SEO Mom Community, Tempatnya Ibu Belajar Ngeblog

SEO Mom Community menjadi tempatnya Ibu belajar ngeblog, nihBergabung dengan komunitas, menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari. Disekitar kita, ternyata banyak lho, komunitas yang sudah berdiri. Mulai dari untuk tujuan sosial, mengembangkan minat dan bakat, ataupun hanya untuk tempat menyalurkan dan memperdalam kesenangan. 


Sudah pasti akan sangat menguntungkan bergabung dengan komunitas. Apalagi jika komunitas yang kita ikuti sejalan dengan kesenangan dan juga minat kita ya?


Lalu, apa itu SEO Mom Community? Kali ini, saya akan sedikit memperkenalkan komunitas yang saya ikuti. Komunitas bagi para blogger yang ingin memperdalam wawasan seputar blog. Saya mengikuti komunitas ini karena sejalan dengan apa yang menjadi minat saya. Bersyukurnya, banyak ilmu cuma-cuma yang saya dapatkan di sini.


Apa Itu SEO Mom Community?

Komunitas ini jadi salah satu tempatnya Ibu belajar ngeblog. Merupakan wadah para blogger perempuan untuk belajar mengenai SEO (Search Engine Optimization). Meski namanya "MOM", bukan berarti harus yang sudah buk-ibuk macam saya ini yang boleh ikutan, hihi.. banyak juga para perempuan single yang ikut bergabung dan belajar bersama.


SEO-Mom-Community

SEO Mom Community (SMC) dibentuk pada tanggal 25 Januari 2020 oleh M. Sahlan atau lebih akrab disapa Bang Qbenk. Beliau adalah salah satu blogger SEO dari Pontianak. Kenapa laki-laki ini justru mendirikan Komunitas untuk para perempuan? Hihi.. Dibantu oleh Sari Widiarti seorang Lifestyle blogger asal Surabaya, mereka mendirikan komunitas ini sebagai bentuk dedikasi untuk Ibunda Bang Qbenk.


Perkembangan SEO Mom, kini semakin luas. Mulai dari penerimaan anggota Komunitas hanya untuk beberapa blogger di kota-kota besar saja, kini sudah mulai ke berbagai daerah para anggotanya. Bahkan karena membludagnya permintaan para anggota, kini keanggotaan SEO Mom sudah dipecah menjadi 7 bagian sesuai wilayah di Indonesia. Hal ini untuk mempermudah koordinasi kegiatan dalam sebuah Komunitas.


Belajar SEO Basic Gratis

Lalu, apa yang didapatkan dengan bergabung dalam Komunitas ini? Tentu saja ilmu ngeblog secara cuma-cuma. Terutama ilmu mengenai SEO. Pengalaman Bang Qbenk dalam dunia SEO sudah beliau geluti sejak 15 tahun yang lalu. Sudah pasti ilmunya dapat dibagikan kepada teman-teman blogger pemula.


Materi yang disampaikan seputar pengenalan dasar SEO onpage dan offpage dengan metode penyampaian yang santai. Jadi sudah pasti akan lebih mudah dipahami oleh para buk-ibuk hehe.. Apalagi, waktu untuk belajar juga disesuaikan dengan kesibukan para buk-ibuk ini, hehe..


Satu hal yang membuat nyaman gabung dengan komunitas ini adalah penyampaian materi yang jelas, benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan sebagai blogger pemula. Bang Qbenk dan Mbak Sari juga menjawab semua pertanyaan dari kami dengan telaten, dari yang gampang sampai yang rumit, hihi..


Belajar SEO disini, benar-benar dimulai dari basic. Waktu belajar berlangsung selama beberapa pekan dengan beberapa tugas yang diberikan. Adanya tugas dimaksudkan agar kami bisa memahami lebih dalam lagi jika sudah mem-praktikkan-nya sendiri. Selain materi dan tugas yang diberikan, juga banyak diskusi-diskusi ringan sampai berat yang masih terus berlangsung hingga kini. Bahkan ada juga bimbingan khusus untuk para blogger yang akan berjuang mengikuti lomba blog khusus per-SEO-an.


