Pilih Roboguru atau Brainly? Simak Perbandingannya!

Banyaknya tugas untuk di rumah. Atau sulitnya pertanyaan dari soal-soal yang diajukan. Coba tanyakan saja pada Roboguru atau Brainly. Daripada Bukibuk mulai pusing mendengar keluhan anak-anak yang sudah kembali lagi ke sekolah.


Sampai sejauh ini, sudah banyak aplikasi pembelajaran online yang tersedia. Apalagi semenjak pandemi, solusi paling jitu dalam hal belajar adalah memanfaatkan pembelajaran secara online.


pilih roboguru atau brainly


Tujuan utama aplikasi belajar tersebut untuk mempermudah siswa dalam belajar. Selain itu memperkaya materi pelajaran, memperbanyak latihan mengerjakan soal dan tentu saja mengatasi masalah tugas maupun PR.


Hadirnya Roboguru dan Brainly

Nah, dua contoh aplikasi belajar online yang bisa membantu anak-anak dalam menyelesaikan masalah belajar mereka adalah Roboguru dan Brainly. Kedua aplikasi ini boleh dikatakan sebagai aplikasi pintar dengan fitur Tanya Jawab.


Siswa pengguna dapat mengajukan pertanyaan pelajaran yang tidak dipahami melalui fitur yang tersedia pada Roboguru atau Brainly. Kemudian narasumber, tutor ataupun guru pada Roboguru dan Brainly akan menjawab pertanyaan tersebut.


Roboguru,  merupakan bukti kecerdasan buatan yang ada di aplikasi Ruangguru. Tujuannya, untuk membantu para siswa menemukan jawaban dan memahami bagaimana proses menjawab soal-soal yang sulit sekalipun.


Sedangkan Brainly adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi dan sebuah situs web belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan terkait dengan pelajaran sekolah secara terbuka ke pengguna lainnya.


Kehadiran kedunya benar-benar dapat diandalkan untuk membantu proses belajar. Jadi, apa saja perbedaannya?


Roboguru vs Brainly? Simak Perbandingannya!

Itulah esensi dari platform belajar Roboguru atau Brainly, sama-sama memiliki tujuan untuk membantu proses belajar. Persoalannya sekarang, pilih Roboguru atau Brainly?


roboguru vs brainly


Yuk, simak selanjutnya perbandingan Roboguru vs Brainly!


Selama ini, platform pembelajaran Ruangguru dan Brainly telah membantu para siswa dari jenjang SD sampai SMA atau yang sederajat, dalam meningkatkan hasil belajarnya di sekolah. Hal ini menjadi terobosan kemajuan dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan.


Meskipun demikian jika dibandingkan, Roboguru vs Brainly, kedua produk tersebut akan memiliki keunggulan masing-masing. Perbandingan antara Roboguru dan Brainly dapat ditinjau dari aspek fitur, cara mengakses dan jawaban yang diberikan.


All About Roboguru

Roboguru merupakan 'robot' pintar yang membantu siswa menyelesaikan soal dengan pembahasan langsung disertai video belajar. Roboguru diluncurkan pertama kali awal Tahun 2019. Aplikasi ini dapat digunakan oleh semua pengguna aplikasi Ruangguru.


Roboguru menjadi solusi cerdas, cepat dan bermutu dalam menyelesaikan soal pelajaran yang sulit sekalipun pada jenjang SD, SMP, SMA dan SBMPTN dan STAN. Wow, lengkap ya!


Mengapa dapat dikatakan solusi cerdas, cepat dan bermutu? Karena pertanyaan yang diajukan siswa langsung dijawab oleh tutor/guru yang kompeten dibidangnya dan terakreditasi oleh Ruangguru.


Jawaban yang diberikan tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan siswa saja. Lebih dari itu, membuat siswa lebih paham materi pelajaran dan mengerti jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Sehingga, masalah akan benar-benar tuntas.


Aplikasi Roboguru terdiri dari forum Tanya Jawab dan Pembahasan Roboguru. Hal ini cukup praktis dan tidak ribet dalam mengakses aplikasi Roboguru. Untuk bertanya, siswa cukup mengetik pertanyaan atau mengupload foto pertanyaan pada kolom pencarian.


Roboguru dari Ruangguru ini, juga memberikan penjelasan komplit melalui video belajar yang menarik. Roboguru tidak akan memberikan jawaban yang straight to the point dengan soal, namun lebih pada menunjukan bagaimana langkahnya agar soal sulit terpecahkan.


Jadi harapannya nantinya, siswa bisa lebih mandiri. Mereka akan lebih memahami langkah-langkah penyelesaian soal dan pembahasannya secara lebih detail.


Selain itu, siswa juga dapat bertanya melalui WhatsApp pada perangkat laptop maupun komputer pribadi. Benar-benar praktis bukan Bukibuk? Jadi tidak perlu khawatir lagi anak kesulitan menyelesaikan tugasnya.


All About Brainly

Hampir sama, seperti halnya Roboguru, Brainly juga merupakan sebuah aplikasi dengan platform Tanya Jawab dengan cara akses yang mudah serta gratis. Aplikasi Brainly ini sudah lebih dulu hadir di dibanding Roboguru.


