Sambut Ajaran Baru Bareng Ruang Belajar, Simak 6 Fiturnya!

 Bulan Juli datang lagi. Sudah waktunya anak-anak menyambut ajaran baru. Meski masih dalam suasana pandemi, tapi suasana belajar harus tetap semangat ya. Nah, kita orang tua yang mendampingi anak-anak juga harus ikut semangat. Terutama dengan memfasilitasi kebutuhan anak, dari mulai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan, sampai kebutuhan belajarnya.


Demi berlangsungnya belajar yang optimal, sebagai orang tua, kita bisa mendampingi anak menyusun strategi baru. Mulai dengan mengulang kembali pelajaran sebelumnya, dan bersiap menerima pelajaran baru.


Sambut Ajaran Baru di Masa Pandemi

Apalagi, tahun ini, metode belajar masih berlangsung secara daring. Hal ini akan mengharuskan para murid nya untuk terus mandiri mengatur waktu belajarnya dengan optimal selama di rumah saja. Jadi, agar tidak kerepotan dengan waktu belajar, kita juga wajib mempersiapkan kondisi yang mendukung suasana belajar.


Nah, biar anak-anak tetap semangat, beberapa hal ini dapat dilakukan untuk menyambut tahun ajaran baru 2021.


Hindari Perut Lapar saat Belajar

Sebelum mulai belajar, sebaiknya anak-anak tidak dalam kondisi lapar. Agar tidak mengganggu konsentrasi, karena kurang energi untuk berpikir. Dan, penting juga untuk diperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Tidak hanya asal kenyang saja, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan terjamin kualitas kebersihan dan kesehatannya.


Target Belajar Tanpa Ngaret

Nah, penting juga untuk tetap mempunyai target dalam belajar. Sebagai orang tua tentu ingin anaknya tetap berprestasi meski sudah hampir dua tahun ini hanya belajar dari rumah. Oleh karenanya, kita dapat membantu anak-anak untuk menentukan target belajarnya. Adanya target ini, dapat membantu anak untuk menentukan metode belajar yang tepat dan apa saja yang perlu dipelajari lebih lanjut.


Berikan Apresiasi, Agar Anak Berprestasi

Jika anak-anak sudah mampu mencapai target-target yang ditentukan tadi, jangan lupa untuk diberikan apresiasi. Ini bisa jadi pendorong semangat anak untuk lebih berprestasi. Tidak perlu sesuatu yang mewah, cukup memberinya waktu untuk sekedar mengembangkan hobinya.


Akrab dengan Gadget

Selama belajar via online, gadget memang seperti dua sisi mata uang. Jika tidak digunakan dengan baik, tentu akan merugikan. Jadi, kita tetap perlu melakukan pengawasan kepada anak-anak untuk akrab dengan gadget. Akrab tidak berarti tidak ada batasan ya. Kita juga perlu tegas memberikan batasan pemakaian gadget pada anak, agar tujuan belajar lebih optimal.


Belajar Bersama Lebih Terasa

Pasti anak-anak sudah semakin bosan ya belajar sendiri di rumah saja, hmm.. Padahal, mereka bisa kita bantu dengan belajar bersama beberapa teman, 3 - 5 orang. Kelompok belajar dapat dibuat secara online, dengan begitu, mereka akan lebih seru untuk mengerjakan soal-soal, atau sekedar membahas materi bersama.


Jika membutuhkan bantuan, sudah banyak aplikasi bimbingan belajar online yang bisa diikuti dengan mudah. Kapan saja, dimana saja bisa menemani anak-anak belajar. Jadi sebagai orang tua tidak perlu khawatir lagi.


Ruang Belajar, Pilihan Teman Belajar

Para generasi anak-anak milenial, pasti sudah tidak asing lagi dengan metode belajar secara online sebelum pandemi ini. Salah satu aplikasi belajar yang mampu mewadahi para pelajar dari berbagai daerah, adalah Ruangguru.


Ruangguru kini menghadirkan produk baru, yakni Ruang Belajar. Ruang Belajar merupakan sebuah fitur baru yang dapat dijadikan pilihan teman belajar di rumah saja. Tentunya lebih mudah dan efektif.

sambut-ajaran-baru

Nah, kalian para orang tua yang sudah mulai kebingungan untuk mendampingi anak-anak belajar, bisa mencoba memberikan teman belajar dari Ruangguru ini. Jadi, orang tua hanya sebagai pendamping saja, tidak ikut pusing untuk menyelesaikan soal-soal atau materi yang dikeluhkan anak, hehe..