Salutnya, apa yang dirintis oleh Bang Qbenk dan Mbak Sari ini tidak bersifat komersil alias gratis seratus persen. Luar biasa ya.. Semuanya hanya bertujuan untuk dapat berbagi dan meningkatkank kemampuan blogger dalam bidang SEO.


1. Pemahaman Dasar SEO

Meski sudah sedikit tahu tentang SEO ini sebelum mengikuti Komunitas SEO Mom, namun baru dari sinilah, saya mendapatkan penjelasan yang lebih paham dan dapat dimengerti. Bang Q-benk menjelaskan jika SEO merupakan sebuah teknik untuk menempatkan blog kita agar berada di halaman mesin pencari (Google).


Nah, untuk bisa ada di halaman mesin pencari ini, apalagi di halaman pertama mesin pencari, ternyata ada tips dan trick-nya lho. Bukan tentang sulap dan sihir nih, hehe.. tapi benar-benar perlu dipelajari dan diterapkan di blog kita. Dan rupanya tak semudah itu.


Mulai tahun 2011, menurut Bang Q-benk, disinilah awal mula SEO diberlakukan. Google sebagai mesin penelusur terbesar mulai melakukan aturan ketat dengan mengeluarkan algoritma penelusuran. Tentu saja, dari tahun ke tahun semakin berkembang jenis algoritmanya. Hal ini tentu saja sempat membuat kelimpunan para blogger. Oleh karena itu, perlu untuk terus mempelajari dan menerapkan SEO, baik onpage ataupun offpage, sebagai pondasi awal sebuah blog.


2. Kelas SEO Mom Basic

Kelas pembelajaran ini dilakukan via online, dengan bergabung dalam sebuah Group WA. Materi pembelajaran dan tugas-tugasnya diberikan secara intens dan terjadwal selama 1 bulan.


Pemberian materi dilakukan di waktu yang sudah disepakati bersama, untuk memudahkan para buk-ibuk ini belajar, tanpa mengganggu tugas utamanya sebagai seorang IBU.


Mulai dari materi awal mengenai pemberian Judul dan Deskripsi Blog pun ternyata menjadi hal penting untuk menunjang performa Blog kita. Hal ini akan menjadi Branding dan kata kunci untuk menemukan blog kita.


Selanjutnya, materi onpage yang diberikan antara lain, heading blog, niche serta content pillar yang ternyata penting juga keberadaannya dalam sebuah blog. Kemudian materi mengenai RSS Feed, Keyword, dan penggunaan Google Search Console.


Sedangkan untuk materi offpage yang diberikan, seperti memperkuat backlink, link building dan link wheel. Kami juga belajar untuk meningkatkan trafik secara organik di mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Selain itu, kami juga dibimbing untuk terus meningkatkan kulaitas blog yang mampu meningkatkan kualitas rating DA blog kita.


Meski berlangsung santai, namun semua peserta dituntut untuk tetap aktif. Sehingga pemateri juga akan menerti sudah sejauh mana peserta paham dengan materi yang diberikan. Beberapa peserta yang tidak terlihat aktif dalam diskusi, akan dikeluarkan dari group, huhu.. sayang sekali.


Kelas SEO Mom Basic ini, merupakan kelas awal yang harus diselesaikan untuk dapat masuk ke SEO Mom Community.


Manfaat Belajar SEO

Nah, melihat materi yang diberikan mengenai SEO tersebut, ternyata mempelajari SEO penting untuk para blogger. Apa saja manfaatnya yang bisa diperoleh? Berikut ini 4 manfaat yang sudah saya rasakan dengan terus menerapkan SEO baik onpage maupun offpage.


manfaat-belajar-seo

1. Mendatangkan Traffic

Menerapkan penggunaan SEO dengan tepat, akan membuat blog kita lebih berpotensi untuk berada di halaman pertama atau ada di peringkat pertama indeks mesin pencari. Hal ini yang sudah saya rasakan. Dari tugas yang diberikan saat materi belajar, blog saya berasa di peringkat 3 halaman terdepan mesin penelusur. Sebuah awal yang baik bagi saya.


