Menyusun Strategi Pemasaran yang Have Fun dijamin Cuan!

 Menyusun strategi pemasaran ternyata menjadi tahapan yang penting lho, jika kita ingin mulai mengembangkan bisnis dan memasarkan produk dengan sukses. Setiap perencanaan harus dipikirkan dengan matang agar setiap rencana strategi pemasaran berhasil. Nah, dilansir dari beberapa sumber, strategi pemasaran juga ada tahapannya yang harus dipelajari.


Apa itu Strategi Pemasaran?

Pemasaran adalah salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh perusahaan maupun seorang pengusaha. Bahkan untuk beberapa perusahaan, pemasaran menjadi sebuah departemen tersendiri dan mendapat alokasi biaya tersendiri.


Konsep pemasaran sendiri bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap kebutuhan atau keinginan konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan suatu strategi agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain.


Perencanaan strategi pemasaran dapat memberikan dasar bagi perusahaan untuk mengambil langkah yang efektif untuk masa depan.


Menurut W.Y. Stanton, strategi pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.


Menyusun Strategi Pemasaran

Sebelum menerapkan strategi pemasaran, kita tentu saja perlu melakukan analisis keseluruhan kondisi perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT akan menilai kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) untuk perusahaan secara keseluruhan.


Kemudian, kita dapat menerapkan langkah-langkah perencanaan, seperti Segmentasi Pasar, Penerapan Target Pasar, serta Diferensiasi dan Posisi Pasar.


Jika langkah tersebut sudah dilakukan, maka saatnya mengembangkan strategi dan baur pemasaran yang sudah disusun. Strategi pemasaran yang efektif harus dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan membuat nilai untuk konsumen.


menyusun-strategi-pemasaran


Strategi pemasaran yang dirancang dengan baik akan lebih mudah meraih sukses dan lebih banyak menjual produk. Tentu saja, satu perusahaan akan memiliki strategi pemasaran produk yang berbeda dengan perusahaan lain.


Begitu juga setiap produk, alangkah baiknya memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan produk lain, meskipun di dalam perusahaan yang sama.


Kelas Menyusun Strategi Pemasaran dan Penjualan bagi Manajer Penjualan

Menjadi ahli di bidang pemasaran, tentu membutuhkan pelatihan yang sesuai. Apalagi jika memiliki sebuah bisnis atau usaha. Menjadi spesialis pemasaran menjadi salah satu dasar akan keberhasilan suatu usaha.


Selaras dengan program Pemerintah Indonesia dalam mencetak SDM yang unggul, Skill Academy melalui Kelas Siap Kerja, akan membantu dalam mengembangkan keterampilan untuk bersaing di pasar tenaga kerja.


Kelas Siap Kerja sudah disusun berdasarkan dengan standar kompetensi yang berlaku dan diverifikasi oleh Tim dari Prakerja.


Baca juga: Kelas Pelatihan Untuk UMKM


Salah satu Kelas yang dapat diikuti jika ingin ahli dalam menyusun strategi pemasaran adalah Kelas Menyusun Strategi Pemasaran dan Penjualan Bagi Manajer Penjualan.


Proses pemasaran pasti akan berhubungan erat dengan penjualan. Jika pemasaran berusaha membangun hubungan dengan pelanggan, penjualan berarti menjual produk kita ke pelanggan tersebut.


Nah, ternyata, mengelola pemasaran dan tenaga penjual ini bukan hal yang mudah. Jadi, membutuhkan strategi dan analisa yang tepat serta kemampuan penjualan yang kompeten dan terlatih di bidangnya.


Perlu adanya seorang manajer penjualan yang dapat merencanakan strategi pemasaran dan penjualan, mengorganisasikan tenaga penjual, serta tentu saja melakukan evaluasi dari proses tersebut.


Baca juga: Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy


Oleh karenanya, Skill Academy membuka Kelas untuk strategi pemasaran dan penjualan. Dalam kelas ini, akan diberikan materi penjualan dan pemasaran, terutama dalam hal menyusun strategi pemasaran, strategi penetapan harga jual, keterampilan melakukan presentasi penjualan, menghadapi keberatan calon pelanggan sampai dengan bagaimana menghadapi keluhan para pelanggan.


kelas-pelatihan-pemasaran-skill-academy


Metode yang digunakan dalam belajar adalah LMS (Learning Management System) dengan ceramah, peragaan, studi kasus, dan membaca hand out. Akan ada 3 tutor ahli untuk memandu kelas ini, salah satunya yaitu Dhanny Widjaja. Beliau adalah Head of sales dari Ruangguru. Tentunya sudah tidak diragukan lagi strategi pemasarannya.


Topik yang akan dibahas ada 19 topik, yang terdiri dari 67 materi. Semua materi tersebut diberikan dalam bentuk video menarik dengan durasi kurang lebih 6 jam penjelasan. Tentu saja, video yang diberikan dibagi dalam durasi pendek (ada 35 video) sesuai dengan materi. Sehingga akan lebih mudah untuk diikuti dan dipahami. Selain itu, juga akan mendapatkan 14 dokumen pembelajaran yang dapat didownload.


Lalu, apakah pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat? Tentu saja! Semua pelatihan yang diambil di Kelas Skill Academy akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dapat digunakan untuk lampiran dalam melamar pekerjaan. Sertifikat pelatihan akan didapatkan jika sudah menyelesaikan semua tahap pelatihan.


