Pilihan Jasa Ekspedisi Murah ke Luar Negeri

Banyak alasan mengapa masyarakat Indonesia mengirim barang ke luar negeri. Oleh karena itu, banyak jasa ekspedisi murah yang berkembang. Banyaknya warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri, membuat permintaan pengiriman menjadi meningkat.

Mereka tidak jarang butuh barang-barang dari Indonesia. Meski dikenakan biaya yang cukup besar, namun tetap diupayakan demi kebutuhan. 

Selain itu, bertumbuhnya pasar belanja online, juga meningkatkan aktivitas ekonomi global. Pada majunya teknologi saat ini, kemudahan berbelanja online sangat membantu para pelaku bisnis dan konsumen.

Berbagai produk dalam negeri banyak di pasarkan ke luar negeri, sebagai dampak dari pasar global. Tidak hanya perusahaan besar, para pelaku usaha kecil menengah juga sudah mampu menembus pasar asing.

Jasa Ekspedisi Murah ke Luar Negeri

Banyaknya permintaan pengiriman barang ke luar negeri, mulai dari makanan hingga produk-produk khas Indonesia, menjadikan jasa pengiriman penting untuk membantu. Apalagi jika untuk keperluan bisnis penjualan barang.

Jasa ekspedisi ini menjadi bagian penting dalam mendukung proses bisnis. Beberapa perusahaan pengiriman barang juga mulai berkembang di daerah-daerah.

Pengiriman barang ke luar negeri, tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, sudah banyak pilihan jasa pengiriman barang dengan harga terjangkau. Jasa pengiriman barang ini juga sudah ada di berbagai daerah, yang dapat menjadi pilihan pengiriman barang ke luar negeri.

Peningkatan permintaan pengiriman barang ke luar negeri menjadi salah satu alasan jasa pengiriman barang terus berkembang. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital juga, pengiriman barang ke luar negeri semakin mudah dan cepat prosesnya.

Beberapa negara yang menjadi tujuan utama seperti, Amerika, Australia, China, Eropa, Hongkong dan lainnya memiliki pasar besar dari Indonesia.

Biaya Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Harga yang terjangkau tentu menjadi pilihan saat mencari jasa pengiriman barang. Apalagi untuk tujuan ke luar negeri dan melihat jumlah kiriman barang yang berat. Oleh karena itu, para pelaku bisnis online pasti akan mempertimbangkan pemilihan jasa pengiriman dengan harga yang terjangkau.

Cara menghitung biaya pengiriman barang ke luar negeri, memperhatikan tiga jenis berat, antara lain berat actual atau sebenarnya, berat volume barang dan berat barang yang ditagihkan. Perbedaan dari ketiganya akan menentukan harga yang dibebankan untuk dibayar.

Berat actual merupakan berat barang yang sudah dipacking kemudian ditimbang. Sedangkan berat volume merupakan ukuran barang setelah dipacking. Dapat dihitung dengan rumus panjang x lebar x tinggi dalam hitungan sentimeter, kemudian dibagi dengan 5000.

Selanjutnya, untuk berat barang yang ditagihkan (Chargeable Weight) adalah tagihan biaya kepada konsumen setelah melalui proses timbang dan ukur barang tersebut. Nantinya, berat yang ditagihkan adalah yang terbesar antara berat actual barang dan berat volume. Biaya jasa ekspedisi akan lebih murah berdasarkan perhitungan tersebut.

Paket dengan berat 1-2 kg dengan harga mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu, tergantung lokasi tujuan. Sedangkan harga yang diberikan untuk lebih dari 10 kg pengiriman barang, tentunya akan terhitung lebih murah. 10 kg barang dikenakan harga kisaran Rp 1,7 jutaan sampai Rp 2 jutaan sesuai Negara tujuan.

Lama Waktu Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Lama waku pengiriman barang dengan jasa ekspedisi murah ke luar negeri juga dipengaruhi oleh jenis layanan yang digunakan. Pengiriman barang yang cepat prosesnya, tentu harga yang dikenakan akan lebih mahal. Hal ini dipengaruhi juga oleh pelayanan dari para petugas dengan pemilihan penerbangan yang lebih cepat. Sehingga harga yang dibayarkan akan lebih mahal.

