Lima Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Bagi Para Ibu Muda

Beberapa bulan ini, sedang terpikirkan untuk membeli mobil keluarga. Namun, dari pertimbangan harga dan uang yang ada, sepertinya kami baru mampu membeli mobil bekas. Mobil bekas memang dijual dengan harga yang lebih miring, meski nantinya tidak akan mendapatkan layanan purna jual, seperti garansi, service rutin di bengkel resmi, dll. Selain itu, ternyata membeli mobil bekas lebih banyak hal yang harus diperhatikan.


Nah, disamping kekurangannya tersebut, namun ada juga keuntungannya selain harganya yang lebih miring. Masih soal harga juga, kalau mobil bekas dijual kembali, harganya tidak akan jatuh jauh berbeda dengan harga kita beli. Bahkan, bisa mendapatkan keuntungan jika kendaraan dalam keadaan bagus dan terawat.


Tips Membeli Mobil Bekas

Pikiran untuk membeli mobil juga dikarenakan kondisi pandemi yang masih belum usai. Sedangkan kami, yang dulu lebih senang memanfaatkan fasilitas kendaraan umum, kini harus menahan diri untuk sementara tidak keluar rumah. Tapi, sering sekali kerepotan jika ada hal mendadak yang harus dikunjungi namun lokasinya tidak dapat ditempuh jika dengan kendaraan roda dua yang kami punya.

tips-membeli-mobil-bekas


Dari hal tersebut, kami mencoba untuk mencari informasi mengenai mobil bekas. Jadi, ada tips yang akhirnya saya pelajari untuk mencari mobil bekas yang masih prima untuk dijadikan mobil keluarga. Setelah banyak mencari dan ngobrol dengan para spesialist mobil bekas, 5 hal ini perlu diperhatikan saat mencari mobil bekas.


Mobil bekas yang dijual di pasaran, harganya juga bervariasi, mulai dari puluhan juta, hingga masih ada juga yang harganya ratusan juta. Jadi, untuk mendapatkannya, kita harus benar-benar teliti memperhatikan segala aspek, jangan sampai seperti membeli kucing dalam karung. Terkecoh hanya bodi mobil yang kinclong saja, tapi mesin juga harus diuji.


1. Ajak Ahli

Nah, saat kami mencoba main ke beberapa showroom mobil bekas milik teman, mereka banyak yang menyarankan untuk membawa ahlinya jika akan melakukan pengecekan kondisi mobil. Apalagi jika masih awam soal per'mobil'an. 


Melakukan pengecekan mobil seken membutuhkan ketelitian. Banyak bagian yang harus diperiksa dengan detail untuk memastikan kalau mobil masih layak pakai dan  kondisinya masih sehat. Jika para ibu muda yang sudah paham dengan mobil, mungkin pengecekan tidak menjadi masalah yang rumit.


Namun, memang lebih aman agar membawa ahlinya atau mekanik yang paham dengan mobil. Atau bisa juga dibawa langsung ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan lengkap.


2. Pilih Showroom Besar

Nah, tips yang kedua ini memang masuk akal. Meski membeli barang bekas, namun dengan harga yang masih jutaan tentu saja tidak ingin mendapatkan yang abal-abal. Oleh karena itu, kita lebih baik mencari barang yang akan dibeli di tempat yang aman dan terpercaya.


Selain itu, di showroom mobil bekas yang besar, pilihan jenis mobilnya lebih banyak. Kita juga diharapkan lebih aktif untuk bertanya, segala macam, tidak perlu sungkan apalagi jika masih awam seperti saya, hehe..


Sebagi alternatif juga, tentu saja jangan hanya mendatangi satu showroom saja ya!


3. Test Drive

Paling penting selanjutnya nih, kita harus mencoba! Mengetahui kondisi mobil apalagi bekas, tentu saja tidak hanya dari luarnya saja kan? Jadi kita harus mencoba untuk mengendarainya. Dengan begitu, kita akan lebih tahu kenyamanan dan kondisi mobil sepenuhnya.


Banyak orang bilang, memilih mobil juga seperti memilih jodoh untuk menemani kita sehari-hari. Apalagi kalau nantinya mobil ini akan diandalkan untuk kegiatan sehari-hari. Sudah pasti perlu mendapatkan yang 'klik' dengan kita.


Lakukan test drive langsung, mulai dari bagian kemudinya, kaki-kaki, pengereman, kopling, kondisi mesin sampai kenyaman di dalam mobil saat kita mengendarainya.


4. Sejarah Perawatan Mobil

Saat melihat kondisi mobil bekas, kita juga wajib untuk mengetahui sejarahnya. Mulai dari tahun pembelian, jarak tempuhnya, dan jangan lupa tanyakan juga sejarah perawatannya.


Menurut teman kami yang ahli, jarak tempuh tidak menjadi patokan dan juga tidak terlalu berpengaruh pada kondisi mobil. Justru yang paling penting adalah bagaimana mobil tersebut dirawat selama digunakan oleh pemilik sebelumnya. Juga sejarah kejadian yang menimpa mobil tersebut, misalnya terkena banjir, kecelakaan, dll.


5. Kelengkapan Surat

Jika sudah puas memeriksa kondisi mobilnya, nah giliran periksa surat-suratnya. Penting juga kan? Masa kita mau beli mobil bodong, hehe..


Mulai dari STNK, BPKB, dan juga surat pendukung lain jika ada. Bila perlu, kita bisa melakukan pengecekan apakah surat-surat tersebut bermasalah atau tidak, bisa secara online.