Penasaran kan? Coba download aplikasinya dan pakai kode Ruangguru ini "CATATANBELAJAR" untuk mendapatkan potongan biaya berlangganan. Lumayan kan, potongan uangnya bisa dialokasikan ke uang belanja untuk makanan bergizi anak deh, hehe.. ibu-ibu memang gak mau rugi.


Enam Fitur Ruang Belajar dari Ruangguru

Ruang Belajar menghadirkan fitur-fitur terbaru untuk membantu pelajar Indonesia tetap produktif dan tentunya, semakin semangat untuk belajar. Sehingga, anak-anak akan dengan mudah mewujudkan target-target yang ingin dicapai.


Ruangguru menjadi salah satu aplikasi bimbingan belajar yang semakin banyak melahirkan konsep belajar yang menarik. Dalam Ruang Belajar ini, anak-anak akan lebih mudah mengikuti materi pelajaran, karena fitur menarik ini. Yuk kita kenalan dengan enam fitur barunya, yang rencanya diluncurkan pada Bulan Juli ini, lhoo..


1. Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video pembelajaran, dirasa akan jauh lebih interaktif. Jawaban yang diperoleh memang benar hasilnya akan sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.


Tujuan dari fitur Adapto ini adalah:

  • Hasil dari belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar sesuai kecepatan mereka sendiri. Hal ini dikarenakan untuk memastikan mereka benar-benar memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.
  • Siswa akan didorong belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif.


2. Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Dalam fitur ini, siswa akan lebih mudah ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya). Mereka tidak perlu lagi menghentikan aplikasi Ruangguru untuk melanjutkan materi. 


Tujuan dari fitur ini, ingin menciptakan kebiasaan disiplin untuk para siswa terkait dengan materi mana yang harus dipelajari setiap minggunya. Kemudian juga dapat memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) sesuai dengan kebutuhan. Dapat juga disesuaikan dengan timeline atau agenda di sekolah.


Selain itu, juga untuk memberikan cara belajar yang lebih mudah, untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk sesi belajar selanjutnya.


3. Subtitle Video

Jika didasarkan pada tolak ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang sudah direkam sebelumnya), maka adanya transkrip atau subtitle dalam sebuah video adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.


Tujuannya adalah, akan membantu siswa untuk dapat mengerti materi dalam video pembelajaran secara mendetail melalui kata demi kata. Hal ini akan memastikan mereka memahaminya, tanpa takut ada point penting yang terlewat.


4. Fitur Pencarian

Satu fitur ini sebagai alat membantu dalam menemukan materi pembelajaran dengan cara tercepat.


5. Pet Mission

Fitur ini merupakan fitur baru untuk menemani belajar anak. Yaitu misi hewan peliharaan, yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna dapat menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, maka akan mendapatkan 1 batu evolusi hewan peliharaan. Seru ya? Anak-anak pasti semakin semangat belajarnya karena terhibur.


Tujuan dari fitur ini memang terbukti untuk mendorong pengguna lebih semangat belajarnya. Apalagi untuk anak-anak yang hobi bermain game online, hal ini akan membuatnya tertarik. Sehingga tanpa sadar mereka sedang bermain sambil belajar.


6. Tes Minat Bakat

Pada fitur ini, merupakan sebuah tes psikologi yang disediakan dalam bentuk tes RIASEC. Tujuannya untuk membantu memperkirakan karier yang disesuaikan dengan diri anak.


Tes bakat ini akan mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif, dan reasoning. Hasil dari tes ini akan terlihat jurusan-jurusan sekolah yang sesuai dengan minat anak, ditunjang dengan bakat yang dimiliki.


Jadi, tidak perlu khawatir lagi menyambut tahun ajaran baru, karena Ruangguru sudah peka dalam memberikan yang terbaik di bidang pendidikan. Bimbingan belajar online terbaik yang dapat menjadi pilihan, kini sudah hadir dengan harga yang terjangkau. Selagi masih ada kesempatan mendapatkan ekstra diskon, tunggu apalagi Bukibuk! Nikmati potongan harga khusus dengan kode voucher "CATATANBELAJAR".


kode-voucher-ruangguru


66 komentar:

  1. Pet mission itu bikin anak makin semangat belajar soalnya harus ngasih makan hewan peliharaan virtualnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya, kita aja ortu nya ikut tertarik hihi

      Hapus
    2. Hihi iya, pantesan anak2 semangat ya. Pinter memang timnya Ruangbelajar nih.