Tunggu apalagi, kalian yang memiliki usaha dan butuh ilmu dan pelatihan khusus demi meningkatkan cuan, ikuti kelas pelatihan di Skill Academy. Salah satunya tentang Menyusun Strategi Pemasaran dan Penjualan ini. Jangan lupa, gunakan kode voucher dari aku "JANUAR5G04EQLG2U". Jika ada pertanyaan lebih lanjut, boleh hubungi saya.

21 komentar:

  1. Oke juga ya Skill Academy ini. Banyak ilmu yang bisa kita gali, terlebih nih urusan strategi pemasaran. Bakal bermanfaat banget buat para pebisnis dan UMKM

    BalasHapus
  2. Apalagi jaman sekarang yang sangat dibutuhkan itu strategi pemasaran secara digital. Mau usaha atau bisnis apapun, dengan digital marketing, Insyaallah tidak akan salah saing ya

    BalasHapus
  3. Skill Academy mantap ya ada kelas-kelas untuk belajar strategi pemasaran seperti Kelas Menyusun Strategi Pemasaran dan Penjualan Bagi Manajer Penjualan. Yang ikut bisa jadi manajer pemasaran andal.

    BalasHapus
  4. Skill marketing di bidang apa pun tetap dibutuhkan, apalagi digital marketing jaman sekarang. Keren tuh kelas dari Skill Academy

    BalasHapus
  5. Wah cara belajar yang cocok untuk kaum pebisnis kecil-kecilan seperti reseller. Stategi pemasaran ini salah satu unsur penting bersaing di tengah pasar

    BalasHapus
  6. Ketrampilan pemasaran dan strategi perlu dikuasai tuh! Apalagi sekarang banyak beda antara pemasaran online dan offline. Semoga mereka yang belajar di Ruangguru akan terpenuhi ketrampilannya.

    BalasHapus
  7. keren banget skill academy

    paham bahwa banyak UMKM yang belum mengenaal pemasaran yang benar

    sehingga harus meluangkan waktu untuk mengikuti pelatihan

    BalasHapus
  8. OO ternyata startegi pemasaran bisa disusun dengan cara have fun ya..keren sih ini pengetahuannnya apalgi dari Skill Academy ya kak pasti bermanfaat sekali nih

    BalasHapus
  9. Yang biasanya dilupakan dari pebisnis pemula adalah strategi pemasaran. Padahal dengan menyusun strategi pemasaran kita jadi bisa tahu target pasar produk kita dengan tepat.

    Beruntung ada pelatihan dari Skill Academy yang bisa menjembatani bagi mereka yang mau belajar menentukan strategi pemasaran.

    BalasHapus
  10. Btw untuk ikut kelas skill academy bayar berapa kak ?

    BalasHapus
  11. Paling enak emang zaman now sudah gampang nyari wadah buat belajar ya kak. Salah satunya yang terbaik ya skill Academy. Sebagai wadah buat kita belajar banyak hal termasuk strategi pemasaran.

    BalasHapus
  12. Ruang guru, or skill academy memang moii...
    saya udah lama pengen ambil salah satu pembelajaran dari skill academy.
    tapi terkendala sama waktu hiks.

    BalasHapus
  13. Ada studi kasus juga ya. JAdi tak hanya bahas teori saja. Bagus juga ini dan pas untuk meningkatkan produktifitas dan keahlian ya kak

    BalasHapus
  14. Perekonomian yang mulai menggeliat saat ini, jadi penyemangat untuk para pebisnis, tentunya perlu didukung dengan skill yg mumpuni dari bidang pemasaran. Makanya tambah skill sangat penting

    BalasHapus
  15. Penting ini ikutan kelas Strategi Pemasaran bagi Manajer Penjualan yahh, bagi kita² yg pegiat marketing juga relate ini ambil kelas di Skill Academy, noted

    BalasHapus
  16. Skill Academy memang tepat banget hadir di saat banyak yang membutuhkan skill Pemasaran yang butuh strategi agar meningkatkan hasil penjualan produk.
    Trus suka banget sama Metode LMS nyaa, pastinya memahami dan langsung bisa dipraktekkan.

    BalasHapus
  17. Nambah skill online marketing gini emang daging banget mba, makasih. Hehehe. Secara zaman sekarang teknik marketing kepake di semua bidang ya, apalagi yang berwirausaha. Bagus banget belajar lebih dalam di Skill Academy by Ruangguru.

    BalasHapus
  18. Selalu suka dengan kelas-kelas yang di bikin skill academi karena ilmunya selalu update dan bermanfaat langsung dipraktekkan.
    Untuk kategori tema begini juga cocok buat para newbie di dunia usaha ya agar punya strategi jitu dalam memasarkan produk

    BalasHapus
  19. Aku juga udah beli sekitar 5 kelas di Skill Academy, soalnya materinya bagus banget dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  20. Kerenn ihh ada materi yg harganya jutaan juga di sini. Biasanya kalo coaching kan bayar jutaan nih mbaa, apalagi terkait strategi pemasaran ini. Mau cobain juga aahh skill academynya

    BalasHapus
  21. Jadi teringat tempo hari baca data tentnag profesi yang paling dibutuhkan di era sekarang dan pemasran ini masuk 3 teratas seingatku hehe. Jadi pasti ilmunya juga laku banget

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.