5 Game Online Edukatif di Plays.org, Cocok Dimainkan Bareng Si Kecil

Ngegame teruuuss.. hihi.. pernah kah mendengar teriakan emak-emak ke anaknya yang hobinya nongkrong di depan gadget sambil main game tak kenal waktu? Hihi.. Kalau dilihat, game online sekarang memang makin marak. Mulai dari yang gratis sampai berbayar, ada juga game online edukatif. Nah, sebetulnya, apakah game itu selalu berdampak negatif?


Bisa jadi karena stigma negatif bermain game sejak dulu, yang identik dengan hiburan semata tanpa memberi manfaat.


Namun, seiring berkembangnya jaman, para generasi muda yang memiliki kegemaran bermain game berusaha untuk membuktikannya. Berbagai manfaat main game online tersebut dibuktikan dengan mengikuti berbagai kompetisi game online.


Bahkan, kompetisi game online kini sudah bertaraf internasional. Hadiah dari kompetisi ini juga tidak main-main, nilainya hingga ratusan juta rupiah. Itulah mengapa saat ini game online menjadi salah satu kegiatan yang cukup menggiurkan.


Manfaat Main Game Online

Nah, jadi apa saja manfaat main game online yang bisa didapatkan? Berikut ini beberapa manfaat main game online yang didapat dari berbagai sumber.


Menangkal Stres dan Mengurangi Depresi

Bermain game bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebosanan. Hal ini yang membuat kegiatan bermain game akan membantu menangkal stres dan mengurangi depresi.


Biasanya, orang yang gemar bermain game memiliki otak yang lebih aktif sehingga bisa terhindar dari gangguan mental. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa bermain game bisa memperbaiki suasana hati, sensitivitas refleks, dan keterampilan sosial.


Mempertajam Fokus

Manfaat bermain game selanjutnya yang dapat dirasakan adalah mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi.


Sudah pasti hal ini terlatih, sebab saat bermain game, mata harus jeli dan waspada agar bisa menyelesaikan misi permainan. Hal inilah yang akhirnya bisa mempertajam fokus dan meningkatkan koordinasi tubuh, terutama mata dan tangan.


Merangsang Saraf

Seperti permainan motorik lainnya, bermain game juga memerlukan kemampuan audio-visual yang baik sehingga bisa merangsang kinerja sel-sel saraf. Dengan kinerja saraf yang lebih baik, seseorang yang suka bermain game cenderung memiliki daya konsentrasi yang lebih tinggi.


Melatih Refleks Tubuh

Saat bermain game, diperlukan refleks tubuh yang cepat untuk memenangkan permainan. Kita dituntut untuk cepat dan tepat dalam merespons rangsangan. Jika terbiasa akan kemampuan ini, tentu saja akan berguna saat menghadapi hal-hal tak terduga.


Mengasah Kreativitas

Berkembangnya teknologi, membuat permainan game kini semakin variatif. Hal ini yang membuat para pemain game terus tertantang kreativitasnya untuk memcahkan suatu permainan.


manfaat-game-online


Nah, jadi sudah coba ikut main game juga bareng anak-anak gak nih Bukibuk? Hihi.. Dari kelima manfaat di atas, manfaat mana yang sudah dirasakan langsung setelah mencoba bermain game?


Semoga hal ini bisa menambah wawasan kita ya, kalau ternyata main game memang tidak selalu berdampak negatif. Justru jadi kiat jitu menangkal stres.


Tapi, tentu saja ada yang harus diingat, kalau bermain game memang tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Para ahli merekomendasikan, jika waktu bermain game, tidak lebih dari satu jam. Hal ini untuk meminimalkan potensi ketergantungan.


Game Online Edukatif di Plays.org

Bermain sambil belajar, yakin bisa? Jaman sekarang apa sih yang gak bisa? Ternyata, sudah banyak lho pilihan game yang menarik dan edukatif.

game-online-plays-org

Jujur saja, awalnya saya ragu untuk mengenalkan game online pada anak. Tapi ternyata, setelah tahu banyak games edukatif yang bisa memberi pelajaran untuk mereka, saya pun coba mengenalkannya. Dengan tetap dibatasi waktu dan dibawah pengawasan tentunya.


Saya coba kenalkan beberapa game di website Plays.org. Kita tinggal mencarinya dalam menu kategori. Permainan dapat dicari sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Penasaran seperti apa kami bermain game di situs Plays.org?


Kami mencoba beberapa permainan dalam situs tersebut. Berikut ini 5 game dalam Plays.org yang dapat dicoba mainkan bersama si kecil. Btw, usia anak saya baru akan menginjak empat tahun, jadi lebih banyak permainan sederhana tentang bentuk, warna, angka dan musik. Lebih seru dan menyenangkan, serasa bermain tapi tetap sambil belajar.


Color & Shape

Permainan sederhana seperti Cute Shapes: Color & Shape Art Game for Children, mengenai bentuk, warna, dan memilih emoticon untuk perasaan, menjadi permainan pertama yang dipilih anak saya. Sungguh melihatnya sangat tertarik, saya pun jadi lebih bersemangat untuk menjadikan game seperti di Play.org ini sebagai salah satu media pembelajaran.


