Aplikasi Ruangmom, Berkembang Menjadi Sahabat Setia Mom

 Sahabat setia mom, menjadi orang tua, tentu harus siap untuk belajar seumur hidup. Setiap fase pertumbuhan anak memang selalu memberi tantangan yang berbeda. Misalnya, sudah mastering newborn, lalu fase itu sudah lewat dan nantinya menemukan tantangan baru lagi, untuk fase-fase selanjutnya.


Bahkan, ketika memiliki anak pertama dan seterusnya yang mungkin hanya berbeda beberapa tahun saja, menuntut kita sebagai orang tua harus belajar lagi dari awal. Namun, beruntungnya, di era serba mudah saat ini, informasi mengenai perkembangan anak sudah mudah didapatkan. Hanya bermodal internet, semua informasi dapat masuk dari berbagai media.


Literasi Para Ibu Generasi Milenial

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata milenial adalah orang yang lahir pada tahun 1990-an dan 2000-an. Pada rentang usia itu, saat ini diperkirakan mayoritas masyarakat sudah memilih untuk menikah dan menjadi orang tua.


Generasi ini memiliki kehidupan yang sangat terkait dengan teknologi terutama internet. Hal ini karena mereka tumbuh di tengah perkembangan internet yang semakin masif. Karena itulah, para orang tua milenial, khususnya di daerah dengan jaringan internet yang lebih memadai, lebih mudah mendapatkan banyak informasi mengenai parenting dari berbagai sumber di internet.


Kini, orang tua bisa dengan mudah memasukkan kata kunci berbagai pertanyaan mereka mengenai parenting ke dalam mesin pencarian Google. Kemudian, akan banyak artikel yang mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan mereka.


Adanya perkembangan literasi yang semakin canggih, juga menunjukkan jika orang tua milenial tidak lagi mengacu pada nilai-nilai tradisional dan keluarga dalam mempengaruhi keputusan parenting mereka.


Tentunya, perilaku ini dapat berperan penting dalam menentukan masa depan generasi berikutnya. Generasi milenial saat ini, sebagian besar sudah menjadi orang tua dari Post Generasi Z atau sering disebut juga sebagai Generasi Alpha, yang saat ini mengisi 10,88 persen dari total populasi Indonesia.


Nah, jika Generasi Milenial ini bisa mengasuh anak-anaknya secara optimal, hal ini tentu dapat menjadi bekal yang baik untuk generasi berikutnya. Dimana akan menentukan masa depan Indonesia.


ruangmom aplikasi ibu dan anak


Aplikasi Ruangmom, Sahabat Setia Mom

Berkeluarga, merencanakan kehamilan, mengatur keuangan rumah tangga, hal tersebut bisa jadi membuat para wanita kewalahan. Hadirnya sebuah aplikasi ibu dan anak, tentunya dapat membantu para Ibu Generasi Milenial untuk memilih informasi yang akurat mengenai dunia parenting dan kehidupan berumah tangga.


Ruangmom, menjadi salah satu platform lengkap yang menyediakan informasi valid dari para expert. Mulai dari kesehatan fisik, mental, dan finansial untuk wanita. Dengan menghadirkan berbagai informasi dan fitur menarik, Ruangmom bercita-cita ingin membangun ekosistem yang sehat bagi para wanita. Agar para wanita bisa saling membantu untuk berkembang.


Baca juga: Kegiatan Me Time Ibu


Mengingat menjadi orang tua sejatinya merupakan proses pembelajaran, karena itulah para expert di bidang masing-masing, kini terus memberikan informasi dan petunjuk kepada para orang tua melalui media-media yang lebih populer. Salah satunya melalui aplikasi seperti Ruangmom, sebagai sahabat setia mom.


Event Ruangmom Expert Launch & Gathering 2022

Pada 19 April 2022, di Twin House Cipete, Jakarta, Ruangmom menghadirkan keempat expert dari bidang masing-masing dalam sebuah acara Launch & Gathering Ruangmom. Acara yang dimulai dari pukul 4 sore, berlangsung sangat hangat bersama kehadiran para ibu-ibu generasi milenial.


