Tips Berkemas dengan Pilihan Pakaian Tepat Sebelum Umroh

Selain untuk beribadah, umroh juga kerap dijadikan sebagai momen wisata religi yang menyenangkan oleh turis mancanegara, termasuk juga para wisatawan asal Indonesia. Mengunjungi tempat yang paling disucikan oleh umat muslim di seluruh dunia, tentunya banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dengan baik, seperti salah satunya memilih pakaian yang tepat untuk dikenakan selama perjalanan umroh.


Alasan utama kenapa Anda harus memilih pakaian yang tepat adalah karena perbedaan iklim cuaca dan kebudayaan yang berbeda jauh dari Indonesia. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan dengan matang hal tersebut.

Tips pilih busana umroh

Apalagi bagi seorang perempuan. Pasalnya, setiap perempuan yang tinggal di Arab Saudi tampak memiliki 1 tipe baju yang sama, yaitu gamis panjang berwarna netral dan tidak mencolok. Desainnya juga dibuat longgar tanpa memperlihatkan lekuk tubuh sedikitpun. Tentunya desain serta tone warna tersebut jarang dimiliki oleh perempuan Indonesia.


TIPS BERKEMAS SEBELUM UMROH

Nah, supaya perjalanan umroh Anda aman dan menyenangkan, berikut ini tips berkemas dengan pilihan pakaian yang tepat untuk dikenakan selama perjalanan umroh. Simak ulasannya seperti ini :


Bawa Baju Dalam Jumlah Banyak

Bawalah beberapa pasang pakaian yang sopan untuk dikenakan selama perjalanan umroh. Negara Arab Saudi bisa memiliki suhu mencapai 51 derajat celcius, akan terasa sangat panas serta mengharuskan Anda untuk sering berganti baju. Sedangkan dimusim dingin juga, Arab Saudi akan terasa sangat dingin serta mengharuskan Anda memakai baju tebal berlapis lapis.


Membawa Beberapa Pilihan Syal

Bawa juga beberapa potong syal dengan bahan yang pas (cepat meresap keringat) serta tone warna yang netral dan tidak mencolok. Jangan hanya membawa 1 potong syal saja, karena syal tersebut akan basah karena keringat selama perjalanan umroh, dan butuh waktu lama untuk bisa mencuci dan mengeringkannya.


Membawa Pilihan Gamis Yang Cocok

Bawalah 3 hingga 4 potong gamis longgar dengan bahan yang tidak panas serta tone warna netral supaya bisa menyatu dengan masyarakat lokal di Arab. Meski perjalanan umroh akan sering dihabiskan untuk beribadah didalam masjid. Anda juga akan menghabiskan waktu berjam jam di jalan untuk mengelilingi Masjidil Haram, melakukan tawaf, bahkan melakukan Sa’I dari Bukit Safa ke Marwa, yang tentunya akan menguras keringat dan tenaga.


Membawa Banyak Pilihan Pakaian Dalam

Jangan lupa juga membawa beberapa potong kaus oblong dan celana harem sebagai baju dalaman. Pilihlah kaus oblong yang ketat dari bahan menyerap keringat dan celana dari bahan kapas yang ketat supaya tidak membatasi gerakan saat perjalanan umroh. Membawa dan mengenakan “Sport Bra” juga menjadi pilihan yang sangat tepat karena mudah menyerap keringat serta mudah dikeringkan saat dicuci.


Sepatu Dan Alas Kaki

Bawalah satu pasang sandal dan satu pasang flat shoes, serta banyak kaus kaki saat melakukan perjalanan umroh. Ketika melakukan ibadah seperti di Masjidil Haram, Tawaf, dan Sa’I tidak diharuskan mengenakan alas kaki seperti sandal sehingga memakai kaku kaki bisa menjadi alternatif yang sangat baik supaya kaki Anda tetap terlindungi.


Selain kelima tips yang telah disebutkan diatas, Anda juga harus mempersiapkan mental yang kuat. Rajin berolahraga sebelum melakukan perjalanan umroh sebagai pemanasan fisik. Pasalnya, perjalanan ibadah umroh di Tanah Suci akan benar benar menguras tenaga. Dan berolahraga bisa membantu melatih kekuatan fisik Anda.

4 komentar:

  1. Wah totoal utk baju saja berapa koper Kak? Trus kopernya ukuran segimana?

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat nih info persiapan ini buat aku, belum ada gambaran sekali soalnya apa yang harus dibawa untuk haji dan umroh

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya Kak. Sangat bermanfaat nih buat yang mau pergi umroh untuk pertama kali. Saya pun berharap semoga suatu hari nanti bisa menginjakkan kaki juga di Tanah Suci Allah.

    BalasHapus
  4. manfaat sekali informasinya mba

    semoga kita bisa umroh kesana..aamiin

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.