Tanpa Obat! Ini 5 Cara Menaikkan Berat Badan yang Aman dan Sehat

 Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentu menjadi impian semua orang. Apalagi, jika dibarengi dengan kondisi badan yang fit dan bugar.  Nah, bagi kamu yang memiliki tubuh kurang berisi atau terlalu kurus, pasti punya keinginan kuat untuk menaikkan berat badan.


Seperti yang sudah kita ketahui, sebetulnya ada banyak cara untuk menambahkan berat badan kita. Namun, manakah yang paling ideal diantaranya dan efektif ? Tentunya, kita wajib memilih cara menaikkan berat badan yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan penyebab mengapa berat badannya bisa rendah.


Baca juga: Hindari Cara Buruk Menurunkan Berat Badan


Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Pada dasarnya, menaikkan berat badan dapat dilakukan dengan cara yang aman. Hal ini wajib dilakukan, agar kemudian hari tidak menyebabkan masalah kesehatan. Namun ternyata, masih banyak orang yang terlalu ekstreme dalam menaikan berat badan, tanpa memikirkan kesehatan mereka.



menaikkan berat badan sehat


Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini 5 cara ampuh yang di lansir dari indozone untuk menurunkan berat badan yang aman dan sehat. Demi mencapai tubuh ideal yang diimpikan.


1. Pilih Makanan Kaya Nutrisi

Ternyata, untuk menjadi lebih berisi, tidak berarti semudah memakan makanan secara sembarangan. Namun, penting juga untuk memperhatikan asupan makanan untuk tubuh. Kita bisa memilih makanan yang kaya akan sumber nutrisi agar lebih sehat dalam menambah berat badan.


Kita bisa mulai dengan menambah nutrisi sehari-hari. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.


2. Makan Porsi Kecil dan Sering

Tips kedua, yaitu makanlah makanan bergizi dengan porsi kecil namun dengan intensitas yang sering. Seperti, makan antara enam sampai tujuh kali dalam sehari, akan lebih baik dalam menambah asupan kalori. Daripada dua sampai tiga kali saja dalam sehari dengan porsi besar.


3. Perbanyak Asupan Kalori

Tidak boleh terlupakan juga, jumlah kalori yang masuk dalam tubuh, harus lebih besar dibandingkan dengan kalori yang kita gunakan. Menu makanan dengan padat kalori, dapat menjadi pilihan bagi yang ingin menaikkan berat badan yang aman dan sehat.


Seperti sajian taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu pada sup. Semua menu tersebut dapat menjadi asupan kalori tambahan. Namun, tetap perlu diingat, cara menaikkan berat badan ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Hal ini demi menjaga keseimbangan kadar gula dan kalori yang ada didalam tubuh kita. Sehingga membuat kita tetap sehat menjalaninya.


4. Minum Air Cukup

Selanjutnya, setelah asupan makanan sehat dapat menjadi cara untuk menaikkan berat badan, minum banyak air juga menjadi salah satu cara untuk menaikan berat badan. Namun, tidak berarti minum sebanyak-banyaknya hingga kenyang menjadi caranya.


Kita perlu menjag tubuh tetap terhidrasi. Mengetahui kapan air ini cukup untuk kita konsumsi. Jadi, tidak kelebihan maupun kekurangan.


5. Olahraga Rutin

Banyak orang sering salah kaprah kalau olahraga hanya untuk orang yang diet kelebihan berat badan. Padahal olahraga rutin juga dapat menambah berat badan. Atau lebih tepatnya akan menjaga berat badan kita lebih ideal. Apalagi, jika diiringi dengan nafsu makan yang tinggi.


Nah olahraga rutinlah yang menyebabkan bertambahnya nafsu makan kita. Jadi bergerak aktif dengan olahraga rutin merupakan hal yang direkomendasikan untuk dilakukan, jika kita ingin menambah berat badan dengan tubuh yang tetap bugar.


Baca juga: Cara Mengecilkan Perut


Kesimpulan, Berat Badan Naik dengan Aman dan Sehat

Bagi kelompok orang yang mengalami berat badan kurang (underweight), menambah berat badan ternyata bisa jadi tantangan tersendiri, yang bahkan bisa membuat frustrasi. Banyak juga yang mengira kalau menambah berat badan lebih mudah daripada menurunkannya.


Padahal, cara menaikkan berat badan yang tepat bukan hanya soal makan lebih banyak dari biasanya. Kita juga harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk tubuh. Selain itu, pola hidup sehat seperti olahraga rutin juga tetap diperlukan. Jadi, tetap lakukan cara menaikkan berat badan dengan aman dan sehat ya, yang pasti tanpa obat!

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.