Saya Melahirkan Gratis dengan BPJS

Setelah mengetahui berapa banyak biaya yang dihabiskan untuk menjalani sebuah persalinan, mungkin akan lebih banyak pertimbangan. Entah menabung dahulu hingga menunda memiliki anak sampai kemampuan finansial memadai. Padahal ada pertimbangan yang lainnya lho, yaitu dengan mendaftar BPJS. Bahkan biaya persalinan akan ditanggung penuh jika mengkuti program yang satu ini.

https://id.theasianparent.com/melahirkan-dengan-bpjs
Sebelum repot mengurus saat Hari-H dan panik karena tidak tahu bagaimana prosedurnya, ada baiknya jauh hari sebelum merencanakan kehamilan, dapat mencari informasi mengenai pembiayaan BPJS untuk melahirkan.

Jenis melahirkan baik itu secara normal dengan penyulit maupun tanpa penyulit, dan secara caesar, dijamin oleh BPJS. Termasuk juga pelayanan pemeriksaan kehamilan (antenatal care), pemeriksaan bayi baru lahir, dan pemeriksaan pascapersalinan (postnatal care).

Pengalaman saya melahirkan dengan BPJS di tahun 2018 di RS Polri-Jakarta Timur sangat dimudahkan, semua biaya ditanggung. Pelayanan yang saya dapatkan juga baik.

Kondisi kehamilan saya saat itu memasui usia 37 minggu, yang artinya masih jauh dari HPL (Hari Perkiraan Lahir). Namun, karena kondisi kehamilan yang darurat, jadi keadaan bayi di dalam kandungan harus segera dikeluarkan dengan jalan operasi. Dokter kandungan saya menyarankan untuk menggunakan BPJS dalam proses operasi, demi meringankan biaya dan karena memang saya sudah terdaftar aktif menjadi anggota BPJS.

Setelah dirujuk ke Rumah Sakit yang menerima BPJS, saya langsung dilarikan ke UGD untuk mendapatkan tindakan lebih cepat. Surat Rujukan dari Dokter Kandungan dan beberapa dokumen lain, seperti KTP si Ibu dan suami atau yang mengurus biaya serta kartu BPJS si Ibu, dimasukkan ke proses registrasi di UGD.

Setelah itu dibawa ke kamar rawat inap sesuai dengan kelas yang didaftarkan di BPJS. Dan diberikan tindakan besok paginya, yang menurut saya juga tidak ada perlakuan khusus atau berbeda untuk pasien BPJS.

Setelah bayi lahir, BPJS untuk si bayi juga dapat langsung diurus. Dengan menyertakan Surat Keterangan Lahir dan Fotokopi KTP orang tua. Pengurusan dapat dilakukan di loket BPJS di rumah sakit. Tanpa menunggu lama, kartu dengan nomor kepesertaan langsung didapatkan dan otomatis aktif. Sehingga semua biaya terkait perawatan bayi juga sudah dapat ditanggung oleh BPJS.

Nah, sebetulnya pendaftaran untuk si bayi juga dapat dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Informasi lengkapnya ada di leaflet BPJS.

Prosesnya mudah dan sangat membantu tentunya. Yang paling penting, tidak ada perlakukan khusus atau berbeda dengan menggunakan BPJS.

Untuk proses kelahiran normal-pun bisa ditanggung BPJS, dengan beberapa ketentuan yang dijelaskan di web BPJS.

Bagaimana, sudah melakukan persiapan untuk kelahiran ananda tercinta?



#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.