2. Situs Lebih Terkenal

Tentu saja, tidak akan ada pembaca yang tiba-tiba datan ke blog kita. Kecuali kalau dia mau 'kepo-in' kita, hehe..


Pengguna internet cenderung akan mencari sebuah informasi melalui mesin pencari. Nah, dalam mencari informasi, mereka pasti akan menggunakan kata kunci untuk mendapatkan informasi selanjutnya yang lengkap. Nah, dengan penerapan SEO dalam blog kita, kemungkinan untuk ditemukan oleh para pembaca akan meningkat.


3. Menjadi Rujukan

Selanjutnya, jika blog kita sudah ditemukan oleh pembaca yang membutuhkan informasi, mereka akan terpuaskan dengan isi blog kita yang sudah dioptimasi dengan baik. Kepuasan mereka akan terbayar dan kemungkinan untuk kembali mengunjungi blog kita akan lebih besar.


Apalagi, jika blog kita mempunyai niche khusus, misalnya saja tentang kesehatan. Mereka yang tadi sudah mengenal blog kita, pasti akan kembali mencari rujukan ke blog kita lagi jika mencari informasi mengenai kesehatan. Hal ini yang menjadi peluang blog untuk dijadikan rujukan.


4. Mendapatkan Keuntungan

Nah, ini dia manfaat yang ditunggu-tunggu, hehe.. Jika semakin banyak pengunjung, tentu saja akan banyak para blogger atau situs website yang mau menanamkan link mereka ke blog kita. Nah, sebagai imbalannya, tentu saja kita akan mendapatkan bayaran yang sesuai dengan performa blog kita.


Selain itu, kita juga dapat memonetisasi blog dengan iklan digital yang ditampilkan dalam blog yang kita kelola. Semakin banyak orang yang berkunjung ke blog kita, sudah pasti akan menambah view iklan tersebut, apalagi mereka sampai tertarik dan mengklik iklan, akan semakin meningkat juga penghasilan kita.


Artikel Terkait:

Alasan Mengapa Memilih Ngeblog Ala Ibu Rumah Tangga

3 Keuntungan Bergabung dengan Komunitas Blogger

Meningkatkan Skill di Kelas Monetisasi Blog Bersama Skill Academy


Cara Bergabung dengan SEO Mom Community

Jadi, penasaran kan mau gabung juga di komunitas buk-ibuk kece ini? Kini SEO Mom bisa diikuti sesuai dengan wilayah tinggal kalian lho. Nah, agar tidak tertinggal info pendaftarannya, follow facebook dan instagram @seomoms atau website resminya di https://seomoc.my.id/.


Pandemi ini memang membatasi ruang gerak kita untuk bertatap muka langsung, namun sungguh tidak membatasi kami semua yang semangat belajar. Terima kasih SEO Mom Community, sudah menjadi tempatnya Ibu belajar ngeblog. Semoga ilmu SEO ini dapat memberikan manfaat untuk semuanya, kami dapat menerapkannya untuk tujuan baik.

x

22 komentar:

  1. Salam kenal ya mbak kita satu angkatan hahah. Banyak ilmu yang didapat ya mbak bersyukur banget saya juga bergabung di Seo Moms Community.

    BalasHapus
  2. Di Cianjur ini sudah adakah seo mom nya? Apa harus ke Bandung atau Jabodetabek gabungnya?

    BalasHapus
  3. Wah luat biasa comunitasSeomom, jadi pengem ikutan barangkali bligku jg bisa hits kalau ngikutin materi2nya... Tp sayang saya bukan cewek heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. mungkin istrinya atau saudara perempuannya bisa direkomendasikan kalau suka ngeblog jg hehe

      Hapus
  4. Ada banyak kegiatan seru di SEO Mom. Tapi sayangnya cuma untuk ibu-ibu dan calon ibu-ibu eh. Aku mau ikut nggak bisa terus. Kan, aku bapak-bapak. Tapi bagusnya sih ada teman-teman yang ikut SEO Mom. Jadinya bisa nanya-nanya.

