Kembali Belajar Bareng LMS RuangKelas, Simak Kemudahannya!

 LMS Ruang Kelas - Terjadinya lonjakan kasus COVID di Indonesia, membuat pemerintah membuat banyak kebijakan baru. Termasuk PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat yang masih terus diperpanjang waktu pelaksanaannya. Nah, dalam bidang pendidikan pun, jadi terkena imbasnya. Jadwal tatap muka yang tadinya sudah direncanakan akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022 ini, kini masih ditunda lagi.


Mendikbud, Bapak Nadiem juga sudah menjelaskan jika sekolah-sekolah di tujuh provinsi diantaranya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, DIY, Jawa Timur dan Bali tetap memberlakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Meski sebenarnya, pemberlakuan PJJ yang sudah terlalu lama bisa mengorbankan kesehatan dan mental para siswa.


Mereka mulai bosan dengan aktivitas di dalam rumah saja, jenuh karena banyaknya video conference, kondisi belajar yang tidak dinamis, kesepian, dan bahkan bisa jadi mengalami depresi karena tidak bertemu dengan teman-teman dan gurunya.


Meski demikian, pada dasarnya, keputusan pemerintah juga mempertimbangkan lebih banyak hal lagi. Oleh karena itu, Mendikbud memutuskan untuk tetap ada sekolah tatap muka terbatas dilakukan di daerah zona hijau.


Sistem Belajar Jarak Jauh

Persebaran Covid 19 yang menjadi krisis besar manusia kini, memaksa semuanya untuk bersabar sejenak. Berhenti dari pusaran sistem, melihat kembali kehidupan nyata sesungguhnya, keluarga dan lingkungan sosial yang nyata.


Persebaran virus yang massif ini memaksa kita untuk melihat kenyataan jika dunia sedang berubah. Termasuk dalam semua hal di kehidupan, salah satunya pendidikan. Indonesia, sudah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh sejak pandemi melanda di negeri ini. Namun, tentu saja, masih banyak masalah yang dihadapi dengan sistem pembelajaran ini.


Pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara 'tiba-tiba' membuat semua kewalahan, baik tenaga pendidik, siswa termasuk orang tua bahkan semua keluarga dalam satu rumah. Meski pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi sudah diberlakukan sejak beberapa tahun terakhir, namun pembelajaran daring ini menjadi 'kejutan' paling mengagetkan, hampir di semua lini.


Pada akhirnya, setiap kepala sekolah dituntut untuk cepat mengambil keputusan dalam merespon surat edaran dari Mendikbud, yang mengharuskan sekolah melakukan pembelajaran dari rumah. Banyak hal berubah drastis dari sebuah proses belajar.


Para tenaga pendidik dibuat kaget karena harus mengubah sistem, silabus, dan proses belajar secara cepat. Sedangkan siswa terbata-bata karena harus mendapatkan tumpukan tugas selama belajar dari rumah. Belum lagi, orang tua murid yang juga ikut stress karena mendampingi anak belajar di rumah dengan tugas yang menumpuk, padahal mereka harus tetap memikirkan hal lainnya juga termasuk pekerjaannya.


Hal tersebut, yang akhirnya mendorong siswa harus dituntut belajar secara kreatif. Proses ini pada akhirnya memang membuat anak-anak menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Tantangan itu membuat semuanya harus berani melangkah untuk menjadikan proses ini sebagai bentuk transformasi pendidikan yang lebih baik.


Tips Memilih Platform Belajar Online

Banyak pihak pemerhati pendidikan mencoba untuk membantu mengatasi permasalahan pendidikan. Salah satunya dengan mendirikan ruang untuk belajar yang dapat diakses secara online. Kebutuhan akan platform belajar online sepertinya menjadi salah satu jawaban untuk mendampingi para siswa dapat belajar mandiri.


tips-pilih-platform-belajar


Meski demikian, perlu dicatat bahwa platform pembelajaran jarak jauh ini bukan untuk menggantikan fungsi guru, orang tua dan sekolah itu sendiri. Melainkan sebagai salah satu perangkat pendukung untuk metode pembelajaran baru di masa new normal ini. Jadi, siswa tetap harus belajar dan berinteraksi dengan pengajarnya di sekolah mengikuti kurikulum yang berlaku.


