REVIEW SehatQ.com - Aplikasi Kesehatan dalam Genggaman

 Proses kemajuan dunia teknologi digital telah hampir mempengaruhi semua bidang. Salah satunya dalam bidang kesehatan, dengan menghadirkan aplikasi kesehatan yang mudah diakses hanya dalam genggaman. Kini, semenjak pandemi, aplikasi kesehatan tersebut semakin menjadi primadona. 


Revolusi di bidang kesehatan ini di dorong oleh pesatnya teknologi dan inovasi, khususnya di bidang kesehatan. Pada akhirnya memaksa kita untuk ikut berubah, namun tentu saja akhirnya semakin memberikan kemudahan.


Kehadiran dan Manfaat Aplikasi Kesehatan Digital

Perkembangan layanan kesehatan dari waktu ke waktu sudah mengalami perkembangan yang signifikan. Hadirnya aplikasi mobile di bidang kesehatan, mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan lainnya. Berikut ini, manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi kesehatan digital.


  • Kita dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan tanpa harus pergi ke fasilitas layanan kesehatan.
  • Dapat berbagi informasi kesehatan sesama pasien
  • Dapat memesan dan membeli obat tanpa perlu pergi ke apotik
  • Dapat dimanfaatkan untuk mengambil data kesehatan pasien


Dan masih banyak manfaat lain yang semakin memberikan kemudahan kita dalam memperoleh layanan kesehatan. Dalam suatu survei, para pengguna aplikasi kesehatan merasakan kepraktisan dan kenyamanannya sebagai pertimbangan utama mereka memanfaatkan aplikasi kesehatan. Selain itu, biaya untuk memperoleh layanan kesehatan juga jauh lebih hemat.


Banyak perusahaan yang kini hadir menggeluti dunia Health Tech. Mereka mencoba menyajikan berbagai manfaat bagi masyarakat, terutama di bidang kesehatan. Termasuk kebugaran, dan beragam kegunaan lain demi menunjang kebutuhan hidup sehat bagi masyarakat. Salah satunya yang sudah hadir dan banyak membantu saya pribadi adalah aplikasi kesehatan digital, SehatQ.


SehatQ, Kesehatan dalam Genggaman

SehatQ merupakan sebuah platform digital yang berbasis web dan aplikasi, yang menawarkan layanan konsultasi kesehatan. Fiturnya yang lengkap, memudahkan para keluarga di Indonesia untuk memperoleh informasi dan pelayanan kesehatan.

aplikasi-kesehatan-sehatQ

Fiturnya yang sudah lengkap dalam satu aplikasi, membuatnya cocok untuk dijadikan asisten kesehatan pribadi. Pintar mencatat perjalanan kesehatan keluarga, mulai dari pencegahan, konsultasi, pengobatan dan perawatan penyembuhan.


Fitur Asisten Kesehatan dari SehatQ.com

SehatQ menjadi pilihan sebuah aplikasi yang menurut saya sangat mudah digunakan. Kemudahannya ini hadir membantu kita untuk mendapatkan berbagai macam bentuk pelayanan kesehatan. Mulai dari informasi kesehatan secara umum, sampai pelayanan konsultasi dengan dokter ahli.


Selengkapnya, berikut ini fitur asisten yang dihadirkan dalam aplikasi kesehatan SehatQ. Semua sudah dengan mudah diperoleh hanya dalam genggaman.


Fitur Toko

Dalam fitur toko ini, kita bisa mendapatkan produk kesehatan dengan mudah. Termasuk pelayanan kesehatan yang sedang kita butuhkan. Misalnya cek darah, kita bisa melakukan perjanjian untuk pelayanan ini di berbagai klinik pilihan yang bekerjasama dengan SehatQ.


Selain itu, fitur ini juga membantu kita jika ingin menebus obat dengan resep dokter. Kita tidak perlu repot keluar rumah dan mengantri di rumah sakit atau apotik berjam-jam.


Fitur Obat

Pilihan fitur obat ini, SehatQ memberikan banyak informasi detail seputar obat. Mulai dari deskripsi obat, indikasi, komposisi, fungsi, dosis, aturan pakai, sampai efek samping obat. Informasi lengkap ini juga disertai gambar dari packaging jenis obat, sehingga kita dapat lebih mengenal dan minim kesalahan.


Lebih dari 100 obat sudah dicantumkan dan diberikan informasi yang lengkap, termasuk jenis-jenis vitamin daya tahan tubuh. Pencariannya juga mudah, sehingga sangat membantu kita yang mungkin sedang membutuhkan obat dan masih awam. Keterangan pembeliannya pun tegas, harus dengan resep dokter atau tidak. Saya mendapatkan edukasi tentang obat lewat fitur ini.


Fitur Artikel

Artikel kesehatan yang selalu update, menjadi bahan bacaan yang berkualitas. Kita bisa mendapatkan infromasi yang lebih akurat mengenai issue kesehatan.


