Rahasia Kelezatan Resep Ayam Goreng Gurih dengan Omela

 Siapa yang tidak suka dengan sajian ayam goreng? Sepertinya, menu yang paling merakyat dan mudah disajikan, ya ayam goreng! Apalagi kalau ayam gorengnya berhasil dengan cita rasa gurih dan teksturnya empuk, pasti bakal laris manis, hihi..


Ayam goreng gurih ini juga merupakan salah satu resep masakan rumahan yang digemari anak-anak hingga orang tua. Rasanya yang lezat menjadikan makanan tersebut bisa dimakan dalam segala suasana. Mulai dari sarapan, makan siang ataupun makan malam. Bisa jadi bisnis kuliner juga nih.


Baca juga: Ragam Kuliner Tegal Wajib Coba


 Tips Memasak Ayam Goreng 

Nah, meski terlihat mudah, memasak ayam bukan berarti tanpa tantangan lho. Pernahkah kalian mendapati olahan ayam yang ternyata masih belum matang sempurna. Dibagian luarnya sudah terlihat cantik, namun ternyata daging bagian dalam masih mentah, bahkan kadang masih ada darah, huhu..


Jujur, itu jadi moment yang kurang menyenangkan sih, pasti selera makan jadi auto hilang. Nah, biar tidak ada kejadian demikian, aku mencari beberapa tips memasak ayam goreng, agar bisa menyajikan ayam goreng yang lezat dan matang merata.


1. Pastikan Suhu Daging Ayam = Suhu Ruang

Terkadang, suka tidak sabar karena terburu-buru untuk memasak ayam yang baru keluar dari kulkas. Padahal, ini bisa jadi awal kegagalan memasak ayam. Karena daging ayam yang beku akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak.


Ketika digoreng pun, daging seperti ini akan matang di luar saja sementara bagian dalamnya masih beku atau dingin. Nah, alangkah baiknya jika menggunakan ayam yang disimpan di freezer atau kulkas, keluarkan dulu dan biarkan hingga suhunya naik ke suhu ruang. Ini justru lebih memudahkan kita untuk mengolahnya.


2. Potong Ayam Tidak Terlalu Besar

Jika kita ingin langsung menggoreng ayam tanpa proses apapun sebelumnya (ungkep), kita bisa lakukan marinasi sebelum digoreng. Potongannya pun bisa dibuat lebih kecil agar matangnya lebih cepat dan merata.


3. Beri Sayatan atau Tusukan

Sayatan pada daging akan membantu bumbu marinasinya lebih merasuk. Juga bisa membantu minyak lebih meresap ke bagian dalamnya, sehingga cepat matang merata. Nah, selain disayat dengan pisau, bisa juga dengan menusuk-nusuk daging menggunakan garpu.


Tapi pastikan sayatan atau tusukannya tidak terlalu keras, karena bisa merusak tekstur daging ayam. Nantinya bisa membuat daging ayam hancur saat digoreng.


4. Goreng dengan Api Kecil

Saat proses menggoreng ayam, pastikan semua bagian ayam terendam minyak. Lalu pastikan minyak sudah panas, baru masukkan ayamnya. Kemudian, gunakan api kecil saja agar bagian dalamnya matang merata dan bagian luarnya tidak cepat gosong.


5. Tidak Memenuhi Wajan

Untuk sekali menggoreng, sebaiknya masukkan secukupnya potongan ayam ke dalam wajan. Jangan terlalu memenuhi wajan agar panas minyak bisa di distribusikan secara lebih merata. Selain itu, mencegah potongan antar ayam menjadi lengket (nempel).


6. Masak Ungkep Terlebih Dahulu

Tips masak ayam goreng yang anti gagal selanjutnya, sudah sangat terkenal yaitu teknik ungkep. Mengungkep ayam adalah cara paling aman agar bagian dalamnya matang sempurna. Kita bisa mengungkep ayam beserta bumbu marinasinya selama kurang lebih 30 menit.


Setelahnya, goreng ayam selama beberapa menit saja sampai bagian luarnya berwarna cokelat keemasan. Kalau sudah diungkep, tidak perlu khawatir lagi, karena bagian dalamnya sudah pasti matang sempurna.


Baca juga: Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas


 Resep Ayam Goreng Gurih dengan Omela 

Pesona sajian ayam goreng memang tidak bisa ditolak. Jenis sajian ini juga yang tersebar di banyak negara, baik pilihan makanan rumahan sampai bisnis kuliner di restauran. Jadi, tidak heran, kalau banyak ragam resep juga untuk menyajikan ayam goreng. Sesuai khas masing-masing para juru masak.


resep ayam goreng gurih omela


Nah, selain resep ayam goreng tradisional, masyarakat di berbagai budaya juga mengembangkan resep ayam goreng yang baru. Termasuk yang sudah aku coba ini, resep ayam goreng gurih pakai Omela Kremer. Siapa yang penasaran? Enak bingit lhooo ternyata, asli gurih!


