Berkenalan dengan Kairo

Seperti banyak orang bilang, kalau tak kenal maka tak sayang. Dan meski saya belum pernah ke Kota ini, semoga perkenalan saya dengan Kota ini via media online bisa membuat saya jatuh cinta kepadanya. Saya akan mulai mencari cerita tentang Kairo dari beberapa sumber yang pasti, dan mari lihat, apasaja yang akan membuat Saya tertarik dan jatuh cinta dengan Kairo 😊

Kairo adalah Ibu kota dan kota terbesar di Mesir. Apa yang paling kukenal dari Mesir? Tentunya Perguruan tinggi terbaiknya, Universitas Al Azhar. Jika ada kesempatan untuk berkunjung kesana, semoga itu menjadi kesempatan terbaik yang tak sia-sia setelah Saya mulai mengenal Kota Kairo ini.

Jika dilihat dari atas udara, Kairo berada di wilayah padang pasir dengan banyak bangunan berbentuk kubus. Arsitektur yang menarik ya.. dan dengan warna yang hampir semuanya coklat, mungkin karena debu padang pasir. Jadi bisa dipastikan kalau disana amatlah kering dan panas. Kota Kairo juga mendapat julukan "kota seribu menara" karena memang banyak diceritakan kalau disana banyak menara yang menjulang tinggi di setiap masjid dan gerbang. Selain itu, beberapa bangunan peninggalan sejarah juga masih berdiri kokoh di Kairo, salah satunya adalah Piramida. Dari segi arsitekturnya, Saya tertarik untuk mengunjunginya, tapi dengan kondisi wilayah padang pasir yang gersang dan panas, mungkin menjadi amat berat untuk menetap lama disana, hehe..

foto 1; Kota Kairo dilihat dari atas Benteng Salahuddin Al Ayubi © Ahmad Cholis Hamzah

Wilayah Kairo juga jarang ditemukan pepohonan atau taman yang hijau, hanya di kawasan Sungai Nil saja yang tampak hijau ditanami oleh tanaman. Meski terlihat ada beberapa lapangan hijau, ternyata itu hanya rumput sintesis, entahlah mungkin kondisi tanah padang pasir yang sulit untuk ditanami beberapa tanaman hijau. Oke, sudah dipastikan ini kurang menjadi daya tarik saya untuk kesana, hehe sudah dibayangkan lahan luas berpasir yang gersang dan panas.

Hal lain yang sepertinya menarik adalah kondisi lalu lintasnya, banyak yang mengatakan jika mengemudikan kendaraan di Kairo jauh lebih menegangkan dengan di Jakarta, wow! Semenegangkannya di Jakarta, Kairo masih lebih menegangkan, hehe.. Hampir semua orang di Kairo mengemudi dengan laju yang tinggi, dari mobil pribadi sampai dengan truk besar. Dan yang membuat lebih parah lagi, para pejalan kaki menyeberang jalan dengan enaknya tanpa menoleh ke kanan dan ke kiri. Haha.. separah itukah Kairo? jadi setelah beberapa tahun tinggal dan mengenal Jakarta dengan lalu lintas yang padat dan kondisi yang amat menegangkan, ternyata di Kairo lebih menegangkan. Oke, Saya tidak tertarik untuk hal semacam ini, mungkin bisa sedikit membuat senam jantung ya 😁

Nah ini yang paling menarik dan membuat saya pasti jatuh cinta dengan Kairo dan ingin berkunjung kesana langsung untuk mencicipi makanan khas Mesir (Timur Tengah), hehe.. Makanan timur tengah sudah mulai terkenal di Indonesia, dan soal rasa juga tidak jauh dengan masakan Indonesia dengan bumbu rempah yang tajam. Meski banyak sajian aneka makanan dengan nasi yang diolah menjadi berbagai macam masakan, namun ternyata makanan pokok penduduk Kairo adalah roti.

foto 2; makanan khas Kairo (ful medames) seriouseat.com


Kairo juga menjadi sangat terkenal dan akrab oleh orang Indonesia karena salah satu sekolah tingginya. Banyak orang-orang Indonesia yang rela jauh meninggalkan tanah air dan keluarga tercinta demi bisa menuntut ilmu dan belajar kehidupan di Kairo. Universitas Al Azhar, adalah perguruan tinggi tua yang terbaik di Kairo. Banyak yang bilang kalau Kairo (Mesir) menjadi kota yang sangat menyenangkan untuk Kaum Muslim belajar ilmu agama, karena mendapat julukan "Kiblat ilmu" dari para ulama-ulama. Wah menarik yaaa.. bisa belajar disana dengan orang-orang asli sana yang menyenangkan.

Sepertinya beberapa hal di atas yang Saya dapat dari perkenalan Saya dengan Kairo via online 😊 Banyak yang menarik dan membuat Saya jatuh cinta dengan Kairo, terutama makanan khas Kairo, membuat penasaran untuk mencicipi langsung disana, hehe..

Semoga, dari perkenalan singkat dengan Kairo via online ini, bisa membawa Saya kesana untuk berkenalan langsung secara nyata dengan Kairo, Amin...

Balikpapan, 8/9/2019 - 11:17 WITA
#OneDayOnePost #KomunitasODOP

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.