InvestasiKu, Aplikasi Investasi Saham Terbaik untuk Belajar Investasi Bagi Pemula

Dua tahun yang lalu, barang-barang branded yang lagi hype itu menggoda banget. Apalagi kalau limited edition ya. Selalu jadi wishlist yang harus aku dapatkan kalau sudah gajian. Hmm.. se-bar-bar itu hidupku dulu. Tapi, aku bersyukur karena cepat tersadar, untuk lebih melek finansial dan mencoba investasi.


Mungkin karena rasa yang sudah puas dan sudah pernah di masa-masa sebelumnya, jadi membuatku sudah hilang "rasa ingin" untuk membeli barang-barang branded lagi. Sekarang, setiap ada uang masuk, investasi jadi pilihanku.


Beruntungnya, suami juga sudah mulai saling mendukung untuk mengelola keuangan dengan menginvestasikan. Lalu bagaimana langkah yang harus dilakukan saat akan memulai investasi?


Belajar Investasi Bagi Pemula

Investasi merupakan penanaman modal pada suatu badan atau lembaga, aset berharga, atau perusahaan, dalam rangka mendapatkan keuntungan di masa depan.


Adapun, bentuk investasi bermacam-macam, yaitu bisa berupa reksadana, obligasi, saham, emas, atau properti, demi mendapatkan keuntungan atau penambahan nilai di kemudian hari.


Selain bentuknya, ternyata periode investasi tersebut juga dibagi berdasarkan waktunya. Ada jangka pendek, menengah dan panjang.


Nah, kenapa akhirnya aku memutuskan untuk berinvestasi? Karena dengan berinvestasi, imbal hasil yang didapatkan biasanya lebih besar daripada menabung. Hal ini ternyata, karena dapat membantu investor menyesuaikan diri dengan inflasi yang terjadi setiap tahunnya.


Banyak laman tentang investasi yang akhirnya aku pelajari. Warren Buffett masuk ke dalam jajaran orang terkaya ke-4 menurut Forbes dengan total kekayaan mencapai US$ 93,2 miliar atau sekitar Rp 13.079 triliun.


Untuk berada di posisi ke-4 tersebut, Buffett diketahui sudah mengetahui cara investasi sejak masih berumur 11 tahun. Wow! dan aku baru tahu investasi saat usiaku sudah masuk kepala tiga, ihik..


Tidak hanya Buffett, banyak juga miliarder yang berhasil meraih kekayaannya lewat investasi. Soalnya, keuntungan yang didapatkan dari investasi bisa membuat kekayaan kamu semakin bertambah. Itulah kenapa investasi bisa kita katakan sebagai passive income, atau uang yang bekerja untuk kita.


Nah, tapi, semua pekerjaan tentu ada risikonya, begitupun investasi. Oleh karena itu, sebelum akhirnya kita memutuskan untuk berinvestasi di salah satu instrumen, penting untuk belajar investasi, setidaknya mengenal apa itu investasi, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.


Mengenal Apa itu Investasi?

Sebagai pemula, pastikan kita sudah punya pengetahuan dasar mengenai investasi dan pasar modal sebelum memulai perjalanan panjang menjadi sebagai seorang investor ya!


Sekarang, di era yang serba canggih ini, semuanya sudah serba mudah. Ada banyak cara dan tempat untuk mempelajari investasi. Bisa mulai belajar autodidak, atau bisa juga dengan bantuan mentor. Belajar online atau offline, ikut kelas gratis hingga yang berbayar.


Intinya, yang memudahkan kita untuk memahami lebih cepat dan mendalam. Jadi, pilihlah sumber yang paling sesuai dengan budget dan metode belajar kita.


Belajar Investasi, Dimana?

Nah, aku punya 3 sumber yang bisa dijadikan acuan untuk belajar investasi bagi pemula. Mungkin kalian juga bisa belajar dari sini.


1. Sekolah Pasar Modal (SPM) – IDX

Sekolah pasar modal (SPM) merupakan program yang diadakan Indonesia Stock Exchange (IDX) atau yang dikenal juga dengan nama Bursa Efek Indonesia (BEI). SPM secara rutin mengadakan kelas-kelas pendidikan, khususnya untuk para pemula yang baru mau mulai mengenal investasi.


Ini yang dicoba oleh suamiku, kalau aku jujur saja belum masuk otaknya ikut begini, hehe.. Mau daftar? Langsung kunjungi situs SPM ya untuk memilih kelas online maupun kelas tatap muka.


2. Talkshow atau Workshop Saham dari Perencana Keuangan

Banyak perencana keuangan independen dan investor berpengalaman yang rutin mengadakan talkshow maupun workshop saham secara mandiri. Bahkan kelasnya ada yang gratis lho! 


