Ini Manfaatnya Ajak Anak Berani Ikut Lomba! YUPI’S Got Talent 2022 Jadi Pilihannya!

Melihat anak semakin bertumbuh, tentu ingin mengenalkannya dengan berbagai hal di kehidupan. Termasuk hal kompetisi. Mengajaknya untuk mengikuti sebuah kompetisi memang tidak mudah ternyata ya. Tapi banyak manfaatnya lho mengajak anak berani ikut lomba.


Apalagi kalau si kecil sudah mulai aktif, tidak ada salahnya, jika kita mengikutsertakannya dalam sebuah perlombaan. Selain kita bisa melihat keterampilan atau bakat yang mungkin dimiliki si anak, kita  juga dapat mengembangkan jiwa kompetitif yang positif pada diri anak.


Pahami Anak Sebelum Mengikuti Lomba

Meski banyak manfaatnya yang akan diperoleh, kita tidak perlu sampai memaksa anak untuk mengikuti. Kita bisa mengarahkannya, sampai nantinya ada kemauan anak sendiri untuk ikut serta. Kita juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mendaftarkan anak ikut perlombaan.


Sebagai orangtua, kita perlu memperhatikan self-conscious emotion atau ‘emosi ke-aku-an’ pada anak. Tahap perkembangan emosi yang perlu dikembangkan agar anak memiliki jiwa kompetitif yang positif. Hal tersebut sangat penting, karena berdampak besar bagi perkembangan motivasi, jiwa kompetitif dan keterampilan sosial pada anak di usia 3-4 tahun ke atas.


1. Kenali Karakter Anak

Hal pertama yang harus kita tahu adalah temperamen anak. Perlu dipertimbangkan sebelum mendorong si kecil untuk berani ikut lomba. Apakah karakternya memang berani tampil, atau dia termasuk yang pemalu. Jika si kecil adalah tipe pemalu, mungkin kita bisa mengenalkannya pada istilah pertunjukan, bukan lomba.


2. Pilih Lomba yang Sesuai

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan kita sebagai orangtua adalah, memilih jenis lomba yang sesuai dengan minat, kemampuan dan, tentunya usia si kecil. Dengan demikian, anak akan lebih percaya diri dan berani ikut lomba.


3. Berikan Pemahaman Tentang Lomba

Jika anak belum pernah mengikuti lomba, kita bisa membangun bounding dengan anak untuk mengenalkan suasana lomba terlebih dahulu. Ajak anak menjadi penonton sebuah perlombaan. Jelaskan kepada si kecil mengenai peraturan lomba, serta apa saja yang dibutuhkan untuk tampil.


Pemahaman dasar mengenai lomba, akan mencegah anak merasa takut atau nervous. Anak akan lebih bersemangat dan berani ikut lomba.


4. Mendukung Penuh Tanpa Menuntut

Nah, kalau ini, hal penting yang harus dipelajari kita, orangtuanya. Mendukung dan mendampingi anak tanpa menuntut apapun dari kemampuan anak.


Dukungan yang penuh dari orangtua akan sangat membantu anak untuk lebih percaya diri dan mengeluarkan kemampuan maksimalnya ketika mengikuti lomba. Orangtua dapat memberikan pujian dan semangat, karena si kecil sudah berani ikut lomba.


Kita bisa memberikan pengertian pada si kecil juga, bahwa lomba ini bertujuan untuk memberi pengalaman dan melihat kemampuan dirinya sendiri. Kita pun sebagai orangtua, sebaiknya tidak menuntut apapun atau ikut campur saat anak sedang lomba.


5. Tidak Membandingkan Kemampuan Anak

Pada dasarnya, kemampuan setiap anak akan berbeda-beda. Jadi, jangan pernah membanding-bandingkan anak dengan anak lain untuk memicu jiwa kompetitifnya. Mungkin cara yang lebih efektif adalah dengan memotivasi anak. Memberikan si kecil penghargaan dan pengakuan atas upaya terbaik yang sudah dilakukan.


6. Bimbing Sikap Anak Ketika Menang atau Kalah

Peran orangtua juga sangat penting dalam membimbing sikap anak saat menghadapi hasil perlombaan. Anak pasti senang saat memenangkan perlombaan. Tapi, beberapa anak juga bisa menjadi sombong saat berhasil unggul dari anak yang lain.