      Hapus
  2. Belajar dengan metode yang diberikan Ruangguru sungguh sangat banyak disukai anak. Aktivitas dan game edukasi bikin anak semangat belajar. Ditambah banyaknya fitur baru, duh senang deh bisa belajar ditemani ahlinya dari Ruangguru

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, banyak inovasinya jadi menyenangkan :)

      Hapus
  3. Belajar dalam keadaan lapar, kecuali sedang di bulan Ramadhan memang beneran sulit. Buat bekerja saat merasa lapar saja nggak mudah. Tapi ternyata menu makanan sebelum mulai belajar nggak bisa asal kenyang juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. iya kak, gak kebayang sih kalo anak-anak kelaparan :(

      Hapus
  4. Wah inovasi baru dr ruangguru nih, adikku jg udah ikutan kelas online ruangguru dari semester lalu. Boleh nih suruh kepoin ruangbelajar by ruangguru. Membantu banget memang. Noted nih untuk poin2 di atas biar belajar lebih maksimal kudu banget perhatikan hal2 kecil seperti jangan biarkan perut lapar saat belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, betul kak biar makin semangat :)

      Hapus
  5. Wah pet mission ini mengingatkan saya sama game viral itu, jadi anak2 tambah seru nih belajarnya karena misi2 lain yang harus diselesaikan dalam belajar, dan ortu pun gak perlu susah suruh anak belajar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya betul, anak-anak paling suka nih kalo main yg menantang hehe

      Hapus
  6. Nah ini, perut lapar bikin konsentrasi hilang ya mbak. Lapar plus mengantuk. Kalau di sekolah kan banyak temannya jadi ga bakal ngantuk. PJJ ini memberi tantangan tersendiri ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini, kalo laper makan kekenyangan jg jadi ngantuk mbak hehe

      Hapus
  7. Udah tahun ajaran baruuuu. Saya juga ikutkan anak saya di kelas 1, bimbel ruangbelajar by ruangguru. Happy sekali si kakak, karena animasinya bagus-bagus. Videonya pendek-pendek. Mudah diikuti. Kalo gak ngerti, bisa diulang lagi. Belinya diskon 60 persen pula.

    BalasHapus
  8. Fitur ruangbelajar memang ok dan komplit ya. Memudahkan siswa untuk mendukung PJJ seperti sekarang

    BalasHapus
  9. Aku pun selalu memiliki dalih tidak ada logika tanpa logistik. Apalagi buat anak2 yang mau belajar. Hihi makan harus terpenuhi

    BalasHapus
  10. wohooo sbg yg kerja di ruangguru kerasa banget efek adapto ini ke anak-anak. jadi lebih mudah paham dan menemukan materi yang dibutuhkan dari sebuah video. thank you reviewnya kak atiqoh!

    BalasHapus
  11. Ruang guru ini memberikan solusi tepat di masa pandemi ya mbak. Jadi orang tua tetap bisa tetap nyaman dan anak pun senang mendapatkan ilmu yang sangat keren

    BalasHapus
  12. Pet mission itu ala-ala gamifikasi zaman now ya Mba,, wah pasti anak² tertantang utk belajar nih kl seru kayak Ruangguru ini ya

    BalasHapus
  13. Ruangbelajar punya pet mission yang seru ya kak. Ini bikin anak jadi semangat belajar dan betah belajar dengan ruangbelajar by Ruangguru.

    BalasHapus
  14. Mauuuww dong potongan diskonnya heheh. Aku kasih ke ponakanku yang pengin banget ikutan kursus online nih mbaa. hehe. Thankyou for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. asikk.. silahkan mbak :)

      Hapus
    2. Tengkyuu kak atiiqq. Doi udah baca dan pengin cobain juga katanyaa. Masih nego sama ortunya hihi

      Hapus
  15. Dimasa pandemi anak2 kebantu banget dengan program ruang guru ini,, semoga selalu mencerdaskan bangsa

    BalasHapus
  16. Ternyata di ruangguru ada ruangbelajar juga dan fiturnya lengkap, untuk anak-anak bisa menarik perhatian karena ada mission dan petnya juga. Bisa membantu PJJ nih di rumah, video pembelajaran juga interaktif dan pastinya nggak bikin bosen

    BalasHapus
  17. Test minat bakat itu, kita harus ikutan belajar di ruang guru dulu kah?
    atau bisa langsung ikutan test minat bakatnya saja?
    berminat saya test minat bakat ini buat anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah mengikutsertakan anak di salah satu prgam ruang guru, yaitu english academy.
      Pengen juga ikutan fitur baru ini.