Meski hujan mengguyur deras selama acara, namun tidak menghalangi para ibu-ibu hebat ini tetap hadir dan semangat mengikuti jalannya event. Bahkan selama acara, semua ibu antusias untuk ikut aktif berdiskusi dengan para expert yang sudah hadir.


Keempat expert tersebut adalah, dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, M.Kes, sebagai dokter spesialis anak, dr. Nisa Fathoni,SpOG, IBCLC, merupakan dokter kandungan, Nadia Harsya, CFP, merupakan ahli finansial, serta Yasmine Edwina,M.Psi, seorang psikolog anak.


Dengan adanya expert yang memberikan informasi seputar dunia parenting dan rumah tangga, tentu sudah tidak diragukan lagi. Para ibu jadi lebih tenang dalam menyampaikan segala keluh kesah selama menjalankan perannya.


Ruangmom ini sudah hadir dalam bentuk mobile aplikasi, website, media sosial seperti instaram, dan tentunya komunitas. Pendekatan teknologi dalam penyampaiannya, memang lebih relevan dengan para orangtua milenial, yang cenderung mencari informasi pengasuhan anak melalui internet.


ruangmom expert launch 2022


Apalagi, menghadirkan konten yang sudah terkurasi, Ruangmom berharap para orangtua menghemat lebih banyak waktu dalam mencari informasi. Sehingga masih dapat menikmati lebih banyak waktu dengan anak.


Baca juga: Membangun Bonding Time dengan Anak


Selama kurang lebih satu jam diskusi, acara Ruangmom's Expert Launch berlangsung sangat aktif. Bersyukur sekali dapat ikut serta hadir dalam acara tersebut. Semua informasinya disampaikan dengan ringkas dan jelas. Acara sore itu ditutup dengan makan bersama bertepatan buka puasa.


Fitur Unggulan Aplikasi Ruangmom

Lalu, ada apa dengan Ruangmom? Ada banyak manfaat dan kemudahan yang bisa para ibu milenial rasakan dengan menggunakan aplikasi ibu dan anak ini. Mereka siap mendampingi Mom di setiap fase kehidupan.


Mulai dari menyiapkan pernikahan, merencanakan kehamilan, mengikuti tahap perkembangan janin, hingga melahirkan dan mengasuh si kecil.


Selain itu, tersedia juga banyak fitur menarik yang menyediakan informasi valid dari sumber terpercaya. Karena itu, Ruangmom bekerjasama dengan beberapa expert seperti dokter, psikolog dan juga certified financial planner untuk memberikan edukasi sesuai dengan kebutuhan para ibu.


1. Fitur Kalender Masa Subur

Untuk membantu para ibu, Ruangmom menyediakan fitur kelender dalam aplikasinya. Kalender ini untuk menentukan masa haid dan masa subur kita. Jadi, sudah tidak perlu repot bolak-balik ke dokter, kita bisa menentukan masa kesuburan dengan aplikasi Ruangmom.


Untuk ibu yang sedang merencanakan kehamilan, fitur Siklus Haid ini bisa menghitung perkiraan masa subur dengan praktis, dan menyimpan riwayat siklus haid.


2. Tracking Tumbuh Kembang Janin

Fitur selanjutnya yang juga bisa membantu para ibu, khususnya saat masa kehamilan adalah tracking tumbuh kembang janin. Dari ukuran biji sampai sebesar semangka, kita bisa mengamati pertumbuhan buah hati di perut.


Setiap minggunya, ibu akan menerima informasi perkembangan janin seperti ukuran janin dan perkembangan fisik si kecil dalam kandungan. Kita bisa tahu kapan si kecil mulai mendengar di kandungan, diajak berbicara, dan berinteraksi untuk menjalin hubungan yang makin erat.


Dengan bantuan Kalkulator Prediksi HPL, ibu bisa mengamati perkembangan janin dengan tampilan menarik serta memastikan hari kelahiran dengan mudah.