Omela Krimer

Kalau kalian pemula hobi masak kaya aku ini, pasti suka ya mencoba-coba resep masakan baru, apalagi yang unik-unik. Nah, aku baru saja, mencoba resep ayam goreng gurih yang mudah diikuti, dan mencoba menggunakan Omela ini.


Omela Krimer mempunyai cita rasa yang gurih dan lezat. Biasanya digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan favorit! Sungguh rasa penasaranku terjawab, ternyata memang jadi lebih nikmat ditambahkan ke masakan favorit.


#GantiCaraMasak dengan Omela!

Kali ini, aku akan berbagi resep ayam goreng gurih yang sudah aku coba, dengan teknik memasak yang diungkep lebih dulu. Tapi, yang membuat spesial kali ini adalah, aku ungkep ayamnya menggunakan tambahan Omela Krimer.


bahan dan bumbu ayam goreng omela


Bahan Utama Ayam Goreng Gurih

Bahan yang dibutuhkan, tentu saja Ayam potong dan Omela! Kemudian bumbu yang dihaluskan ada bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, ketumbar. Sebagai tambahannya ada jinten, gula merah, daun salam, daun jeruk, lengkuas, sereh, jahe, garam, dan lada bubuk. Semua bumbu tersebut ditumis lebih dulu.


Cara Membuat Ayam Goreng Gurih

Cara membuatnya kita mulai dengan ungkep ayamnya. Ayam yang sudah dipotong (besarnya sesuai selera) kemudian dicuci bersih, bisa ditambah dengan perasan jeruk lemon untuk mengurangi bau anyir.


bisnis kuliner ayam goreng gurih


Kita masukan dalam satu panci, air dan semua bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis tadi. Jika sudah mendidih, masukan potongan ayamnya, biarkan sampai mendidih lagi. Setelah itu, baru tambahkan Omela Krimer.


Sebelumnya, 35gr Omela sudah dilarutkan dengan air, sehingga akan lebih mudah bercampur dengan kuah ungkepan ayam. Masak sambil terus diaduk dengan api kecil.


Jika sudah mendidih dan ayam sudah empuk, bisa matikan apinya. Kemudian tutup panci dan diamkan kurang lebih 30 menit. Baru ayam siap digoreng. 


Usahakan goreng ayam dengan minyak baru dan menutupi semua bagian ayam. Sehingga akan garing dengan merata. Tidak menyebabkan gosong pada salah satu bagian ayam. Jika sudah matang kecoklatan, ayam siap dihidangkan.


Nah, sajian ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan sambal dan sayur lalapan. Hmm gimana sudah tergiur untuk menikmati ayam goreng gurih dengan Omela? Hihi.. Kalian juga bisa nih mengkreasikan olahan ayam lainnya dengan Omela.


Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!


 Tips Menyimpan Makanan Olahan Ayam Agar Tahan Lama 

Resep ayam goreng gurih ini bisa untuk menu makanan sehari-hari atau bisa untuk memulai bisnis kuliner. Nah, biasanya, kalau aku suka mengolah ayam ungkep ini untuk stock di rumah. Jadi, tinggal goreng saja saat akan dinikmati.


Bagaimana agar tahan lama menyimpannya? Aku punya tips menyimpan makanan olahan ayam ini di kulkas. Bisa tahan sampai 3 bulan!


1. Pastikan Ayam Masak dengan Matang

Membuat ayam tahan lama disimpan dan tidak mudah benyek, kita wajib pastikan jika ayam sudah matang sempurna saat dimasak ungkep. Cek dengan cara menusukan garpu pada ayam saat diungkep, jika tidak ada lagi darah yang keluar, tandanya ayam sudah matang. Dengan ini, ayam jadi lebih tahan untuk disimpan.


2. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Selanjutnya, masukkan ayam ungkep ke dalam wadah kedap udara atau wadah tertutup. Biasanya aku simpan ayam dengan kuah ungkepannya ke dalam satu wadah sampai ayam terendam kuah.


Tapi, pastikan ayam sudah dalam kondisi dingin sebelum disimpan ke dalam wadah tertutup. Proses pendinginan dapat dilakukan selama dua jam di suhu ruangan. Dan sebaiknya waktu pendinginan tidak lebih dari itu, supaya ayam tidak terkontaminiasi bakteri.


3. Simpan di Kulkas

Ayam ungkep bisa disimpan di kulkas selama tiga hingga empat hari ke depan sebelum dimasak kembali. Nah, kalau mau lebih tahan lama lagi, tips menyimpan makanan olahan ayam matang selanjutnya adalah menyimpannya di freezer.


Metode penyimpanan ini dapat membuat ayam matang bertahan sekitar tiga bulan. Untuk menyimpannya, masukkan ayam matang dalam kantung zip lock lalu keluarkan atau vakum udaranya. Kemudian, simpan dan bekukan ayam tersebut di dalam freezer. Jangan lupa beri label pada kantungnya untuk mengetahui masa simpannya


Sebagai catatan, pastikan kita tidak membekukan ayam yang sudah didinginkan di suhu ruangan lebih dari dua jam. Atau, membekukan ayam yang telah disimpan lebih dari empat hari di kulkas. Kenapa? Karena dua hal ini sudah membuat kualitas ayam menurun. Jadi, meski dibekukan ayam tetap basi dan tidak bisa dimakan.