Topiknya pun beragam, mulai dari ilmu dasar investasi, cara menganalisis saham, hingga market update sesuai dengan kondisi pasar modal dan pasar global terkini. Nah, kita tinggal siapkan saja mental dan fisik untuk menerima semua itu. Karena ternyata, sungguh melelahkan ya, kalau ini ilmu yang baru dikenal, hehe..


3. Obrolan di Forum dan Komunitas Saham

Terakhir, ini cara lain dariku untuk belajar investasi sehari-hari. Yes! bergabung dengan forum atau komunitas saham. Ternyata, banyak juga forum atau komunitas yang dibentuk para penggiat investasi. Kita bisa pilih forum atau komunitas yang anggota, obrolan, dan platform-nya paling sesuai dengan preferensi.


Tapi jangan lupa, dari semua sumber belajar, tentu saja ada yang harus benar-benar diterapkan, dan perlu dikroscek ulan kebenarannya. Jadi kita perlu banyak sumber untuk belajar, terutama investasi ini.


your money, your responsibilty


InvestasiKu, Platform Investasi Pilihan

Sekarang sudah banyak instrumen investasi yang bisa digunakan. Persyaratannya pun makin hari makin mudah. Apalagi ditambah dengan kemudahan akses internet, Sudah tidak perlu banyak effort dan alasan untuk tidak berinvestasi. Cukup gerakin jempol sedikit di handphone sudah bisa mulai berinvestasi.


aplikasi-investasi-saham-investasiku


Investasi memang sebaiknya sudah dilakukan sejak dini. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan terjun berinvestasi karena beranggapan kalau investasi itu hanya diperuntukkan buat orang-orang berduit saja. Itu salah satu pemikiranku dulu.


Padahal banyak sekali jenis instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal kecil. Bahkan, ada beberapa efek yang menawarkan modal minim yaitu dengan hanya mengeluarkan beberapa puluh ribu rupiah saja.


PT Mega Capital Sekuritas, Luncurkan InvestasiKu

PT Mega Capital Sekuritas menggelar peluncuran awal (soft launching) aplikasi investasi, InvestasiKu, pada awal September lalu. Dengan mengusung slogan 'For Better Future', InvestasiKu memiliki misi membantu pengguna untuk meraih masa depan finansial yang lebih baik.


Direktur Utama PT Mega Capital Sekuritas Yimmy Lesmana menyebut, InvestasiKu memberikan kemudahan untuk berinvestasi, baik instrumen saham, obligasi, reksadana, hingga perencana keuangan.


Pada peluncuran awal, pengguna sudah bisa melakukan investasi di pasar saham. Namun, fitur investasi lainnya baru bisa diakses pada akhir tahun ini.


Tidak hanya memberikan platform berinvestasi saja, InvestasiKu juga menyediakan fitur-fitur menarik lainnya yang akan menunjang dan menjadi nilai tambah dalam berinvestasi.


Misalnya, fitur Eduvest atau layanan investasi dari sosial media secara interaktif dari InvestasiKu. Fitur Trading Ideas atau informasi seputar saham yang dikirimkan setiap harinya lewat aplikasi setiap pukul 8.30 WIB.


InvestasiKu, Aplikasi Investasi Saham Terbaik

InvestasiKu adalah aplikasi investasi saham terbaik dari PT. Mega Capital Sekuritas. Alamat perusahaan ada di Menara Bank Mega Lt. 2, Jl. Kapten P. Tendean Kav. 12-14 A, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.


Aplikasi Investasiku cocok nih digunakan untuk pemula atau individu yang masih baru belajar investasi saham. 


Selain aplikasi untuk berinvestasi, dilengkapi juga informasi tentang perkembangan investasi yang sangat update. Selain itu, juga aktif dibagikan melalui media sosial.


Cara Mendaftar InvestasiKu

Mencoba investasi di InvestasiKu bisa jadi pilihan untuk kalian yang masih bingung akan mulai investasi dimana. Pengguna akan mendapatkan pengalaman terbaik dalam merencanakan investasi keuangan di masa depan.


Tampilan aplikasi ini sangat user friendly dan informatif menurutku. Ada aplikasi yang dapat didownload melalui Play Store maupun App Store iOS secara gratis.


cara-daftar-investasiku


Nah, berikut cara memulai langkah berinvestasi di aplikasi InvestasiKu.


1. Download aplikasi. Kemudian, aktifkan dengan klik login or register. Klik tombol ” Kamu belum memiliki akun?”


2. Isikan data diri. Berupa nama lengkap, nomer handphone, email dan password. Klik pernyataan telah menyetujui S&K yang berlaku lalu klik tombol “Sign Up“.


