Upgrade Skill di Pelatihan Online Terbaik Skill Academy

Kemajuan teknologi tentu memudahkan kita untuk mendapatkan akses informasi dari internet. Apalagi di masa pandemi ini, kehidupan era new normal mulai menerapkan segala kegiatan melalui jarak jauh dengan memanfaatkan internet. Salah satu yang dapat dilakukan adalah upgrade skill dengan mengikuti pelatihan online.


Memanfaatkan teknologi digital memang membuat semuanya jauh lebih mudah dan cepat. Termasuk dalam dunia pendidikan. Kini sudah berkembang pembelajaran dan pelatihan jarak jauh yang ternyata menjadi solusi. Solusi terbaik ini yang dirasakan sebagian besar orang yang tidak punya banyak waktu untuk mengikuti kursus di sebuah kelas.


Sebagai ibu rumah tangga yang masih ingin terus menambah pengetahuan dan skill, namun terkendala hal ini itu jika belajar di kelas, pelatihan online dapat menjadi solusi.


Keuntungan Pelatihan Online

Sudah pernah mencoba mengikuti pelatihan secara online? Ternyata menyenangkan juga ya. Saya bisa hadir di pelatihan online sambil memasak lho, nyalakan mesin cuci, jemur pakaian, nyuapin anak, bahkan sambil nyapu dan ngepel, hehe.. Siapa yang senasib? Tos dulu sini.


Ternyata, pelatihan online mulai berkembang cukup signifikan, dan semakin banyak peminatnya. Selain itu juga sudah banyak pilihan pelatihan untuk bermacam keahlian. Hadirnya kelas online memang menjadi pilihan baru untuk banyak orang yang ingin meng-upgrade skill nya dengan mudah.

Pleatihan Online Terbaik Skill Academy

Nah, berdasarkan pengalaman saya mengikuti berbagai pelatihan online, berikut ini keuntungan yang saya rasakan:


1. Materi Dapat Diulang Dengan Mudah

Dengan pelatihan secara online, sudah pasti kita dapat mengikutinya dimana saja dan kapan saja. Sehingga, materi yang dapat dipelajari dapat disimak secara berulang dengan mudah. Dan tentunya tidak ada batasan waktu dalam belajar, jadi tidak terburu-buru untuk mengerti satu materi. Materi dapat kita pelajari sampai benar-benar paham.


2. Menghemat Waktu dan Biaya

Nah, penghematan ini yang begitu saya rasakan. Terkadang, ada juga pelatihan gratis yang menarik, namun lokasi harus ditempuh dengan transportasi yang justru biayanya melebihi harga pelatihan seharusnya. Apalagi, bagi saya yang tinggal di sekitaran Jakarta, kemacetan tentu jadi masalah besar.


Dengan pelatihan online, kita bisa lakukan di rumah saja. Kita hanya perlu menyiapkan internet dan gadget saja. Bahkan, banyak materi yang bisa di download untuk dipelajari berulang. Jadi sudah pasti akan lebih hemat. Biaya pelatihan jauh akan lebih murah karena tidak memerlukan penyewaan ruang khusus atau biaya konsumsi makanan selama pelatihan berlangsung. Selain itu, sudah pasti hemat ongkos bebs..


3. Dapat Belajar dengan Nyaman Dimana Saja

Nah, di pelatihan online, tentu saja kita tidak harus berebut duduk paling depan untuk bisa melihat materi pelatihan dengan jelas. Atau harus duduk seharian di kelas yang terkadang kapasitasnya terlalu penuh. 


Kita dapat memilih tempat favorit senyaman mungkin untuk mempelajari materi yang diberikan melalui gadget. Kalau saya, lebih memilih mengikuti kelas online karena dapat diikuti sambil mengerjakan pekerjaan lain di rumah.


Skill Academy Jadi Pilihan

Kini, sudah banyak kelas online yang dibuka dari berbagai macam lembaga pelatihan, yang sudah pasti menarik untuk diikuti. Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memilih pelatihan online, diantaranya:


1. Kita harus menentukan kelas mana yang akan kita ikuti, sesuai dengan apa yang ingin kita pelajari. Cari lembaga yang menyediakan banyak pilihan kategori pelatihan.


