Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas Anti Gagal, Ikuti 3 Langkah Ini!

Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas Anti Gagal, Ikuti 3 Langkah Ini! - Teknologi yang semakin berkembang membuat segalanya kini menjadi serba praktis. Termasuk dalam hal masak memasak. Untuk saya, Ibu rumah tangga baru di era sekarang, semuanya cukup dimudahkan. Apalagi soal memasak.


Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Masak nasi menjadi hal utama yang wajib dikuasai para ibu, betul begitu ibu-ibu? Mudah sekali memang, apalagi hanya mengandalkan rice cooker, tinggal colok dan nasi matang dengan sendirinya. Namun, bagaimana kalau listrik sedang padam dan nasi belum matang? hihii...


Kalau saya, jujur saja lebih memilih order langsung sama yang jualan, hehe.. Tapi, bagaimana juga kalau ternyata justru harus menunggu lama? Jadi, ada baiknya juga untuk belajar cara memasak nasi dengan kompor gas.


Ini penting sih, bukan hanya bisa diandalkan saat listrik padam saja, namun juga bisa lebih hemat listrik, dan tidak menunggu lama untuk menjadi nasi yang siap santap.


Kali ini, saya akan membagikan cara memasak nasi pakai kompor gas, hasil berguru dengan Ibu saya. Tentu saja, sudah saya praktek-kan dan berhasil. Orang dulu memang lebih ahli untuk memasak nasi dengan kompor. Ternyata, hasilnya memang justru lebih enak dibanding nasi hasil memasak dengan rice cooker. Penasaran caranya? Yuk simak terus sampai akhir ya!


Bahan dan Alat untuk Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Sebelum memasak nasi dengan kompor gas, tentu saja membutuhkan bahan dan alat untuk memasak. Pastinya bukan rice cooker ya. Berikut yang harus disiapkan untuk memasak nasi dengan kompor gas anti gagal:

  • Beras sesuai porsi
  • Air sesuai dengan takaran beras
  • Panci Anti Lengket
  • Dandang atau Panci Kukusan
  • dan Kompor Gas beserta Gasnya


Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Nah, sebelum mulai langkah-langkah memasak nasi, sudah pasti perlu menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Beras yang sudah dicuci bersih dan air bersih. Dua cara yang diajarkan oleh Ibu, yaitu dengan cara dikukus dan aron.


Nasi Kukus

Cara menanak nasi manual ini membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Setelah beras dicuci bersih, kemudian tambahkan air dengan kondisi air di atas beras sekitar 2 ruas jari. Lalu, masak di atas api sedang pada kompor gas. Tunggu hingga airnya terserap habis, namun jangan sampai kering.


Setelah itu, matikan api dan aduk nasi tersebut sampai ke dasar panci. Kemudian, pindahkan nasi ke panci pengukus yang airnya sudah mendidih. Masak hingga nasi benar-benar matang, kurang lebih 15 - 20 menit, tergantung porsi nasi. Nasi yang benar-benar matang adalah nasi yang pulen dan tidak keras saat dimakan. Mudah kan? Dan hasilnya tentu saja nasi lebih pulen.


Nasi Aron

Cara memasak nasi dengan kompor gas yang kedua ini dengan cara aron. Nasi aron adalah nasi yang dimasak setengah matang dengan direbus sampai tiris airnya. Kunci keberhasilannya ada pada takaran air memasak nasi yang pas. Air harus lebih tinggi satu ruas jari dari permukaan beras. Jika sampai kelebihan air, maka nasi justru akan lembek atau bahkan tidak matang sempurna.


Memasak nasi aron ini ternyata memasak nasi langsung dengan dandang. Jika ingin hasilnya lebih enak, setelah beras dicuci, kemudian direndam terlebih dahulu kurang lebih 10 menit. Setelah itu, langsung masak beras dengan air yang merendam beras, pada dandang atau kukusan.


Masak dengan api sedang, sampai setengah matang dan air sudah meresap. Kemudian, siram nasi setengah matang tadi dengan air panas mendidih. Diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu, panaskan kembali kukusan dan masak kembali nasi sampai benar-benar matang kurang lebih 20 menit.


Cara menanak nasi manual memang terlihat repot, namun jika sudah dipraktekan dan terbiasa, justru nasi cepat matang. Dan hasilnya memang lebih nikmat, apalagi yang nasi aron, rasanya lebih seperti nasi di warung padang, suka deh, hehe.. 


Kelebihan Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Meski memasak nasi terlihat mudah dengan rice cooker, namun cara memasak nasi dengan kompor gas juga penting untuk dipelajari. Penting karena ternyata mempunyai beberapa kelebihan. Apa saja? Yuk simak 3 kelebihannya berikut.


1. Hasil Nasi Lebih Nikmat dan Sehat

Keuntungan dari masak nasi dengan cara menanak nasi manual adalah nasi yang dihasilkan. Teksturnya masih kenyal, aromanya lebih sedap dan masih mengandung vitamin. Cara menanak nasi dengan diaron, akan mengurangi kandungan gula yang tinggi. Hal ini tentunya akan menghasilkan nasi yang lebih nikmat dan sehat untuk disantap.


2. Nasi Cepat Matang

Selain hasilnya yang memang lebih nikmat, memasak nasi dengan kompor gas juga dirasa lebih cepat. Apalagi jika nasi yang dimasak hanya porsi kecil, tentu lebih cepat dengan cara memasak nasi dengan kompor gas.


