Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA di Universitas Gunadarma

 Memilih jurusan untuk kuliah memang harus cermat ya. Jurusan IPA di SMA pada umumnya dianggap sebagai jurusan terbaik bagi para orang tua. Sehingga, tidak sedikit dari mereka akan menyarankan para putra-putrinya untuk rajin belajar, agar dapat masuk ke jurusan favorit tersebut.


Kelebihan Memilih Jurusan IPA

Saat mulai mendaftar pada jenjang sekolah Menengah Atas, ternyata kita tidak hanya harus memutuskan sekolah yang dituju saja, tapi juga harus memutuskan hal lain: apakah akan mengambil jurusan peminatan IPA, IPS, atau Bahasa? Pilihan ini terkadang masih dianggap simpel, namun ternyata akan berpengaruh sama masa depan lho.


Jaman saya dulu, pemilihan peminatan di Sekolah Menengah Atas dilakukan saat kenaikan kelas 11. Namun kini, peminatan sudah mulai dipilih saat kelas 10. Hal ini berarti, peminatan akan dipelajari selama 3 tahun penuh. Jadi, sudah harus dipersiapkan ya dari mulai pendaftaran.


Nah, peminatan yang rupanya masih selalu menjadi primadona adalah jurusan IPA. Jurusan yang berfokus pada pembelajaran di bidang Eksakta ini memang sangatlah menjanjikan. Banyak opsi yang sangat luas untuk dipilih jika akan meneruskan ke jenjang perguruan tinggi.


jurusan-kuliah-IPA-Gunadarma

Beberapa mata pelajaran pokok yang dipelajari di jurusan IPA memang sangat menuntut kerja keras dan keuletan belajar bagi para siswanya. Mata pelajaran pokok seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi, akan menjadi makanan sehari-hari untuk dipelajari.


Tidak hanya dalam hal pembelajaran secara teori saja, mereka juga wajib untuk belajar di aspek praktikum. Meski terasa beratnya, namun 3 alasan mengapa kamu harus memilih jurusan IPA ini, dapat menjadi pertimbanganmu.


1. Kesempatan Masuk Perguruan Tinggi, Siswa Jurusan IPA Lebih Besar

Pada SNMPTN, siswa IPA mendapatkan peluang lebih besar jika dibandingkan IPS dan Bahasa. Kenapa? Karena di beberapa perguruan tinggi, memperbolehkan siswa jurusan IPA untuk mengambil opsi Jurusan Kuliah IPS atau Bahasa. Sedangkan tidak sebaiknya untuk siswa jurusan IPS dan Bahasa, tidak dapat mengambil Jurusan Kuliah IPA.


2. Pilihan Jurusan IPA Lebih Beragam

Pada pilihan jurusan kuliah di perguruan tinggi baik negeri atau swasta, pilihan prodi untuk jurusan IPA lebih banyak, jika dibandingkan IPS dan Bahasa. Pilihannya lebih beragam, dan seperti kesempatan di atas, jurusan IPA juga dapat masuk dalam pilihan prodi untuk jurusan IPS dan Bahasa.


3. Prospek Masa Depan Lebih Baik dalam Pilihan Pekerjaan

Pendidikan mengenai Sains, teknologi, engineering, sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan. Semua bidang pendidikan tersebut, dipelajari dalam jurusan IPA. Oleh karenanya, masuk jurusan IPA sudah menjadi langkah awal untuk pilihan pekerjaan yang lebih beragam juga.


Jadi, perjuangan saat sekolah di jurusan IPA yang terasa lebih berat, akan terbayar dengan bangga saat dapat masuk ke jurusan favorit di bangku kuliah. Saat akan memasuki jenjang perguruan tinggi, maka sederet jurusan kuliah IPA sudah menanti dengan beberapa opsi menarik. Sehingga, tidak kesulitan untuk memilih jurusan.