2. Cari lembaga yang memiliki trainer yang berkualitas untuk menyampaikan materi. Pilih yang pengemasannya apik dan juga menarik dalam menyampaikan materi. Selain itu, penjelasannya sudah pasti yang jelas agar mudah dipahami dan diingat.


3. Dikarenakan secara online, sudah pasti kita juga perlu melihat materi dengan kualitas video yang bagus dan jelas. Oleh karena itu, penting juga untuk memilih lembaga pelatihan online terbaik untuk menyediakan kualitas video yang baik.


Dirilis sejak tahun 2019, Skill Academy yang merupakan bagian dari PT Ruang Raya Indonesia atau lebih dikenal Ruangguru, kini menjadi salah satu platform pilihan untuk meningkatkan skill. Platform belajar ini dikembangkan oleh Iman Usman dan Belva Devara, dua pemuda yang berhasil mem-booming-kan belajar secara online.


Tersedia banyak pilihan pelatihan bersertifikat untuk meningkatkan skills yang dibutuhkan di dunia kerja. Bahkan dapat juga sebagai dasar untuk membuka usaha sendiri.


Beragam materi dikemas dalam bentuk video yang menarik dan dengan penjelasan yang jelas dari para tutor. Tidak hanya materi saja, Skill Academy juga memberikan latihan soal (pre-test) sebelum mulai pelatihan, kemudian post test setelah selesai mengikuti semua materi. Hal ini akan memudahkan kita untuk menilai seberapa jauh kita sudah menerima materi yang diberikan.


Selain itu, pelatihan online ini juga memberikan sertifikat digital yang dapat digunakan sebagai pendukung portofolio kita. Semua fasilitas tersebut dapat diperoleh dengan mendaftar dan membeli kelas online yang tersedia di platform Skill Academy. Bagaimana caranya? Yuk baca terus sampai selesai ya.


Cara Daftar dan Ikut Kelas Online Skill Academy

Cara Daftar Pelatihan Online Skill Academy

Buka situs skillacademy.com, dan klik 'DAFTAR/MASUK' pada pilihan di sudut kanan atas beranda.


Kemudian akan muncul form pendaftaran yang perlu dilengkapi.


Pilih minimal 3 kategori favorit, kemudian 'Lanjutkan'.


Setelah itu, kita sudah terdaftar, dan dapat masuk ke platformnya untuk memilih kelas online terbaik yang akan diikuti. Bagaimana caranya? Simak selanjutnya.


Cara Membeli dan Mengikuti Kelas Online Skill Academy

Jika sudah dapat masuk ke platform Skill Academy, pilih jenis kursus yang akan diikuti. Banyak pilihan yang dikelompokan berdasarkan kategori. Jadi tidak perlu bingung memilihnya.


Kemudian, klik 'Beli Sekarang'.


Selanjutnya, pilih metode pembayaran. Dapat dengan metode bank, ke e-commerce atau layanan dompet digital.


Selanjutnya, klik 'Checkout'. Kode dan panduan pembayaran akan muncul. Lakukan pembayaran sesuai dengan panduan tersebut.


Selesai melakukan pembayaran, kelas online sudah siap untuk diikuti.


Mudah bukan? Nah, beruntung sekali saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan online di Skill Academy. Berikut saya bagikan pengalamannya.


Pengalaman Upgrade Skill Bersama Skill Academy

Saya mengenal Skill Academy dari program Kartu Prakerja yang saya ikuti. Dalam menjalankan program tersebut, pemerintah menggandeng sejumlah pihak di Indonesia untuk menyediakan pelatihan yang dapat diakses secara online. Salah satunya adalah Skill Academy.


Dengan Kartu Prakerja, ada dua jenis pelatihan yang dapat dipilih melalui platform kursus online terbaik bersertifikat tersebut. Yaitu, kelas online satuan dan kelas web seminar atau webinar.


Dikarenakan saya pengguna Kartu Prakerja, sehingga pelatihan online tersebut saya dapatkan secara gratis, yang dibiayai oleh pemerintah. Cara pendaftaran dan pembeliannya sama dengan yang saya jelaskan di atas. Hanya saja saat pembayaran saya menggunakan pilihan Kartu Prakerja.


Kemudian, apa saja yang saya dapatkan?