Rata-rata pengiriman barang ke luar negeri dari Indonesia membutuhkan waktu kurang lebih seminggu. Maksimal waktu paling lama yang dibutuhkan adalah 10 hari kerja, sampai ke alamat tujuan. Layanan ekspress juga dapat menjadi pilihan, jika ingin barang lebih cepat sampai. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 hari pengiriman akan sampai di alamat tujuan.

Pilihan Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

Keunggulan yang diberikan dari layanan pengiriman barang ke luar negeri dengan jasa ekspedisi murah adalah fokus pada pengiriman via udara. Semua jenis barang dapat dikirimkan asalkan sesuai dengan ketentuan dari setiap jasa ekspedisi. Untuk beberapa produk ini memiliki persyaratan tertentu untuk dikirim ke luar negeri, seperti:

  1. Produk Kosmetik
  2. Produk Obat-Obatan
  3. Produk Herbal
  4. Produk Makanan, seperti makanan serbuk, makanan kering, kecap, sambal, dan lainnya.
  5. Produk Kopi
  6. Produk HP dan Elektronik, dan lainnya

Beberapa barang tersebut membutuhkan surat ijin khusus untuk kejelasan pengiriman barang. Biasanya, jasa pengiriman barang ke luar negeri sudah memberikan kelengkapan pelayanan tersebut.


jasa-ekspedisi-murah

Menguruskan keperluan surat ijin untuk barang-barang khusus tersebut menjadi keunggulan tersendiri. Hal tersebut tentunya akan memudahkan konsumen untuk mengirimkan barang.

Sebagai referensi untuk semua yang ada keperluan untuk pengiriman paket barang ke luar negeri, berikut ini 3 pilihan perusahaan ekspedisi murah yang dapat diandalkan.

1. Pos Indonesia

Jasa pengiriman ini pasti sudah tidak asing lagi di Indonesia. Mereka mampu memberikan pelayanan pengiriman barang sampai ke pelosok negeri. Nah, ternyata kini POS Indonesia juga hadir memberikan pelayanan pengiriman barang ke luar negeri. Ada dua pilihan layanan yang dapat digunakan.

  • Layanan Prioritas, mencakup beberapa paket seperti EMS, POS Exspor, Paket Pos Cepat Internasional, POS Tercatat 9R Internasional dan e-Packet.
  • Layanan Standar, terdiri dari dua paket yang dapat digunakan. Pertama adalah POS Udara Internasional dengen estimasi waktu 6 sampai 10 hari sampai. Sedangkan Paket POS Biasa Internasional memiliki estimasi waktu cukup lama antara 30 sampai 90 hari.

2. DHL Indonesia

Jasa ekspedisi murah selanjutnya adalah perusahaan ekspedisi bernama DHL Express. Jasa ini juga sudah dikenal banyak pengguna di beberapa negara. Sampai saat ini, mereka sudah melayani lebih dari 200 negara dan teritori. Jadi setiap pengguna sudah dapat mengirim barang ke banyak negara.

Menariknya lagi, DHL Express menyediakan beberapa pilihan pelayanan. Seperti espres, expres worldwide, express envelope dan expres easy. Tentu saja, masing-masing memiliki estimasi waktu pengiriman yang sangat cepat. Sehingga tidak heran jika tariff kirimnya menyesuaikan dengan waktu pengiriman.

3. Indoshipping

Salah satu jasa ekspedisi murah ke luar negeri adalah Indoshipping. Mereka akan membantu kalian agar dapat mengirimkan barang ke luar negeri dengan nyaman, aman, cepat dan yang pasti tanpa ribet.

Dengan layanan dan harga yang terbaik, banyak pilihan untuk tariff pengiriman paket mulai dari yang ekonomis hingga yan expres. Sepertinya cocok sekali sebagai pilihan para pelaku bisnis online yang jangkauan pasarnya hingga ke luar negeri.

Cara Melacak Paket Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Setelah proses pengiriman barang dilakukan, tentu saja sebaiknya dilakukan pelacakan barang. Hal ini untuk memantau status pengiriman barang sudah dalam proses apa. Apalagi jika tujuannya jauh dan berhari-hari, tentu saja penting untuk melacak keberadaan barang. Hal tersebut sebagai upaya baik jika barang mengalami hambatan dalam pengiriman.