Meski demikian, sebelumnya memang disarankan agar anak SMA jurusan IPA mengenali mutu dan kualitas pendidikan dari kampus yang akan dituju. Hal tersebut dikarenakan dapat menentukan seberapa bagusnya output kompetensi yang akan diraihnya selepas lulus kuliah nanti. Kemudian untuk siap memasuki dunia kerja.


Jurusan Kuliah IPA

Jika menyebut sebuah kampus yang benar-benar mempersiapkan para lulusannya agar siap bersaing di era Revolusi Industri 4.0, maka tentu saja Universitas Gunadarma dapat menjadi pilihan. Kampus ini memiliki sederet jurusan kuliah IPA yang siap membentuk para calon mahasiswanya menjadi seorang sarjana. Tentu saja, sarjana yang tidak sekedar kompeten dalam bidang keilmuannya, namun juga memiliki pemahaman dan ketrampilan saat bekerja. Dengan memanfaatkan kecanggihan sistem teknologi dan informasi.


Nah, berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah IPA yang dapat menjadi prospek yang bagus bagi para siswa-siswa SMA dengan jurusan IPA se-Indonesia.


1. Kedokteran

Jurusan ini sudah pastti paling banyak diincar oleh para orang tua siswa-siswi SMA yang hendak memilih di jurusan kuliah IPA. Tentu saja hal ini dikarenakan menjadi seorang Dokter masih menjadi cita-cita yang paling diimpikan oleh banyak siswa di Indonesia.

Apalagi di masa pandemi dan banyaknya jenis penyakit-penyakit baru yang terus muncul, menjadikan seorang Dokter dan tenaga kesehatan lainnya sebagai garda terdepan yang paling diandalkan untuk menanggulangi dan merawat para pasien. Terutama saat ini adalah pasien Covid-19.

kedokteran-Gunadarma

Selain itu, hadirnya Era Revolusi Industri 4.0 juga akan membuat profesi Dokter menjadi lebih penting lagi di bidang kesehatan. Hal ini untuk menunjang daya saing bangsa Indonesia. Maka, memilih jurusan di Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma merupakan salah satu opsi yang menjanjikan.


Kampus ini juga terus berpacu dalam meningkatkan mutu pendidikannya hingga mencapai taraf Internasional. Selain itu juga terus berupaya dalam mencetak para Dokter yang tidak hanya mahir dalam bidang keilmuannya. Namun juga, dapat bekerja dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada pada era saat ini.


2. Teknik Industri

Jurusan Kuliah IPA yang satu ini juga menyajikan prospek kerja yang sangat menjanjikan di Era Revolusi Industri 4.0. Lulusan teknik Industri memiliki peluang yang sangat besar untuk masuk ke berbagai bidang industri. Seperti jasa keuangan, teknologi, serta konsultasi dan juga pelayanan masyarakat. Menjadikan, keberadaan para sarjana teknik industri sangatlah penting bagi perusahaan dalam mengolah sebuah informasi, terlebih, di era Revolusi Industri 4.0 yang serba digital ini.

teknik-industri-gunadarma

Pada akhirnya, hadirnya era revolusi justru akan semakin mendukung rekatnya hubungan antara sebuah perusahaan dengan para konsumennya. Maka, jurusan kuliah IPA yang satu ini akan benar-benar menjadi sebuah prospek yang sangat menjanjikan. Apalagi jika ditempuh di sebuah kampus yang benar-benar serius untuk mencetak para calon sarjana Teknik Industri yang siap bekerja dan bersaing di era ini. Tentu saja, pilihannya ada pada jurusan Teknik Industri di Universitas Gunadarma.


3. Teknik Informatika

Selanjutnya, yang juga tidak kalah menariknya Jurusan Kuliah IPA yang kini sedan naik daun, adalah Teknik Informatika. Jurusan ini juga menawarkan prospek kerja yang sangat potensial di era Revolusi Industri.


Jurusan ini akan menjadi sebuah peluang yang sangat memungkinkan terserap ke dunia kerja dengan lebih cepat. Bayangkan saja, kini kebutuhan informasi terus meningkat, dan fasilitas tersebut dapat dikerjakan oleh para tekniksi informatika.