3. Kalkulator Dana Pendidikan & Biaya Melahirkan

Sebagai ibu yang cerdas, tentu harus selalu merencanakan keuangan keluarga hingga tuntas. Dengan fitur di aplikasi Ruangmom ini, kita sebagai ibu bisa dibantu mengatur keuangan lebih mudah. Seperti menyiapkan biaya persalinan tanpa repot, karena kita bisa menyiapkan dana persalinan sesuai dengan informasi biaya melahirkan di ratusan rumah sakit di beberapa daerah.


Selain itu, adanya kamus investasi juga bisa kita pelajari untuk belajar investasi agar semakin cuan. Nah, yang paling penting juga nih, Ruangmom juga membantu menjaga kesiapan finansial keluarga dengan fitur Kalkulator kebutuhan dana darurat.


4. Kelas dari Para Expert

Demi menunjang kebutuhan informasi yang kebih detail bagi para ibu, Ruangmom juga rutin membuka kelas dari para expert. Nah, kita tinggal sesuaikan, mencari event yang pas. Selain itu, dengan menikuti kelas, kita juga bisa memperluas hubungan dengan para ibu hebat lainnya.


5. Tukar Point dengan Diskon Partner atau Hadiah

Nah, fitur ini pasti juga paling dicari oleh para ibu. Dalam aplikasi atau laman website Ruangmom, ada fitur Ruangmom Shopping. Dimana nantinya, kita juga bisa melakukan pembelian layanan dan produk pada Ruangmom Shopping.


Menariknya, belanja di Ruangmom ini, kita akan mendapatkan point, yang kemudian bisa dikumpulkan poinnya dan ditukarkan dengan berbagai voucher dan hadiah menarik.


6. Artikel yang Ditulis atau Direview Para Expert

Seperti website parenting pada umumnya, kita bisa mendapatkan berbagai informasi berkualitas yang diperbarui setiap harinya. Namun, di Ruangmom ini, karena ditulis langsung atau direview oleh para expert, sehingga informasinya pun terjamin kevalidannya.


Kategori artikel di Ruangmom pun beragam dan informatif untuk menambah wawasan para ibu. Mulai dari seputar persiapan pernikahan, kemudian kehamilan dan persiapan melahirkan. Banyak juga informasi kesehatan secara umum, dan tips parenting yang tentunya sudah terbukti dan dijalankan oleh banyak orang tua.


Kalian yang mendaftar akun di Ruangmom, juga akan mendapatkan newsletter atau buletin khusus yang disiapkan rutin sesuai profil kita. Setiap minggunya, kita akan mendapat berbagai informasi bermakna untuk wujudkan keluarga bahagia.


fitur aplikasi ibu anak ruangmom


Cara Download dan Registrasi Aplikasi Ruangmom

Jadi, bagaimana? Sekarang semuanya sudah lebih mudah ya. Dengan adanya aplikasi Ruangmom, kita bisa memilih menjadi ibu yang cerdas dan bijaksana dengan menyerap banyak informasi terbaik.


Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ruangmom sekarang juga di AppStore maupun PlayStore secara gratis. Isi semua data diri di aplikasi untuk melakukan registrasi. Serta kumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kesempatan mengikuti undian berhadiah menarik!


Jangan lupa ikuti juga media sosialnya di Instagram, @ruangmom atau instagram.com/ruangmom untuk mendapatkan informasi terbaru dan menarik lainnya.


Kesimpulan, Aplikasi Ruangmom - Sahabat Setia Mom

Sebagai wanita, peran setelah berumah tangga memang terlihat menyenangkan, namun butuh banyak hal yang harus dipersiapkan. Bersama Ruangmom, aplikasi ibu dan anak ini bisa menjadi sahabat setia mom untuk merencanakan kehidupan setelah menikah.


Mulai dari kehamilan agar lebih siap, memahami pentingnya aspek kesehatan mental dan fisik dalam keluarga, membesarkan si kecil dengan tips parenting berkualitas, dan mengelola finansial keluarga dengan lebih baik.


