Resep Pasta Enak dan Praktis, Laris Dijual

 Jaman kuliah dulu, hobi banget masak-masak. Beruntungnya, bertemulah dengan banyak kawan yang juga hobi masak, dan jualan. Jadi, hampir setiap hari kita mencoba menu masakan baru, yang kemudian dijual. Nah, salah satunya yang kita coba adalah resep pasta. Hasilnya, laris dijual!


Olahan resep pasta memang gampang-gampang susah ternyata. Kuncinya, pada komposisi bahan yang harus pas, biar hasilnya juga pas. Nah, salah satu resep pasta yang akhirnya berhasil dijual laris adalah Pasta Carbonara Creamy. Wih, tricky banget memang bikin resep satu ini. Bukan cuma rasanya saja yang harus pas, tapi juga kekentalan cream-nya. Jadi, gimana kami berhasil membuatnya hingga laris dijual?!


Mencoba Resep Pasta

Awalnya, yang kami lakukan adalah cari-mencari beberapa resep pasta. Ternyata, olahan pasta banyak juga macamnya. Namun, dikarenakan kami hanya ingin mencoba yang praktis saja, jadilah kami pilih olahan dengan saus cream yang creamy!


Rupanya, sudah cari yang paling praktis saja, tetap lho bikinnya harus hati-hati. Kalau terlalu lama memasak pastanya akan terlalu lembek, tapi terlalu sebentar juga belum cukup membuatnya matang. Belum lagi masalah pasta saling menempel ketika sudah ditiriskan. Kalau dikasih minyak, bisa terlalu berminyak sebelum sempat dimasak.


Tips Memasak Pasta Agar Terasa ‘Al Dente’

Nah, bingung kan serba salah, hihi.. Nih, ada trik yang sudah kami coba dan berhasil. Menguasai sebuah tips dan trik untuk memasak, jadi bikin kita lebih sat-set pas masak lho! Coba pelajari dan praktekin sampai berhasil ya!


resep pasta


Rebus dengan Panci yang Besar

Masak pasta sebaiknya dalam panci berukuran besar, dan gunakan setidaknya 4 liter air untuk setiap 450 gram pasta. Pas dimasak, pasta akan mengeluarkan banyak tepung, jadi bisa membuat air cepat berkurang karena mengental. Nah, kalau pancinya kecil, air pasti lebih sedikit, jadi kalau mengental, pasta bisa saling menempel.


Pastikan Air Sudah Mendidih

Sebelum memasukan pasta, tunggu air mendidih sampai berbuih ya! Biar pastanya tidak lembek dan lengket.


Jangan Lupa Aduk saat Menit Pertama Direbus

Diwaktu-waktu awal merebus, akan banyak tepung yang keluar dari pasta. So, dalam rentang waktu ini, pasta bakal lebih riskan untuk nempel. Untuk mencegahnya, kita harus terus aduk pasta dimenit pertama. Lalu, kamu bisa membiarkannya dan hanya perlu mengaduknya setiap 30 detik sekali.


Gimana? jangan dilupain ya tips dan trik di atas. Ayo praktikan! Aku tunggu hasilnya dengan tinggalkan komentar di postingan ini.


Serba Serbi Membuat Saus Cream yang Creamy!

Nah, kalau sudah berhasil dengan pastanya. Kini giliran kita membuat cream sausnya agar hasilnya gurih creamy. Karena yang jadi andalan dari pasta Carbonara adalah sausnya yang creamy, maka resep sausnya juga tidak boleh sembarangan. Ada tips membuat krim yang pas untuk olahan pasta carbonara-mu!


Cream sauce yang autentik sudah pasti berbahan dasar krim. Berbeda dengan rasa saus tomat yang rasanya lebih berbumbu, cream sauce dominan rasa lembut krimnya. Karena itu, tidak masalah jika akan dibuat tanpa bawang.


resep saus krim pasta


Nah, enaknya saus tentu dibuat sedikit kental. Pertanyaannya, apakah perlu kita menambahkan tepung untuk mengentalkannya?


