SAVE THE DATE , SAVE THE BUDGET!

Pernikahan adalah impian setiap pasangan sebagai hadiah terindah untuk mereka yang saling jatuh cinta. Jika jatuh cinta tak dapat direncanakan, maka Pernikahanlah yang wajib direncanakan dengan sebaik-baiknya. Kenapa? Karena Pernikahan adalah gerbang untuk kehidupan rumah tangga yang berlangsung seumur hidup.

Alhamdulillah, sudah hampir dua bulan saya melaluinya. Pernikahan menjadi satu titik awal bagi saya dan suami memulai kehidupan yang benar-benar baru. Rasanya? Nikmat!! 😁


Ketika tanggal pernikahanmu sudah ditentukan, jangan lupa untuk mempersiapkan anggaran biayamu. Pernikahan sesungguhnya memang GRATIS! namun hal-hal yang mempermanis pernikahan ini memang tidak gratis :)
Menurut saya, mempersiapkan anggaran biaya menjadi langkah pertama dalam merencanakan pernikahan, bahkan menjadi hal yang lebih penting karena singkatnya waktu, perlu memperhatikan uang mana yang akan dibelanjakan dan mana yang akan tetap disimpan untuk bertahan hidup selanjutnya. Mudah saja untuk bergantung pada pinjaman, tetapi perlu dipertimbangkan secara serius, apakah awal yang sehat jika berencana untuk memasuki sebuah pernikahan dengan tagihan yang sangat besar, hanya untuk sebuah pernikahan yang megah. Tidak ada yang ingin memulai sebuah pernikahan di dalam pengadilan kepailitan.

Tentukan jumlah tamu yang akan kamu undang. Untuk saya pribadi yang tidak terlalu suka berada di kerumunan banyak orang, saya memilih untuk mengundang orang-orang terdekat saya dan pasangan serta keluarga. Dan menyenangkannya jika pasangan dan kedua orang tua setuju dengan rencana kamu untuk hanya mengundang keluarga dan teman-teman terdekat saja. Jadi dapat dipastikan kalian mengenal baik orang-orang yang memberikan doa dan selamat saat bersalaman nanti.

Jika jumlah tamu sudah pasti, tentukan lokasi pernikahan. Jika memang rumah kamu mampu menampung jumlah tamu dan memberikan mereka kenyamanan, alangkah lebih baik jika pernikahan dilakukan di rumah saja, selain meminimalkan budget, akan terasa lebih akrab dan kekeluargaan. Namun jika memang kondisi rumah tidak memungkinkan untuk menampung tamu yang akan diundang, pastikan kamu mendapatkan lokasi untuk pernikahan jauh-jauh hari. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menyiapkan persiapan lainnya, seperti tata letak dan dekor lokasi acara.

Selain jumlah tamu undangan dan lokasi, yang tidak kalah pentingya untuk dipersiapkan jauh-jauh hari adalah hidangan makanan. Karena salah satu hal yang membuat tamu kita nyaman dan berkesan dapat juga dari hidangan makan yang kita sajikan. Menurut saya, kunci menjamu orang/ tamu adalah pada apa yang kamu sajikan. Jadi prioritaskan tamu-tamu kalian mendapatkan hidangan yang kamu nilai layak dan nikmat untuk dimakan. Sajikan dalam jumlah yang lebih namun tidak berlebihan. Pastikan kamu mendapat list menu dan harga yang jelas dan sesuai yang kamu inginkan.

Bagaimana cara kalian mengundang tamu-tamu kalian? Pastikan mereka mendapatkan kabar bahagiamu.. (ada di catatanatiqoh selanjutnya ya.. 😀)

Jika budgetmu masih ada, siapkan pakaian untuk saudara-saudaramu. Tidak perlu mewah apalagi dengan harga yang mahal, yang terpenting adalah berkesan. Berikan yang terbaik untuk saudara-saudara terdekatmu dan teman-teman terbaikmu.

Nah, untuk satu hal terkahir yang juga menyita budget adalah pakaian pengantinmu. Pastikan kamu nyaman menggunakannya. Untuk saya pribadi, pakaian menjadi hal yang spesial untuk menampilakn seperti apa diri kita. Jadi be your self dalam kondisi dan acara apapun. Gunakan pakaian pernikahan yang sesuai dengan kamu, tidak perlu meniru orang lain untuk terlihat spesial di hari spesialmu.

Persiapkan dirimu dalam kondisi fit. Pastikan kita dan pasangan kita dalam kondisi sehat, jika memang ada budget, bisa lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan, hal ini menjadi penting jika memang sebelumnya kalian tidak pernah tahu riwayat kesehatan kalian masing-masing. Jadi kejadian yang berhubungan dengan kesehatan nantinya dapat diantisipasi setelah pernikahan.

Hal-hal kecil yang menyita budget juga perlu dipersiapkan agar tidak menguras budget secara tidak sadar. Jadi perisapkan Pernikahanmu dengan cerdas, jangan dengan emosi semata 😉

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.