Fungsi dari Domain .STORE untuk Bisnis

 Domain adalah hal yang penting dalam berbisnis di dunia website. Domain merupakan pengganti alamat IP address yang memudahkan pengguna internet untuk mengingat dan masuk ke situs milik kita. Contoh domain adalah google(dot)com, instagram(dot)com, dll.


Penggunaan domain ini memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan website. Jika untuk komersial atau menjual produk, kalian bisa menggunakan domain .store untuk mempromosikan produk jualan.


Apa Itu Domain .STORE?

Arti dari domain toko atau .store ini adalah bagian dari Top Level Domain (TLD) disebut juga dengan ekstensi domain yang digunakan untuk website bisnis baik kecil maupun besar. Baik untuk UMKM sampai perusahaan besar.


Oleh sebab itu, arti dari domain toko adalah untuk dijadikan sebagai e-commerce yang menawarkan produk jualan kita. Jadi, kalau ingin membangun website bisnis online, cobalah pakai TLD .Store untuk memudahkan pengguna internet mengenali website kita.


Domain .store adalah domain yang bagus dan sudah populer diketahui oleh masyarakat. Hal ini akan membuat target pasar kita jauh lebih mudah mengingat nama website sehingga lebih tepat sasaran.


Domain ini sudah banyak dipakai oleh brand ternama contohnya seperti Emirates.store, DudePerfect.store, dsb. Saat ini pun ekstensi ini sudah lumayan banyak digunakan dan berjumlah sekitar 240 ribu website bisnis.


Nah, untuk beli domain ini, bisa melalui layanan terbaik penyedia domain dan hosting yaitu di Niagahoster. Disana, harganya lebih murah dan tentunya berkualitas.


domain store untuk bisnis


Manfaat Ekstensi Domain .STORE

Setelah mengetahui arti dari domain toko atau .store, berikut adalah manfaat domain .store yang bisa diketahui, seperti:


1. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti dijelaskan sebelumnya, dengan menggunakan ekstensi .store, situs kita jadi lebih mudah dikenal sebagai situs toko online. Domain ini langsung sesuai dengan produk layanan bisnis yang kita jalankan. Sehingga lebih bisa meningkatkan brand awareness untuk para pengguna internet.


Kita juga bisa menggunakan domain ini sesuai dengan produk khusus yang kita jual, seperti situs khusus jual baju, sepatu, merchandise, alat tulis, dsb.


2. Nama Domain Masih Banyak Tersedia

Manfaat kedua dari penggunaan domain toko ini adalah nama domain yang masih banyak tersedia. Walaupun masih lebih populer .com, .net, .org Anda bisa memanfaatkan ekstensi ini untuk eksplor nama domain yang cocok.


Hal ini karena pilihan nama domainnya masih banyak sehingga bisa dengan mudah mencari yang lebih eksplisit sesuai dengan produk yang ditawarkan .


Kita jadi lebih bisa menggunakan nama yang familiar dan mudah diingat pengguna serta memiliki nilai eksklusif. Berbeda dengan penggunaan nama domain dari ekstensi .com yang sudah banyak dipakai sehingga harus memutar otak untuk menemukan nama yang unik dan berbeda.


Domain ini juga simpel dan tidak membuat nama domain menjadi panjang sehingga susah dikenali. Sebagai contoh, kalau kalian ingin menjual aksesoris catatanatiqoh. Akan lebih mudah untuk menamainya catatanatiqoh.store dibandingkan dengan catatanatiqohstore(dot)com.


Selain itu, email yang terbentuk juga akan lebih profesional tanpa menggunakan @gmail.com. Jadi, kita dapat membangun email dengan nama support@catatanatiqoh(dot)store.


3. SEO-friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah kunci utama agar situs kita jadi lebih mudah dikenali dan berada di halaman paling atas setelah pengunjung mencari di browser.


Adapun ekstensi domain sebenarnya tidak berdampak langsung pada SEO. Yang paling diutamakan adalah kontennya yang harus sesuai SEO, keyword, kecepatan website, dsb.


Jika mudah ditemukan pengunjung karena kontennya SEO friendly, maka semakin banyak pengunjung kita, serta meningkatkan kesempatan pengunjung kembali untuk penelusuran dan belanja ke situs kita. Itu artinya, kita bisa mendapatkan pelanggan setia lebih banyak.


Namun ternyata, beberapa orang masih ragu terhadap penggunaan ekstensi ini karena tidak seterkenal .com. Pendapat ini yang perlu diluruskan karena faktanya, SEO tidak dipengaruhi oleh ekstensi domain.


Meskipun begitu, ekstensi domain memiliki pengaruh efek psikologis terhadap mudah dikenalinya situs kita Hal ini karena ekstensi tersebut lebih spesifik untuk kategori toko online.


Jadi, kalau kita menggunakan domain ini, tidak perlu khawatir karena website mempunyai peluang sama untuk mendapatkan rangking di mata google.


4. Harga Domain Lebih Murah

Dibalik kekurangannya yang tidak terlalu banyak digunakan dibandingkan dengan .com, .org, dll, ekstensi .store yang memiliki volume sedikit bisa bermanfaat untuk memudahkan pengguna mencari nama domain.


Oleh sebab itulah, penggunaan ekstensi domain toko ini unggul dari segi harga yang ditawarkan. Harganya bisa lebih murah dengan .com yaitu berkisar Rp 30 ribu rupiah saja. Jadi, domain ini cocok digunakan terutama bagi pemula atau pemilik website bisnis yang menginginkan modal sedikit untuk mempromosikan bisnisnya.


Tidak hanya itu, dari segi kemudahan domain ini menjadi ideal bagi pelaku bisnis. Ini dikarenakan kita sudah tidak perlu menyertakan persyaratan apapun seperti KTP dan KK untuk mendaftarkan domain ini.


Akan lebih praktis diaplikasikan, dan lebih cepat. Berbeda dengan domain seperti co.id yang perlu persyaratan dokumen tertentu.


Kesimpulan, Pilihan Domain .STORE untuk Bisnis

Fungsi dari domain .store sangat beragam yang pada dasarnya adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung agar produk yang kita tawarkan semakin tinggi penjualannya. Jadi, jangan sampai salah memilih domain untuk menarik target pasar kita. Nah, kalian bisa miliki ekstensi .store sekarang dengan membelinya di Niagahoster.

1 komentar:

  1. wah ternyata bisnis semakin oke nih kalau ada domain .store s ya, aku sendiri masih awan mengenai ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.