3. Masukkan Kode OTP. Kode OTP akan dikirimkan melalui nomer handphone yan terdaftar. Masukkan kode tersebut, dan klik Next untuk verifikasi. Jika kode OTP berhasil maka akan diarahkan ke Homescreen. Namun jika kode OTP gagal maka sistem akan meminta melakukan verifikasi ulang kode OTP.


Cara Membeli Saham di InvestasiKu

Jika sudah terdaftar, lalu tunggu apalagi? Langsung saja pilih saham yang ingin kamu beli sebagai modal invesatasi. Caranya?


cara-investasi-saha-di-investasiku


Buka menu market atau watchlist jika sudah memiliki. Selanjutnya pilih saham yang ingin dibeli lalu klik tombol “Beli”. Langkah berikutnya masukkan harga dan lot atau banyaknya jumlah saham yang ingin dibeli dan klik tombol “Beli”.


Kemudian masukkan personal identification number atau PIN dan akan muncul notifikasi transaksi yang baru dilakukan. Untuk mengetahui status pesanan klik “Cek status order”. Pembelian saham berhasil dilakukan.


Kelebihan InvestasiKu

Oke, dari proses tersebut, tidak sulit ya? Hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk sampai di tahap pembelian investasi yang sudah dapat dilakukan.


InvestasiKu bisa menjadi pilihan aplikasi investasi saham terbaik untuk pemula. Kenapa? Karena proses registrasi yang mudah. Hanya dilakukan sepenuhnya secara online dan langsung jadi dalam waktu satu hari kerja.


Selain itu, dalam aplikasi ini juga sudah terdapat Fitur Trading Ideas. Dimana berisi 5 rekomendasi saham pilihan. Fitur ini sangat membantu investor, apalagi bagi pemula, ketika akan membeli saham dengan kondisi terbaik.


Nah, untuk yang ingin belajar segala hal tentang saham, sudah ada Fitur Eduvest. Merupakan media belajar yang dapat didapatkan melalui artikel dan podcast. Fitur ini sangat berguna bagi pemula yang baru belajar melakukan investasi saham.


Tidak hanya itu, kelebihan yang akan aku kasih jempol adalah Fitur Coaching dan Clinic. Investor dapat melakukan konsultasi dengan konsultan saham berpengalaman sebelum mengambil keputusan untuk menjual atau membeli saham. Wah, mantap betul ini.


Jadi, tidak perlu berkecil hati karena terlambat berinvestasi. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, termasuk dalam hal belajar investasi. Selama berinvestasi, kita juga bisa terus sembari mempelajari cara kerja instrumen tersebut, untuk meraup keuntungan yang lebih maksimal.


Satu yang saya pelajari dari investasi adalah, semakin besar modal yang digelontorkan, semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan. Dengan belajar terus, kita bisa menambahkan dana investasi secara berkala dan meminimalisir kerugian dengan menerapkan strategi investasi.


Ingin punya banyak uang? Tapi masih bingung gimana caranya? Atau ingin menyimpan uang tapi tidak tau baiknya disimpan di mana? Atau sudah tau, tapi hasilnya tidak maksimal? Ujung-ujungnya…”dipake dulu aja deh uangnya, nabungnya besok-besok." hihi.. Yuk mulai investasi dan terus belajar mengelola uang dengan baik, di aplikasi InvestasiKu.

8 komentar:

  1. akhir-akhir ini investasi saham sangat diminati sebagian orang dan investasiku ini bisa banget untuk pemula yang ingin belajar saham

    BalasHapus
  2. Mengelola keuangan dengan baik apalagi bisa berinvestasi memang menjadi sebuah keharusan ya buat saya pribadi.

    BalasHapus
  3. Aku juga mulai melirik aplikasi yang gampang nan simple untuk berinvestasi nih. Ku jadi tertarik dengan apk investasiKU ini

    BalasHapus
  4. Pengen banget investasi di bidang saham seperti ini tapi pengetahuan tentang saham masih minim terima kasih atas penjelasannya jadi sedikit paham tentang investasi saham

    BalasHapus
  5. setuju banget

    ada masa kepingin beli barang branded, tapi sesudah beli rasanya kosong aja

    beda banget dengan investasi rasanya punya sesuatu yang berharga banget

    BalasHapus
  6. Aku belum melakukan investasi kak tapi sering nonton videonya bak Prita Ghozie

    BalasHapus
  7. Beli saham gini memang harus benar-benar belajar dulu apalagi kalau pemula.

    Soalnya prinsipnya bukan hanya jual beli, tapi melihat dan menganalisis kurva harga pasar dan tren tiap saham.

    BalasHapus
  8. Investasi yang nggak ribet nih menurutku, cocok buat milenials juga nih, biar nggak pada boros dan bisa nabung mulai sekarang.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.