Lalu, platform seperti apa yang ideal untuk menemani anak-anak belajar di rumah saja? Hal ini yang kemudian menjadi pilihan sulit juga untuk para orang tua. Nah, coba kita lihat dari berbagai sisi keuntungan yang akan diperoleh dengan menggunakan platform belajar online tersebut.


Dapat Diakses Dimana Saja dan Kapan Saja

Seharusnya ini menjadi keuntungan dalam menggunakan platform belajar online tersebut. Namanya juga online kan? jadi ya harus bisa diakses dengan mudah dimana pun dan kapan pun. Asal ada gadget yang terhubung dengan internet. 


Nah, kalau ada juga, pilih platform yang menyediakan materi pembelajaran yang dapat diunduh. Jadi, ketika kita terbatas menggunakan internet, tetap dapat mempelajari setiap saat.


Tidak Terbatas dengan Satu Media

Setelah keunggulannya yang dapat diakses dimana pun dan kapan saja, tentunya kita juga butuh akses dengan cara yang praktis. Jadi, pilih platform yang menyediakan layanan belajar tidak hanya dari website yang hanya mudah diakses dengan laptop. Namun juga ada aplikasi belajar yang lebih mudah untuk diakses dengan smartphone.


Pastikan Menerapkan Kurikulum Terkini

Nah, penting juga nih materi belajarnya harus up to date. Sehingga para siswa dapat menyesuaikan dengan kurikulum di sekolah. Hasilnya agar siswa dapat maksimal mendapatkan materi belajar dan mengembangkan diri untuk meraih prestasi yang diimpikan.


Proses Belajar yang Menyenangkan

Selama di rumah saja, anak-anak pasti sudah merasa bosan, apalagi jika proses belajar PJJ dengan sekolah dilakukan seharian. Otomatis, akan menghasilkan tugas di rumah yang semakin menumpuk. Oleh karena itu, penting untuk memberikan suasana belajar yang lebih menyenangkan, agar anak tetap semangat.


Berbagai platform pembelajaran online telah menyediakan metode pembelajaran melalui video interaktif. Video tersebut berisi materi pembelajaran yang disampaikan. Namun, sudah pasti, kita juga perlu memilah video pembelajaran yang berkualitas. Baik dari segi kualitas resolusi videonya, materi yang disampaikan, cara penyampaian dan animasi yang digunakan.


Hal ini akan dapat membantu siswa lebih memahami materi serta menguasai makna dalam materi yang disampaikan.


Dapat Diakses Oleh Semua Pihak Terkait

Selanjutnya yang tidak kalah penting, seharusnya media pembelajaran online ini dapat diakses oleh siapapun yang terlibat, siswa, guru dan orang tua. Sehingga tetap dapat terpantau proses belajar siswa. Lebih mudah lagi kan bagi orang tua dan pengajar untuk melihat progress belajar anak?


Nah, di tengah pandemi ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pendidikan. Dengan adanya platform ruang belajar secara online, akan membantu semua pihak untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak.


Ruang Kelas, Hadir Menjadi LMS (Learning Management System) untuk Sekolah

Ruang Kelas merupakan salah satu produk dari Ruangguru. Aplikasi pembelajaran online ini memberikan kemudahan bagi semua pihak, sekolah, guru, siswa dan orang tua untuk mengikuti metode pembelajaran secara online.


kembali-belajar-LMS-Ruangkelas

Ruang Kelas menjadi learning management system atau LMS untuk Sekolah yang akan mempermudah pengaturan pelajaran, kehadiran siswa, materi, tugas, dan komunikasi di kelas.


Adanya wadah ini, diharapkan dapat mengatasi para tenaga pendidik yang kaget dengan sistem pembelajaran baru. Selain itu juga membantu siswa untuk tetap dapat mengikuti pelajaran dengan optimal, serta meringankan beban para orang tua dalam membersamai anak mengerjakan tugas sekolah di rumah.


Jadi, apa saja yang bisa diperoleh dengan bergabung di Ruang Kelas? Simak Gambar dibawah ini:


aplikasi-ruangkelas-ruangguru


Ruang Kelas dari Ruangguru

Guru dan siswa akan dimudahkan dalam satu produk di Ruang Kelas ini. Banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengkoordinasikan proses pembelajaran agar berjalan lancar. Selain itu juga dapat memudahkan proses pemberian materi.


