Pilihan Podcast Meditasi, Sukses Mengembalikan Kewarasan Diri

Setiap orang pasti punya masalah yang kadang, rasanya tidak ingin menjadi beban pikiran. Namun, kenyataannya, pikiran kita terbebani tanpa sadar.Meski hal-hal kecil, tapi kalau banyak, bisa jadi besar kanNah, makanya belajar melepaskan beban-beban ini dari pikiran juga penting lho! Salah satunya bisa dilakukan dengan meditasi.


Menurut wikipedia, meditasi merupakan praktik rileksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.


Rasanya seperti diingatkan untuk, "Hey! coba berhenti, sini duduk diam sebentar, rasain tubuh kamu maunya itu apa."


Iya, meski cuma terlihat duduk diam tidak melakukan apa pun, justru kegiatan ini yang kita perlukan untuk break sejenak dari kesibukan. Meditasi juga mempengaruhi kesehatan tubuh lho. Bikin pikiran lebih tenang dan tubuh semakin rileks.

Podcast Meditasi
Pilihan Podcast Meditasi, Sukses Mengembalikan Kewarasan Diri (Design by catatanatiqoh.com via Canva)

Nah, kita bisa coba lakukan ini dimana saja, asalkan suasananya tenang. Apalagi kalau dibantu dengan mendengarkan kata-kata penyemangat yang bisa membawa pikiran lebih rileks lagi. Bisa juga dengan rangkaian doa-doa.


Pilihan Podcast Meditasi

Mencapai pikiran dan hati yang tenang tentu saja dibutuhkan kerjasama yang baik dari keduanya. Jadi, bagaimana caranya biar mencapai meditasi yang ideal? Nah, kita bisa menerapkan meditasi dengan dibantu dari layanan digital Podcast.


Podcast adalah salah satu platform digital yang berupa audio untuk bisa mudah didengarkan kapan saja karena bisa diunduh. Nah, di podcast ini, banyak sekali yang memberikan fasilitas meditasi untuk bisa diikuti dengan mudah. Berikut ini beberapa pilihan podcast meditasi yang sudah saya coba:


1. Tentrem Ati

Tentrem Ati merupakan salah satu fasilitas meditasi yang dapat didengarkan dari Podcast. Dalam bio-nya di podcast, Tentrem Ati merupakan sebuah media yang menawarkan "istirahat" yang sesungguhnya. Istirahat yang tidak hanya fisik, tapi juga hati. Dan tidak hanya raga saja, tapi juga jiwanya.


Wah, dalem ya tujuannya nih, penasaran kan? Hehe saya sudah coba ini dan berkali-kali lumayan sukses mengiringi meditasi yang saya lakukan.


Panduan meditasi dari Tentrem Ati ini dilakukan dalam bahasa Indonesia. Cobain deh, beneran bikin tenang dan bisa bantu latihan napas juga.


2. Peace Sea Podcast

Nah, pilihan podcast meditasi selanjutnya adalah Peace Sea Podcast. Ini bisa jadi rekomendasi sempurna untuk kamu yang tertarik sama dunia meditasi. Podcast ini bukan cuma sesi khusus untuk latihan meditasi saja, tapi juga banyak membahas seputar dunia meditasi dari berbagai haluan dan sudut pandang bersama pakarnya.


3. Meditate With Tsamara

Kalau ini, baru saja saya coba beberapa hari ini untuk membantu meditasi. Isinya lengkap, banyak pilihan tema untuk latihan meditasi. Tinggal pilih, kita sedang merasakan banyak masalah seputar apa dalam kehidupan, hehe..


4. Buah Meditasi

Pilihan podcast meditasi selanjutnya, ada Buah Meditasi. Podcast latihan meditasi ini juga bisa dicoba bagi yang suka dibimbing dengan suara pria. Bukan cuma sesi latihan meditasi saja, tapi juga banyak sharing tentang meditasi dan self healing.


Oke, 4 pilihan podcast di atas yang sudah saya coba dan bisa saya rekomendasikan. Kalian juga boleh dicoba untuk mencari kenyaman kalian saat berlatih meditasi.


