Kuliah di Universitas Gunadarma? Begini Jalur Pendaftarannya

Sudah siap menyambut ajaran baru? Atau masih bingung memilih akan melanjutkan kuliah dimana :). Berkuliah di sebuah kampus yang terkemuka dan memiliki mutu pendidikan yang baik, sudah pasti jadi impian semua orang dong. Nah, kalau mau jadi salah satu yang beruntung di kampus impian, pastinya perlu perjuangan ekstra biar sampai di titik itu.


Berkuliah tak hanya bisa membuat seseorang menjadi lebih berkembang secara kepribadian dan juga wawasan keilmuan. Tetapi juga memacu kematangan seseorang dengan tempaan dan iklim perkuliahan yang menuntut kemandirian seorang mahasiswa.


Selain itu, peluang terjalin-nya relasi pertemanan yang jauh lebih luas ketimbang saat di bangku sekolah. Dan, tentu masih ada banyak sederet benefit lainnya bagi seseorang yang berkesempatan untuk berkuliah. 


Cara Daftar Universitas Gunadarma?

Jika kalian sudah membaca artikel sebelumnya tentang ulasan mengenai beberapa jurusan di Universitas Gunadarma, pasti kalian mulai penasaran ya, bagaimana cara mendaftarnya? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa jalur pendaftaran untuk bisa bergabung di Universitas Gunadarma.

kampus-gunadarma

Pertama, Daftarkan Diri Lewat JALUR REGULER

Jalur ini diperuntukkan bagi semua calon mahasiswa secara umum. Para calon mahasiswa yang mengikuti jalur reguler diharuskan untuk mengikuti seleksi jalur reguler, tidak perlu mempersiapkan semacam rekomendasi ataupun prestasi semacamnya.


Bagi yang mendaftar di jalur ini diwajibkan untuk mengikuti tes tulis, untuk yang lulus tes, maka dinyatakan lolos seleksi menjadi mahasiswa di Universitas Gunadarma.


Registrasi Online

Sebelum melakukan tes reguler, para calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan menyertakan sebuah email yang aktif. Proses registrasi bisa diakses melalui website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id. Kemudian, peserta diharuskan untuk mengisi formulir data diri hingga selesai agar mendapatkan email konfirmasi user login, beserta proses pembayaran formulir.


Proses Pembayaran Pendaftaran

Setelah melalui proses registrasi dengan melakukan pembayaran ke nomor rekening Universitas Gunadarma dengan memasukkan nama dan nomor registrasi. Maka, berikutnya para calon mahasiswa akan mendapatkan bukti konfirmasi pembayaran melalui email.


Pilih Waktu dan Lokasi Ujian

Kemudian, calon mahasiswa bisa kembali mengakses website pendaftaran untuk melanjutkan proses pengisian data dan memilih waktu mengikuti ujian beserta lokasinya. Cek kembali email untuk informasi lebih detailnya.


Cek Jadwal Ujian

Kemudian, jika proses pengisian data selesai, maka para calon mahasiswa dapat mengecek jadwal dan lokasi ujian melalui website resmi kampus. Ujian reguler akan dilakukan dengan komputer, sementara itu, mata kuliah yang diajukan adalah matematika dan bahasa Inggris.


Pengumuman Hasil Tes

Setelah menyelesaikan proses ujian reguler, hasil seleksi akan diumumkan via email untuk mengetahui hasil diterima atau tidaknya. Bila dinyatakan lolos seleksi, maka akan tertera juga nama mahasiswa, beserta jurusan, besaran uang kuliah yang harus dibayarkan beserta tenggat batas pembayarannya.


Proses Daftar Ulang

Setelah melalui proses pembayaran uang kuliah, mahasiswa baru diwajibkan untuk melakukan tes kesehatan serta mendaftar ulang. Serta informasi mengenai jadwal dan pelaksanaan Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT) di Universitas Gunadarma.


cara-daftar-gunadarma


Kedua, Jalur PMDK di Universitas Gunadarma

Jalur ini berbeda dengan jalur reguler, dimana PMDK merupakan proses seleksi yang didasarkan pada penelusuran minat, bakat serta prestasi seorang calon mahasiswa saat di bangku sekolah.


Namun, tak semua siswa bisa mendaftar di jalur PMDK ini, karena jalur ini hanya bersifat undangan kepada siswa yang bersangkutan. Alur pendaftarannya sebagaimana berikut.


Registrasi

Calon mahasiswa yang mendaftar di jalur PMDK wajib melakukan registrasi dengan melakukan pendaftaran di website resmi pendaftaran Universitas Gunadarma dengan menyiapkan sebuah email aktif. Setelah mendapatkan email konfirmasi user dan login, pastikan untuk melakukan proses pembayaran formulir.


Setelah melakukan pembayaran ke rekening universitas gunadarma, dan mendapatkan email atas konfirmasi pembayaran. Maka, langkah berikutnya yakni melanjutkan proses pengisian data registrasi di website pendaftaran untuk mendapatkan nomor pendaftaran. Kemudian melampirkan semua berkas yang dibutuhkan beserta salinan dokumen untuk persyaratan di jalur seleksi PMDK.


Pengumuman Hasil Seleksi

Jika proses registrasi sudah dilengkapi dan disubmit, maka tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi yang akan diberitahukan melalui email. Lengkap dengan data nama mahasiswa beserta keterangan jurusan bagi mahasiswa yang lolos seleksi PMDK.


Proses Daftar Ulang

Proses selanjutnya bagi yang dinyatakan lolos seleksi adalah melakukan pembayaran uang kuliah beserta tes kesehatan sebagai proses daftar ulang.


Mudah kan untuk dapat bergabung di Universitas Gunadarma? Keduanya hampir sama, yang membedakan yakni bila di jalur Reguler, para calon mahasiswa diwajibkan melakukan tes, maka di jalur PMDK, calon mahasiswa hanya diminta untuk melampirkan berkas persyaratan yang diminta sebagai proses seleksinya.


Jadi, persiapkan diri kalian jika ingin berkuliah di Universitas Gunadarma. Dua pilihan cara daftar Universitas Gunadarma tersebut dapat menjadi langkah awal terbaik untuk menempuh pendidikan terbaik bagi masa depan kalian. Silahkan pilih yang sesuai dengan kemampuan kalian. Semangat!

2 komentar:

  1. Gunadarma salah satu universitas terbaik ya mbak. izin share ya mbak, hihi, makaciih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu yang bisa jadi pilihan mbak :) silahkan dengan senang hati, terima kasih yaaa mbak :)

      Hapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.