Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan Bareng Salsalivefit

Setelah melahirkan, hal pertama diluar ekspektasiku adalah, perut yang ternyata tidak langsung otomatis mengecil. Wow! Bahkan sudah satu bulan pun, cara mengecilkan perut belum aku dapatkan. Apa yang salah? Tentu saja diriku, haha..


Sungguh saat hamil, aku tidak khawatir perutku membesar semaksimal mungkin. Aku pikir, ketika bayi sudah keluar dari perutku, perut ini akan kembali seperti normal. Ternyata, sungguh aku stres dibuatnya!


Bentuk Perut Pasca Melahirkan

Saat itu, bahkan sebulan lebih aku masih mendapati perutku seperti masih hamil 5 bulan. Padahal sudah juga rajin menggunakan korset. Apakah menjadi masalah bagiku? Tentu saja! Aku tidak pernah mempunyai bentuk perut seperti saat itu.


Perut besar itu membuatku jadi sulit untuk bergerak cepat. Mengangkat dan menggendong anak, rasanya ada yang mengganjal. Bahkan untuk duduk saja, sungguh tidak nyaman. Aku berpikir keras bagaimana cara mengecilkan perut saat itu.


Beruntungnya, suami selalu menyemangati, jika hal tersebut tidak akan lama. Asalkan, tentu saja banyak hal yang harus aku lakukan.


Penyebab Perut Buncit Pasca Melahirkan 

Pada akhirnya, aku memutuskan untuk mencari informasi mengenai kondisi perut pasca melahirkan. Banyak laman berita kesehatan menjelaskan jika kondisi perut ibu pasca melahirkan, normal keadaannya jika memang masih seperti orang hamil.


Butuh waktu bagi tubuh, terutama perut, untuk sepenuhnya pulih dari kehamilan. Bayangkan perut seperti balon, perlahan-lahan menggembung saat janin tumbuh. Namun sayangnya, melahirkan tidak seperti memecahkan balon yang dapat langsung kempis.


Setelah melahirkan, perut seperti balon yang mengalami kebocoran, perlahan-lahan mengempis. Ini ternyata normal. Saat bayi lahir, perubahan hormon menyebabkan rahim berkontraksi, menyusut kembali ke keadaan sebelum hamil.


Semua sel dalam tubuh yang membengkak selama kehamilan mulai melepaskan cairan ekstra, yang dikeluarkan dari tubuh melalui urine, cairan vagina, dan keringat.


Dan lemak ekstra yang digunakan untuk memberi makan bayi mulai terbakar (terutama jika kita menyusui dan rajin berolahraga). Tapi, tetap perlu waktu, setidaknya beberapa minggu untuk melihat hasilnya.


Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengecilkan Perut 

Namun, penjelasan itu tidak bisa aku terima, karena tentu saja melihat para artis yang baru saja melahirkan, namun perutnya otomatis kencang dan rata segera. Kenapa mereka bisa? Hihi..


Tapi ternyata, kesabaran adalah kuncinya. Butuh waktu sembilan bulan bagi perut untuk melakukan peregangan untuk mengakomodasi janin. Jadi masuk akal bahwa setidaknya butuh waktu selama itu juga untuk mengencangkan kembali.


Kecepatan dan tingkat transisi ini sangat tergantung pada ukuran tubuh normal kita, berapa banyak berat badan yang bertambah selama kehamilan, seberapa aktif, dan juga faktor genetik.


Jika kenaikan berat badan selama kehamilan tidak lebih dari 13 kg, berolahraga secara teratur selama kehamilan, menyusui, dan hanya memiliki satu anak, akan cenderung lebih mudah menurunkan berat badan.


Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

Saat itu, aku langsung berpikir untuk mengurangi porsi makan, padahal aku masih menyusui, mana bisa. Lalu, akhirnya, aku melakukan 3 hal ini secara rutin sebagai cara mengecilkan perut. Hasilnya, perut gelembungku, menghilang setelah 3 bulan pasca melahirkan.


mengecilkan perut setelah hamil


1 Menyusui

Tentu saja, yang tetap aku lakukan adalah rutin menyusui bayiku. Setelah aku baca-baca, ibu menyusui dapat membakar hingga 500 kilokalori per harinya (menurut Academy of Nutrition and Dietetics).