    BalasHapus
  5. Ouw aku baru tau nih tentang komunitas SEO MOM. Apalagi kan menulis dengan kaidah SEO dan bikin blog yang SEO nya kece memang nggak mudah dipelajari buat para buibuk. Solusi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul nih, bisa jadi lebih semangat buat belajar SEO, meski makin pening kepala ibuk nih hehe

      Hapus
  6. Saya mau donk gabung... Sebagai Mom Blogger, rasanya kurang lengkap kalau tidak ikut komunitas satu ini. Hahaha.. Apalagi pernah denger bisa ngajarin cara menang loba dan sejenisnya.. Makin kepo dan tertarik deh...

    BalasHapus
  7. Mempelajari SEO dari basic dengan cara santai...wah bagus ini buat ibu belajar ngeblog. SEO Mom community jadi solusi sehingga ngeblognya dah sesuai dengan ketentuan SEO yang ada. Salut untuk semangat pendiri dan para anggota komunitasnya

    BalasHapus
  8. Ngumpulin ibu-ibu belajar SEO tentu ada tantangan tersendiri ya mba. Soalnya perempuan itu banyak keponya dan banyak nanyanya. Kebayang saya bagaimana tim SEO Mom menerima segudang pertanyaan dari ibu-ibu anggotanya. Wkwkwk. Tentu saja kalo mereka berhasil mempraktikkan ilmu dasar dengan benar, menjadi kepuasan tersendiri bagi para instrukturnya. Semoga SEO Mom Community makin kompak ya.

    BalasHapus
  9. Senengnya itu di Seo Moms Community kita diajarin SEO ya Mbak,, sehingga diharapkan blog kita bs ditemukan di halaman muda Google yahh

    BalasHapus
  10. hwaa selamat belajar dengan seo moms community kak atiiqqq, mudah2an nanti ilmunya bisa ditularin ke kita kita nihh

    BalasHapus
  11. Mau juga dong gabung si SEO Mom Community. Aku kebetulan lagi belajar SEO lebih dalam lagi dari on page maupun offpage. Nah, offpage ini nih yang kadang bingung buat praktekinnya.

    BalasHapus
  12. Gak rugi ya mbak kita masuk SEO moms, saya juga ikut kok untuk area Jatim. Bener-bener ilmunya daging banget dan meresep sampai ke otak terdalam, hehehe

    BalasHapus
  13. Banyak ilmu yg didapatkan dengan bergabung di Seomoms ya mba, senang sekali saya bisa bergabung di area sumatra :)

    BalasHapus
  14. Ku sering melihat SEO MOMS ini, kece banget karena baru berumur jagung sudah bisa juga menjuarai kontes SEO. Kece sih karena merangkul ibu-ibu biar makin produktif dalam ngeblognya, blog jadi ikut kece. Ini yang bergabung harus yang sudah moms ya kak berarti?

    BalasHapus
  15. Aku ada perasaan menyesal karena tidak memaksimalkan kelas ini kak. Awalnya karena orangtua sakit, jadinya saya keteteran dan gak sempat mengikuti kelas dengan baik.
    Kalo kelas ini ada lagi, saya mau...

    BalasHapus
  16. Seru ya belajar bareng SEO Moms.Jadi ingin ikutan, semoga dikesempatan selanjutnya bisa ikut merasakan pembelajaran ini, jadi makin tambah semangat ngeblognya.

    BalasHapus
  17. Huhuhu, pengen banget ikut belajar di SEO Moms tapi belum rezekinya nih. Selalu telat dapat infonya. Semoga kalau ada pendaftaran lagi bisa ikutan aah.

    BalasHapus
  18. Masyaallah mbak Atiqoh keren meramu tulisannya. Jadi penasaran ending kelas SEO MOms Community ini. Mudah-mudahan bisa mengikutinya dengan baik

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.