Maze Game

Permainan maze, seperti Maze Game Free Online Timed Puzzle Maze for Kids merupakan sebuah permainan untuk menemukan jalan keluar. Permainan jenis ini ternyata dapat meningkatkan perkembangan anak usia dini, baik perkembangan motorik, kognitif, bahasa, kreativitas, emosional dan sosial anak.


Matching Pairs

Permainan edukatif yang satu ini mampu meningkatkan daya ingat si kecil. Seperti dalam Play Daniel Tiger’s Neighborhood Barnyard Match Game Online di Plays.org. Bahagia sekali rasanya menemukan banyak permainan yang ternyata bisa digunakan untuk anak belajar.


game-online-plays-org

Hidden Object

Permainan jenis ini, seperti Play Hidden Object Garden Game Online dilakukan dengan mencari benda-benda yang hilang sesuai dengan ketentuan permainan. Mencari objek yang hilang tersebut dapat melatih anak untuk lebih teliti, peka dan fokus terhadap lingkungan yang dihadapi.


Find Number

Dalam perminan ini, anak akan lebih mengenal angka secara lebih acak. Salah satunya di permainan Play Find The Number Virtual Number Math Game for Kids. Game ini bisa untuk belajar angka secara sederhana.


game-online-edukatif


Nah, lima pilihan kategori game di atas memang bisa menjadi alternatif untuk belajar si kecil. Mengurangi rasa bosan dan bisa mengenalkan kemajuan teknologi.


Menyenangkannya, semua game tersebut dapat dimainkan kapan saja secara online dan gratis lho. Tidak perlu diunduh, jadi tidak akan memenuhi memori ponsel kita. Lebih asik dan seru ya? Selain itu, juga banyak sekali pilihannya, karena selalu di-update setiap hari.


Jadi, mau coba main game bareng si kecil secara gratis? Tanpa perlu mengunduh? Pilihan game bisa dicari sesuai kriteria? Bisa main di PC atau ponsel? Langsung saja ke Plays.org dan temukan banyak pilihan game online yang bisa dimainkan.

12 komentar:

  1. Setujuuu...bermain game jangan dilakukan secara berlebihan. Sesuai rekomendasi para ahli merekomendasikan, tidak lebih dari satu jam untuk meminimalkan potensi ketergantungan. Dan mesti pilah-pilih game apalagi untuk anak. Pas banget kalau main game online edukatif di plays org ini

    BalasHapus
  2. Yes, game ada manfaatnya ya Mbak asalkan tidak membuat kita lupa waktu. :)

    BalasHapus
  3. Memang tidak semua game online berbahaya kak. Ada beberapa game online yang edukatif buat anak. Asal bener manajemen waktunya maka si anak bisa berlatih fokus ketika bermain game online.

    BalasHapus
  4. Daftar aplilasinya emang keren tpi mungkin gak work lagi bagi orang dewasa yah hehe.. Tp sekarang ngegame bisa bikin kaya loh kak,, kayak youtuber gaming gitu

    BalasHapus
  5. SAtu lagi ni manfaat nge game online yang saya lihat di anak mba...
    Kosa kata basa inggrisnya jadi nambah
    tapi tetep harus diawasi ya kan..
    secara di keluarga saya, dari mulai bapaknya, emaknya, dan anak-anaknya semua doyan ngegame..

    BalasHapus
  6. Karena anakku yang paling besar masih 7 tahun dan belum kukenalkan game maka all games di atas masih aku mainkan sendiri. Nanti di usia yang tepat dan bisa komitmen baru deh dikenalin

    BalasHapus
  7. Keren ya game online edukatif ini bisa mengajari anak bermain sambil belajar jadi kepo sama games nya

    BalasHapus
  8. Game yang disediakan cukup merangsang motorik anak ya Bu, asalan sesuai takaran ya Bu. Tidak mengandunh unsur kekerasan

    BalasHapus
  9. Aku juga seneng nih ada plays.org, pilihan gamenya buanyak. Bisa dipilih yang bisa mendukung belajar, biar nggak spaneng.

    BalasHapus
  10. Plays.org ini surganya game online untuk anak. Banyak permainan edukatif dan gak perlu install di hp, ngabisin memori aja.

    Saya suka main word games sama si kakak. Biar dia makin pinter bahasa inggrisnya sejak dini. Dia gak sadar kalo sedang belajar saat bermain.

    BalasHapus
  11. Kemarin aku di plays tuh cobain main masak2an sama anakku wkwk alhamdulillah jadi punya pengalihan sementara nih selama di rumah aja.

    beberapa game jadul juga bikin kangeeeen banget gara2 plays.org ini

    BalasHapus
  12. Saya pun memainkan beberapa games di Plays.org nih. Seseruan saat selesai kerja pilih games sesuai mood. Begini anak-anak pun bukan sekedar main ya saat dipilihkan game yang edukatif.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.