Obat Panas Dalam Paling Ampuh, Kaya Akan Nutrisi

Kondisi panas dalam, sering digambarkan dengan rasa yang tidak nyaman di tenggorokan dan nyeri ketika menelan. Lalu, apakah panas dalam berbahaya? Dan apa obat panas dalam?


Sudah seminggu terakhir ini, merasakan tidak nyaman di tenggorokan, sakit ketika menelan, bibir pecah-pecah, sampai suara mulai menghilang. Sungguh rasanya sangat menyiksa. Kalau orang bilang, yang aku rasakan ini panas dalam.


Lalu, aku mencoba mencari banyak referensi di laman web, apakah panas dalam harus diobati secara medis? Banyak artikel kesehatan yang membahasnya. Dan, banyak jawaban yang mengatakan jika, panas dalam tidak perlu pengobatan medis. Lalu, bagaimana menghadapi rasa tidak nyaman ini?


Apakah Panas Dalam Berbahaya?

Pada dasarnya, panas dalam merupakan sebuah kumpulan pertanda jika imunitas tubuh terganggu. Atau gejala terjadinya masalah kesehatan di antara telinga, hidung, dan tenggorokan. Jadi, jangan dianggap sepele, karena dapat menimbulkan bahaya medis, jika panas dalam tidak segera diatasi.


Nah, ini dia, dua penyakit yang mungkin akan terjadi, jika gejala panas dalam diabaikan!


1. Radang Tenggorokan

Panas dalam yang dibiarkan saja dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan. Bahayanya jika terus diabaikan, adalah terjadinya radang tenggorokan.


2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Panas dalam juga dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan.  Gejala ini dirasakan dengan rasa nyeri, panas, dan gatal pada tenggorokan. Selain itu ada gejala lain seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan batuk. Bisa juga, muncul demam 2 sampai 3 hari.


Oleh karena itu, demi menghindari gejala yang dirasakan berlanjut menjadi lebih parah, lebih baik kita lakukan pencegahan. Jika sudah merasa tidak nyaman dengan tenggorokan kita karena panas dalam, lakukan hal-hal berikut ini untuk membuatnya kembali cepat nyaman.


adem sari obat panas dalam


Obat Panas Dalam Paling Ampuh

Terkadang, kita menyepelekan kondisi ini karena masih dapat ditahan sakitnya. Tapi, kalau kondisinya tidak membaik sudah lebih dari 3 hari merasakan gejala panas dalam, ada baiknya untuk periksakan diri ke dokter, memastikan penyebab yang mendasari kondisi ini.


Langkah pertama untuk mencegah panas dalam semakin buruk adalah, dengan mengenali apa penyebab munculnya gejala-gejala yang dialami. Dengan begitu, kita bisa tahu pengobatan seperti apa yang paling tepat untuk kondisi tersebut.


1. Kumur Air Garam

Jika yang dirasakan adalah sakit tenggorokan dan sariawan, kita bisa redakan dengan larutan garam. Caranya, siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam.


Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sedangkan untuk mengusir sariawan, kita bisa berkumur tepat di area yang sakit.


Berkumur air garam tersebut selama 20 sampai 30 detik saja, lalu buang airnya, jangan ditelan. Lakukan secara rutin, setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.


2. Perbanyak Minum Air Putih

Beberapa gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi. Maka dari itu, pastikan kalau kita sudah cukup minum air putih.


Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak 2 liter (L) atau sekitar sepuluh gelas air dalam sehari. Juga kita bisa mulai memilih makanan yang aman untuk tenggorokan dan pencernaan.


Baca juga: Pilihan Makanan Aman untuk Lambung


3. Konsumsi Madu

Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk meredakan berbagai masalah tenggorokan. Apalagi jika menggunakan madu murni, jangan madu kemasan ya. Madu kemasan umumnya mengandung gula tambahan yang justru menambah tenggorokan semakin sakit.


Jadi, jika tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. KIta juga bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.


Nah, kalau kesukaanku nih, buat larutan khusus dengan madu, jahe, dan lemon. Seduh jahe yang sudah digeprek atau iris tipis dengan air hangat, tambahkan perasan lemon dan madu. Madu dan jahe dapat melegakan rasa sakit di tenggorokan, karena punya kandungan antibakteri yang ringan.


Selain itu, madu memang sudah terkenal ya untuk mengurangi bibir kering sampai pecah-pecah. Caranya dengan mengoleskan madu pada bibir untuk menjaga kelembapan alaminya.


Baca juga: Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan


Jika ingin yang lebih praktis dan sudah pasti ampuh, kalian bisa mencoba Adem Sari. Adem Sari sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan terbaik untuk meredakan panas dalam. Setuju kan?


obat panas dalam paling ampuh


Manfaat Adem Sari sudah terbukti secara klinis meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, sakit tenggorokan dan juga susah buang air besar. Selain itu, dalam satu sachet Adem Sari, diperkaya akan nutrisi dan vitamin C, sehingga dapat juga meredakan gejala flu di musim pancaroba kali ini.


Tidak hanya itu saja, Adem Sari juga mengandung aneka bahan herbal yang terbukti dapat mengatasi sariawan di mulut. Salah satunya adalah Alyxia stellata atau dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tumbuhan palasan. Tumbuhan ini dapat meredakan gejala peradangan mulut yang diakibatkan oleh sariawan.