Jika kita menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan si Kecil, jumlah kalori yang dibakar tentu sangat efektif untuk menurunkan berat badan.


Selain itu, hormon oksitosin yang berfungsi mengeluarkan ASI dari payudara juga dapat berperan dalam kontraksi otot rahim. Hal ini menyebabkan rahim mengecil dan mengurangi perut buncit usai melahirkan.


2 Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Jadi, aku tidak mengurangi asupan makanan, namun melakukan diet sehat. Aku memilih makanan yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, cairan, serat, mineral dan vitamin dengan jumlah yang cukup setiap hari.


Dan, yang paling penting adalah, aku perbanyak konsumsi sayur sebanyak 3-5 kali setiap hari. Serta yang paling menyiksa bagiku adalah, harus menghindari makanan tinggi gula, minyak, dan garam! Oke, apa daya, demi mengecilkan perut kembali.


3 Aktif Bergerak Mengecilkan Perut

Nah, ini ternyata juga menjadi kunci, aktif bergerak. Setelah kembali merasa fit, kurang lebih sebulan setelah melahirkan, aku mulai bergerak aktif. Mulai melakukan jalan pagi atau naik turun tangga.


Sudah berani menggendong anak lebih lama dan mengajak berjemur sambil jalan santai. Rupanya, kegiatan ini membantu mengecilkan perut usai melahirkan.


Kemudian, aku mulai memberanikan diri untuk aktif berolahraga. Tentunya setelah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Saat itu, beberapa jenis olahraga yang sudah diijinkan untuk dilakukan, misalnya jogging, jalan cepat, berenang, yoga, pilates, sit-up, dan plank.


Channel Youtube Salsalivefit

Saat itu, aku mencari semangat untuk tetap bergerak aktif. Sampai akhirnya menemukan channel youtube yang sangat menyuport jenis olahraga pasca melahirkan. Gerakannya mudah, dan tentu saja hasil yang paling aku rasakan, kondisi badan semakin bugar.


bergerak aktif cepat mengecilkan perut


Salsalivefit adalah channel youtube milik Salsa Vinandita, seorang ibu muda yang tadinya rajin membagikan kegiatan workoutnya. Kini, Salsalivefit sudah membuka kelas coaching untuk lebih maksimal lagi membakar kalori bersama.


Lalu, apa saja kemudahan Channel Youtube Salsalivefit ini untuk diikuti?


cara mengecilkan perut ala salsalivefit


Beragam Pilihan Gerakan 

Dalam Salsalivefit ini, banyak pilihan playlist yang bisa kita ikuti sesuai dengan kebutuhan. Sebetulnya, semua gerakannya umum bisa untuk siapa saja. Namun sepertinya, gerakan yang direferensikan mengikuti si pemilik Youtube ini.


Jadi, ketika moment dia hamil, dia juga membagikan workout yang dia lakukan selama masa kehamilan. Sampai kemudian, dia pasca melahirkan, workout tetap dilakukan dan hasilnya, memang badannya membuatku ngiri, hihi..


Jadi, akan banyak pilihan gerakan yang rasanya mudah diikuti sesuai kebutuhan kita saja.


Durasi Cukup 

Nah, hal yang penting buat aku, si pemula dalam hal olahraga. Adalah durasi olahraga yang tidak terlalu lama. 30 menit sudah cukup untuk membuat otot-otot panas. Meski masih butuh waktu banyak untuk membakar lemak yang masih nyaman menempel di perut.


Namun, dalam berproses mengecilkan perut pasca melahirkan, bergerak aktif minimal 30 menit setiao harinya sudah lebih dari cukup. Mengingat, masih banyak hal yang perlu dilakukan dalam mengurus anak yang juga menguras tenaga.