3. Lebih Irit Listrik

Nah, jika terpaksa harus belajar cara memasak nasi pakai kompor gas karena antisipasi listrik padam. Kini setelah jago cara menanak nasi manual, bisa juga membuat listrik lebih irit. Hanya saja memang jadi boros gas, hehe.. Namun jika memasak porsi kecil, tentu lebih hemat dengan kompor gas.


Tips Memasak Nasi dengan Kompor Gas Anti Gagal, Ikuti 3 Langkah Ini!

Meski kelihatannya sepele, tapi ternyata memasak nasi dengan kompor gas ada triknya lho. Tentu saja agar hasilnya tidak mengecewakan, perlu belajar terus dan terus agar terbiasa. Saya pun pada percobaan pertama dengan cara aron belum langsung berhasil, hehe.. 


Memasak nasi pakai kompor

Oleh karena itu, simak 3 langkah cara memasak nasi dengan kompor gas anti gagal ala saya berikut.


1. Cuci Bersih Beras

Beras yang digunakan harus benar-benar dicuci bersih. Mencuci beras juga ada tekniknya ternyata. Harus dibawah air yang mengalir dengan wadah berlubang kecil semacam keranjang. Jadi, kotoran benar-benar terbuang sempurna. Beras yang dicuci kurang bersih akan mempengaruhi hasilnya yang lebih lembek dan mudah basi.


2. Takaran Air Pas

Nah, rahasia nasi yang pulen adalah ada pada takaran air memasak nasi. Hal ini penting jika ingin hasil nasi pas untuk disantap. Seperti yang dijelaskan pada langkah memasak nasi di atas, air wajib ada diatas nasi kurang lebih 1 ruas jari. Jika kelebihan, tentu membuat nasi yang dihasilkan akan lembek. Jika kurang, sudah pasti akan kering dan cepat gosong. Jadi, pastikan takaran airnya pas.


3. Aduk Berkala

Berikutnya adalah, dengan mengaduk nasi secara berkala. Proses pengadukan nasi saat memasak, akan mempengaruhi pada hasil kematangan yang merata. Jika tidak diaduk, maka kemungkinan nasi akan gosong atau menjadi intip (kerak nasi).


Itulah, cara memasak nasi dengan kompor gas yang saya pelajari dari Ibu. Semoga bermanfaat ya, apalagi untuk ibu-ibu masa kini macam saya, yang maunya serba praktis, hehe..


Ternyata, belajar cara menanak nasi manual mudah juga ya dan menyenangkan. Semoga ilmu ini bisa terus diwariskan ke generasi selanjutnya. 😊


Selamat mencoba!

13 komentar:

  1. Ngaliwet atau masak nasi secara manual dilengkapi dengan bumbu dan rempah dana nasinya itu sudah biasa dilakukan oleh anak mengaji di rumah kami. Jadi santri udah terbiasa masak nasi dalam citel. Gak khawatir generasi muda di kampung ga bisa masak nasi dengan hawu alias tungku. Beda dengan anak kota pastinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah Masya Allah, seru yaa :) mereka jadi kreatif dan lebih tangguh sih karena sudah terlatih :) aku yang tumbuh dengan teknologi bener-bener baru kali ini mencoba masak nasi pake kompor, huhuu :'(

      Hapus
  2. Jujur, seumur2 blum prnah masak nasi mlpke kompor mba, plaing dlu suka liat mamah yg masak sblum lahirnya magicom 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, akupun baru kemarin-kemarin akhirnya nanya ke Ibu buat minta diajarin masak nasi pake kompor, hehe.. ternyata ya mudah, tp kudu lebih sabar hehee

      Hapus
  3. Saya kadang memasak nasi dikompor gas dengan tujuan agar hemat listrik juga mbak

    BalasHapus
  4. Aku belum bisa itu masak manual, pernah praktek tapi lengket padahal udah pake panci anti lengket, apa harus diaduk dulu sebelum nasinya matang kak biar ga lengket🤔

    BalasHapus
  5. wah bisa dipraktikkan di rumah nih, kebetulan salah satu rice cooker aku rusak huhuhu, lelah kayaknya dia udah 10 tahun lebih dipakai masak nasi hehhee

    BalasHapus
  6. Jadi inget zaman di pesantren kalau masak nasi pake kompor gas. Kalau sekarang udh hampir gak pernah.

    BalasHapus
  7. Kadang aku juga masak nasi dengan kompor, biasanya kalo listrik lagi jeblok huhu

    BalasHapus
  8. Aku bisa kok masak nasi pakai kompor, secara dari kecil udah diajarin. Agak ribet daripada rice cooker tapi rasa nasinya tuh beda lebih enak aja. Cuma kalo lagi zonk kadang ga mateng gara-gara salah takaran air. ��

    BalasHapus
  9. Ibuku paling suka mask nasi pakai kompor begini. Rasanya lebih "dapat" gitu sih. Di rumah selalu sedia dandang. Tapi sejak beberapa tahun belakangan pilih pakai magic jar. Hehe. Krena sudah lelah mungkin yaaa.

    BalasHapus
  10. Kok sama sih, aku juga kayaknya pilih beli jadi aja hehe, tapi ya mikir juga kenapa nggak belajar pakai kompor gas aja ya bikin nasinya. Makasih Mbak untuk tipsnya, mau deh coba juga biar kalau lagi diperlukan udah lancar.

    BalasHapus
  11. Duuuh kebayang enak deh ini ngeliwet di kompor gas pun tetap sedaaaap kok asal resepnya yahuuud mah. Sama uwaku kalo pas lg kumpul keluarga di kampung suka banget masak nasi pake cara kaya gitu tuh

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.