Saya mendapatkan materi yang luar biasa dari para tutor. Berupa video yang dikemas apik sesuai dengan sub bab materi dan juga ringkasan materi dalam bentuk pdf. Kemudian, saya juga mendapatkan akses webinar dan group diskusi untuk dapat diikuti selamanya.


Empat kali saya mengikuti kelas di Skill Academy, dan ke-empatnya menjadi favorit saya. Mengapa? Berikut ini review dari saya mengenai kelas online yang saya ikuti dengan Kartu Prakerja.


1. Tampilan Platform

Tampilan website dari Skill Academy hadir dengan design yang simple dan modern. Menu navigasi-nya  mudah diikuti. Selain itu, tampilan untuk pemilihan kategori kelas dan pelatihan juga jelas. Sehingga sangat membantu pemula yang belum terbiasa dengan akses website.


2. Pilihan Kelas

Skill Academy menyediakan beragam pilihan kelas yang dapat diikuti sesuai keinginan kita. Kelas dibagi berdasarkan minat penggunanya. Mulai dari kelas pemasaran, pengembangan diri, bisnis keuangan, dan kelas teknologi sampai software.


Selain itu, ada juga pilihan kelas untuk persiapan tes. Seperti persiapan tes CPNS, persiapan tes toefl, ada juga kelas persiapan untuk mendapatkan beasiswa atau menuju ke sekolah impian.


Dan, jika kita masih bingung ingin mengikuti kelas apa saja yang dapat mendukung karir atau mencapai tujuan, Skill Academy menyediakan kelas paket yang dapat diikuti sesuai dengan tujuan. Seperti kelas untuk mengembangkan UMKM, kelas paket belajar design grafis, dan banyak lagi.


3. Rating Pengguna

Salah satu fitur yang juga memudahkan kita untk melihat kualitas hasil dari pelatihan adalah fitur rating. Kita dapat melihat review dari para pengguna fasilitas tersebut sebelumnya. Sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan ketika kita ingin memilih kelas yang akan diikuti.


Setelahnya pun, kita yang sudah menggunakan fasilitas kelas online tersebut, dapat ikut memberikan rating. Sehingga dapat saling membantu memberikan gambaran kepada pengguna lain untuk mendapatkan kelas yang diinginkan. Terlihat sangat sepele, namun menurut saya fitur ini sangat membantu.


4. Kualitas Video

Nah, ini yang terpenting, karena kita belajar sepenuhnya melalui video, artinya kita harus mencari kualitas video pembelajaran yang mumpuni. Skill Academy menggunakan video dengan kualitas HD. Terlihat jernih dan jelas, sehingga tidak mengganggu penyampaian materinya.


Satu lagi yang saya suka adalah, pembuatan videonya hanya berdurasi pendek. Mereka memberikan video-video pendek setiap bagian materi, hanya sekitar 3 hingga 10 menit. Ini yang membuat kita jadi tidak mudah bosan dalam mengikuti materinya. Meski singkat, tidak menghilangkan esensi dari materi yang ditampilkan.


Kemudian, materinya juga dikemas menarik. Suka sekali dengan penyampaian materi dari para tutornya. Jelas dan tidak membosankan untuk dipelajari berulang kali. Bahkan diberikan beberapa contoh yang semakin memperjelas penyampaian materi.


5. Tutor Berpengalaman

Darimana kita tahu kalau para tutornya sudah berpengalaman? Tentu saja dari profil mereka yang ditampilkan. Hal ini juga jelas membantu para calon pengguna untuk mendapatkan informasi dalam memilih tutor terbaik.


6. Rangkuman Materi

Nah, Selain mendapatkan video-video pendek tentang penjelasn materi, juga sudah diberikan rangkuman materinya. Ini yang hanya saya dapatkan di Skill Academy. Fasilitas materi juga diberikan dalam bentuk file PDF, jadi dapat diunduh, dan bisa dibagikan kepada pengguna lain.


7. Fitur Soal Ujian

Skill Academy juga memberikan fitur exam sebelum mengikuti materi dan setelahnya. Hal ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan kita. Setelahnya, juga akan ada pembahasan hasil ujian yan benar. Seru ya! Seperti mengikuti pelatihan pada umumnya di kelas tatap muka kan? Tapi sudah pasti ini lebih praktis, hehe..