Nah, disitulah, orangtua dapat berperan memberi pemahaman agar anak tidak sombong dan tetap mau mengembangkan kemampuannya. Sama hal nya ketika mereka harus kalah. Anak pasti akan cenderung menangis saat mengalami kekalahan. Tugas kita juga, untuk menjelaskan bahwa perlombaan ini bukan bertujuan untuk menang. Kita juga bisa memberikan hadiah hiburan untuk menghargai usaha anak.


Jika, hal-hal di atas sudah diperhatikan, maka kita bisa mengarahkan anak untuk mengikuti sebuah perlombaan. Ajak anak untuk berani menghadapi ajang kompetisi. Apapun hasilnya, yang terpenting adalah proses si kecil untuk berani ikut lomba.


Manfaat Ajak Anak Berani Ikut Lomba

Mengikutsertakan anak dalam sebuah perlombaan ternyata memiliki banyak manfaat. Apalagi pada anak usia dini, perlombaan tidak hanya sekedar menang atau kalah saja. Kita bisa manfaatkan untuk melatih anak sejak dini dalam belajar berkompetisi, bersaing, percaya diri dan berani. Ini juga akan memberikan dampak positif dalam bidang pendidikan.


manfaat anak berani ikut lomba


Faktanya, seorang anak yang terbiasa berkompetisi, biasanya mampu mencapai tujuan hidupnya. Hal ini dikarenakan banyaknya nilai-nilai positif dalam sebuah kompetisi yang berkaitan dengan perilaku di kehidupan nyata. Jadi, apa saja manfaatnya?


Dengan mengikutsertakan anak dalam sebuah perlombaan, orangtua dapat mengajarkan banyak hal positif kepada si kecil, antara lain:


- Mengenalkan kepada anak tentang arti menang dan kalah, serta perilaku baik menghadapinya.


- Membantu si kecil belajar mengenali kekuatan dan kelemahannya.


- Si kecil dapat mulai berpikir kritis, memecahkan masalah, dan belajar mengambil keputusan.


- Membangun semangatnya untuk mencapai tujuan perlombaan.


- Membangun dan melatih kepercayaan diri si kecil akan kemampuannya.


- Melatih kemampuan si kecil berhubungan dengan orang lain dan lingkungan baru, jadi anak tidak malu.


Apalagi, sekarang sudah banyak pilihan macam lomba yang bisa diikuti anak sejak dini. Ini bisa jadi kesempatan kita untuk mengenalkan anak berani ikut lomba. Melatih sejak dini anak ikut lomba bisa membuat anak mengerti proses dari kemenangan dan arti dari kekalahan. Selain itu, keberanian dan percaya diri anak juga akan terlatih.


Kesimpulan, Ajak Anak Berani Ikut Lomba dengan Ikuti YUPI’S Got Talent 2022!

Nah, ini dia, salah satu lomba yang dapat diikuti oleh anak-anak di tahun ini adalah Yupi's Got Talent 2022. Sebuah wadah di mana setiap anak bisa mengekspresikan semua bakat dan talentanya.


Kalau anak-anak suka menyanyi, menari, modelling atau apapun itu, bisa tunjukkan dalam ajang bergengsi ini! Karena Yupi percaya, semua orang bisa jadi bintang!


Yupi’s Got Talent 2022 ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk junior dan ada juga yang buat remaja. Masing-masing sudah ada kategori lebih lengkapnya. Yuk, ajak anak-anak untuk unjuk bakat dan kemampuannya lewat kesempatan emas ini.


Caranya mudah kok, daftarkan diri sebagai member (sign up) tanpa dipungut biaya apapun di website Yupiland, www.yupiland.com. lalu ke halaman pendaftaran, www.yupiland.com/ygt. Dalam hal ini untuk Yupi’s Got Talent Junior, sign up member dapat dilakukan oleh orang tua, dengan data diri orang tua.