Fitur Artikel ini membahas lengkap mengenai infromasi hidup sehat, penyakit, kulit & kecantikan, kesehatan, kehamilan, dan banyak hal lainnya seputar informasi kesehatan.


Fitur Tindakan Medis

Penasaran dengan istilah medis yang terdengar asing di telinga? Dalam fitur Tindakan Medis ini, istilah medis dibahas dengan lengkap, bahkan hingga pilihan tindakan yang harus dilakukan. Seperti apa itu tes TORCH, apa saja yang perlu dilakukan, dll.


Semua informasi dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami, bahkan untuk orang awam.Hal ini benar-benar membantu masyarakat jika mengalami gangguan kesehatan dan akan mendapatkan tindakan medis. Sehingga tidak perlu khawatir dan takut lagi, karena sudah mengetahui gambarannya.


Selain itu, dalam fitur ini juga terdapat fasilitas Booking Tindakan Medis. Melalui fitur ini, ada pilihan rumah sakit dan dokter ahli, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sudah lengkap juga dengan informasi mengenai rumah sakit dan fasilitasnya, serta harga konsultasi untuk dokter.


Dengan fitur booking ini, kita sudah dipermudah jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak perlu lagi repot menunggu pendaftaran dengan proses yang lama. Jadi lebih hemat waktu.


Fitur Dokter

Ingin mengenal dokter pilihan yang tepat? Dalam fitur kesehatan ini, ada banyak pilihan dokter, dari dokter umum sampai yang spesialis. Pilihan spesialisnya juga sudah lengkap. Lebih lengkapnya lagi, kita juga bisa pilih dokter pria atau wanita. Dan sudah lengkap dari hampir semua kota di Indonesia. Benar-benar sangat membantu.

review-sehatQ

Fitur Rumah Sakit

Sama halnya dengan fitur Dokter, dalam fitur Rumah Sakit juga tersedia informasi terkait rumah sakit yang ingin kita tuju. Bahkan tidak hanya Rumah Sakit saja, namun fasilitas kesehatan sesuai dengan tingkatannya.


Informasi yang disajikan sudah lengkap, seperti layanan pemeriksaan ( MCU, tes gula darah, dll), serta pilihan layanan fasilitas, seperti ambulans, cuci darah, IGD, dll.


Jangan lupa untuk mengijinkan SehatQ mengakses lokasi, agar informasi yang ditampilkan adalah fasilitas kesehatan di sekitar tempat tinggal.


Fitur Penyakit

Dalam fitur ini, pengguna dapat memperoleh informasi mengenai penyakit. Lengkap hampir semua jenis penyakit, mulai dari definisi, gejala yang dialami, pengobatan dan pencegahannya. Kita juga diberikan penjelasan kelanjutan dari tindakan keluhan penyakit tersebut, untuk konsultasi ke dokter umum atau spesialis.


Fitur Chat Dokter

Apapun kondisi kesehatannya, fitur dari chat dokter ini siap membantu. Fitur ini merupakan bentuk praktik pengobatan dan perawatan kesehatan jarak jauh. Dengan memanfaatkan telekomunikasi, baik itu melalui video call atau chat dokter online, dokter dapat memberikan perawatan kepada pasien yang tidak memungkinkan untuk pergi ke layanan kesehatan.


Fungsi tanya dokter online ini lebih untuk berdiskusi mengenai pengobatan, gejala yang muncul dan sebagainya. Selain untuk pengobatan, fitur tanya dokter online juga dapat membantu mengatur pola hidup jika pasien ingin memperbaiki kondisi kesehatannya.


Kelebihan dari fitur Chat Dokter adalah semua dokter yang terdapat dalam laman SehatQ, merupakan dokter yang sudah teregistrasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Juga dokter yang masih aktif berpraktik di berbagai fasilitas kesehatan, baik di rumah sakit, klinik maupun puskesmas.


Fitur Promo

Satu lagi fitur unggulan dari SehatQ yang tidak boleh dilewatkan. Banyak promo khusus untuk mendapatkan layanan kesehatan yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau seperti promo USG kehamilan, paket vaksinasi dewasa, paket rapid, dan sebagainya.


Fitur Forum

Fitur ini juga menjadi salah satu yang banyak diandalkan oleh penggunanya. Forum diskusi, dimanfaatkan para pengguna aplikasi kesehatan ini untuk saling mengajukan pertanyaan terkait keluhan yang sedang kita rasakan. Nantinya, akan ada dokter atau pasien lain yang mungkin pernah mengalami, akan saling berbagi informasi.


Namun, forum diskusi ini hanya sebagai wadah sharing, untuk informasi yang lebih valid selanjutnya, lebih baik berkonsultasi langsung ke dokter.


