Berbagai Jenis Kegiatan Bakti Sosial Dari Perusahaan Untuk Masyarakat

Hadirnya sebuah perusahaan di lingkungan masyarakat, tentu menjadi perhatian khusus. Terutama soal kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Sebuah perusahaan yang berada di tengah-tengah masyarakat sudah seharusnya turut memperhatikan masyarakat tersebut.


csr perusahaan


Ikut menjaga kondisi masyarakat dalam berbagai bidang misalnya di bidang ekonomi, dengan mengutamakan pekerja dari lingkungan sekitar dan bidang sosial melalui berbagai program bakti sosial.


Program kerja dengan tujuan sosial ini bisa juga dilakukan secara berkesinambungan mengingat lokasi perusahaan yang permanen sehingga tujuannya dapat terus ditingkatkan sesuai kondisi masyarakat di saat itu.


Program Bakti Sosial dari Perusahaan untuk Masyarakat

Apa saja program kerja sosial yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk masyarakat di sekitarnya? Berikut ini adalah contoh yang bisa juga Anda terapkan sebagai program csr perusahaan di Indonesia:


1. Membersihkan Lingkungan Sekitar

Program bersih-bersih lingkungan bukan hanya di sekitar dinding perusahaan atau pabrik saja namun lebih luas. Hingga mencakup lingkup kelurahan bisa dijadikan salah satu program CSR. Contoh kegiatannya antara lain mengambil limbah atau sampah, membersihkan selokan, dan lainnya.


2. Program Kesehatan

Di bidang kesehatan, perusahaan dapat bekerja sama dengan klinik sekitar untuk mengadakan pemeriksaan gratis bagi masyarakat sekitar.


3. Program Pendidikan

Di bidang pendidikan, perusahaan dapat bekerja sama dengan lembaga yang sudah berpengalaman menjalankan bidang edukasi seperti Wahana Visi Indonesia. Tujuannya untuk memberi sekolah informal atau kursus singkat bagi masyarakat sekitar. Selain itu perusahaan juga dapat membantu pengadaan alat sekolah untuk anak-anak.


4. Program Ekonomi

Mengadakan basar murah hasil dari perusahaan dapat menjadi cara promosi sekaligus membantu ekonomi masyarakat. Selain hasil dari perusahaan, produk juga bisa diisi dengan sembako dengan harga miring.


5. Lingkungan Hidup

Dalam bidang lingkungan hidup, perusahaan dapat turut serta menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Mengadakan program penghijauan, menanam bakau, menabur benih ikan dan lain sebagainya.


program csr perusahaan


Kesimpulan, Beberapa Jenis Kegiatan Bakti Sosial dari Perusahaan untuk Masyarakat

Beberapa jenis kegiatan bakti sosial yang dapat dilakukan suatu perusahan untuk masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut di atas bisa diterapkan untuk program CSR di perusahaan. Selain melakukannya secara mandiri oleh suatu perusahaan, juga bisa bekerja sama dengan lembaga yang sudah berpengalaman sesuai dengan jenis program yang akan dilakukan.


Wahana Visi Indonesia dapat menjadi solusi tepat disaat membutuhkan lembaga lain sebagai partner. Mereka akan bekerja sama dalam program CSR, baik untuk lokasi sekitar perusahaan maupun di wilayah lain di Indonesia.

1 komentar:

  1. Bagus ini programnya, dengan begitu adanya pabrik di sekitar pemukiman warga setidaknya mau bekerja sama untuk menjaga lingkungan sekitar agar bisa ber "simbiosis mutualisme"

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.