Fitur Ruang Kelas yang dapat dimanfaatkan oleh guru, antara lain:


1. Guru Dapat Membuat Kelas Sendiri

Dalam fitur ini, guru dapat menggunakan Ruang Kelas untuk membuat kelasnya sendiri, yan disesuaikan dengan mata pelajaran yang diajarkan. Hal ini akan membantu para guru dalam menerapkan metode belajar seperti yang biasa dilakukan di sekolah. Selain itu, kemudahan yang didapatkan adalah, dapat mengimpor kelas yang sudah dibuat di Google Classroom.


2. Materi Lengkap

Produk ini juga mempunyai fitur yang akan memudahkan guru dalam memberikan materi pelajaran yang lengkap kepada siswa. Para guru dapat memberikan materi pembelajran dari video ruangbelajar yang sudah lengkap. Jadi tidak perlu khawatir lagi meski masih PJJ.


Kemudian, guru juga dapat mengunggah materi lain yang dibuat sendiri dalam bentuk PDF, Ms. Power Point, Ms. Excel, Ms. Word, Video, dan juga Foto. Jadi sangat memudahkan untuk sistem Pembelajaran Jarak Jauh.


3. Tugas

Produk ruangkelas juga menyediakan fitur yang memudahkan guru dalam memberikan tugas. Tugasnya dapat diambil dari aplikasi Ruangguru berupa bank soal dan latihan topik, atau membuat soal sendiri dengan model pilihan ganda ataupun esai.


Lebih mudahnya lagi, guru bisa mengunggah file dalam bentuk Microsoft Word dalam pemberian tugas, dengan menggunakan template yang sudah tersedia di ruangkelas. Dalam fitur Tugas, guru juga dapat mengatur jadwal pemberian tugas, tenggat waktu pengumpulan tugas, hingga memeriksa tugas secara otomatis.


4. Soal Dapat Diacak

Pada fitur ini, guru juga dapat meminimalisasi kecurangan yang bisa saja dilakukan para siswa. Karena guru dapat mengacak soal-soal yang diberikan. Hanya dengan 1 kali klik, soal dari tugas yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, akan teracak. Maka, integritas peserta didik jadi lebih terjaga.


5. Obrolan Kelas

Produk ruangkelas juga memiliki fitur obrolan kelas, yang bisa memfasilitasi komunikasi dua arah antara guru dan siswa maupun antar siswa. Fitur obrolan kelas ini bisa digunakan melalui grup kelas. Jadi, guru tetap dapat interaktif dalam berdiskusi, dan peserta didik pun bisa lebih produktif.


6. Analisis Nilai dan Tugas

Dalam memudahkan guru dalam melihat perkembangan peserta didik selama PJJ, ruangkelas telah menyediakan fitur yang dapat digunakan oleh guru untuk menganalisis nilai dan tugas para siswa.


Mulai dari tabel nilai, sampai grafik performa peserta didik dalam mengerjakan tugas dan pengumpulan tugas juga dapat digunakan dengan mudah. Setelah itu, guru juga bisa mendownload hasil analisis nilai dan sikap peserta didik. Sangat membantu ya?


7. Daftar Hadir (Fitur yang akan Segera Hadir)

Nah, satu lagi yang gak kalah penting nih! Ruangkelas juga akan memliki satu fitur yang sangat membantu para guru, yaitu Daftar Hadir.


Sama halnya ketika di sekolah, kehadiran siswa biasa dipantau melalui absensi. Hal ini pun dapat digunakan di ruangkelas. Para guru tetap dapat memonitor dan merekap kehadiran siswa di kelas dengan fitur daftar hadir ini.


Dengan teknologi yang dimiliki ruangkelas, guru tidak perlu repot merekapitulasi kehadiran para siswa, karena akan dengan sendirinya terekapitulasi, bahkan sudah dapat diunduh.


Dengan ruangkelas, proses belajar mengajar di rumah diharapkan bisa menjadi lebih praktis dan efektif. Melalui berbagai fitur unggulan dari ruangkelas, Bapak/Ibu Guru bisa menyampaikan materi secara lebih optimal, memberi tugas lebih praktis, dan melakukan penilaian secara lebih mudah.


Selanjutnya, bagaimana Ruang Kelas dapat diakses oleh para siswa? Fitur dari Ruang Kelas ini dapat dimanfaatkan oleh para siswa agar belajar di rumah jadi lebih efektif.


