Ada Apa Di ODOP Blogger Squad

 Bergabung dengan komunitas yang sejalan dengan minat kita, memang banyak keuntungannya. Jika kalian hobi nulis, sudah pasti masuk ke komunitas menulis akan menjadi salah satu jalan agar hobi menulis semakin menarik dilakukan. Salah satu wadah para 'penulis' yang saya ikuti adalah komunitas ODOP. Dalam sebuah komunitas tersebut, lahirlah satu wadah khusus lagi untuk para blogger. Bagi kalian yang hobi menulis blog, ODOP Blogger Squad (OBS) menjadi wadah yang cocok.


Menulis blog kini memang bukan lagi hanya sekedar hobi. Namun sudah menjadi profesi, yang nyatanya memang dapat menghasilkan uang. Profesi blogger, sebutan untuk para penulis blog, kini justru semakin ramai diminati. Meski sudah mulai tren dengan vlogger atau video blogger.


Artikel Terkait: Alasan Ngeblog


ODOP Blogger Squad

Selain dapat menjadi media untuk meluapkan isi hati dan pikiran dalam sebuah tulisan, memiliki blog juga akan mempertemukan kita dengan teman-teman se'minat'. Tentu saja dengan tergabung di komunitas blogger. Dalam komunitas blogger, kita tidak hanya akan mendapatkan jaringan pertemanan saja, namun juga banyak ilmu yang bisa diperoleh, bahkan terkadang secara cuma-cuma.


Artikel Terkait: Harapan dan Kenyataan Tentang ODOP Blogger Squad


Tergabung dengan ODOP Blogger Squad setahun lalu, menjadikan saya lebih semangat untuk menulis. Bahkan, dari komunitas tersebutlah saya mengetahui jelas jika urusan ngeblog, tidak hanya soal menulis blog semata. Ngeblog juga perlu belajar mengenai hal-hal pendukung lainnya.


ODOP Blogger Squad dibentuk untuk menjadi pilihan para anggota Komunitas ODOP (One Day One Post) yang tertarik dengan dunia blog. Dalam wadah ini, banyak program dijalankan demi memfasilitasi para anggotanya.


Ada Apa di ODOP Blogger Squad ini?

Bergabung bersama, meski hanya secara virtual melalui WA Group dan kami belum 'diijinkan' untuk bertemu secara langsung antar anggotanya, namun tidak menghalangi kami untuk saling mengenal dan berbagi. Bahkan rasanya sudah seperti keluarga, karena apa saja menjadi bahan pembahasan. Mulai dari hal ringan, sampai hal 'berat' yang terkadang saya tidak paham, haha..


Komunitas Blogger

Artikel Terkait: Pentingnya Melakukan Optimasi Blog


Jadi, apa saja yang sudah saya dapatkan di ODOP Blogger Squad?


1. Belajar SEO Blog GRATIS

Hampir sepuluh tahun lalu, saat awal menggunakan platform blog, saya hanya mengetahui tentang cara menulis blog secara dasar. Tulis di laman blog, lalu post, selesai. Saya berharap akan ada pembaca internet yang membaca blog saya. Namun, sepertinya blog saya dulu tidak mudah ditemukan, haha..


Ternyata, menulis blog sungguh banyak ilmu 'ghaib' yang menyertainya, hehe..


Jika setiap kita tuliskan sebuah 'kata' di mesin penelusuran, maka akan banyak pilihan informasi yang muncul di halaman pertama mesin penelusuran tersebut. Nah, untuk bisa sampai muncul di halaman pertama mesin penelusuran itu, ternyata ada ilmunya, lho. Itulah yang bisa kita pelajari di ODOP Blogger Squad ini.


SEO, Search Engine Optimization merupakan suatu usaha untuk mengoptimalkan sebuah website agar dapat muncul di halaman pertama mesin penelusuran. Satu ilmu ini ternyata mahal harganya. Kita bisa mendapatkannya dari banyak training yang ditawarkan beberapa lembaga khusus pengembang website. Nah, di sebuah komunitas blogger, biasanya akan banyak ilmu mengenai SEO yang diberikan secara cuma-cuma oleh para anggota atau pengelola komunitas.


