Sudah Tahu Ciri Mesin Mobil Pernah Turun Mesin? Ini Penjelasannya

Dengan pamor yang terus meningkat, tentunya minat banyak orang untuk membeli mobil bekas akan jauh lebih besar. Harganya yang murah tentu menjadi faktor atau alasan setiap orang lebih pilih beli kendaraan bekas dibandingkan harus beli mobil baru.


Dengan harga yang lebih murah dan tersedia banyak sekali pilihan, tentunya harus membuat calon pembeli lebih waspada dalam memilih mobil. Jangan sampai merasa tertipu dengan harga murah dan mendapatkan mobil yang kurang bagus kualitasnya.


Baca juga: Produk Asuransi Terbaik di Indonesia


Ini Ciri Mobil yang Pernah Turun Mesin!

Kualitas dari kendaraan yang tidak bagus karena kurangnya perawatan mobil berkala bisa terlihat dari suara mesin yang kasar dan adanya getaran yang terlalu berlebihan. Hal lain yang tentunya ditakuti oleh calon pembeli yaitu mendapatkan mobil yang pernah mengalami turun mesin.


ciri mobil turun mesin


Bagi yang belum tahu ciri-ciri dari turun mesin, berikut ini akan diberikan penjelasan dengan lengkap.


1. Ada Goresan Pada Komponen Baut

Ciri pertama yang bisa diamati secara langsung yaitu apakah pada komponen baut sekitar mesin terdapat goresan baik goresan halus maupun kasar. Jika ada goresan halus tentunya ada kemungkinan mesin kendaraan pernah dibongkar untuk memperbaiki masalah turun mesin.


Tetapi jika ada goresan kasar yang berarti baut sering dibuka maka patut dicurigai bahwa kendaraan tersebut sudah beberapa kali turun mesin. Beberapa penyebab, salah satunya adalah kebanjiran. Apalagi jika baut pada mesin sudah slek atau sulit dibuka menggunakan kunci itu artinya bagian dalam mesin sering dibuka.


2. Terdapat Lem Sekitar Mesin

Selain memperhatikan baut, perhatikan juga apakah pada area mesin terdapat lem yang menempel atau tidak. Jika terdapat lem atau seal silikon yang menempel sekitaran blok mesin maka kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami turun mesin.


Lem yang ada di mesin tentunya berfungsi sebagai perekat yang terbuat dari material cair. Bentuknya juga bisa langsung diketahui saat melihat langsung bagian blok mesin.


3. Suara Terdengar Aneh

Ciri yang mudah dikenali adalah dengan mendengar suara mesin dari jarak yang cukup dekat. Jika suaranya berbeda dari keadaan normal dan terdengar aneh, tentunya hal tersebut bisa menjadi indikasi terjadinya turun mesin sebelumnya.


Jika masih belum tahu dengan suara mesin yang aneh, tentu akan lebih baik mengajak orang atau ahli yang memiliki pengalaman.


4. Performa Tidak Maksimal

Mesin yang pernah mengalami turun mesin tentunya tidak bisa lagi memiliki performa yang maksimal, karena kondisinya sudah terganggu. Pengemudi juga akan bisa merasakan ketika mengemudikan mobil di jalan, akan terasa tidak optimal dan kurang bertenaga saat di jalan tol.


Baca juga: Siapkan Suplemen untuk Perjalanan Jauh


Kesimpulan, Ciri Mesin Mobil Pernah Turun Mesin

Meski mendapatkan harga yang relatif lebih miring dengan membeli mobil bekas, bukan berarti kita tidak bisa memilih kondisi mobil yang terbaik. Bisa memahami kondisi mobil tentu sangat menguntungkan. Namun, jika merasa kesulitan untuk mengenali kondisi mobil dalam keadaan baik atau tidak, kita bisa membawa ahlinya untuk cek langsung kondisi mobil.


Ciri-ciri diatas tentunya bisa menjadi pedoman bagi calon pembeli. Bagi yang ingin aman beli mobil yang belum pernah turun mesin maka bisa mengunjungi platform mobbi. Platform yang awalnya bernama mo88i tentunya melalukan seleksi dan pemeriksaan dengan ketat pada semua mobil bekas Jakarta dan area lainnya yang akan dijual agar pembeli merasa puas beli kendaraan bekas di mobbi.

1 komentar:

  1. Mobil memang sudah jadi kebutuhan penunjang aktivitas ya, Mbak. Jadi kalau tidak mau mencicil mobil baru, alternatif membeli mobil bekas. Tapi banyak juga mobil bekas yang bagus, karena dijual mungkig orangnya pindah kota atau mau ganti baru.
    Tapi memang jangan sampai beli yang sudah turun mesin. malah nanti sering masuk bengkel. Jadi harus teliti sebelum membeli mobil bekas.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.