Belajar di Jurusan Komunikasi Strategis, Kamu Bisa Jadi ini!

Jika kalian termasuk orang-orang ekstrovert yang suka bertemu dan berbagi cerita dengan orang lain, mempelajari ilmu komunikasi, pasti menjadi hal sangat menarik. Pilihan jurusan komunikasi strategis yang merupakan salah satu rumpun ilmu komunikasi, ternyata menjanjikan juga di masa kini.


Jurusan ini akan menyiapkan lulusan yang nantinya mampu berpikir dan bertindak secara strategis. Khususnya dalam bidang ilmu komunikasi, dengan memanfaatkan berbagai macam channel dalam dunia multimedia.


Apa itu Jurusan Komunikasi Strategis?

Komunikasi strategis atau Strategic Communication merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan.


Komunikasi strategis mengacu pada seni dan ilmu dalam mempengaruhi peristiwa untuk mencapai hasil strategis. Komunikasi strategis juga mencakup setiap pesan, ide, atau dapat merujuk pada tindakan, bahkan distribusi data.


Ilmu ini dipergunakan untuk memenuhi tujuan strategis jangka panjang dari suatu organisasi, dengan memungkinkan fasilitasi perencanaan jangka panjang yang efektif. Bisa juga memungkinkan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, atau mempengaruhi situasi sedemikian rupa.


jurusan komunikasi strategis


Komunikasi strategis ini juga digunakan ketika menerapkan perubahan atau saat kita mengembangkan strategi baru. Terkadang tidak ada jalan yang jelas untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan strategi dan teknik komunikasi strategis.


Sebagai bagian dari Ilmu Komunikasi, Program Studi Strategic Communication tidak hanya akan mempelajari komunikasi yang dilakukan dalam lingkup personal dan kelompok saja. Namun, akan berfokus juga pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah brand, organisasi, dan perusahaan.


Lalu, Apa Perbedaan Jurusan Komunikasi Strategis dengan Ilmu Komunikasi Lainnya?

Mungkin yang sudah familiar kita dengar adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Secara praktis, Ilmu Komunikasi merupakan program studi perguruan tinggi (PT) yang mempelajari komunikasi manusia yang dilakukan dalam berbagai tingkatan. Mulai dari individu, periklanan atau publisitas, media, interkultural, komunikasi politik, hingga komunikasi media sosial.


Komunikasi strategis dalam bisnis memang bukanlah hal baru. Namun, munculnya media sosial telah membawa tantangan baru bagi pengembangan dan penerapan prinsip-prinsip komunikasi strategis yang efektif.


perbedaan jurusan komunikasi strategis

Media sosial memungkinkan orang dan organisasi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi secara instan. Kemampuan untuk terhubung dan berinteraksi ini telah mempercepat laju inovasi dan perubahan organisasi.


Perbedaan jurusan komunikasi strategis dengan ilmu komunikasi lainnya, nantinya siswa akan mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar dari metode komunikasi. Langkah pertama menuju implementasi komunikasi strategis adalah dengan mengembangkan budaya.


Selain itu, dalam komunikasi strategis, siswa juga akan belajar mengintegrasikan perencanaan strategis dengan masalah sosial. Bagaimana menggunakan komunikasi secara efektif untuk memecahkan masalah sampai yang kompleks serta mendorong perubahan.


Nah, salah satu komponen terpenting dari sistem pembelajaran ini adalah humas atau hubungan dengan masyarakat. Nantinya, akan diarahkan untuk berani dalam memberikan suara untuk isu-isu yang mungkin tidak didiskusikan secara terbuka di dalam organisasi.


Selain itu, juga belajar menggunakan berbagai bentuk komunikasi untuk berkomunikasi dengan publik. Menciptakan platform yang kuat di mana isu-isu sosial yang positif dapat dibagikan dan didiskusikan.


Akhirnya, mempelajari tentang strategi komunikasi dan menggunakannya untuk menciptakan strategi untuk audiens atau kelompok tertentu bisa sangat berharga dalam hal menerapkan teknik periklanan yang sukses.


Prospek Kerja Lulusan Komunikasi Strategis

Belajar tentang berbagai cara di mana komunikasi strategis dapat digunakan, itu jadi hal yang sangat penting. Dengan mempelajari masing-masing metode komunikasi strategis, seseorang dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang cara kerjanya dan apa yang mereka capai.


