Ajarkan Anak Mengaji dan Bahasa Arab di Ruangguru Privat

 Selama Bulan Ramadhan, tentunya kita ingin anak-anak lebih aktif dalam mengaji dan belajar bahasa arab. Hal ini juga yang menjadi concern Ruangguru untuk memberikan fasilitas mudah belajar mengaji bagi anak-anak. Sehingga, Ramadhan terasa lebih berkah dengan privat mengaji dan bahasa arab bareng Raungguru Privat.


Sebagai umat Muslim, mengajarkan anak beribadah adalah salah satu yang diwajibkan. Tidak hanya dengan salat 5 waktu dan salat sunah, tetapi juga membaca Al-Qur'an, serta memaknai masing-masing ayatnya.


Namun, beberapa hambatan pasti ditemui untuk mengajarkan anak mengaji, apalagi jika sudah mulai sejak dini. Bagaimana membuat mereka mengerti makna mengaji, bagaimana agar anak-anak tidak bosan, dan lainnya. Nah, beberapa cara ini, sudah coba aku terapkan saat mengajarkan anak mengaji. Mungkin bisa menjadi salah satu solusi para orang tua juga.


Mengajar Anak Mengaji Agar Tidak Bosan

Sebelumnya, tentu saja aku mencari banyak sumber untuk menerapkan beberapa cara ini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai metode untuk mengajarkan anak mengaji. Kita yang harus pandai menyesuaikan dengan kondisi anak kita.


Baca juga: Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah


Salah satunya sudah pasti dengan membuat kegiatan mengaji semenarik mungkin. Sehingga anak-anak juga lebih bersemangat. Berikut ini beberapa cara yang sudah aku lakukan untuk mengajar anak mengaji dengan cara yang lebih menyenangkan.


1. Mendengarkan Lantunan Al Quran

Cara pertama ini aku lakukan saat anak sudah lahir ke dunia. Tidak pernah absen untuk memperdengarkan lantunan ayat-ayat Al Quran. Hingga sekarang, si kecil jadi lebih suka mendenarkan lantunan ayat Al Quran.


Nah, cara ini bisa dilakukan jika anak belum lancar membaca Al-Quran. Kita bantu dengan menyetel murottal atau mendengarkan lantunan Al-Quran. Bisa melalui video streaming, aplikasi, atau pun Al-Quran elektronik.


Ternyata, ketika anak terbiasa mendengar lantunan Al-Quran, ia ada kencenderungan dalam hal meniru dan mengulangi hal-hal yang diinginkannya. Tanpa disadari, lantunan ini akan terekam di daya pikir anak dan lambat laun dapat menghafalnya.


Pilihan lain bisa dengan mengajak anak ke tadarus Al-Quran untuk mendengar dan menyimak secara langsung. Jika sering di ulang-ulang, memori anak akan merekamnya secara baik, lho.


2. Mengenalkan Huruf Hijaiyyah

Cara yang kedua, adalah dengan mengenalkan huruf-huruf hijaiyyah pada anak sedini mungkin. Saat si kecil sudah mulai bisa melihat jelas dan bermain dengan barang-barang di sekitar, aku mencoba menempel beberapa poster huruf hijaiyyah di sekitar area bermainnya.


Nah, saat baru mulai belajar, aku kenalkan mulai dari yang mudah dulu, agar anak tidak bosan karena merasa kesulitan. Kita bisa mengenalkan huruf Hijaiyyah sekreatif mungkin pada anak.


Misalnya dengan menempelkan huruf hijaiyah di dinding kamar anak dengan warna yang beragam. Buatlah di ukuran kertas yang agak besar agar Si Kecil dapat dengan mudah mengenalinya. Dengan melihatnya setiap hari, anak-anak akan terbiasa bertemu dengan huruf hijaiyah ketika membaca Al-Quran.


3. Membuat Kuis Tebak Huruf

Nah, ini metode yang paling menarik anakku sejauh ini. Dia akan selalu bersemangat jika diajak bermain tebak huruf, termasuk huruf Hijaiyyah.


Cara mengajarkan anak mengaji dengan cara ini akan membuat mereka seperti bermain sambil belajar. Anak-anak memang lebih bersemangat kalau mendengar kata 'bermain', jadi kita bisa memanfaatkan moment tersebut untuk menyelipkan pelajaran.


Bisa dimulai dengan kuis mengacak huruf hijaiyah lalu minta anak untuk mengurutkannya. Agar lebih menarik, bisa dengan menebak pelafalan huruf hijayah tersebut. Bisa dikemas berbagai rupa dalam bentuk kartu ataupun buku kliping ya.


4. Mengikutkan Anak Kelas Mengaji

Sebenarnya mengajarkan anak belajar mengaji memang harus dimulai sejak dini. Dengan belajar Al-Qur’an sejak dini maka dapat membentuk aqidah yang kokoh pada dirinya. Untuk menimbulkan rasa penasaran pada anak, orangtua dapat mengajak mereka ke tempat mengaji di lingkungan sekitar.