Hal terpenting yang harus dijaga adalah, kondisi kesehatan kita dengan tetap mengkonsumsi sumber makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan asupan serat harian. Sehingga akan menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah selama beraktivitas di dalam maupun luar ruangan.


Dapatkan Adem Sari di toko terdekat, minimarket, supermarket maupun di Enesis Official Store dengan berbagai promo menarik. Yuk, stock untuk kebutuhan kesehatan keluarga!


Baca juga: Manfaat Lemon Tea Madu


Kesimpulan, Obat Panas Dalam Paling Ampuh, Makanan yang Kaya Nutrisi

Gejala panas dalam memang terlihat ringan, namun terasa sangat menyiksa. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan cepat dan tepat untuk meredakan gejala tersebut. Selain mengonsumsi obat panas dalam, kita juga perlu menghindari makanan-makanan yang berminyak dan berbumbu pekat agar gejala panas dalam dapat segera pulih.


Juga, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kembali fit. Adem Sari dapat dijadikan salah satu obat panas dalam yang mampu meredakan kondisi tersebut dengan cepat dan tepat.


Namun jika gejala tidak juga membaik setelah lebih dari 3 hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jaga kesehatan semua :).

17 komentar:

  1. Adem sari emang udah terkenal sejak dulu khasiatnya meredakan panas dalam, ya

    BalasHapus
  2. Minum air putih ini semacam obat alami yang sudah mengakar di keluarga saya. Nenek sejak dulu sangat menyarankan anak cucunya harus banyak minum air putih. Sampai jadi lelucon setiap cucu kalau ketemu beliau. Tapi memang minum air putih itu bisa jadi detox di badan kita ya.
    Kalau kumur garam dan madu, saya baru tahu. Kalau minum adem sari sih saya tahu dari artikel ini dan iklan di televisi. Hihihi...

    BalasHapus
  3. Adem Sari dari dulu emang terkenal mengatasi panas dalam dan sariawan ya, apalagi kalau habis makan yg pedas dan berlemak, gorengan. Langsung nyess kalau minum Adem Sari.

    Paling suka minum Adem Sari pas siang bolong, seger dan berkhasiat.

    BalasHapus
  4. Seluruh keluargaku kalau sudah mulai nggak nyaman di tenggorokan emang langsung minum adem sari. Semacam obat ampuh buat panas dalam sih emang.

    BalasHapus
  5. Musim kayak sekarang panas dalam memudahkan menghampiri kita ya kalau gak dijaga kesehatan tubuh.
    Jadinya kudu antisipasi cepat biar gak sampai terserang panas dalam

    BalasHapus
  6. Dari varian adem sari ini aku paling suka yang sparkling kaleng. Jadi seperti minum soda

    BalasHapus
  7. Adem Sari juga andalan keluargaku, Mbak. Kalau ada yang mulai nggak enak badan atau tenggorokan panas, langsung deh minum Adem Sari ini.

    BalasHapus
  8. Iya, panas dalam emang g enak banget ya mbak
    Dan tentu akan sembuh kalau diobati dengan Adem Sari
    Andalan dari dulu

    BalasHapus
  9. Perbanyak air putih emang salah satu cara ampuh mengatasi dehidrasi saat panas yah. Nah emang kalau adem sari ini udah jadi andalan kok. Tapi boleh dikonsumsi anak-anak ga ya?

    BalasHapus
  10. Adem sari fav akuhh, setiap belanja mingguan pasti beli, stok buat di kulkas.
    Kemarin sempet sariawan, minum adem sari teruss apalagi sekarang ada varian rasa madu

    BalasHapus
  11. Wah ini sih minuman andalan kalau udah panas dalam sejak dulu kala ya. Adem sari ini emang terkenal banget sih khasiatnya. Ngomongin panas dalam emang nggak enak ya apalagi kalau makan tuh jadi kurang berasa nikmatnya seenak apapun makanannya.

    BalasHapus
  12. salah satu yang hampir selalu ada di rumah ini mbak hahaha seger banget ya Allah, kalaupun lupa beli wkatu belanja bulanan, biasanya langsung cuss ke warung tetangga ini

    BalasHapus
  13. yaampun adem sari ini kesukaanku sejak SD bangeet.. awet banget nih, mungkin udah seusia aku ya? hahah. lha dulu aku kalau sariawan atau panas dalam juga minum adem sari. enak beneerr seger

    BalasHapus
  14. Setuju sih aku paling final memang madu, kadang jg paling awal buat ngobatin panas dalam. Minum 2x masing2 sekali minum 2 sendok dah langsung enakan

    BalasHapus
  15. Kadang bingung yaa..dengan gejala panas dalam ini. sehingga pokoknya kalau sedang gak enak nelan, diberi minuman Adem Sari, yang ampuh membuat tenggorokan menjadi lega kembali.

    BalasHapus
  16. Adem sari nih memang nyes gitu ya pas di minum. Mmg menderita banget klo lagi panas dalam, daerah THT biasanya yg diserang. Untung ada adem sari, harga terjangkau dan mudah didapat

    BalasHapus
  17. Aduuh beneran.. Aku dua hari ini panas dalam ampe bengkak. Buat nelan sakiiit banget. Alhamdulillah selalu sedia adem sari di rumah. Enak sih rasanya. Seger

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.