Teknik Informatika merupakan sebuah disiplin ilmu komputer yang berkaitan dengan data ataupun informasi pada sebuah komputasi. Teknik Informatika memiliki beberapa cabang keilmuan, seperti sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi.


Sehingga, alumnus Teknik Informatika akan mampu dengan mudah mengikuti perkembangan teknologi, yang menjadikannya lebih banyak dibutuhkan di dunia kerja. Seperti menjadi Web Developer, Analis Sistem, Konsultan IT, dan sederet profesi lainnya. Maka, menempuh juruan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma menjadi salah satu pilihan yang tepat.


Dengan persaingan dunia kerja yang semakin ketat, maka Kampus ini secara progresif terus berbenah agar kurikulum pembelajaran berbasis kompetensinya mampu mencetak alumnus yang sangat matang secara kompetensi kerja. Sehingga, output yang diharapkan, semua lulusan akan dengan mudah menyelami persaingan dan tuntutan kerja di era Revolusi Industri 4.0.


Pada akhirnya, hasil yang terlihat adalah bagaimana daya saing bangsa Indonesia juga dapat terus bersaing dengan negara-negara lainnya, termasuk di bidang Teknologi. Oleh karena itu, para siswa harus terus giat belajar demi mewujudkan kemajuan Bangsa sendiri. Pilihan rekomendasi Jurusan IPA Gunadarma ini, semoga dapat menjadi semangat.

10 komentar:

  1. Iya sebenarnya jurusan apa pun baik bagi calon mahasiswa jika sesuai dengan minatnya. Hanya khusus di Gunadarma jurusan IPA jadi favorit. Semoga jurusannya yang ditawarkan sudah terakreditasi.

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya dong. Untuk jurusan kedokteran itu, mahasiswa Universitas Gunadarma akan diminta magang koass di rumah sakit mana?

    BalasHapus
  3. Iya, jamanku juga pemilihan jurusan dimulai dari kelas 2, duulu masih Fisika, Biologi, Sosial. Teringat omongan bapakku yang lebih menyarankan masuk IPA,dan hasil psikotes pun disarankan Fisika or Biologi. Jurusan IPA benar adanya gampang kmana mana apalagi dalam hal pekerjaan.
    Wah, apalagi Gunadarma kalo jurusan IPAnya menjadi favorit asik banget, rekomen yaa.

    BalasHapus
  4. Gunadarma ini yang terkenal jurusan dari teknik itu ya Tiq? Pernah denger juga termasuk yang terbaik di Indonesia

    BalasHapus
  5. baru tau ada kedokteeran di Gunadarma, karena 2 adik saya lulusan teknik informatika Gunadarma

    jaminan mutu, dan jaringannya luas, sehingga lulusannya mudah bekerja

    BalasHapus
  6. Belajar yang semangat, apalagi ketika sudah memilih jurusan kuliah ya, apalagi masuk ke kampus asik ini. Semangat..semangat

    BalasHapus
  7. Aku dulu pengen sekolah di SMA ambil jurusan IPA, tapi pada akhirnya berlabuh di SMK. Pengennya ade bungsu ambil IPA juga nanti, biar ambil kedokteran. Eh malah pengennya SMK juga.
    Buat yang ambil IPA banyak pilihan jurusan ya.

    BalasHapus
  8. Gunadarma kampusnya memang bagus, mbak. Temen saya juga kuliah disitu ngambil jurusan manajemen, dan saya baru tahu ternyata ada jurusan kedokteran di kampus gunadarma, kereen.

    (Alya)


    (Alya)

    BalasHapus
  9. Jadi cara inget dulu masuk IPA g3gara pengen kuliah d MIPA hehe

    BalasHapus
  10. Dulu aku juga disarankan masuk IPA karena banyak pilihan tapi aku sukanya jurusan IPS hehe
    Universitas Gunadarma ini memang udah terkenal ya bagus.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.