Dengan metode tersebut anak mulai mengikuti berbagai macam kegiatan pengajian, mulai menghapal bacaan doa-doa, membaca & menulis tulisan Hijaiyah, menghafal surat-surat, serta memahami kaidah-kaidahnya.


Mungkin awalnya mereka terlihat tidak nyaman, akan tetapi terus berhadapan dengan pengalaman baru akan membuatnya belajar mudah beradaptasi terhadap berbagai situasi. Dengan demikian lama kelamaan ia akan terbiasa mengaji tanpa harus diperintah oleh orangtuanya.


Bahkan, sekarang sudah ada mengaji privat bisa memanggil guru ngaji ataupun pelatihan khusus Al-Quran anak ke rumah masing-masing, lho! Atau jika masih khawatir akan kondisi pandemi yang belum stabil, kita juga bisa privat mengaji secara online. Lebih mudah lagi kan Bu?


ajarkan anak mengaji dan bahasa arab


Privat Mengaji dan Bahasa Arab di Ruangguru Privat

Ruangguru hadir untuk membantu para siswa mendalami pelajaran dengan metode yang lebih mudah. Salah satu programnya, dengan Ruangguru Privat. Dalam rangka bulan Ramadhan ini, kita bisa memberikan anak-anak kegiatan positif penuhu berkah dengan privat mengaji dan bahasa arab.


Ruangguru Privat menyediakan les privat eksklusif dengan pengajar terbaik untuk TK/Paud, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan umum. Demi menjaga keseharian selama bulan Ramadhan tetap produktif dan berkah, Ruangguru Privat menyediakan paket spesial Ramadhan, diskon hingga 37%.


ramadhan sale ruangguru privat


Nah, Ramadhan Sale tahun ini, ada menu spesialnya, yaitu Bahasa Arab dan Mengaji yang cocok untuk nemenin ngabuburit di rumah. Belajar mengaji secara privat ini tersedia untuk TK/Paud dan SD. Sedangkan, Belajar Bahasa Arab, diperuntukan bagi siswa TK/Paud sampai dengan SMP.


Mengapa Harus Belajar di Ruangguru Privat?

Belajar mengaji tersedia dengan 2 metode pembelajaran yakni tatap muka langsung atau mengaji online. Namun, karena pandemi maka kegiatan pembelajaran hanya dilakukan secara online.


Baca juga: Bimbingan Belajar Online Terbaik


Selain metodenya yang memudahkan anak-anak bisa belajar dari mana saja, berikut ini kelebihan lain dari Ruangguru Privat yang bisa didapatkan anak;


1. Pengajar Berkualitas

Tidak perlu khawatir lagi menyerahkan urusan belajar ke Ruangguru. Semuanya pengajarnya sudah dipilih secara sistematis dari lulusan universitas terkemuka dan tentunya berpengalaman di bidangnya.


2. Bebas Mengatur Kebutuhan Belajar

Nah, kelebihan lainnya adalah, anak-anak bebas belajar dengan pengajar yang mereka inginkan. Juga bebas mengatur jadwal dan topik belajar. Sehingga anak lebih merasa siap dan nyaman dalam belajar. Hal ini juga yang menjadikan anak tidak mudah bosan dalam belajar. Apalagi dengan metode bimbel online, bisa belajar dari mana saja.


3. Biaya Les Lebih Terjangkau

Jika les privat, pasti sudah terbayang biaya yang lebih mahal ya? Tapi Ruangguru memberikan biaya yang lebih hemat hingga 40% dari biaya les privat sejenis lainnya. Mulai dari Rp70.000/jam. Apalagi, di Bulan Ramadhan ini, sedang ada promo 37% untuk les mengaji dan bahasa arab di bulan ramadhan tahun 2022, secara online.


4. Jaminan Puas

Sudah terbukti, hampir 90% murid yan sudah mencobanya, ingin les privat kembali. Nah, ada jaminan ganti pengajar juga, lho! Jadi, kalau anak kurang nyaman dengan pengajar, bisa mendapatkan pengajar lain agar tidak bosan. Murid diberikan kesempatan mengganti pengajar sebanyak 2 kali.


Kesimpulan, Privat Mengaji dan Bahasa Arab di Ruangguru Privat

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengajarkan anak mengaji sejak dini. Metode dan caranya kini sudah semakin mudah, karena didukung banyak fasilitas dan media pembelajaran yang lebih canggih. Termasuk adanya kelas online yang memudahkan kita tetap memantau anak belajar. Anak juga bisa belajar dalam kondisi lebih siap dan nyaman.


Ruangguru privat memberikan kemudahan anak-anak untuk dapat belajar mengaji dan bahasa arab. Dengan harga terjangkau, apalagi di Bulan Ramadhan ini, ada promo 37%, dengan durasi pembelajaran 60 menit. Yuk tunggu apalagi, gabung sekarang dengan Ruangguru Privat untuk memudahkan belajar anak-anak.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.