Ilmu inilah yang akhirnya saya dapatkan pertama kali dari ODOP Blogger Squad. Beberapa anggota yang sudah ahli menguasai, membagikannya kepada kami yang tergabung di wadah tersebut dengan cuma-cuma. Betapa beruntungnya saya, mendapatkan ilmu 'kece' ini, sampai akhirnya kini blog saya menghasilkan banyak 'cuan', hihi... Alhamdulillah.


2. Program Arisan Backlink

Hal baru selanjutnya yang hanya saya dapatkan untuk pertama kalinya di komunitas ini, adalah program arisan backlink. Apa itu? Backlink merupakan sebuah link yang dipasang pada blog atau website yang mengarah ke halaman blog atau website milik kita.


Meski terlihat sederhana, kegiatan membangun backlink ini akan memberikan peranan penting untuk kesuksesan blog kita.


Tergabung dalam komunitas ODOP pada awalnya dipaksa untuk dapat menulis setiap harinya. Inilah yang menjadikan kita terbiasa untuk menuangkan ide-ide dalam sebuah tulisan. Namun, di Blogger Squad, tulisan yang dihasilkan dalam sebuah blog juga harus berkualitas. Tidak hanya kuantitasnya saja yang perlu konsisten.


Tulisan berkualitas untuk sebuah blog, tentu saja akan menarik banyak pengunjung. Apalagi jika strategi kita benar mengenai ilmu SEO. Dalam wadah ini, kami menjalankan program arisan backlink. Arisan ini dilakukan dengan menentukan beberapa blog anggota untuk dijadikan backlink. Serta tema yang akan ditulis setiap minggunya.


Selain memotivasi para anggotanya menjadi rajin menulis dengan menghasilkan tulisan berkualitas, juga dapat saling berbagi tautan atau backlink tadi. Seru deh, baru tahu lho istilah keren ini dari OBS ­čśë


3. Menaikkan DA Blog

Selanjutnya, yang akhirnya saya pertama kali ketahui juga dari wadah ini adalah mengenai DA. Apa itu? DA atau Domain Authority merupakan suatu acuan yang dibuat oleh mesin penelusur untuk menentukan peringkat website atau blog. Semakin besar nilai DA, tentu saja akan semakin bagus untuk bersaing di mesin penelusur seperti Google.


Artikel Terkait: Cara Menaikkan DA Blog


Nah, ternyata untuk mendapatkan nilai DA yang besar, ada triknya juga lho. Hmm.. terus apa sih manfaatnya kalau DA besar? Lalu, bagaimana caranya mendapatkan nilai DA yang besar? Semuanya pertama kali saya dapatkan di OBS ini.


Kami mempraktikkan ilmu mengenai DA yang diberikan oleh para senior. Hasilnya benar-benar menakjubkan, hehe.. Hanya kurang lebih 1 sampai 2 bulan saja, DA kami berhasil naik bahkan ada yang lebih dari 2 nilai. Ha cuma 2 nilai? Hei! 2 nilai itu kalau dilakukan tanpa ilmu yang pasti, bakal lama dapatnya, haha.. 


Artikel Terkait: Keuntungan Bergabung Komunitas Blogger


Jadi, bergabung dengan sebuah komunitas ternyata membawa banyak manfaat. Bukan hanya sebatas 3 ilmu kelas kakap itu saja yang saya dapatkan dari OBS. Peluang untuk mendapatkan banyak ilmu pendukung ngeblog lainnya bahkan sampai peluang mendapatkan job. Selain itu, tentu saja akan mendapatkan pertemanan yang bahkan bisa terasa seperti keluarga.


Jika kalian ingin bergabung juga dengan ODOP Blogger Squad, kalian bisa ikuti informasi selengkapnya di website Komunitas ODOP (ngodop.com) atau ikuti update informasi terkini di media sosial One Day One Post.

1 komentar:

  1. Memang sih, bergabung dengan sebuah komunitas bisa menghadirkan dorongan sendiri untuk lebih konsisten menekuni sebuah tujuan.

    Kayak ODOP ini pastinya akan memaksa seorang blogger menjadi konsisten dengan jalan yang dipilihnya. Ia akan dipaksa untuk memenuhi jadwal yang sudah ditetapkan.

    Masalahnya, ketika ODOP itu usai, apakah konsistensi bisa terjaga atau tidak? Karena banyak yang setelah program ODOP selesai, semangatnya turun drastis..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.