5 Manfaat Aplikasi Inventory bagi Kemajuan Bisnis, Wajib Punya!

 Bagi perusahaan atau bisnis yang memiliki produk ratusan atau bahkan ribuan, seperti retail atau grosir, tentunya inventory atau persediaan merupakan salah satu aspek vital.


Inventory atau persediaan barang dapat menjadi jantung dari bisnis. Tanpa adanya persediaan barang, maka bisnis tidak dapat berjalan dan tersendat. Pada akhirnya hal tersebut dapat membuat bisnis merugi dan bisa berujung pada kebangkrutan.


Manfaat Aplikasi Inventory

Kini, semakin majunya teknologi, sudah banyak yang memanfaatkannya untuk mempermudah menjalankan bisnis. Banyak aplikasi dari yang sederhana sampai kompleks, yang dibuat untuk membantu para pebisnis. Salah satunya adalah sebuah aplikasi untuk mengatur inventory.


Dengan menggunakan aplikasi inventory tentunya akan lebih memudahkan manajemen atau perusahaan dalam mengelola persediaan barang yang mereka miliki. Nah, kali ini, aku akan membahas mengenai 5 manfaat aplikasi inventory bagi kemajuan dan kelangsungan bisnis. Yuk, simak dan cari tahu bersama-sama di sini!


aplikasi inventory


1. Pengendalian Inventory

Manfaat yang pertama yaitu dapat membantu dan memudahkan perusahaan dalam melakukan pengendalian persediaan. Jika perusahaan memiliki stok barang yang terlalu sedikit, maka perusahaan dapat mengalami kehabisan stok dengan cepat.


Baca juga: Tips Belanja Online


Pelanggan dan konsumen juga pastinya akan kecewa, sebab produk yang mereka butuhkan tidak tersedia dan beralih ke produsen yang lain. Nah, kalau hal ini terjadi, apalagi berulang kali, maka dapat berakibat fatal dan bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kerugian pada bisnis.


Namun, dengan adanya aplikasi inventory ini, perusahaan dapat dengan mudah melakukan pelacakan terhadap stok barang yang rendah. Tentunya ini akan memudahkan manajemen dalam mengatur pemesanan ulang atau restock persediaan.


2. Menyederhanakan Proses Manajemen

Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan adalah, sudah membantu dan memudahkan perusahaan dalam melakukan manajemen persediaan.


Melakukan manajemen inventory secara manual, pastinya membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan juga biaya. Selain itu, melakukan manajemen secara manual juga memiliki banyak keterbatasan, salah satunya keterbatasan kemampuan karyawan yang melakukannya. Sangat rawan missed pastinya.


Oleh karena itu, aplikasi inventory merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa perusahaan gunakan. Selain menyederhanakan proses manajemen, aplikasi ini juga dapat menghilangkan keterbatasan tersebut, sehingga perusahaan bisa lebih maju dan berkembang lagi.


3. Menyeimbangkan Pasokan dengan Permintaan

Selain kedua itu, aplikasi inventory juga akan membantu perusahaan dalam menyeimbangkan pasokan dengan permintaan. Ini dilakukan dengan cara melakukan analisis pada data yang disediakan di aplikasi inventory.


Kita bisa melakukan penyesuaian data dengan kebutuhan pasar, berdasarkan pada penjualan dan stok barang yang tersedia atau SOQ (Suggested Order Quantity).


Baca juga: Cara Mengatur Gaji


4. Melakukan Pelacakan Barang Lebih Mudah

Salah satu yang sangat bermanfaat dari aplikasi ini adalah, dapat melakukan pelacakan barang di gudang. Wah, ini sangat membantu, yang tentunya akan sulit jika dilakukan cara manual. Apalagi jika barang yang disimpan berjumlah ratusan hingga ribuan.


Jadi, kita tidak perlu lagi khawatir, sebab dengan hadirnya aplikasi inventory dalam bisnis perusahaan kita, maka melakukan pelacakan barang akan dilakukan dengan cepat dan mudah. Tim manajemen hanya perlu melakukan pelacakan dari serial number yang ada pada setiap produk.


Simple ya? Hampir semua karyawan dapat melakukannya. Sehingga proses pencarian pun akan semakin cepat, mudah, dan praktis tentunya.


5. Pembuatan Laporan Inventory Lebih Cepat

Manfaat terakhir yang juga dapat dirasakan, software Inventory ini mampu menghasilkan laporan secara otomatis. Laporan tersebut meliputi persediaan barang terkini, minimum stock, slow moving stock, dan perkiraan.


Mudahnya laporan dibuat, akan mempersingkat waktu pekerjaan dan keakuratan dari laporan tersebut. Melalui laporan tersebut kita akan bisa melakukan identifikasi Service Rate, baik secara internal ataupun eksternal.


Dengan adanya Service Rate, perusahaan dapat terbantu jika memiliki rencana atau upaya untuk membangun gudang regional yang dekat dengan konsumen. Itu artinya, proses pengiriman barang dari perusahaan ke konsumen akhir akan menjadi lebih singkat dan efektif.


Baca juga: Kembangkan Hobi Jadi Sumber Uang


Kesimpulan, Aplikasi Inventory diperlukan dalam Bisnis

Nah, setelah membahas mengenai 5 manfaat aplikasi inventory tersebut bagi perkembangan dan kemajuan bisnis, tentunya pra pelaku bisnis dapat mulai mempertimbangkan kebutuhan akan penggunaan aplikasi ini.


So, mulai mudahkan pengelolaan dan manajemen inventory dengan RedERP. Software RedERP sendiri merupakan salah satu sistem erp Indonesia terbaik yang dapat membantu dalam melakukan pengelolaan gudang maupun persediaan barang yang dimiliki perusahaan.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.