Untuk mendukung arus informasi bermanfaat melalui internet, kita sebagai ibu, perlu memilah mana informasi yang valid atau mitos saja. Agar tercipta generasi berikutnya yang lebih berkualitas. Mengutip Ki Hajar Dewantara, “Lawan sastra ngestu mulya”. Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan.

38 komentar:

  1. Baru tahu ada aplikasi ruangmom. Ini bisa buat anak bujang gak ya? Hehehe

    BalasHapus
  2. Kalau baca ulasannya, Ruang Mom ini buat para mama muda ya. Bagus banget, biar para mama muda makin cerdas dan bisa mendidik anak lebih baik.

    BalasHapus
  3. Aplikasi yg penting dan bermanfaat banget ya buat perempuan agar bisa mengelola dg baik segala hal yg berhubungan dg perempuan

    BalasHapus
  4. Cus download ah, bisa jadi referensi istri terkait perenting anak kedepannya. Nice info kak

    BalasHapus
  5. Wah aplikasinya cocok banget buat new mom ya. bisa tau masa subur juga . keren keren

    BalasHapus
  6. Aku baru tau ada aplikasi ini. Sangat bermanfaat dan penting sekali. Ntar kayanya aku juga bakal menggunakan saat ingin program. Makasii sharingnya mbaaa.

    BalasHapus
  7. Jadi masukan nih buat daku sebagai milenial yang nanti akan memasuki fase sebagai ibu rumah tangga pasca menikah besok, sehingga punya bayangan dan bisa join juga nantinya

    BalasHapus
  8. bagus banget ini, ada kalkulator pendidikan yang lagi ngehits belakangan ini ya, jadi biar nggak shock kita kudu ancang2 dulu, jadi dipermudah dengan aplikasi supermom ini.. keren nih isinya lengkap

    BalasHapus
  9. Aplikasi ruang mom jadi tempat belajar untuk ibu yang selalu update dan penuh kemauan buat belajar ilmu baru. kece banget ya! cocok buat wanita Indonesia

    BalasHapus
  10. Dengan aplikasi RuangMom, kini para mommies bisa berkumpul bersama dan mendapatkan informasi yang benar terkait kehidupan seputar keluarga dan anak dengan sang expert di bidangnya.
    Penting banget sih..memiliki ilmu seputar kehidupan berkeluarga ini. Agar gak mudah panik atau khawatir berlebihan terhadap sesuatu.

    BalasHapus
  11. Seneng ya makin banyak aplikasi yang ramah perempuan dan bisa jadi sahabat perempuan, khusunya para ibu untuk terus berkembang dan mendapat edukasi langsung dari ahlinya.

    BalasHapus
  12. wahhh, pas banget nih sesuai sama kebutuhan dan momennyaa, aku coba kulik aplikasi ruang mom nya dulu ah mba

    BalasHapus
  13. Akkkk jadi kangen pas ketemuan di acara ini. Seru banget ketemu para expert dan skrg semua ibu juga bisa Bincang Bincang dg para expert melalui aplikasi ruangmom. Lengkap pula fitur-fitur nya

    BalasHapus
  14. Setuju mbak, aplikasi Ruang Mom ini emang sahabat para mommy y
    Banyak banget info bermanfaat disini

    BalasHapus
  15. waaaah seru. catet ah nama aplikasinya. buat nanti kalau udah nikah XD

    BalasHapus
  16. Ahhh pengen banget ikutan acara ini tetapi aku jauh sekali di sini. Aku juga pengguna apps ruangmom mbak.