Fitur Tes Kesehatan

Fitur yang baru saja diluncurkan dalam aplikasi SehatQ adalah Tes Kesehatan. Layanan ini merupakan pemeriksaan kesehatan yang dapat dilakukan secara rutin untuk memantau kesehatan tubuh kita. Terdapat berbagai macam pemeriksaan tes kesehatan, seperti kalkulator BMI, survey kelayakan vaksin, dll.


Fitur Review

Salah satu fitur kesukaan saya adalah fitur review ini. Sudah banyak artikel review mengenai produk kesehatan atau pelayanan kesehatan dapat kita temukan dalam fitur ini. Artikel review, menurut saya sangat membantu para masyarakat yang ingin mencoba produk atau pelayanan baru. Apalagi mengenai kesehatan, tentu saja kita tidak ingin coba-coba kan?


Nah, dari fitur review ini, kita bisa memperoleh informasi lebih lanjut mengenai produk atau layanan secara lengkap.


Fitur Layanan Pemeriksaan

Fitur ini juga hampir sama dengan fitur rumah sakit dan dokter. Dari sini, kita dapat melakukan booking untuk layanan pemeriksaan. Seperti USG, Pap Smear, MCU, dll.


Dari semua fitur yang disajikan oleh SehatQ, semua informasi kesehatan dijamin berkualitas. SehatQ mempunyai tim editorial yang secara khusus memilih konten berdasarkan kebutuhan masyarakat luas dan mengikuti perkembangan terbaru di dunia kesehatan.


Semua tulisan di aplikasi kesehatan tersebut, dibuat berdasarkan riset, uji fakta dari berbagai sumber resmi, peninjauan tim dokter dan penyajian dengan bahasa yang sederhana tanpa mengurangi keakuratannya. Informasi yang ditampilkan dari sudut pandang medis yang didasari dengan riset dan data dari sumber yang kredibel.


Meski demikian, semuanya mudah diterima dan dipahami untuk orang awam. Hadirnya aplikasi kesehatan dalam genggaman ini, sangat membantu dalam pelayanan kesehatan. Cocok sekali dijadikan asisten kesehatan pribadi.

15 komentar:

  1. wah mantap ada banyak promo juga ya jadi pengen coba :D

    BalasHapus
  2. SehatQ skrg sudah ada appnya yah? Kemarin2 cuma buka sehatQ via website. Suka karena informasinya selalu update ttg kesehatan

    BalasHapus
  3. Semakin canggih dan Simple ya sekarang ini, aplikasi kesehatan macam sehatQ ini banyak membantu apalagi situasi pandemi ini, yang membuat kita harus pandai memanfaatkan teknologi dan kecepatan informasi tanpa harus keluar rumah.

    BalasHapus
  4. Aku suka nih aplikasi kesehatan macam sehatQ apalagi selama pandemi suka khawatir datang langsung ke fasilitas kesehatan.

    BalasHapus
  5. Masa pandemi gini jadi was-was deh dateng ke rumah sakit. Jadi layanan kesehatan berbasis aplikasi seperti SehatQ jelas sangat membantu banget..

    BalasHapus
  6. Makin banyak pilihan buat memantau kesehatan ya :') ah keren ini ada aplikasinya. Dalam genggaman fiturnya lengkap. Mau coba ah...

    BalasHapus
  7. Kapan hari juga pernah pakai aplikasi sehatQ ini. Lengkap bangett. Pas nyarii swab di RS deket rumah, membantu sekali

    BalasHapus
  8. penting banget nih punya aplikasi kesehatan. jadi kalau ada sakit apa gak asal googling dan salah menyaring informasi

    BalasHapus
  9. kerasa banget, telemedecine itu ngebantu bangt, apalagi dengan keadaan kayak gini ini. nah ini ada fitur reviewnya juga yaa, jadi kita bisa makin selektif dan ada referensi juga nih untuk pilih dokter. apik nih.

    BalasHapus
  10. Lengkap bgt ya mba fiturnya, dah lama ga pake app kesehatan, bisa dicoba nih biar bsa lebih update kesehatan kita

    BalasHapus
  11. Bagus banget aplikasi sehatq ini...

    BalasHapus
  12. App kek gini tuh memang menolong banget saat dibutuhkan, apalagu kalau tengah malam. 👍👍

    BalasHapus
  13. Seneng deh sekarang semakin banyak aplikasi kesehatan yang terpercaya, salah satunya SehatQ ya. Membantu banget pas masa pandemi seperti sekarang. Jadi nggak gampang worry kalau ada apa2. Tinggal cari aja artikel di app. Bahkan kalau perlu konsul sama dokternya.

    BalasHapus
  14. Jujur mbak Atiq aplikasi kesehatan gini memudahkan kita banget saat anak tiba2 sakit dan khawatir salah penanganan pertama. Atau sedang Pandemi gini konsultasi gejala sakit anak, tinggal dari genggaman aja ya

    BalasHapus
  15. Semakin hari semakin modern aja ya. Sekarang kita patut berbahagia karena dalam satu genggaman apa aja bisa dilakukan termasuk konsultasi kesehatan :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.