Aktivitas Seni Dapat Mengurangi Depresi

Apa aktivitas seni yang kalian suka? Ternyata banyak macamnya ya. Aktivitas seni bukan cuma sebatas membuat lukisan atau pahatan saja. Tapi juga termasuk membuat film, aransemen lagu, nulis cerita atau menciptakan gerakan tari. Nah, ternyata aktivitas seni ini terbukti dapat mengurangi depresi lho.


Selain jadi hobi dan kesibukan, membuat karya seni ini dapat memelihara kesehatan jiwa juga lho. Bisa bikin kamu lebih 'waras', iya nggak? 😊 Kalau saya sih iya.


Jadi, apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari melakukan aktivitas seni? Seni dapat mengurangi depresi, itu salah satunya. Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, aktivitas seni dapat memberikan dorongan-dorongan bawah sadar kita yang bisa tersalurkan dengan tepat. Jadi akan membuat diri merasa lebih nyaman.


Manfaat Aktivitas Seni Terhadap Kesehatan Mental

Aktivitas seni ternyata dapat membantu seseorang untuk mengeksplorasi diri. Nah, nantinya akan mempermudah seseorang dalam menyelesaikan permasalahan. Jadi, seseorang tidak mudah stres karena larut dengan masalah.

Aktivitas Seni untuk Depresi
aktivitas seni dapat mengurangi depresi (design by catatanatiqoh)

Membuat coretan asal-asalan saat sedang kesal juga bisa jadi bikin hati lebih nyaman kan? Nah, itu juga sudah termasuk dalam aktivitas seni lho. Jadi, tidak perlu harus punya bakat seni saat ingin mulai melakukan aktivitas seni. Apalagi jika ternyata seni itu bermanfaat untuk kesehatan.


Media Terapi Menangani Depresi

Depresi dapat saja terjadi di dalam pikiran. Nah, peran seni di sini adalah sebagai bentuk media ekspresi. Karena terkadang tidak semua orang dapat dengan mudah untuk menyampaikan apa yang dirasakannya dengan berbicara kepada orang lain.


Mereka terkadang lebih nyaman menyimpannya sendiri. Tapi, jika terus disimpan sendiri, bisa jadi penyakit kan kalau itu berupa masalah yang kurang enak.


Nah, cara terbaik untuk mengekspresikan perasaan adalah lewat aktivitas seni ini. Pernah gak kalian lagi marah sama seseorang, terus nyanyi-nyanyi kenceng di kamar mandi? Terus setelah itu jadi lebih lega kan rasanya? Hehe.. Itu bisa jadi salah satu bentuk aktivitas seni yang dapat melepaskan perasaan kurang nyaman dalam diri kita.


Dengan mengekspresikan emosi dan menuangkannya dengan cara yang positif lewat aktivitas seni, ini bisa membuat kita lebih fokus dan produktif lagi.


Menurunkan Kecemasan Diri

Semua seni bisa membantu kita untuk mengurangi kecemasan. Mulai dari nyanyi, menari, atau melukis, dan bisa juga bentuk seni yang lain. Semua pilihan aktivitas seni bisa dilakukan sesuai dengan kenyamanan kita.


Kalau saya, lebih suka mengekspresikan emosi-emosi dalam bentuk tulisan. Setelahnya, perasaan apapun itu yang belum bisa diekspresikan dengan total, akan lebih mudah muncul saat melakukan aktivitas seni menulis. 


Ada juga beberapa orang yang terkadang mendendangkan lagu-lagu untuk mengurangi rasa cemasnya terhadap sesuatu. Atau membuat gerakan-gerakan kecil yang dilakukan saat sedang cemas. Nah, hal-hal kecil itu juga termasuk dalam aktivitas seni.


Jauh akan lebih nyaman kan, kalau sedang mencemaskan sesuatu, kita lebih banyak bergerak. Seperti membaca, menari kecil, bersenandung, bersiul, atau hanya membuat coretan asal.


Aktivitas seni sederhana itu bisa mengalihkan fokus kita dengan hal-hal yang dicemaskan. Jadi akan membuat lebih nyaman menghadapi kecemasan diri.


Menjaga Kesehatan Mental

Nah, berdasarkan sebuah penelitian, bahwa ternyata membuat karya seni dapat menurunkan tingkat detak jantung seseorang.


Jadi, perubahan fisik yang terjadi saat membuat atau melakukan aktivitas seni, akan membantu meregulasi sistem saraf.


Contohnya, saat kita menggambar, maka kita akan memfokuskan tubuh pada pensil yang kita pegang, dan fokus pikiran pada gerakan tangan. Nah, fokus ini dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang ada dalam tubuh. Ini yang dapat membuat kita jadi lebih tenang.


Membantu Melewati Trauma

Selanjutnya, disebutkan juga kalau dampak positif yang bisa didapat dari aktivitas seni dinamakan post traumatic growth. Kondisi dimana seseorang mampu melewati traumanya dahulu.