Kenapa saya pilih dengan podcast? Karena suara yang dihasilkan bisa didengarkan lebih jelas dan gratis tentu saja, tanpa halangan iklan, hehe.. 


Sebetulnya banyak pilihan media lainnya untuk membantu meditasi. Bisa juga dari layanan musik online. Atau lewat situs resminya jika ingin hasilnya maksimal, agar dipandu secara langsung. Atau kalian juga bisa melakukan meditasi ini dengan mendengarkan lantunan doa atau ayat suci.


Apa saja media yang dapat membantu berlatih meditasi, yang terpenting adalah memberikan ketenangan dan hasilnya bisa bikin kita lebih nyaman sama tubuh dan pikiran kita.


Manfaat Meditasi

Selanjutnya, pasti penasaran apa manfaat meditasi sesungguhnya? hehe.. Jujur saja, saya pun baru melakukan meditasi rutin di akhir tahun 2020.


Setelah mencoba meditasi untuk pertama kalinya, saya merasakan lebih nyaman dengan pikiran saya. Apalagi, ketika saya lakukan menjelang tidur. Rasanya, tidak lagi tidur dengan banyak pikiran yang masih berkeliaran, dan hasilnya bangun tidur rasanya lebih rileks.


Ada yang merasakan hal yang sama? Boleh dicoba lho berlatih meditasi. Berikut ini beberapa manfaat meditasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber, dan beberapa sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.


1. Menghindari Insomnia

Hal ini dikarenakan meditasi membuat pikiran jadi lebih tenang dan nyaman, jadi tidur pun akan lebih nyenyak. Dengan motivasi-motivasi positif yang masuk ke pikiran kita, bikin kita jadi lebih rileks dengan banyaknya kekhawatiran.


2. Meningkatkan Konsentrasi

Meditasi memberikan kekuatan pikiran untuk belajar fokus pada apa yang kita rasakan saat meditasi berlangsung. Sehingga, latihan fokus ini akan meningkatkan konsentrasi kita dalam melakukan kegiatan. Dan hanya akan fokus pada pencapaian yang diinginkan.


3. Jadi Lebih Sabar dan Pemaaf

Salah satu yang benar saya rasakan adalah menjadi lebih sabar. Sabar untuk mendapatkan apa yang sedang kita usahakan. Sabar untuk menunggu semua akan hadir pada waktunya. Jadi dengan tubuh dan pikiran yang lebih tenang, kita pun akan lebih sabar dalam menerima sesuatu.


Penting juga nih, dengan meditasi, kita mampu jadi lebih pemaaf. Terutama menjadi pemaaf pada diri sendiri. Belajar memaafkan segala kesalahan pada diri tentu membuat hati dan pikiran lebih tenang ya.


4. Mengurangi Stres

Nah, manfaat yang satu ini, pasti banyak dicari orang untuk dijadikan alasan dasar berlatih meditasi. Saya, salah satunya, hehe..


Ada sebuah studi yang dilakukan dengan mengamati beberapa orang yang melakukan meditasi dan latihan pernapasan dalam 25 menit sehari. Dalam 3 hari kemudian, kemampuan mereka meningkat dalam hal pemecahan masalah beberapa soal matematika dan lebih fokus memberikan tanggapan sebuah puisi.

Nah, sebetulnya, manfaat meditasi tidak hanya sekedar menenangkan diri dan memusatkan pikiran saja. Meditasi ternyata juga punya banyak manfaat terkait kesehatan. Seseorang akan dibantu untuk melepaskan beban pikiran yang kalau menumpuk terus menerus dan tidak dilepaskan, akan jadi penyakit.


Jadi, masih ragu untuk mencoba meditasi? Coba mulai dengan lakukan cara sederhana ini.

  • Posisikan tubuh senyaman mungkin, bisa duduk atau sambil berbaring.
  • Pejamkan mata, dan bisa juga pilih di ruangan yang redup cahayanya.
  • Dengarkan instruksi pilihan berlatih meditasi, dengan mengatur pernapsaan sesuai arahan.
  • Selanjutnya bisa dinikmati. Nikmati dengan cara apapun. Nikmati suara napas kita. Nikmati cara kita menarik dan membuang napas. Nikmati semua hal yang ada di pikiran kita. Nikmati apa pun yang bisa kita rasakan saat itu.