8. Sertifikat Digital

Nah, jika kamu pemburu sertifikat pelatihan, hehe.. Tidak perlu khawatir karena kursus online terbaik bersertifikat ini juga memberikan sertifikat lho. Sertifikat berupa digital, yang dapat diunduh secara mudah setelah kita menyelesaikan kelas online sampai proses terakhir. So, bisa dijadikan untuk mempermanis portofolio kita kan? 😉


9. Akses Materi Lifetime

Keuntungan yang paling menyenangkan terakhir adalah mendapatkan akses materi pembelajaran untuk selamanya. Dengan hanya membayar sekali saat mengambil kelas tersebut, kita dapat mengakses materi belajar lifetime. Jadi, kita bisa mengulangnya sampai benar-benar paham.


Sedikit gambaran di atas yang dapat saya berikan mengenai pengalaman upgrade skill di pelatihan online terbaik Skill Academy. Apa kalian sudah mencobanya juga? Bisa tambahkan review-nya di kolom komentar ya. Jika belum mencoba dan tertarik ingin mengikuti kelas online-nya, kalian bisa langsung daftar di Website Skill Academy.

17 komentar:

  1. Menarik untuk bisa jadi bahan nambah ilmu, ruang guru itu miliknya staf ahli kepresidenan itu kan ya?

    BalasHapus
  2. Sekarang kursus online memang sangat dibutuhkan, bukan cuma meningkatkan skill tapi juga tidak harus bertemu tutornya.

    BalasHapus
  3. pelatihan online sangat bagus bagi kita tetapi yang penting adalah manajemen waktu untuk mengikuti berbagai pelatihan online

    BalasHapus
  4. Yess. Sepakat. Walau menjadi ibu rumah tangga, ada baiknya tetap mengasah skill dari pelatihan online seperti yang ditawarkan oleh Skill Academy.

    BalasHapus
  5. Aku udah beberapa kali nih ikut kelas di skill academy. Dan jujur ya dari segi teknis video dan penjelasan, skill academy unggul ya dibanding para kompetitornya.

    BalasHapus
  6. Wah bisa jadi media untuk dapat pelatihan online ni.. sekarang mudah ya untuk dapat insight tinggal daftar dari rumah.

    BalasHapus
  7. Skill Academy pilihan academy nya apa saja ya? Tertarik nih buat nambah skill baru..

    BalasHapus
  8. skill academy ini kelasnya lengkap bgt ya mbak, kmren sempet kepoin detail kursus apa aaja,, selama pandemi pgn ningkatin skill, mending kursus di skill academy aja emang

    BalasHapus
  9. Wah emang bener ya, hari gini cita-cita apapun bisa dicapai dan banyak banget fasiitas untuk mengasah skill salah satunya dengan mengikuti kursus online di skill academy.

    BalasHapus
  10. Mau nyoba daftar prakerja jugaa katanya bisa ikut pakai prakerja yah skill academy ini. hihi

    BalasHapus
  11. Perlu juga untuk bisa mengatur waktu kita untuk mengikuti berbagai macam pelatihan onlinenya ya kak..

    BalasHapus
  12. Perlu banget buat kita upgrade skill tak harus nyari tempat kursus offline ... sekarang online pun bisa ya ... dirumah aja tetep bisa upgrade skill

    BalasHapus
  13. Pertaama tau skill academy aku langsung suka mba. Apalagi banyak kelasnya yang keren semuanya jadi pengen ambil hehhee

    BalasHapus
  14. Duh aku tuh mau ikut teh skill academy yg dunia SEO ada mas Ilman yg ngajar lg keren dhe

    BalasHapus
  15. Saya udah daftar member skill academy daru dulu, cuman saya belum pernah sama sekali ikut berbagai macam kursus di skill academy. Saya jadi mau nih ikut kurusus juga

    BalasHapus
  16. Mau tak mau kkta harus membiasakan diri belajar apapun secara online ya. Waktu dan biaya bisa lebih dihemat, kepraktisannya banyak.

    BalasHapus
  17. Pada masa seperti sekarang ini dimana lebih baik menghindari pertemuan tatap muka, pelatihan online jadi saru-satunya solusi yang tepat memang ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.