1. Menerima Materi dari Guru

Di ruangkelas, siswa dapat dengan mudah menerima materi yang diberikan oleh guru berupa video pembelajaran di ruangbelajar, dokumen pdf, docs atau jpeg, dan tautan/link website.


2. Mengerjakan Tugas

Siswa juga dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara langsung, berupa soal pilihan ganda dan esai. Untuk soal pilihan ganda, guru bisa membuat soal sendiri, mengambil dari latihan soal ruangbelajar, atau banksoal ruangbelajar. Sementara untuk soal esai, guru hanya bisa membuat soalnya sendiri. Semua soal yang diberikan oleh guru WAJIB dijawab oleh siswa.


3. Berinteraksi

Guru dan siswa dapat berinteraksi tanya jawab di fitur komen terhadap suatu materi atau tugas yang diberikan.


4. Pengecekan Hasil Tugas

Dalam fitur ini, siswa dapat melihat hasil pengerjaan tugas yang sudah dikerjakan melalui tombol Lihat Lembar Kerja. Pada Lembar Kerja juga, siswa apat mengetahui jawaban yang tepat dari setiap soal. Selain itu, dapat juga untuk melihat status dari tugas yang telah dikerjakan, apakah sudah dinilai oleh guru atau belum.


5. Berkomunikasi di Ruang Chat Kelas

Semua siswa dan guru dapat berkomunikasi pada fitur chat dalam 1 kelas. Semua tugas dan materi juga akan muncul dalam fitur chat. Jadi, jika ada yang baru bergabung dalam group chat, tetap dapat melihat history chat sebelumnya. Dalam fitur ini juga dapat mengirim file berupa foto atau dokumen di dalam chat


Melihat fiturnya yang lengkap dan menarik, sudah pasti guru dan para siswa akan terbantu dengan adanya Ruang Kelas ini. Beberapa keuntungan ini akan didapatkan, seperti cara aksesnya yang mudah, materi belajar yang didapatkan sudah lengkap, dan tugas akan menjadi lebih tertata sehingga lebih praktis dikerjakan dan dikoreksi. Selain itu komunikasi antar guru dan siswa juga menjadi lebih mudah. Dan yang paling penting, tentu saja belajar akan menjadi lebih praktis.


cara-akses-ruangkelas

Kehadiran LMS Ruangkelas, membuat proses belajar di rumah menjadi lebih praktis dan efektif. Melalui berbagai fitur unggulan dari ruangkelas, bertanya langsung dengan guru di kelas dan berdiskusi dengan teman menjadi lebih mudah. Penasaran kan sama Ruang Kelas? Coba aja deh, gratis lhooo :).


Kini, kita sudah masuk era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill anak dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan juga pola interaksi dengan teknologi. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang terus mendukung pendidikan untuk anak, tentu jangan sampai salah pilih dalam memberikan yang terbaik untuk anak.

29 komentar:

  1. Ruangguru seakan ga pernah kehabisan ide ya mbak menghadirkan program utk para murid agar tidak bosan belajar di saat pandemi. Sebenernya kadang orang tua ini banyak menunggu kapan pandemi usai. Teman2 saya banyak mengeluh karena pemakaian kuota boros, Untung ruangguru memberikan akses offline untuk mengerjakan soal soal sehingga bisa hemat kuota ya mba

    BalasHapus
  2. LMS dari ruang kelas ini emang cocok banget digunakan selama kebijakan daring ini masih dilanjutkan. Materi lengkap, dan bisa diakses di mana aja. Apalagi ada soal acak yang meminimalisir kecurangan pada siswa. Keren deh

    BalasHapus
  3. Ruang guru solutif banget ya. Pelaksanaan pembelajaran daring menurutku memang menantang apalagi bagi para pengajar. Di sisi lain, siswa pun sering terkendala akses internet dan kuota. Lika liku pendidikan selama pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sih, yg stress gak cuma muris aja, orang tua dan pengajar jg msh kewalahan hehe

      Hapus
  4. Ternyata LMS Ruangkelas dari Ruangguru ini gratis to. Harusnya bagus nih bisa dipakai oleh banya sekolah yang kadang sulit dalam pemberian materi, tugas, dan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gratis dan memudahkan banget yaaa, bukan cuma buat siswa tp guru dan ortu juga :)

      Hapus
  5. Ruangguru memang keren sih ya terobosan-terobosannya. Ini lagi sekarang ada Ruangkelas, aku jadi pengen merekomendasikan ke sekolah anak, biar pengajaran onlinenya lebih seru dan berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, dan kayanya emang pas bgt hadir di masa daring ini :)

      Hapus
  6. ruang kelas dari ruang guru emang paling terdepan menurutku. anak-anak ku kalau mulai masuk SD harus aku daftarin juga nih ikut bimbel di ruang guru.