Panduan Gerakan Jelas 

Terkadang, menemukan video tutorial olahraga atau workout yang terlalu cepat, sehingga tidak dapat diikuti. Atau terlalu sulit untuk dilakukan oleh pemula. Nah, kalau ini, aku cocok sekali. Mudah diikuti sebagai upaya mengecilkan perut.


Dari sini juga, baru sadar jika gerakan-gerakan sederhana jika dilakukan repetitif, ternyata bisa membakar kalori ya. Bahkan sampai saat ini, aku masih rutin mengikuti channel Salsalivefit.


Kesimpulan, Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan, Butuh Pengorbanan!

Jadi, jika dibaca dari banyak sumber artikel kesehatan, perut buncit pasca melahirkan adalah kondisi yang normal. So, bagi yang belum tahu, tidak perlu kaget, sepertiku. Lebih baik, terima dan usahakan agar bisa mengecilkan perut kembali.


Cara yang ditempuh untuk mengecilkan perut pasca melahirkan juga rupanya tidak mudah. Butuh waktu dan usaha. Termasuk yang wajib dilakukan adalah menyusui. Menyusui ternyata membakar banyak kalori lho!


mengecilkan perut ala salsalivefit


Lalu, ya selain menjaga asupan makanan yang masuk, kita harus rajin bergerak aktif. Mengikuti Channel Youtube Salsalivefit menjadi pilihanku untuk tetap bergerak aktif secara masksimal. Semua playlistnya bisa kita ikuti sesuai kebutuhan.


Jadi, sekarang sudah tidak ada yang sulit dengan cara mengecilkan perut pasca melahirkan. Tidak perlu khawatir tidak kembali normal. Tentu saja bisa, kaya perut-perut para artis itu, hihi.. Asal, ya pasti harus wajib aktif bergerak.

9 komentar:

  1. Ah perutkuuu... Ini juga kaya hamil 5 bulan sampai sekarang. Wajar sih, makan kurang dijaga dan kurang gerak juga. Rencana mau olahraga dan diet sehat diundur terus. haha

    BalasHapus
  2. Nggak hanya untuk yang habis melahirkan deh kalau begini. Buat perut buncit yang isinya cimol bisa nih. Jadi, pengen rajin olahraga kalau begitu.

    BalasHapus
  3. Noted, aktif bergerak..mau aku pantengin Salsalivefit...Tapi masih bisa berlaku untuk yang udah 3 x hamil dan melahirkan terakhir 13 tahun yang lalu kan ya...huhuhu, semoga ya

    BalasHapus
  4. Waaah, pas banget.. pengen mengecilkan perut juga nih. Selama ini aku lebih suka ngikutin yang zumba2 gitu.. tapi keknya butuh opsi lain biar lebih semangat olahraganya.

    BalasHapus
  5. "Jika kenaikan berat badan selama kehamilan tidak lebih dari 13 kg,... dan hanya memiliki satu anak, akan cenderung lebih mudah menurunkan berat badan." Menarique. Jadi, apa hubungan memiliki satu anak dengan lebih mudah menurunkan berat badan ya?

    BalasHapus
  6. Anakku udah 2 tahun setengah kakkkkk.. dan akutu kalo hamil gak pernah jauh dari naik 10 kilo.
    Tapi tetap aja perut nampak gede. Ooh jadi kepo dengan salsa livefit. Aku mau juga ah nonton channel YouTube satu ini. Malu juga sama suami.

    BalasHapus
  7. Nah ini nih masalah ibu habis lahiran ya perutnya banyak yg ndut hehehe padahal udah lahiran jadi kuncinya harus olga ya kak..noted deh

    BalasHapus
  8. wah ini perlu aku catet nih, tiga bulan lagi lahiran pengennya baju baju masih bisa kepake lagi.. tentunya memang perlu banyak gerak ya

    BalasHapus
  9. Aku pernah denger perempuan abis lahiran masuk 4 bulan udah deh mulai diet mengecilkan perut...kalah ada kelompok sosial online seperti ini jadi makin semangat dong untuk mengecilkan berat badan

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.