    BalasHapus
  17. Wah jadi penasaranmau donlod app ruangmom iniiii kayanya cocok deh buat akuuuu

    BalasHapus
  18. Sekarang kalau nyari info tentang parenting, udah banyak banget aplikasinya. Salah satunya adalah Ruangmom ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang masih single persiapan jelang berumah tangga jadi memudahkan untuk belajar tentang parenting

      Hapus
  19. dengan semakin banyaknya platform parenting, diharapkan para orang tua semakin teredukasi lagi ya dan banyak belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mba, jaman sekarang literasi digital termasuk literasi parenting di ranah digital tuh udah meningkat pesat yaa semoga bisa semakin kasih wawasan para young parents nih

      Hapus
  20. Cocok banget dan harus aku kasih tahu istri buat ikutan platform ini. Dia seneng banget bertukar pikiran dgn sesama teman, bahkan yg lintas benua sekalipun utk mendapatkan informasi penting soal masalah ibu dan printilannya. Smg platform ini mkn berkembang dan sukses ya.

    BalasHapus
  21. Nanti mau rekomendasikan sama saudara yang punya newborn ah.

    BalasHapus
  22. Emang aplikasi buat ibu hamil tuh banyak banget ya, sampai bingung. tapi pas lihat review ini jadi tertarik buat coba ruang mom...

    BalasHapus
  23. Urusan parenting emang nggak bisa main-main. Sebagai calon istri dan ibu emang kudu banyak belajar. Belajar parenting dari ruang Mom bisa jadi salah satu pilihan nih.

    BalasHapus
  24. waahh bagus banget aplikasinya yaaaa, asyik banget untuk mama muda nih, well noted siapa tau nnti perlu aku instal

    BalasHapus
  25. Aplikasi Ruangmom ini baru ya Mbak? Super lengkap banget ya, bisa jadi teman terbaik Mom dan para calon Mom nih jadi gak bingung lagi ya sekarang karena info lengkap bisa kita temukan di Ruangmom :)

    BalasHapus
  26. Aplikasi ruang mom bisa menambah literasi buibu nih, terutama bagi new mom, app ini sangat membantu tracking perkembangan anak dan informasi lainnya

    BalasHapus
  27. para mom udah punya teman ini, apalagi kalau lagi mager di rumah tggal pake aplikasi ruang mom untuk memperkaya literasi para mom

    BalasHapus
  28. wah seru banget ya acaranya pastinya, jadi pengen ikutan gitu deh, semoga aplikasinya bermanfaat untuk para mom ya, pastinya

    BalasHapus
  29. Aplikasi RuangMom ini bisa jadi sahabat terbaik para ibu ya mbak
    Banyak informasi yang penting bagi ibu di aplikasi ini

    BalasHapus
  30. bergabung dengan komunitas dan berjejaring melalui media sosial itu terasa sekali manfaatnya.
    Saya tertarik bergabung juga nih dengan RuangMom. Semoga bisa menjadi bagiannya aamiin

    BalasHapus
  31. Ibu milenial penting banget punya aplikasi ruangmom ini kak. Selain biar pinter, jadi ibu muda di era ini takut juga ikut-ikutan trend salah. Jadi terhindar dari kesalahan info parenting.

    BalasHapus
  32. Wah jujur aq baru tau ada aplikasi Ruangmom ini kak, aq pengen install juga buat tau lebih banyak seputar dunia mom

    BalasHapus
  33. bagus banget nih aplikasinya buat buibu yaaa, edukatif dan jadi nambah banyak info tumbuh kembang anak juga, segudang lah pokoknya info seputar moms life

    BalasHapus
  34. Wah, aplikasi Ruang Mom nih ngebantu perempuan banget ya terutama para mama. Dari mulai siklus haid, biaya persalinan hingga biaya pendidikan anak juga ada edukasinya disini. Seneng banget deh

    BalasHapus
  35. Fitur2 di aplikasi ruangmom ternyata lumayan banyak dan lengkap yaa.. apalagi ada kalender masa subur. Kalau cukup akurat, jadi menghemat dan ga perlu download aplikasi lain tuh

    BalasHapus
  36. wah asyik banget bisa kumpul offline gitu. aplikasi ruang mom harus aku pelajari nih untuk bekal setelah menikah nanti, walau belum tau nikahnya kapan :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.