TETAP SERU BERDUA AJA #DIRUMAHAJA - MARI LAWAN COVID-19


TETAP SERU BERDUA AJA #DIRUMAHAJA - MARI LAWAN COVID-19

Penyebaran COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan belakangan ini membuat pemerintah memutuskan untuk merumahkan semua pihak dan membatasi kegiatan di luar rumah.

Nah, untuk saya dan anak yang memang biasanya di rumah saja, namun masih dapat menghirup udara bebas dengan tenang di luar rumah meski hanya belanja ke supermarket. Kini menjadi amat sangat bosan jika tidak ada kegiatan yang menarik di rumah saja. Ditambah lagi, suami justru tetap dinas keluar kota lebih dari sebulan. Bayangkan saja, tidak dapat mudik ke rumah orang tua, dan harus berdua saja dengan anak balita di rumah saja. Itu rasanya sesuatu sekali, hehe…

Beberapa hal ini yang selalu saya lakukan agar hidup tetap menarik meski berdua saja #diRumahAja

è  Ciptakan Mainan Baru

TETAP SERU BERDUA AJA #DIRUMAHAJA - MARI LAWAN COVID-19

Setiap hari, saya selalu menciptakan mainan baru untuk kegiatan seru di rumah dengan berbagai permainan kreatif. Misalnya main cat warna, membuat pasir dari tepung, main air berwarna, membuat boneka, menggambar, bermain puzzle hingga permainan tebak kata. Bikin challenge juga supaya permainan semakin seru dan tidak membosankan.

Nah, ide permainan yang sering saya mainkan dengan anak, saya bagikan di blog BERMAIN BERSAMA GENDHIS.

è  Buat Rekaman Video Seru

Nah, selain itu agar semakin seru, coba ikutan bikin rekaman-rekaman video yang lagi trending di media sosial seperti tutorial makeup, masak-masak, hingga belajar menyanyi. Meski nantinya tidak harus di upload ke media social, dapat juga dikirim ke group keluarga besar untuk mengobati kangen keluarga lain.

è  Membaca Buku

Mengajak anak untuk membaca buku sebelum waktu tidurnya dapat untuk menambah perbendaharaan katanya. Saya selalu bacakan dengan nada yang menarik dan ajak anak untuk memerankan tokoh di buku tersebut, dengan ekspresi dan dialog yang sesuai dengan karakter tokoh yang dimaksud.

è  Ajak anak untuk ikut aktivitas sehari-hari

TETAP SERU BERDUA AJA #DIRUMAHAJA - MARI LAWAN COVID-19

Tentunya yang dibutuhkan anak hanya ingin bermain dan ditemani. Namun, saat berdua saja, menemani anak terus dalam permainan tentunya menyita waktu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari yang lain. Jadi, mengajak anak ikut serta mengerjakan pekerjaan sehari-hari juga dapat menjadi sarana permainan. Ajak anak mulai dari membereskan mainannya, menyapu, mengepel, menyiram  tanaman, masak, menjemur pakaian dan mengambil kembali pakaianannya yang sudah kering tentu sangat menyenangkan untuk anak yang baru saja mengenal kegiatan itu. Lumayan kan kerjaan beres, anakpun tetap ikut bahagia, hehe…

è  Masak Bersama

Kini, saatnya mencoba hal baru seperti halnya membuat masakan ala restoran. Ini juga dapat membantu mengatasi anak malas makan. Biasanya saya selalu mengajak anak untuk menyiapkan makanannya. Jadi saat dia malas untuk makan, akan selalu diingatkan kalau dia tadi sudah lelah menyiapkan makanannya, kasihan makanannya kalau tidak dimakan J. Menumbuhkan rasa empati juga kepada anak.

 

Permainan merupakan sarana belajar terbaik untuk anak-anak. Melalui permainan, anak lebih mudah menyerap pelajaran tentang kehidupan. Ternyata, tidak perlu membelikan mainan mahal atau mengajak anak ke tempat wisata edukasi di luar kota untuk mengajaknya bermain sambil belajar. Melalui kegiatan sehari-hari di rumah pun, Kita tetap dapat menanamkan rasa tanggung jawab, mencintai lingkungan, serta kebersihan pada anak-anak. 

Bagaimana? Tetap seru kan meski berdua saja dan tetap di rumah saja. Nah, kegiatan seru apa yang kalian lakukan selagi #diRumahAja? J Yuk manfaatkan waktu sebaik mungkin saat dapat berkumpul dengan keluarga.

 

#BPN30daysRamadhanChallenge2020


6 komentar:

  1. Alhamdulillah aku pun begitu mbaa. Sebenernya bingung mau ngapain lagi, huhu. Selain rutinitas masak bareng, melibatkan anak dalam rutinitas kita, trus udahan lama2 bosen. Hiks. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuu semoga kita tetap bisa waras dan happy ya mba :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah.. aku pun di rumah aja sekarang. Seru juga awalnya. Sekarang sih nonton dokumenter movie biar ga bosen hehe

    BalasHapus
  3. Pasti berat ya Mbak membuat anak tetap betah di rumah aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, memastikan mereka tetap happy dan tidak bosan hmm.. luar biasa hehe.. ibunya kudu happy dulu :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.