Berhijab, Menjalankan Perintah-Nya dan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Islam, agama yang saya anut, mewajibkan seorang wanita untuk memakai hijab atau jilbab jika telah baligh, tanpa memandang akhlaknya baik atau buruk. Selain sebagai bentuk menjalankan perintah Allah, ternyata, hijab juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan lho.


Berhijab Bagi Wanita Muslim

Berhijab merupakan perintah Allah untuk setiap muslimah. Hingga tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan wanita muslim.


Memutuskan untuk berhijab memang terkadang jadi tantangan senidri, dan butuh kesadaran dari diri sendiri. Tapi, yang wajib dipertimbangkan bukan mengenai berhijab atau tidak, justru kapan harus berhijabnya. Karena hijab merupakan perintah, bukan lagi pilihan yang bisa untuk tidak dipilih.

Manfaat Berhijab
Manfaat Berhijab (design by catatanatiqoh)

Allah SWT memerintahkan Rasullullah SAW agar beliau menyuruh wanita-wanita mukmin, terutama istri-istri dan anak-anak perempuan beliau karen keterpandangan mereka, agar mengulurkan hijabnya. Perintah ini ada dalam Al-Quran Surat Al Ahzab : 59.


Perintah berhijab menjadi bentuk kasih sayang Allah SWT terhadap wanita, agar kita ditinggikan derajatnya dan dilindungi dari berbagai macam gangguan.


Namun, berhijab juga menjadi suatu proses. Bukan berarti jika telah berhijab lantas jadi orang baik. Hijab adalah suatu bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Kewajiban untuk berhijab tidak harus menunggu keadaan diri sudah baik, tapi saat kita sudah dewasa dan mengerti kewajiban sebagai seorang muslimah.


Berhijab juga bukan berarti membuat diri sudah baik tanpa dosa, tapi paling tidak, bisa jadi upaya untuk menghindari dosa dari terbukanya aurat. Juga jadi bentuk jalan untuk terus menjadikan diri lebih baik dan taat kepada Allah SWT.


Nah, dari berhijab inilah, kita akan berusaha untuk memperbaiki akhlak untuk lebih indah lagi. Karena sayang dong, sudah lebih baik penampilannya, perilakunya juga harus lebih baik, biar sesuai 😊. Seperti yang saya rasakan, hijab akan menjadi 'rem' saya untuk melakukan perilaku yang tidak semestinya.


Tapi, bukan berarti kita harus menjauhi sesama muslimah yang sudah berhijab namun perilakunya masih belum sesuai. Semuanya butuh proses, dan jadilah teman yang baik untuk saling mengingatkan, bukan menghakimi.


Semoga kita bisa terus istiqomah dengan hijab yang menutup tubuh dan perilaku kita. Karena sudah jelas terbukti membawa kebaikan.


Manfaat Hijab Bagi Kesehatan

Selain membuat penampilan jadi lebih sopan dan terlihat anggun, berhijab dengan pakaian yang longgar dan menutup bagian tubuh, dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari lho. 


Bukan itu saja, beberapa manfaat berhijab bagi kesehatan dan kecantikan bisa dirasakan dari hal-hal berikut ini:


1. Mencegah Sunburn

Berhijab mampu mencegah peradangan yang dikarenakan sengatan sinar matahari. Karena menutupi hampir seluruh bagian tubuh, sehingga mengurangi kulit terpapar sinar matahari yang menyengat.


2. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Manfaat ini juga masih terkait dengan manfaat di atas. Karena menutupi bagian tubuh, jadi kulit terlindungi dari paparan sinar matahari, yang bisa mengakibatkan risiko kanker kulit. Apalagi sinar matahari di pukul 10 pagi sampai 4 sore.


3. Mencegah Penyakit Kulit

Berhijab juga akan melindungi kulit dari dampak terpaparnya polusi udara. Sehingga akan mengurangi risiko berbagai penyakit kulit yang dapat muncul.


4. Menjaga Kesehatan Rambut

Sudah pasti, berhijab akan menutupi rambut kita dari dunia luar secara langsung. Hijab akan melindungi rambut dari bahaya yang diakibatkan oleh debu dan sinar matahari.


5. Membuat Lebih Awet Muda

Nah, manfaat yang terakhir ini, pasti yang ingin banyak didapatkan para wanita muslimah. Hijab yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh, akan melindungi kulit dari efek negatif lingkungan luar. Seperti polusi dan sengatan sinar matahari. Dimana kedua faktor tersebut yang menyebabkan terjadinya penuaan dini.


Jadi, kapan akan mulai berhijab? Yuk, syukuri nikmat dengan berhijab agar mendapatkan manfaatnya. 

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.