Sebetulnya, kalau menggunakan krim utuh, pasti hasilnya sangatlah kental. Apalagi jika kita menambahkan keju. Untuk saus carbonara, jenis saus krim yang dibuat dengan tambahan telur, pasti hasilnya harus sangat kental.


Untuk saus campuran krim dan susu, ada baiknya kita membuatnya dengan metode roux. Dimana, kita menggunakan tepung yang ditumis dahulu dalam mentega sebelum dicampurkan dengan cairan. Nah, penambahan tepung sebaiknya tidak terlalu banyak agar saus tidak terlalu kental. Tepung yang digunakan adalah tepung maizena agar kentalnya pas!


Biar lebih lezat lagi, cream sauce bisa kita tambahkan dengan bahan-bahan lain yang memberi rasa. Misalnya daging, jamur, bumbu aromatik, atau sayuran. Tentu rasanya semakin juara.


Resep Pasta Enak dan Praktis Laris Dijual

Sekarang, saatnya spill Resep Pasta Carbonara Creamy yang pernah laris aku jual. Mudah kok, kalian semua pasti bisa! Yuk mulai dengan siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti:

  • satu bungkus pasta
  • susu cair
  • tepung maizena
  • keju cheddar parut
  • smoked beef atau sosis
  • mentega atau margarin
  • bawang putih haluskan
  • bawang bombay yang sudah dipotong-potong
  • lada hitam
  • garam
  • telur.


Kemudian, kita akan mulai masak pasta nya lebih dulu. Jangan lupakan tips yang sudah aku tulis di atas ya. Nah, kalau pasta sudah siap, sekarang mari kita masak saus krim-nya.


  • Panaskan mentega atau margarin dan tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  • Masukan smoked beef dan aduk rata
  • Tuang susu cair dan keju dan aduk rata
  • Tambahkan garam, dan lada sesuai selera, aduk rata
  • Jika rasanya sudah pas, dan sudah mulai mendidih, kita bisa memasukan pastanya
  • Setelah itu, tuang larutan maizena dan aduk rata
  • Terakhir kocok telur dan campur dengan sedikit susu cair
  • Masukan kocokan telur dan aduk-aduk
  • Telurnya jangan sampai terlalu matang karena nanti hasilnya jadi kurang creamy.
  • Yeay! Resep Pasta Carbonara Creamy siap untuk disajikan.


Nah, satu lagi rahasia kekentalan yang pas dari tepung maizena yang dipakai, dari Produk Maizenaku. Maizenaku merupakan tepung jagung asli. Sampai saat ini, jadi satu-satunya tepung maizena yang ada di Indonesia. Apalagi sudah ter-sertifikasi halal dari MUI, jadi aman dikonsumsi.


Produk Maizenaku dikeluarkan oleh egafood, yang ternyata produknya juga bervariasi, termasuk ada produk pasta-nya juga. Penggunaan Maizenaku akan menghasilkan olahan yang berkualitas bagus dan sempurna. Selain itu, tepung maizena mengandung segudang nutrisi yang baik untuk tubuh kita.


Kesimpulan, Pilihan Bahan Baku Berkualitas untuk Resep Pasta Enak yang Laris Dijual

Pada akhirnya, aku bisa menyimpulkan jika ingin menghasilkan sesuatu yang terbaik dan pantas untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi, kita juga harus memberikan kualitas yang baik pada produknya. Termasuk bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan.


produk maizenaku


Pemilihan semua bahan yang terbaik untuk Resep Pasta, tentu akan menentukan ketertarikan orang mencobanya. Seperti pemilihan produk pasta dari egafood serta penggunaan Produk Maizenaku meski dalam jumlah takaran yang sedikit. Namun, bisa menentukan kelezatan saus krim yang creamy!

33 komentar:

  1. Resepnya menggugah selera banget kak.
    Terimakasih kak masukannya agar melakukan pencampuran maizena dengan mentega saat menumis. Ini juga menghindari tepung menggumpal ya kak.
    Nice share!