Biasanya, orang-orang yang punya trauma dalam hidupnya dan tidak dilepaskan, akan terus bertumpuk dan bisa jadi pemicu gangguan mental. Gangguan mental disini tidak berarti 'gila' yang sesungguhnya.


Bisa jadi, trauma tersebut mempengaruhi perilaku sehari-hari dalam hidupnya. Atau mungkin juga akan berdampak pada kehidupan selanjutnya, seperti pada pasangan dan juga keturunannya.


Nah, lewat seni ini, trauma tersebut bisa disalurkan dengan cara yang positif.


Kegiatan ini akan mampu memberikan perkembangan pribadi dan interpersonal, serta orientasi hidup dan juga spiritual. Sehingga mampu menjadikan pribadi yang lebih baik lagi.


Pilihan Aktivitas Seni Yang Dapat Dicoba

Nah, dari beberapa manfaatnya yang saya ulas di atas, yuk coba deh lakukan satu saja aktivitas seni yang menurut kita bisa membuat pikiran, hati dan tubuh itu jadi lebih nyaman. Nah, dari situ, kita bisa menemukan obat terapi sendiri untuk banyak penyakit dalam tubuh.


Tidak perlu jadi ahli yang terlatih atau berbakat untuk mendapatkan manfaat kesehatannya tersebut. Berikut ini beberapa contoh aktivitas seni sederhana yang dapat kalian coba dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.


Menggambar atau Melukis

Seni mencoret-coret di atas kertas ini bisa dilakukan dengan mudah kan? Dan hasilnya dari kegiatan ini adalah:


Meningkatkan memori - membuat sebuah coretan-coretan dapat membantu otak kita untuk bisa lebih baik lagi mempertahankan informasi.


Mengurangi kecemasan - sebuah coretan akan membuat kita jadi lebih rileks. Apalagi jika diberikan warna-warna yang menenangkan. Ini bisa jadi mengurangi kecemasan.


Lebih bahagia - menghasilkan coretan-coretan akan membantu mengeluarkan kecemasan sehingga menurunkan depresi. Ini yang membuat kita jadi lebih bahagia. Apalagi jika melihat hasil coretan yang ternyata artistik 😊


Menari

Nah, untuk kalian yang tidak bisa diam, hehe mungkin menari jadi pilihan aktivitas seni yang cocok untuk menyamankan tubuh dan pikiran.


Melalui gerakan-gerakan tarian, banyak manfaat yang bisa diperoleh seperti:


Memperbaiki mood - gerakan-gerakan yang kita lakukan dapat memperbaiki suasana hati. Jadi, kalau lagi sedih atau marah, jangan justru cuma berdiam dan mengurung diri, hehe.. cobalah menari.


Menarilah dan terus tertawa, walau dunia tak seindah surga :)


Siapa yang baca quote-nya sambil nyanyi? hehe.. betul kan, menari bikin happy.


Menjaga kesehatan tubuh - dengan terus bergerak, maka otot tidak akan tegang. Selain itu terbukti membakar kalori, sehingga dapat menjaga berat badan stabil.


Menyanyi

Bernyanyi mungkin jadi hal yang paling mudah dilakukan. Tanpa perlu punya suara yang bagus, menyanyi bisa bikin suasana lebih menyenangkan. Eh, tapi bisa juga jadi makin syahdu kalau kamu nyanyiin lagu yang melow-melow, hehe.. 


Tapi, bukan jadi masalah, justru itu yang bisa membantu kita untuk melepaskan emosi dalam pikiran dan hati. Jadi kalau lagi sedih, terus dengerin lagu yang pas banget sama kesedihannya, eh terus banjir deh air mata, hehe gapapa kok, kamu gak sendirian, hehe.. Justru itu yang bikin kita lebih nyaman setelahnya kan?😊


Menulis

Nah, kalau ini jadi pilihan saya untuk tetap 'waras', hehe.. Kalian bisa juga mulai menulis dengan dan bergabung dengan komunitas nulis biar bisa dapat lebih banyak manfaatnya, salah satunya dengan optimasi tulisan kalian agar tetap eksis.


Ternyata, memang terbukti kalau aktivitas seni menulis ini bisa menurunkan kadar stres dan cemas lho. Kegiatan ini bisa jadi mengurangi overthinking. Jadi, apa yang membuat kalian cemas, coba tuliskan dan itu jadi seperti melepaskannya satu persatu dari pikiran kita.


Manfaat lainnya juga menolong kita untuk lebih melihat berbagai hal dari sudut pandang dan pemahaman yang lebih luas. Jadi kita bisa mecahin masalah lebih rasional lagi.


Jadi, aktivitas seni mana yang mau kalian coba? Tidak harus jadi ahli untuk melakukannya dan merasakan manfaatnya. Kalau juga harus merasakannya sendiri, kalau aktivitas seni dapat mengurangi depresi. Sehat dan bahagia selalu ya!

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.