Ternyata, banyak di masa sekarang, banyak kebutuhan akan lulusan jurusan komunikasi strategis untuk bekerja di berbagai bidang. Lulusan dapat menjadi tenaga profesional pada bidang Corporate Communication, yang tidak terbatas pada perusahaan saja, namun juga pada organisasi nirlaba.


Pada dasarnya, ilmu komunikasi lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial. Seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional. Selain itu, ditambah pesatnya perkembangan media di Indonesia, maka tidak heran jika prospek kerja untuk para lulusannya cukup bervariasi dan terbuka lebar.


Nah, berikut dengan bekal ilmu komunikasi yang dipelajari di perkuliahan, berikut beberapa pilihan prospek karir terbaik jurusan komunikasi strategis di Indonesia.


Baca juga: Hobi Jadi Sumber Uang


Public Relation

Berkarier menjadi seorang public relations tentunya harus menguasai ilmu komunikasi yang baik. Karena secara garis besar, mereka akan menjalankan fungsi-fungsi organisasi atau perusahaan seperti menjalin relasi dengan pihak lain. Termasuk dengan media, komunitas, konsumen, industri, dan pemerintahan.


Public relations juga dapat berperan dalam perwakilan kelompok kepentingan, misalnya untuk mediasi konflik, serta hubungan antara karyawan dan investor, maupun menjadi perwakilan organisasi dengan masyarakat.


Dalam karirnya, seorang public relations juga berperan penting dalam mendukung pemasaran dengan membangun citra produk dan citra perusahaan, mengembangkan loyalitas, hingga mengatasi berbagai masalah pelanggan.


Copywriter

Profesi Copywriter merupakan profesi pekerjaan yang menjadi kunci pemasaran yang dilakukan perusahaan. Seorang copywriter bertanggung jawab untuk merangkai kata dan konten yang kreatif dengan tujuan mempromosikan atau menginformasikan suatu produk atau jasa. Tentunya berhubungan dengan citra perusahaan atau brand tertentu.


Copywriter berfokus kepada tulisan yang mampu membuat pembaca memutuskan untuk membeli, atau mampu mempersuasi konsumen. Variasi dan peluang kerja copywriter cukup luas, mulai dari membuat slogan sebuah brand, sampai membuat script dialog iklan televisi, caption online shop, hingga menyusun kata-kata untuk suatu poster acara.


Marketing Communication

Seorang marketing communication bertanggung jawab menyusun dan merancang strategi–strategi komunikasi pemasaran yang tepat sesuai segmentasinya. Mulai dari cara penyampaian, hingg media pemasaran yang cocok digunakan.


Istilah ‘4P’ dalam marketing yakni product, price, place, dan promotion ini juga akrab dan pasti akan sering kalian gunakan dalam profesi ini. Seorang Marcom, dituntut untuk memiliki kemampuan di bidang pemasaran dan komunikasi yang baik.


Baca juga: Cara Mengatur Gaji


Kesimpulan, Belajar di Jurusan Komunikasi Strategis Yuk!

Nah, itu dia beberapa prospek karir jurusan komunikasi strategis, dan tentunya masih beragam lagi ya kebutuhan di dunia kerja. Jika kalian mulai tertarik dengan Program Studi Komunikasi Strategis atau Strategic Communication, kini sudah ada di Universitas Multimedia Nusantara.


Informasi lengkapnya, kalian bisa kunjungi official website UMN. Di website tersebut banyak tersedia seputar informasi pendaftaran hingga profil kampus. Belajar sesuai dengan bidang apa yang kita sukai, tentunya akan menjadi lebih menarik ya!

1 komentar:

  1. Dulu sempet kepengin kuliah di bagian komunikasi, tapi mudian sadar diri, aku lebih suka menyampaikan sesuatu lewat tulisan drpd bicara. Jadi rasanya kurang aps buatku. Padahal dulu ya mba, kalo masuk jurusan komunikasi ini, cita2ku pengen jadi diplomat biar bisa tinggal di LN 🤣. Ternyata jadi diplomat ya ga kesampaian, tapi dapet mertua diplomat 😂.

    Tapi jujur berharap anak2 ada yg tertarik dengan jurusan ini saat kuliah nanti. Cuma kalopun ga, ya aku ga bakal maksa sih. Ntr malah ga fokus anaknya. Selalu sakit dengan orang2 yg jago dalam hal komunikasi, negosiasi dan diplomasi. Susah soalnya, apalagi buat tipe orang yang memang lebih suka di belakang layar dalam segala hal

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.