 Kesimpulan, Rahasia Kelezatan Resep Ayam Goreng Gurih, Ada pada Kuah Omela 

Hidangan dari bahan ayam ini memang tergolong simple dan mudah dibuat. Apalagi jika diolah dengan cara digoreng. Jadi, jika sudah mengerti tips dan teknik memasak ayam goreng, serta resep rahasianya, pastinya sudah bisa dong membuat ayam goreng gurih spesial ini?


resep ayam goreng gurih ala omela


Yuk, recook rahasia kelezatan resep ayam goreng gurih buatanku ini. Jangan lupa tambahkan omela untuk mendapatkan rasa gurih dan lezat. Dapat juga digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan.

28 komentar:

  1. Saya pernah membeli ayam. luarnya garing, tapi di dalamnya kok masih ada darahnya. dan benar, Mbak. Itu langsung membuat selera makan saya hilang. Akhirnya makan tidak dilanjutkan hehehe.
    Dan kalau di keluarga saya, ayam goreng itu memang selalu diungkep dulu. Biasanya juga pakai kunyit biar warnanya cantik. Bisa disimpan di kulkas juga. Kapan mau dimakan, tinggal goreng.
    Bisa nih, saya coba nanti resepnya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul, langsung hilang selera makan hihi.. memang paling tepat diungkep dulu ya, biar aman makan sampai tulang-tulangnya hihi

      Hapus
  2. Dari bahannya aja udah enggak bisa salah, nih. Mau coba ah resepnya. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  3. Kalau ibu-ibu di sekitar rumahku senangnya mengungkep ayamnya dulu sebelum digoreng. Jadinya emang matang sempurna. Selain itu, bumbunya juga lebih meresap gitu. Lebih gurih deh kalau masaknya diungkep dulu.

    BalasHapus
  4. Ini nih salah satu makanan favorit aku Mbak. Sering-sering nih Istri buatkan Ayam goreng Omela, anak-anakpun sangat lahap makan dengan menu ayam goreng Omela.

    BalasHapus
  5. Kalau pakai sayatan pada daging ayam, jadi bikin meresap sih ya bumbunya. Sehingga pas matang gitu berasa makin nikmat makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, jadi minyaknya masuk ke dalam pas goreng hehe

      Hapus
  6. Wahh mba bisa nih dicobaa jangan2 kayak ayam berbumbu di Korea itu ya rasanya? Kayak ada caramel2nya gitu lhoo, asli jd ngiler pengen cobain juga ih aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaah.. rasanya memang jadi ada manis-manisnya gitu hihi

      Hapus
  7. Menarik juga nih ide ungkep ayamnya pakai Omela. Aku mau coba ah nanti. Sebab tiap minggu tuh ayam goreng selalu distok buat lauk makan bocah. Makasih ide resepnya Mba.

    BalasHapus
  8. Baru tahu omela bisa dipakai untuk bumbu ayam goreng. Kami penyuka ayam goreng nah suka sebel kalau beli ayam goreng dalamnya masih belum matang sempurna.

    Makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ternyata bisa, dan bikin rasanya jadi lebih manis gurih :)

      Hapus
  9. Menarik untuk dicoba, saya jadi penasaran banget sama rasanya. Apalagi hasil akhirnya digoreng. Kayanya weekend ini boleh nyobain recook . Kayanya menggoda selera banget sih

    BalasHapus
  10. Boleh nih kak resep nya.. Kebetulan kemarin baru beli ayam potong, tak coba deh menu yg diatas.. Thanks info nya

    BalasHapus
  11. Kenikmatan makan Ayam ongkep Omela membuat tambah semangat makan ya.. Temennya kudu nasi hangat dan sambal nih..
    Terima kasih tips memasak ayam gurihnya, kak..

    Kadang kalau masak tuh suka keburu-buru, jadi lupa kalau kudu berada di suhu ruang yaa..
    Biar ayam matang sempurna.

    BalasHapus
  12. wuih kalau ayam goreng dikasih kental manis gitu gimana ya jadinya mba? saya belum pernah nyobain sih.. karena belum bisa bayangin ends up bagaimana ahaha kawatir ga ada yg makan di rumaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak mbak, jadi rasa lebih gurih ada manis-manisnya hihi

      Hapus
  13. Oh pantas saja kalo masak ayam pas beku tuh bagian dalamnya ky masih coklat2 bekas darahnya.. Omela ini krimer ya bisa jadi pengganti santan ya.. kynya rasanya jadi gurih gt ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi memang harus didinginkan sampai suhu ruang dulu ya :) hihi cobain nih ganti pakai omela :)

      Hapus
  14. Dulu tahunya Omela ya cuma kental manis pendamping es teler atau pisang bakar, ya ampun ternyata bisa digunakan ke berbagai masakan dan anti gagal deh. Coba aah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama mbak, tp ternyata bisa jg buat masak lhoo jadi lebih nikmat :)

      Hapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.