Pada Brainly terdapat fitur guru, orangtua siswa dan siswa. Hal tersebut membuat semua pengguna yang telah terdaftar dapat menjadi 'guru'. 


Artinya guru, orangtua siswa dan siswa dapat bertanya ataupun memberikan solusi jawaban dari setiap soal dan pertanyaan pelajaran yang diajukan pengguna lain. Platform Brainly akan melibatkan orangtua murid, guru dan sekolah dalam mengatasi soal-soal yang sulit.


Semua pengguna dapat menjadi guru dalam menyelesaikan soal-soal yang sulit yang disertai pembahasannya. Kemudian, jawaban yang sesuai akan diverifikasi oleh sistem Brainly. Canggih ya!


Kesimpulan, Jadi Pilih Roboguru atau Brainly?

Jadi, dari kedua perbandingan tersebut, dapat disimpulkan jika,

  • Roboguru disediakan sendiri oleh Ruangguru. Hal ini lebih terkoordinasi dengan baik untuk memperoleh jawaban yang valid.
  • Pertanyaan dan soal via Roboguru dapat diajukan melalui WhatsApp, laptop dan PC. Ini memudahkan dan mempercepat para siswa untuk mendapatkan bimbingan belajar.
  • Baik Roboguru dan Brainly, dapat diakses pengguna non-stop dalam 24 jam. Sehingga akan sangat membantu para siswa kapan pun mereka sudah siap untuk belajar.
  • Untuk Roboguru, jawaban dari setiap pertanyaan dan soal diberikan langsung dari Master Teacher Ruangguru. Sedangkan pada Brainly, perlu menunggu waktu untuk validasi oleh Tim Brainly mengenai jawaban yang tepat.
  • Pada Aplikasi Roboguru, tersedia juga pembahasan dalam bentuk video. Video pembelajaran ini sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran yang mereka rasa sulit.

Menurutku Brainly memang membantu dalam mencari jawaban. Namun, terkadang jawaban tersebut kurang efektif karena jawabannya berasal dari para pengguna Brainly itu sendiri (Pelajar). Meski memang akan divalidasi oleh Tim Brainly, namun tentu saja butuh waktu lama.


keunggulan roboguru


Nah, berbeda dengan Roboguru, siswa pengguna aplikasi tersebut, bisa menanyakannya langsung pada Pengajar yang memang pasti sudah berkompeten di bidangnya. Selain itu, cara kerjanya juga cukup mudah.


Hanya dengan mengirimkan foto soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan, kemudian bisa dikirim via whatsapp ke Nomor Kontak Roboguru. Roboguru akan mengirimkan balasan berupa video pelajaran yang membahas tentang bagaimana memecahkan soal tersebut.


Memang lebih mudah mencari jawaban di Brainly, namun akan minim mendapatkan pembahasan mengenai hasil dari pertanyaan tersebut. Jadi, anak-anak tetap akan merasa kesulitan saat menjelaskan penyelesaian dari soal yang dirasa sulit.


Jadi, Pilih Roboguru atau Brainly? Kembali ke pertanyaan, mana yang lebih bermanfaat? Sudah pasti untuk pelajar, penyelesaian masalah dari Roboguru lebih dapat diterima. Hal ini karena proses penjelasannya dapat dimengerti secara tuntas.

14 komentar:

  1. Roboguru lebih detail dan padat penjelasannya ya kak?.. kalo gitu pasti lebih pilih Roboguru

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, dan penjelasannya sudah pasti dapat dari ahlinya hihi

      Hapus
  2. Iya biasanya kalau tanya apa gitu, akan muncul jawaban dari brainly yang muncul. Tapi kadnag juga kurang memuskan. Berarti mending Roboguru ya.

    BalasHapus
  3. wah biasanya saya pake brainly, cuma akhir-akhir ini lagi penasaran ama roboguru, menarik dari ruangguru hehe

    BalasHapus
  4. Sekolah jaman now, apa2 bisa dalam genggaman ya.. Dari gadget udah komplit pilihannya. Tinggal disesuaikan sama pengguna, mau pilih yang mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, udah makin canggih, makin terbantu banget ya :)

      Hapus
  5. aku prefer both mba, untuk cari jalan singkat emang pake brainly. tapi kalo pengen lebih detail dna lengkap ya roboguru

    BalasHapus
  6. RoboGuru jg enakk aku kapan hari cobainn tuh buat coab2 aja karena penasaran kayak gimana kelas gratisnya hahaa

    BalasHapus
  7. Menurutku hadirnya Roboguru di Ruang Guru tuh memberikan warna tersendiri buat aplikasi ini. Bikin anak-anak ngga bosen belajar deh jadinya. Serasa ngegame aja hehehe

    BalasHapus
  8. Belajar jaman sekarang asik banget ya.
    Dulu kalau aku gak ngerti pelajaran sampai ke rumah teman bahkan guru bersangkutan biar ngerti.

    BalasHapus
  9. Roboguru ternyata bagian dari Ruangguru ya. Aku baru ngeh. jadi Roboguru nggak memberikan jawaban yang straight to the point dengan soal ya. Ok juga sih ini. Karena kita dapat cara untuk mencari bagaimana langkahnya agar soal sulit itu bisa terpecahkan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.