      Hapus
  18. Ruangbelajar by ruangguru ini pernah juga anakku ikut trial nya kak. Dia tertarik untuk ikutan terus akhirnya. hehe.

    Apalagi fiturnya sudah banyak juga ya.

    BalasHapus
  19. Tidak terasa kita sudah memasuki ajaran baru lagi, ruang guru selalu inovatif apalagi ada pet mission sangat interaktif ini yang disukai anak-anak.

    BalasHapus
  20. Ruang guru sangat membantu sekali anak-anak belajar, banyak fitur-fitur dan tentu membuat anak belajar secara kreatif

    BalasHapus
  21. Saya sudah menyarankan ruang belajar ke gurunya anak saya. Katanya dia mau pelajari dulu. Mudah2an beneran dipakek

    BalasHapus
  22. Makasih banyak reviewnya, mom...
    Ruang belajar memang berguna banget untuk anak dan ibu di masa pjj ini

    BalasHapus
  23. PJJ makin seru nih karena ada fitur baru ruang belajar, udah gitu ada diskon pula. cuss daftar dong

    BalasHapus
  24. Memberikan anak apresiasi ini memang sangat perlu ya, anak jadi lebih senang dan semangat. RUang belajar dari ruang guru memang top deh, memudahkan anak dalam belajar.

    BalasHapus
  25. Paling menarik sih buatku itu adanya tes minat bakat sama adapto. Selain bakat dan minat anak jadi lebih teridentifikasi, anak anak pun bisa belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.

    BalasHapus
  26. Makin ke sini, inovasinya Ruangguru makin keren ya kak. Yah karena di rumah nggak ada anak usia sekolah, aku bakal rekomendasiin Ruangbelajar ini ke keponakan deh, secara orangtuanya pada bingung selama PJJ hehe

    BalasHapus
  27. Ruang guru ini untuk anak2 kelas berapa ya mba... Apakah mulai kelas 1 SD udah bisa?

    BalasHapus
  28. ruang guru ini emang luar biasa ya Mba Tiqoh,
    membantu anak-anak pun guru dalam dunia pendidikan salut sama mas Deva menciptakan platform keren ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama deh Nyi. Kehadiran Ruangguru membuka banyak peluang bagi para pelajar yang tadinya nggak sanggup bayar les konvensional yang mahal. Anak anak bisa belajar, bahkan sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing dengan biaya yang terjangkau dan cara yang menyenangkan.

      Hapus
  29. bikin makin mudah dan anak jadi makin semangat belahar ya

    BalasHapus
  30. Fiturnya menarik, keknya org tua juga jadi tertarik buat belajar, hihi

    BalasHapus
  31. Dengan adanya aplikasi-aplikasi bagus di HP termasuk Ruang Guru, diharapkan memang ketika anak buka HP, yang langsung dibuka adalah aplikasi-aplikasi bagus itu. Bukan malah milih game.

    BalasHapus
  32. bener banget mbak, waktunya belajar tuh perut harus kenyang. tp nggak kekenyangan juga apalagi sampai kelaparan. soalnya adekku yang lg PJJ beberapa kali nilainya anjlok nggak kaya hari2 biasanya. pas tak tanya, eh katanya blm sarapan jadi laper dan nggak fokus. hadehh
    boleh nih aku downloadkan app ruang guru biar adekku bisa memanfaatkan fitur2nya, keren uy ada subtitle juga jd bisa menyimak video pembelajaran sambil membaca subtitlenya.

