Waktu yang Berkisah, Mari Manfaatkan Waktu

Waktu akan meninggalkan kita yang hanya terdiam. Waktu akan tetap bergerak jika kita tetap terdiam. Waktu akan terus berkisah meski kita terdiam. Waktu menjadi raja yang tak mau dibantah keberadaannya. Waktu mampu mengubah kita, namun tak begitu mampu mempengaruhi kita.


Waktu yang Berkisah

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok, bahkan setelah mata berkedip sekalipun. Kita hanya tahu untuk berencana, namun apalah daya kita saat waktu tak lagi berpihak pada kita. Terlewatkan, hanya semu yang dirasa. Waktu akan berpihak pada kita kalau kita mampu memaknai waktu.


Menghargai dalam setiap geragakannya, menjadi seirama dengan apa yang kita gerakan. Waktu akan mendukung kita, jika kita mampu mendukung dentangan waktu. Seperti aliran air hulu ke hilir, yang sudah menjadi masanya akan tetap kembali pada masanya. Kelokan kecil saat menikmati setiap dentangan waktu, tak kan pernah sama pada setiap kelokannya. Tidak hanya tentang meresah, namun juga berkisah.



Waktu ini tak kan pernah terlewati sama, dan hanya dengan menikmatinya kita akan pandai untuk menghargai waktu. Cobalah untuk tidak hanya menunggu bagaimana waktu akan mengembangkan kita, namun belajar untuk bersedia berkembang beriringan dengan waktu, yang sejalan.


Cara Memanfaatkan Waktu

Berapa banyak waktu kita selama hidup yang sudah digunakan secara percuma? Bayangkan, saat kita membuang waktu itu, ada orang lain yang sedang berjuang demi kesuksesan. Sedangkan kita, masih sibuk dengan hal-hal yang tidak kita butuhkan sebetulnya.


Lalu, kita hanya bisa membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain. Jadi, bagaimana cara memanfaatkan waktu sebaik-baiknya?


Lakukan Setiap Kegiatan Sesuai Porsinya

Lakukan semua kegiatan sesuai dengan porsinya, tidak berlebihan. Jangan sampai kita terlena dengan keadaan nyaman, lalu waktu kita habis percuma. Belajar, bermain, makan, jalan, dan sebagainya, perlu diatur waktunya sesuai dengan kebutuhan. Selama dilakukan dengan takaran waktu yang pas, tidak akan ada yang sia-sia.


Ingat Istirahat

Jika ingin sukses, semuanya butuh usaha, tapi jangan juga berlebihan. Apalagi sampai menghiangkan waktu istirahat. Waktu untuk istirahat juga penting, tidak bisa lagi untuk ditawar, justru hal paling berharga. Jangan sampai menyesal di masa tua, yang akhirnya tidak menikmati usaha kerja keras kita di masa muda.


Pandai Menentukan Prioritas

Agar waktu dapat digunakan maksimal, kerjakan hal yang paling penting untuk pertama kali. Biasakan untuk dapat menentukan prioritas semua hal dalam hidup kita. Bahkan untuk hal sederhana sehari-hari sekalipun. Seperti makan dulu atau mandi dulu. Semua harus ada prioritasnya, dan dapat disesuaikan kondisi saat itu.


Menentukan prioritas juga membutuhkan keputusan yang cepat, dan tepat. Ketika sesuatu hal atau masalah sedang kita hadapi, sudah pasti keputusan tentang apa yang harus dilakukan harus cepat diambil. Hal ini akan mengajarkan kita untuk memanfaatkan waktu dengan baik.


Ingat, dunia memang bukan segalanya, kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Hubungan dengan Sang Pencipta, tetap menjadi prioritas utama yang jangan sampai dilupakan, apalagi dilewatkan. Biar waktu yang berkisah, yuk manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.