Site Audit, Perlukah Melakukannya?

 Ibarat rumah, website juga perlu dipelihara, dibersihkan, ditata dan dipercantik. Sebagai pemiliknya, kita juga perlu tahu kan kondisi sebenarnya rumah kita? Apakah ada kerusakan, kebocoran atau sesuatu yang membahayakan. Sama juga dengan website/ blog yang kita punya. Kita sebagai pemilik harus tahu apakah kondisi website kita sehat dan baik-baik saja? Oleh karena itu, kita butuh melakukan Site Audit secara berkala.


Dengan Site Audit, kita jadi tahu semua masalah yang sedang diderita oleh website kita. Langkah selanjutnya, tentu saja memperbaikinya. Supaya apa? Supaya semakin menghasilkan pundi-pundi uang, haha... Itu alasan saya ya 😋.


site-audit-blog-website

Apa itu Site Audit

Site Audit atau Website Audit, merupakan proses evaluasi terhadap kualitas performa sebuah situs yang kita miliki atau kelola. Kegiatan ini merupakan sebuah uji komprehensif terhadap keseluruhan performa situs web kita.


Nah, evaluasi ini bisa dilakukan dengan berpedoman pada hasil pencarian situs dalam sebuah web tools. Proses audit akan diselesaikan dengan melihat segala kekurangan yang sekiranya dapat ditingkatkan dalam web kita.


Kemudian, proses audit akan berlanjut dengan menganalisis seluruh detail situs, mulai dari tampilan hingga kualitas user experience.


Manfaat Site Audit

Melakukan audit pada website tidak harus dilakukan sepanjang waktu, tapi paling tidak dapat dilakukan secara rutin dan terjadwal. Kita perlu menganalisis semua elemen website untuk memastikan berfungsi dengan baik. Nah, tujuan dari audit ini secara umum adalah untuk meminimalisir kerusakan yang lebih besar, jika terdapat elemen yang tidak berfungsi maka dapat segera diperbaiki segera.


Mengoptimalkan Situs Web untuk Mesin Pencari

Audit Website yang dilakukan secara rutin akan mengoptimalkan website atau blog kita untuk mesin pencari. Website yang mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari, tentu saja sangat menguntungkan bukan? Mulai dari meningkatkan kredibilitas, mendapatkan banyak lalu lintas yang akhirnya akan meningkatkan pundi-pundi pendapatan kita 😁.


Memastikan Website Bebas dari Tautan Rusak

Salah satu manfaat dari Site Audit ini adalah untuk memastikan bahwa website kita tidak memiliki tautan rusak. Memiliki banyak tautan rusak yang tanpa kita sadari, ternyata akan berdampak pada pengalaman pengguna.


Kelas Site Audit Gratis dari Coach Irwin

Nah, kalau dulu saya masih asal saja soal nge-blog ini, semenjak ikut beberapa komunitas blogger, saya mendapatkan banyak ilmu tentang dunia blogging. Salah satu kelas yang akhirnya saya bisa ikuti adalah Site Audit dari Coach Irwin.


Apa saja yang dipelajari dalam kelas online via WhatsApp ini?


Site Audit dengan Moz Premium

Ada berbagai tools yang dapat digunakan untuk melakukan site audit. Pada kesempatan kelas ini, kami belajar mengaudit blog dengan menggunakan moz.com (premium).


Berikut ini, langkah audit yang kami kerjakan bersama. Pertama, akses website www.moz.com kemudian lakukan login dengan user dan password yang diberikan oleh Coach Irwin. Setelah itu, baru kami meminta crawl untuk blog kami masing-masing, dalam menu on demand crawl.


Masukan alamat blog masing-masing dalam kolom dan pilih anlyze. Kemudian, tunggu hingga hasilnya keluar, butuh waktu lama untuk blog yang sudah lama dan terisi banyak konten. Hasil yang keluar, akan memperlihatkan berbagai issue yang terjadi di blog kita. Nah, hasil yang sudah kami dapatkan tadi, harus kami perbaiki segera.


Setiap seminggu sekali, kami diberikan jadwal untuk melakukan audit mandiri di situs moz tadi. Tujuannya untuk melihat sudah sejauh mana hasil perbaikan blog yang sudah kami lakukan.


Diskusi Hasil Site Audit

Tentu saja, kami menyelesaikan semua issue tadi dengan bimbingan dari Coach Irwin, hihi.. Tidak ada materi pasti yang diberikan, namun diskusi selalu berjalan 24 jam. Jadi, asalkan kami mau berusaha dan mencoba memperbaiki, sudah dipastikan semua issue yang diderita blog kami, bisa dituntaskan.


Baiknya, hasil Site Audit adalah 0 issue. Nah, kami diberikan target, untuk dapat menurunkan issue 50% dalam waktu satu bulan, dari issue yang diperoleh saat pertama kali crawl.


Situs Backlink Gratis

Nah, satu lagi nih bonus yang selalu ditunggu-tunggu dalam kelas. Dapat link situs backlink gratis, hmm.. siapa yang tak tergiur? Hihi.. Kami diberikan list backlink secara bertahap. Semuanya harus dirampungkan dulu oleh semua peserta, baru akan diberikan kembali list backlink baru. Asas gotong royong rupanya, hehe..


Hasil Audit Catatanatiqoh.com

Awal mengikuti kelas ini, yang ditunggu semua peserta adalah hasil audit blog yang pertama. Hasil dari www.catatanatiqoh.com pada crawl pertama di tanggal 13 April 2021, issue yang diperoleh sampai 4000 lebih. Sungguh terlalu, haha..


Issue yang harus saya benahi, sebagian besar berkaitan dengan meta data seperti missing description, url yang terlalu panjang, judul artikel yang terlalu panjang atau pendek. Kemudian berkaitan dengan tautan yang rusak, dikarenakan url yang sudah berubah, namun pada tautan di artikel lain belum ikut dirubah.


Upaya perbaikan issue tersebut dibahas secara bersama oleh Coach Irwin dengan bebas di group. Beberapa peserta juga rata-rata memiliki issue yang sama, hehe.. Jadi, kami pun saling membantu mengatasi masalah bersama.


Berkat arahan coach dan kerjasama dari semua peserta, kami berhasil mengerjakan issue satu persatu. Akhirnya, pada crawl kedua, kami sudah berhasil menurunkan beberapa issue, bahkan ada yang sudah mencapai lebih dari 50% issue dari yang pertama, luar biasa memang semangat teman-teman. Semoga kami semua dapat terus meningkatkan performa blog kami melalui Site Audit ini. Daaan.. tetap bisa bergabung ke tahap selanjutnya.


Kesimpulan

Jadi, perlukah melakukan Site Audit untuk blog kita secara rutin dan terjadwal? Tentu saja perlu! Kita bisa mengoptimalkan website sehingga mencapai potensi terbaik. Hasilnya, pundi-pundi pendapatan juga dapat semakin baik 😉.


Bagaimana cara bergabung dengan kelas ini? Kalian bisa mengikuti informasi dari Coach Irwin di blog atau media sosialnya. Semoga kalian jadi salah satu yang beruntung juga ya. Bagaimana, sudah pernah melakukan audit blognya? Atau sudah ingin segera di-audit juga?

1 komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.