Kini, hampir semua jasa pengiriman sudah memberikan layanan tracking barang dengan mudah. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan jika pengiriman sudah diproses. Cara melacaknya juga sangat mudah, hanya melalui website agen pengiriman yang digunakan tersebut.

Proses pengiriman barang menjadi hal penting dalam suatu bisnis atau bahkan kebutuhan perorangan. Teknologi yang semakin berkembang tentu dapat memudahkan banyak orang untuk bertukar produk. Bahkan dapat dilakukan antar Negara dengan mudah. Jasa ekspedisi murah yang sudah banyak di Indonesia, dapat menjadi pilihan untuk membantu mendistribusikan barang.

Artikel Terkait:

- Tips Berkemas Sebelum Umroh

- Pengalaman Tes GeNose Naik Kereta

14 komentar:

  1. jasa ekspedisi saat ini memang mulai banyak ya, karena banyak saingannya jadi harus memberikan pelayanan yang outstanding agar dilirik pangsa pasar, salah satunya dengan memberikan fasilitas ekspedisi kirim barang ke luar negeri dengan harga yang murah

    BalasHapus
  2. Dengan adanya notifikasi online jadi lebih memudahkan juga yah, beberapa kali aku pakai jasa ekpedisi yg disebutkan diatas juga lancar dan gak ada kendala. Barang sampai dengan utuh juga.

    BalasHapus
  3. Bermanfaat banget nih mbak sharingnya, kalau mau kirim ke luar negri yang paling murah berarti pakai pos indonesia ya. Sudah bisa tracking pula, jadi lebih tenang yaaa

    BalasHapus
  4. jaman dulu hanya tahu DHL dan Pos Indonesia. Sekarang jadi lebih tahu deh, enak lagi ya mbak bisa ditracking

    BalasHapus
  5. selama ini aku tahunya tuh cuma DHL or Fedex gitu mba, ternyata Pos Indonesia tuh bisa juga untuk kirim ke LN yaa

    BalasHapus
  6. Jadi inget banget aku dulu suka kirim kartu pos ke luar negeri dan pake jasa pos. Dulu biayanya lumayan murah sih. Cuma kalau kirim dokumen ke luar negeri aku pakai DHL.

    BalasHapus
  7. aku selama ini tahunya DHL aja mba, ternyata pos indonesia pun bisa juga yah untuk melayani pengiriman barang ke luar negri.

    BalasHapus
  8. Informasi expedisi apalagi kalo harganya terjangkau dengan jaminan keamanan pasti disukai dengan para pelaku usaha deh, supaya produk lokal kita bisa mendunia ya.

    BalasHapus
  9. Aku sejauh ini kalau ke Luar Negeri selalu menggunakan DHL, kebetulan ada kakak iparku di Sydney dan beberapa saudara di negara lain yang biasanya kita suka kirim-kirim pakai DHL yang harganya masih masuk akal.

    BalasHapus
  10. Untuk pelaku UMKM, tentu penting sekali untuk mengetahui jasa ekspedisi murah ke luar negeri, demi menjangkau pasar yang lebih luas. Karena, barang-barang produksi asli Indonesia banyak sekali peminatnya di luar sana. Aku sejauh ini belum pernah ngirim-ngirim barang ke luar negeri. Terima kasih informasinya Mbak.

    BalasHapus
  11. Makasih infonya kak. Aku kadang-kadang pengen ngirim barang keluar negeri buat sodara tapi bingung mau pakai jasa pengiriman apa.

    BalasHapus
  12. Daku tahunya DHL sama Pos Indonesia untuk pengiriman ke luar negeri. Ini perlu juga sih kitanya dapat pengetahuan ini, siapa tahu nanti mau ada kirim atau menerima paket kan ya, karena belanja, eh hehe

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah mengirim paket ke luar negeri tapi tetangga ada yang pernah. Makin banyak memang lebih murah yaa, tetanggaku ngirim kripik, kerupuk sama sambal ke saudaranya di LN yg lagi ngidam makanan lokal😆

    BalasHapus
  14. Wah makasih infonya mbak. Bisa nih aku share ke suami yg sering kirim barang ke luar negeri. Membantu banget kalo harganya terjangkau, hihihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.