensi para Blogger di Indonesia. Harapannya agar dapat terus produktif menghasilkan konten-konten yang bermanfaat dan berkualitas.


Blogger Squad ODOP

Komunitas ODOP adalah komunitas menulis pertama yang saya ikuti. Saya menemukannya ketika melihat postingan di akun media sosial salah satu teman kuliah saya. Selanjutnya saya mulai mencari kegiatan apa saja yang diwadahi di sini. Tidak hanya untuk produktif menjadi Blogger, namun juga menerbitkan beruah karya tulisan dalam bentuk buku. Mantap kan? Nah, dari situlah saya tertarik untuk mencoba bergabung dengan komunitas ODOP.


Dalam satu bulan pra recruitment, para calon anggota diberikan bekal ilmu secara cuma-cuma. Tentang dunia menulis, dari membuat artikel, naskah fiksi ataupun non-fiksi, sampai pada penerbitan. Selain itu, banyak info dan ilmu lain yang mendukung dan menghasilkan tentu saja. Satu bulan itu membuat saya terus bersemangat agar tidak tersingkir. Beruntung sekali akhirnya dapat tergabung dalam satu komunitas ini.


Banyak program yang dijalankan, salah satunya adalah Blogger Squad ODOP. Pada program ini, beberapa anggota diarahkan untuk menghasilkan karya non-fiksi pada platform Blog. Jujur saja, saya tertarik untuk memilih ini, karena sudah mempunyai platform Blog sejak lama, namun belum paham betul bagaimana menggunakannya secara optimal.


Blogger Squad ODOP pada angkatan yang saya ikuti ini pada awalnya terdiri dari beberapa orang, sampai akhirnya banyak yang mengundurkan diri atau dikeluarkan dari Squad karena belum dapat konsisten. Hingga akhir kini, tersisa 13 orang dengan 3 orang pengurus yang masih bertahan. Termasuk saya. Bangga? Tentu saja! Karena bertahan disini sungguh tidak mudah. Namun, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Seperti harapan saya di awal bergabung dengan Blogger Squad ODOP ini. Kini sudah menjadi banyak kenyataan yang menyenangkan.


Harapan Bergabung dengan Blogger Squad ODOP

Memilih bergabung dengan Blogger Squad tentu saja membawa banyak harapan yang ingin saya wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog saya menjadi bernilai. Iya, menghasilkan uang maksudnya, hehe.. Tapi tidak hanya itu saja tentunya, karena untuk dapat menjadi Blog bernilai, harus banyak yang dipelajari dan dibenahi. Salah satunya dengan menampilkan Blog yang optimal.

Selain keinginan menjadikan Blog menghasilkan, tentu saja ingin mendapatkan ilmu dalam mengolah konten yang berkualitas dan bermanfaat. Awalnya, hanya itu harapan yang saya bawa, karena belum banyak mengerti apa saja ilmu tentang Blogging. Namun ternyata, hasil yang saya dapatkan sungguh lebih-lebih dari itu. Tentu saja semuanya GRATIS! Luar biasa memang para ahli yang bergabung disini.


Kenyataannya dalam Blogger Squad ODOP

Harapan-harapan saya tersebut benar menjadi nyata di Blogger Squad ODOP. Materi yang luar biasa diberikan secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, mereka juga selalu ada 24 jam kapanpun dibutuhkan. Ibarat sebuah rumah, mereka jadi tempat berpulang saya setelah berpetualang kemana saja. Apa saja pertanyaan, mulai dari hal receh sampai yang berkualitas, disampaikan gratis oleh mereka yang ahli. Rasanya menjadi sebuah rejeki yang tidak ternilai disini.


Banyak ilmu, mulai dari dasar apa itu Blog sampai bagaimana menaikkan DA Blog, diberikan penjelasan secara cuma-cuma. Kami belajar bersama, saling berbagi ilmu dan informasi. Sungguh terasa kekeluargaannya, meksi sebelumnya kami belum saling bertemu dan mengenal.


Dari sini juga, banyak langkah yang saya ambil untuk mewujudkan resolusi tahun baru yang saya buat di awal 2020. Pertama dengan memberanikan diri untuk men-TLD-kan Blog saya. Kemudian mencoba untuk mengikuti berbagai kompetisi, meski belum ada yang lolos, hehe.. Namun, salah satu harapan yang sudah menjadi kenyataan adalah, Blog saya kini sudah lebih bernilai. Terima kasih!


Kini, program Blogger Squad ODOP sudah hampir usai. Semoga selanjutnya dapat terus menghasilkan karya bermanfaat dan berkualitas. Menerapkan dan membagi banyak ilmu yang didapatkan. 


Tulisan ini sebagai tugas akhir untuk menyelesaikan program Blogger Squad ODOP. Cerita selanjutnya tentang komunitas Blogger ini, saya bagikan di post selanjutnya ya! :)


Kalian yang ingin bergabung juga dalam Komunitas ODOP, bisa mendapatkan info lebih lanjut di media sosialnya.

Website : Ngodop.com
Facebook : OneDayOnePost
Instagram : @komunitas.odop

2 komentar:

  1. wahh ini komunitas luar biasa karena bukan cuma komunitas biasa, tapi berbagi banyak ilmu soal kepenulisan.

    Kalau saya sendiri target 1 artikel 1 hari masih berat mbaak, whehe

    BalasHapus
  2. luar biasa memang, jadi terlatih gak cuma skill tapi mental juga hehe
    Yookk semangat bisa :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.