    BalasHapus
  33. lengkap ya mbak fitur ruang guru ini, ada Rencana Belajar (Playlist Belajar) juga, bisa mempermudah belajar gak bingung harus cari apa yang mau dipelajarin, uda ada list nya

    BalasHapus
  34. Ruangbelajar memang selalu memberikan inovasinya ya mbak dalam segala hal yang berhubungan dengen pembelajaran jarak jauh. Anak jadi ga mudah bosan

    BalasHapus
  35. Sekarang ini diera digital semuanya serba mudah dan canggih. Banyak hal baru dan inspiratif yang jadi media pembelajaran. Adik saya saja lebih banyak mengunakan media digital untuk pembelajaran.

    BalasHapus
  36. Ruangguru jadi solusi alternatif dalam bimbingan elajar tatap muka. Wah praktis yach, yang penting metode pengajarannya dapat dipahami oleh anak dan interaktif sehingga bisa berdialog dengan baik.

    BalasHapus
  37. Menyenangkan sekali sih bisa belajar bersama Ruang Belajar ya. Fitur-fitur yang tersedia membuat anak semakin semangat belejar dari mana saja.

    BalasHapus
  38. Fitur baru yang paling saya suka itu tes minat bakat kak. Ini penting banget supaya anak gak salah jurusan dan nanti mandeg.

    BalasHapus
  39. Hmm ini covernya masih bisa dipake kan ya kak atiq? Aku simpen aaah siapa tahu bulan depan butuh nih buat bimbel hehehe

    BalasHapus
  40. Aku penasaran sama fitur Pet Mission. Unik banget itu, ya. Kalau anakku memasuki usia sekolah, kayanya aku bakal coba Ruang Belajar dari RuangGuru ini deh

    BalasHapus
  41. Tulisan ini mengingatkan aku untuk daftar jadi master teacher tapi belum jadi jadi hehe. Masih meraba raba nih bedanya Ruang Belajar dengan Ruangguru

    BalasHapus
  42. Ternyata banyak banget ya fitur Ruang Guru ini. Pas banget buat nemenin belajar anak

    BalasHapus
  43. Nah, bukan cuma lagu yang mau didengerin aja ya ada playlist nya... ruangbelajarm juga ada playlist belajarnya, keren banget... jadinya anak gak gabut abis ini mau belajar yg mana, udah ada semacam antriannya ya

    BalasHapus
  44. keren banget ya ruang guru

    selalu ada yang baru untuk semua produknya, termasuk ruang belajar

    saya sering lihat iklannya, wah tambah nyaman dan lengkap nih ruang belajar

    BalasHapus
  45. Waah, Ruangguru selalu berinovasiyaa, makin asik ajanih di ruang belajar dengan fitur2nya yang baru makin mendukung proses pembelajaran.
    Paling menarik adalh fitur tes minat dan bakat merupakan sebuah tes psikologi yang disediakan dalam bentuk tes RIASEC, jelas membantu banget memperkirakan karier yang disesuaikan dengan diri anak.

    BalasHapus
  46. Keren nih Ruangguru, terus berinovasi untuk menjadi lebih baik. Banyak fitur yang bikin anak makin betah belajar. Jadi anak jadi enjoy dan nggak gampang bosen.

    BalasHapus
  47. Pembelajaran di masa pandemi ini memang penuh tantangan. Hadirnya ruang guru dengan fiturnya yang lengkap bisa menjadi solusi untuk anak-anak dan orang tua agar bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

    BalasHapus
  48. Solusi tepat saat pandemi pakai Ruang Guru ini ya. Anak2 Aman dirumah aja tapi nggak ketinggalan pelajaran. Jadi tenang

    BalasHapus
  49. Ruang belajar nih selalu update ya fiturnya keren jadi pengguna gak gampang bosan dan dapat solusinya

    BalasHapus
  50. Wah ada tes minat bakatnya juga. Bagus itu, jadi anak enggak cuma fokus ke akademik tapi juga ada ketrampilan lain yang perlu dikembangkan.

    Makasih sharingnya ya Mbak

    BalasHapus
  51. Ruang guru memang membantu proses pembelajaran di saat pandemi begini. Ditambah sekarang ada fitur baru yang bikin tampilannya tambah keren.

    BalasHapus
  52. Setuju banget kak, perut lapar saat belajar itu bikin gagal fokus ya, sayapun sering begitu, makanya sekarang pasti makan posisi tengah-tengah. Perut nggak kosong tapi nggak juga penuh

    BalasHapus
  53. Sekarang sdh bnyak tersedia ya aplikasi belajar online seperti ruang belajar ini jadi membantu anak dan ortu nih krn masih bnyk yg daring belajarnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.