    BalasHapus
  7. Seneng deh kalo ada platform belajar yg bikin praktis dan bikin semangat belajar pastinya.

    BalasHapus
  8. ruang kelas ini melihat fiturnya sangat memudahkan bagi para guru ya, masya Alloh ruang guru dengan semua inovasinya bener2 sesuai dengan kebutuhan sasarannya. ruang belajar bagi para siswa dan ortu, nah ini ruang kelas hadir cocok buat menfasilitasi guru2nya

    BalasHapus
  9. sebagai seorang guru beberapa tahun lali, membaca fitur yang disediakan oleh ruang kelas menjadikan pembelajaran serta urusana dministrasi jadi lebih mduah ya . ruang guru terus berinovasi untuk menghadirkan pelayanan terbaik di bidang pendidikan layak jika mendapat apresiasi di kancah internasional

    BalasHapus
  10. Fitur ruang kelas by ruang guru ini lengkap banget yah, apalagi mudah diakses. Recomended buat ipar aku yang sebentr lagi mau ujian

    BalasHapus
  11. Ruang guru ini sangat membantu sekali saat sekolah sistem daring begini. Gampang sekali aksesnya dan cara penyampaian pembelajarannya juga begitu jelas. Sangat recomended banget bangi ornagtua-orangtua.

    BalasHapus
  12. Wow keren banget ya app-nya. Bisa memfasilitasi kebutuhan murid dan guru dalam KBM

    BalasHapus
  13. Terus berinovasi dan makin berkembang ya ruang guru, jadi makin memudahkan sistem belajar antara murid dengan guru sehingga tercipta ruang belajar yang memadai

    BalasHapus
  14. wah program ruang kelas LMS ini bagus ya mba, bisa bantu para guru memanajemen PJJ. harusnya kerjasama sama mendikbud nih

    BalasHapus
  15. Keren nih ruangguru, karena ada ruang kelas LMS. PJJ jadi jauh dari kebosanan

    BalasHapus
  16. Semakin keren dan inovatif ni ruangguru dengan ruang kelas dan LMS nya, semoga anak2 dapat terbantu dalam menerima pelajaran

    BalasHapus
  17. Ruang guru ini memang bagus yaa, solusi untuk anak-anak yang lagi daring. Belajar dengan orang tua masih belum cukup, nah ruang guru ini bisa jadi solusi

    BalasHapus
  18. Ga terasa pandemi udh menginjak tahun ke2 dimana mau ga mau proses belajar mengajar juga bisa menerapkan PJJ lebih lama ya mba. Untungnya ada aplikasi Ruangguru ini jadi ortu tenang pas ninggal anak sekolah di rumah.

    BalasHapus
  19. Aaaah, ternyata Ruangkelas ini 'anaknya' Ruangguru, pantesan aja inovatif banget. Boleh ini ak rekomendasikan ke tetangga atau ponakan, secara d rumah udah gada anak-anak sekolah hahaha. Tetap semangat yah yang PJJ!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, selalu ya ada inovasi terus ruangguru ini, jempol deh heehe

      Hapus
  20. makin banyak aja nih fitur dari ruang guru. harus semangat nih kalau belajarnya udah pakai ruangkelas by ruangguru

    BalasHapus
  21. Mantap nih ruang kelas. pengen ikutan juga. Pokoknya yg berbau2 belajar rasanya tertantang gitu akutuh

    BalasHapus
  22. Allhamdulilah ya Mba Tiqoh semacam solusi di tengah pandemi buat anakanak dalam belajar dan guru bisa menjadi pembimbing nya. Ruangguru daebak.

    BalasHapus
  23. Ruangguru ini inovatif banget ya, segalanya ada. Dari ruangbelajar sampai ruangkelas. Mantap sih... memudahkan para guru buat ngajar nih.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.