    BalasHapus
  2. Bikin pasta memang gampang² susah yah, Mbak. Jatohnya malah pasta kematengan atau terlalu asin bahkan, haha..

    Tapi kalo memang pastanya pake produk Maizenaku dan bahannya pas, apalagi dihandle sama yg jago masak, udahlah nggak ada umur itu pasta, haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, awal nyoba bikin pun gak langsung berhasil hehe

      Hapus
  3. Olalaa ternyata ada tipsnya supaya pasta tidak lengket, selama ini aku salah asal cemplung tidak di aduk-aduk, panci yang aku pakaipun kecil.

    Anak-anak sukaak banget carbonara tapi karena emaknya suka gagal bikin alhasil langganan beli, kalau tepung maizenaku selalu ready di dapur karena suka buat bikin saos fuyunghai

    BalasHapus
  4. Spaghetti makanan favorit. Alternatif menyenangkan selain nasi. Pakai saya apa saja suka, apalagi model saus creamy yang masaknya pakai metode roux begini. Harum, gurih bijin pingin nambah terus. Sahih ..jadi pingin buat. Thx kak tips dan resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bisa jadi pilihan makanan yang praktis ya :)

      Hapus
  5. Bikin saus apa aja dengan tepung maizena jadinya memang lebih pas kentalnya. Boleh juga ini resepnya daku coba kak

    BalasHapus
  6. Iya sama. Kalau zaman ngekos ketemu teman yang suka masak-masak dan berbagi, jadi bahagia tersendiri mbak. Dulu juga sering banget masak pasta dan dimakan bareng-bareng di kos. Memorable banget :)

    BalasHapus
  7. Pasta makanan kesukaan anak pertama dan kedua. Kalau dah denger mau bikin pasta, pasti request banyak hal. Mulai toppingnya, dagingnya, terus minta ada sayurnya. Bisa coba nih Maizenaku biar pasta makin enak

    BalasHapus
  8. Hemmmm, pasta ini termasuk salah satu makanan favorit saya nih, setelah pizza, burger, kebab, siomay, martabak, dimsum, pempek, makaroni keju dan ayam goreng.

    Kalo bikin pasta atau macaroni di rumah, pasti kejunya segambreng. Soalnya saya penggemar berat keju, hehehe... Wah makasih loh rekomendasi tepung Maizenaku sebagai salah satu bahan untuk membuat pasta. Kalo pake tepung Maizenaku ini pasti rasa pastanya bakalan perfecto !! Hemmmm mamamia lezatos

    BalasHapus
  9. Dgn pasta Maizenaku ini pasta bikinan kita bakal spt di kafe ternama. Ga perlu beli dgn harga mahal ya kak. Kita ba bikin dgn harga murah meriah. Syukur kalo kita berbakat jd pedagang. Bisa dijual tuh mulai dr teman dl, lalu ke lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, apalagi juga kalau bikin di rumah bisa dibuat banyak kreasi ya

      Hapus
  10. Aku selama ini belum pernah berhasil kalau bikin saus pasta sendiri euuii..
    Iya, suka ke enceran jadi agak aneh, hihihi.. Cobain ya.. sedia Maizenaku agar saus pastanya kental nikmat.

    BalasHapus
  11. Wah iya, kalau pastanya terbuat dari bahan yg berkualitas, pasti laku dijual ya mbak
    Pakai tepung Maizenaku biar enak

    BalasHapus
  12. Hemm, yummy.. layak dicoba nih resepnya
    Apalagi bisa jadi peluang usahanya juga. Terimakasih ini insight nya ...
    Bisnis kuliner emang gak akan ada matinya ya

    BalasHapus
  13. Memang deh bikin Pasta itu nggak mudah. Kalau jaman dulu tuh sampai ada drakor yang salah satu pemerannya itu bekerja sebagai Chef Pasta yang khusus ngulik pasta aja. By the way, walaupun nggak jago masak pasta, aku pun pakai Maizenaku untuk bebikinan menu harian ala rumahan sih. Harus selalu tersedia di rak bahan pelengkap masakan di dapur.