Nah, jika sudah melakukan registrasi, kita bisa langsung masuk ke bagian halaman registrasi Yupi’s Got Talent dan isi data-data tambahannya, seperti: 

  • Masukkan kode unik yang ada dalam produk Yupi’s Got Talent
  • Upload link video atau upload foto yang akan dilombakan sebagai syarat utama kepesertaan
  • Siapkan Identitas diri / anggota seperti (KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga)


Kemudian, ada syarat lain yang harus dipenuhi, termasuk untuk mendapatkan kode unik di atas. Peserta dapat membeli variasi Paket Produk Yupi’s Got Talent (versi ‘Shine” atau “Bright” di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID. Lazada, Tiktok Shop, Yupi Gummy Store di Yupiland seharga Rp. 15,000. Pastikan sudah mendapatkan kode unik di dalam box, sebagai syarat registrasi.


yupi got talent 2022


Untuk informasi lebih detailnya, Yupiers bisa kunjungi link ini ya www.yupiland.com/ygt sudah ada lengkap ketentuan lombanya. Tunggu apa lagi?! Buruan daftar sebelum menyesal.

17 komentar:

  1. Wah, asikk nih ada lomba yupi got talent. Mumpung adek" pada suka yupi bisa diajak ikutan lombanya. Nice info kak.

    BalasHapus
  2. Wah ada yupi got talent, keponakanku pasti seneng nih kalau dikasih tau. Iya juga ya mba, kalau anak ikut lomba secara tidak langsung melatih kepercayaan dirinya juga.

    BalasHapus
  3. Banyak banget manfaat dari mengikuti lomba ya. Anak aku masih belum nih ikut2an lomba.

    BalasHapus
  4. Banyak sekali yang perlu dibahas dan dijadikan bekal untuk si kecil kalau ingin ddorong untuk menunjukkan bakat dan minat atau kemampuan yang dimilikinya melalui sebuah kompetisi, ternyata. Bukan lekas didorong begitu saja ya, karena memahami karakter anak pada akhirnya jadi lebih penting.

    BalasHapus
  5. Wow, dari tadi aku baca tentang Yupis Got Talent jadi berpikir mau mendaftarkan anakku yang punya bakat menulis hehehe, dia juga suka berpuisi. Terima kasih infonya ya mba

    BalasHapus
  6. Yang sering dilupakan ortu saat anak lomba adalah membimbing anak menghadapi kemenangan dan kekalahan memang. Padahal ini juga penting agar bijak dalam pengembangan bakat. Sukses terus Yupi untuk event kecenya!

    BalasHapus
  7. Penting banget tidak membandingkan kemampuan anak, karena tiap anak punya bakat unik. Memang sih tiap anak tuh udah dibekali bakat dari sejak lahir. Untung nih ada Yupi's Got Talentu bisa banget jadi wadah mengembangkan bakat anak-anak.

    BalasHapus
  8. Mbak kalau anak pemalu gimana ya biar dia mau tampil? Ketemu orang masih malu2 nih anakku.

    BalasHapus
  9. Mantep nih ada Yupi's Got Talent, jadi ajang mengembangkan bakat anak sekaligus melatih mental anak

    BalasHapus
  10. Membimbing anak buat mengenali bakatnya emang gamoang2 susah. Ikutan Yupi's Got Talent ini bisa jadi batu loncatan

    BalasHapus
  11. Owalah jadi ini semacam kontes buat anak ya mba, keren ini Yupi berinovasi bikin acara kayak gini. anak anak pasti semangat buat ikutan ya

    BalasHapus
  12. Permen kesukaan saya bahkan sampai sekarang sudah besar, programnya bagus ya memfasilitasi pengembangan bakat anak, semoga acaranya berkelanjutan dan memfasilitasi untuk pengembangan bakat anak-anak

    BalasHapus
  13. Anak yang diikutkan lomba akan termotivasi dan belajar lebih giat lagi

    BalasHapus
  14. Kadang ada loh orangtua yang nggak ngedukung anaknya ikutan lomba, padahal bila anak ikut lomba anak bakal punya pengalaman berbeda diluar sana.

    BalasHapus
  15. bakalan seru nih kayakanya event yupi's got talent 2022. aku penasaran bakal se seru apa nih nantinya. anakku pengen aku ikutin tapi belum pede katanya, hehehe

    BalasHapus
  16. Dengan adanya Yupi's Talent ini bisa jadi batu loncatan buat anak-anak mengembangkan bakatnyaa ya, ditambahn peran orang tua untuk mendukung kegiatan yang diikuti ini sangat bagus sekali buat anak-anak.

    BalasHapus
  17. Aku dulu tipe anak yang demen ikut lomba, mo berbakat atau nggak, suka pede aja nyobain aneka lomba. Beda ama anakku. Tapi kalau Yupi's Got Talent mau kali ya... apalagi Yupi permen favorit keluarga banget nih, hehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.