Menerapkan meditasi secara rutin, menjadi upaya untuk mencapai ketenangan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Tapi, jangan lupa juga terapkan pola hidup sehat lainnya, mulai dari makanan dan juga gaya hidup.

Selamat mencoba. Semoga sehat jiwa raga!

16 komentar:

  1. podcast meditasi ternyata penting banget ya.jadi kepoo juga. buat yang insomnia dan punya aura negatif ini pas banget
    tks kak ya sharingnya

    BalasHapus
  2. Mbaaa... I need this! Suka banget dengerin podcast tapi belum banyak referensi dan ujung2nya balik ke yang itu-itu lagi. Hehe. Thanks ya mbak :D

    BalasHapus
  3. Jujur, akutu jarang banget dengerin podcast. Tapi kayaknya harus nih mulai dengerin yang meditasi gini. Agak mulai stress nih sama urusan kerjaan kantor yang bikin kepala mau pecah.

    BalasHapus
  4. Bukan anak podcast hehe tapiii boleh juga dicobaa

    BalasHapus
  5. meditasi itu punya banyak manfaat yaa Mbak, harus coba juga nih, pengen bisa jadi orang yang sabar *apalagi hadapi anak-anak ini*
    terus biar gak stress juga kan jadinya.
    mau coba juga dengar podcast yang udah disarankan, makasih ya Mbak :)

    BalasHapus
  6. Butuh memang ya kita merelaks kan hati dan pikiran. Keknya kalau ndak ada istirahat pikiran dan hati kita ruwet banget ya

    Saya belum pernah mendengar podcast meditasi Mbak. Ngebayangin pasti diiringi musik yang menenangkan sekali y

    BalasHapus
  7. Aku blm pernah lho dengerin podcast hiks macam gak ada wkt gitu.. Btw, meditasi itu penting bgt. Kalo aku tuh meditasi dgn yoga. Bisa berkeringat dan sehat juga haba

    BalasHapus
  8. Jujur aku belum pernah nyoba meditasi yang "meditasi banget selain daripada journaling sebelum tidur nih Mbak hehe.

    BalasHapus
  9. kalau aku, lebih tenang dan menerima apapaun yang terjadi mba. bahkan bisa melihat sisi baik dari setiap ujian yang datang. Efeknya damai banget.

    BalasHapus
  10. Noted mbak. Infonya berguna banget. Apalagi buat aku yang belakangan sering stres juga. Dari dulu kepo dan pengen banget belajar meditasi tapi nggak tau mulai dari mana. Podcast is s a good start I think.

    BalasHapus
  11. Beberapa waktu terakhir, aku lumayan tertarik nih sama meditasi tapi belum pernah coba langsung karena takut gak bisa konsen.

    BalasHapus
  12. Makasih banget mbak udah sharing pengalamannya. Aku lagi insomnia berat nih, padahal capek banget. Emang kayaknya harus meditasi.

    BalasHapus
  13. Aku juga lagi suka dengerin podcast tapi lebih ke membahas kesehatan dan yg horor (kontras banget tapi aku suka hehe) boleh nih kapan-kapan dengerin ke 4 podcast yg mba sebutkan di atas

    BalasHapus
  14. Aku suka meditasi sejak remaja karsna bavkground silat dan theater. Ada pelajaran meditasi untuk menenangkan diru
    Fokus
    Penyembuhan diri juga

    BalasHapus
  15. Nih yg saya lakukan bbrp wktunl belakangan ini..plus dtmbh dgn panduan meditasi di spotify plus suara2 alam. Bener2 bikin rileks

    BalasHapus
  16. Makasih sharingnya mbak.. Aku termasuk yg insomnia nih, baru bisa tidur di atas jam 2 mau secapek apapun.. Biasanya aku dengerin lagu2 pengantar tidur gt tp tetep kurang ngefek.. Next mau coba podcast meditasi ini deh..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.