    BalasHapus
  14. Tepung Maizena ini emang andalan ya Bun buat memasak yang ingin mendapatkan kondisi kental. Jadi teringin merasakan pasta nih sebelum buat pasta beneran. Semoga bulan depan edisi masak-masak saya terwujud. Aamiin ya Rabbal alamiin.

    BalasHapus
  15. Anakku suka sekali pasta...selain dimakan di rumah biasa aku bekelin juga ke sekolah. Makasih ya Kak dah spill Resep Pasta Carbonara Creamy yang pernah laris dijual ini. Mau coba bikin sendiri ah

    BalasHapus
  16. Waah pas nih Mbak, saya lagi punya pasta yang belum dimasak. Masih mikir cara yang pas. Saya baca di petunjuknya, dimasak dengan 4 liter air ... wow banyak banget ... ternyata ada tipsnya lagi ya supaya tidak saling lengket. Ada pula tips untuk sausnya. Terima kasih, Mbak :)

    BalasHapus
  17. Mantap nih resepnya. Lengkap dengan tipsnya lagi. Bisa langsung eksekusi deh

    BalasHapus
  18. Ooh jadi rahasianya dikasih tepung maizena ya Kak? Jadi bisa creamy, gurih, dan enak. Nanti praktek ahh tapi mau shopping dulu bahan2nya.

    Kalau kejunya pakai yang jenis cheddar kan ya?

    BalasHapus
  19. Saya suka pasta, walau tidak terlalu sering mengkonsumsinya. dan memang mengolah pasta itu harus tepat, termasuk takaran air dan waktu memasaknya ya, Mbak.

    BalasHapus
  20. Kesukaan anak dan suami. Kalau bikin pasti langsung habis. Tapi dengan maizenaku ini jadi makin unik ya. Saya belum pernah nyoba. Terimakasih penasaran mau coba resepnya jadinya

    BalasHapus
  21. Ternyata rahasia pasta yang enak dari tepungnya ya. Kalo bahannya udh ok, tinggal melihat petunjuk memasak dan jadi deh. Kan cara memasaknya jg gampang. Ini udh kaya resep kafe terkemuka tuh kalo pake tepung maizena ini.

    BalasHapus
  22. aku belum pernah nyobain gimana rasanya pasta wkwk, dan sepertinya resep pasta satu ini cukup praktis buat dicoba.. hmm jadi pengen nyobain hehe

    BalasHapus
  23. Membuat Sauce cream yang creamy pastinya bakal enak banget nih dimakan bareng oasta selagi hangat. Bileh nih dicoba resep

    BalasHapus
  24. saya suka makan pasta dan baca ini jadi pengen ikutin resepnya karena selama ini makan pasta itu beli atau dibuatin, belum pernah buat sendiri

    BalasHapus
  25. Oalah jadi tips biar pastanya gak saling nempel tuh menggunakan panci yang besar ya kak. Noted nih tipsnya. Wah emang masakan tuh paling mantap kalau dicampur bahan berkualitas kayak maizenanya Egafood

    BalasHapus
  26. Nuhun, kak..tipsnya supaya bikin pasta yang enak.
    Rasanya aku suka banget ngomentari makanan, tapi giliran disuru masak, tekniknya pada ambyaarr.. Jadi kebantu banget baca cooking hack pasta di artikel ini.

    BalasHapus
  27. Kalau cara pembuatan pasta udah tepat, rasanya pasti enak ya kak. Apalagi kalau uda pakai maizenaku. Rasanya pasti lebih mantullll

    BalasHapus
  28. Aku suka bikin kue pakai Maizena
    Bikin anak anak enggak jajan lagi
    Soalnya selalu sedia di kulkas

    BalasHapus
  29. Wah kebetulan lagi mau bikin pasta nih kak. Bisa dicoba deh nanti pakek pasta maizenaku

    BalasHapus
  30. Anonim2/9/23

    wah aku belum pernah buat nih kalo cream pastanya, selama ini beli bumbu langsung jadi aja. kalo bikin sendiri pakai maizenaku bisa ya hayuk lah dicoba nanti sore

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.