Pasar Mobil Bekas

Pasar mobil bekas juga memiliki banyak pilihan. Jika ingin mencari mobil bekas, kita perlu mencari yang juga sesuai budget kita. Juga disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan sehari-hari.


Tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah dengan harga yang kita bayarkan itu fitur-fiturnya sudah sesuai dengan yang harus kita miliki untuk menunjang mobilitas sehari-hari? Kita masih perlu memperhatikan mengenai suku cadang, ketersediaan bengkel resmi, biaya perawatan mobil selanjutnya, dan hal-hal yang bisa jadi kendala dari mobil tersebut.

pasar-mobil-bekas-online-jakarta

Nah, jika masih kesulitan untuk mencari secara langsung dari satu showroom ke showroom lainnya, kini sudah ada situs showroom mobil bekas secara online. Membeli mobil bekas via online dapat memudahkan untuk mencari yang lebih spesifik. Mulai dari jenis mobil, warna, sampai kisaran harga jualnya.


Mencari mobil bekas jakarta lebih banyak pilihannya. Hal tersebut dikarenakan mobil-mobil di Jakarta banyak mengalami perubahan ke mobil versi baru, sehingga perputaran mobil di ibu kota bisa dikatakan sangat cepat. Jadi, tidak heran kalau mobil bekas jakarta hampir selalu update setiap harinya. Kualitasnya pun tidak kalah dengan yang baru.


Meski banyak pilihan mobil bekas, namun mencarinya di daerah Jakarta dan sekitarnya tidak mudah. Apalagi jika kita harus bekerja dari pagi sampai sore. Belum lagi soal macet. Nah, dengan adanya situs showroom mobil bekas secara online, akan memudahkan kita memilih mobil bekas darimana saja. 


Situs tersebut menawarkan kemudahan proses, sehingga tidak menghabiskan waktu banyak saat membeli mobil bekas. Selain itu, kita juga dapat dengan mudah mencari mobil seken dari berbagai daerah.


Seperti mobil bekas semarang, kita tentu tidak perlu jauh-jauh dari Jakarta ke Semarang, dapat kita cari melalui situs online, hanya dengan modal smartphone atau laptop. Dari situs tersebut kita juga dapat mengetahui lebih dulu kisaran harga, jadi lebih mudah untuk disesuaikan dengan budget. Semakin mudah ya!


Harga Jual Beli Mobil Bekas Semarang

Harga jual beli mobil bekas Semarang mempunyai sedikit perbedaan dengan harga mobil di Jakarta. Meski unitnya yang dijual memiliki tipe yang sama dan tahun produksi yang sama, belum tentu harga jualnya juga sama. Banyak faktor yang mempengaruhi harga jual mobil bekas. 


Salah satu hal yang paling mempengaruhi adalah ketersediaan barang. Biasanya, di luar Jabodetabek, ketersediaan mobil bekas tidak sebanyak di wilayah tersebut. Sehingga mengakibatkan harga mobil bekas untuk unit tertentu dapat lebih mahal. 

harga-jual-beli-mobil-bekas-semarang

Oleh karena itu, lebih banyak yang mengincar mobil bekas Jakarta untuk dijual ke luar wilayah, seperti Semarang, Surabaya, Balikpapan, hingga Papua. Luar biasa ya ternyata permintaan mobil semakin banyak, kita juga harus perlu ikut memikirkan dampaknya, seperti kemacetan dan polusi. Jadi, alangkah lebih baik jika dapat digunakan secara bijak.

9 komentar:

  1. Setuju banget. Poin poin penting ini. Apalagi sejarah si mobil. Jangan sampe kita beli mobil bekas tapi nanti banyak biaya lain-lainnya lagi ya.

    BalasHapus
  2. Beli mobil bekas nggak lagi was-was, karena udah baca tips ini nih, hehe..

    BalasHapus
  3. benar sih mbak, dulu abahku pas mau beli mobil bekas tanyanya ke mas iparku yang tinggal di jakarta. dan memang lebih banyak pilihan serta harganya lebih beragam kalau beli mobil bekas di jakarta tuh

    BalasHapus
  4. Keberadaan mobil sebagai sarana transportasi keluarga cukup penting ya, apalagi kalau anak lebih dari satu terus udah cukup besar pula. Gak akan muat kalau dibonceng motor dan agak sempit. Kalau perjalanan jauh cukup menyiksa juga.karena hal ini aku juga kepikiran beli mobil bekas sih, dibanding beli motor gede atau yang lagi hype macam nmax. Harga mobil bekas ada yang setara nmax soalnya, aku sih lebih milih mobil ya. Gak keukanan, nyaman. Teduh dan bisa bawa barang juga. Tapi bener sih, harus hati hati hati saat beli. Harus bawa ahlinya, cek riwayat perawatan dan test Drive . Mengingat mobil bekas kan agak rawan ya kalo gak hati hati

    BalasHapus
  5. bener banget nih mba tips-tipsnya, sangat bermanfaat untuk yang ingin membeli mobil bekas

    BalasHapus
  6. Beli mobil bekas memang harus butuh referensi yg banyak ya mba agar tidak salah beli. Kuatir nanti biaya perbaikan malah lebih banyak

    BalasHapus
  7. Tips yg cukup bagus dan menginspirasi kaum mama muda, semoga tips-tips ini dapat diwujudkan dgn cepat

    BalasHapus
  8. Tipsnya pas banget nih. Aku juga ada rencana cari mobil buat keluarga. Biar hemat, mau cari yang bekas aja gitu.

    BalasHapus
  9. Allhamdulilah kakaku jual beli mobil bekas mbak. Jadi kalau ada saudara yang mau beli selalu ngajaknya dia. Makasih tipsnya mba Tiqoh

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.