Apa Saja Kebiasaan Hidup Sehat Selain Berolah Raga, Simak Disini!

 Menjalani pola hidup sehat memang tidak lah mudah jika tidak dibiasakan sejak dini. Oleh karenanya, merubah kembali dengan menerapkan hidup sehat, terkadang membutuhkan usaha yang ekstra, apalagi jika kita hidup di perkotaan, yang sehari-harinya sibuk dengan pekerjaan.


Langkah untuk memulainya, kita harus paham bagaimana penerapan pola hidup sehat. Tujuannya untuk menjaga kualitas hidup jadi lebih baik dan berkualitas. Nah ternyata, cara memulai pola hidup sehat, tidak cukup dengan menghindari rokok, atau makan secara teratur. Atau hanya sekedar berolahraga saja, namun perlu penerapan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari.


mulai kebiasaan hidup sehat


Apa Sih Kebiasaan Hidup Sehat?

Nah, sebelum memulai untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat, tentunya kita harus memahami, apa sih sebenarnya gaya hidup sehat itu? Berdasarkan keterangan dari laman Departemen Kesehatan RI, gaya hidup sehat merupakan segala usaha dalam menerapkan kebiasaan baik sehari-hari.


Tujuannya gaya hidup sehat ini untuk menciptakan hidup yang sehat sudah pasti dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Pada dasarnya, gaya hidup sehat memang suatu pilihan. Meski demikian, jadi pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan.


Bagaimana Memulai Kebiasaan Hidup Sehat?

Lalu, bagaimana memulai kebiasaan hidup sehat? Memang tidak ada terlambat untuk memulai membiasakan diri hidup sehat. Tapi butuh konsisten dalam menjalaninya. Hal ini akan membuat kita merasakan hasilnya dikemudian hari. Harapannya, penerapan pola hidup sehat tidak hanya menjadi sesuatu yang berat, namun sudah menjadi rutinitas keseharian.


1. Ubah Mindset Kita Tentang Hidup

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memahami makna dari hidup sehat sendiri. Jika sudah, kita pun harus meyakini dan mengubah mindset kita, jika penerapan gaya hidup sehat adalah yang terbaik untuk menjalani hidup.


2. Mulai Kenali Kondisi Kesehatan Kita

Jika pikiran sudah kita fokuskan pada hal-hal positif yang menunjang kebiasaan hidup sehat, kita mulai fokus juga dengan kondisi tubuh kita. Apa yang terjadi dengan keadaan tubuh kita, akan membawa kita memilihkan hal-hal terbaik untuk tubuh.


3. Bergabung dengan Lingkungan yang Sehat

Memang terasa berat jika kita hanya menerapkan kebiasaan hidup sehat ini sendirian. Oleh karenanya, kita juga bisa mengajak orang-orang terdekat, termasuk keluarga untuk ikut serta menerapkan kebiasaan hidup sehat ini. Dengan tujuan menciptakan kondisi tubuh yang lebih sehat dan hidup berkualitas.


Apa Saja Kebiasaan Hidup Sehat yang Dapat Diterapkan?

Nah, jika sudah membulatkan niat untuk memulai menerapkan kebiasaan sehat, kini harus segea dimulai. Apa saja sih kebiasaan hidup sehat yang bisa kita terapkan?


Tidak hanya soal kesehatan fisik saja ternyata, dengan penerapan kebiasaan hidup sehat, kita juga berharap bisa sehat secara mental demi kehidupan yang berkualitas. Yuk, kita mulai terapkan kebiasaan ini.


1. Hindari Stres

Tanpa disadari, beban berlebihan pada pikiran juga bisa mengganggu kesehatan kita, baik fisik dan mental. Oleh karenanya, kita bisa mulai belajar mengelola stres, dengan memberi jeda sejenak pada kegiatan kita.


Memberi waktu sendiri untuk lebih tenang, mengatur nafas hingga merasa lebih rileks dan nyaman. Atau dengan melakukan aktivitas seni yang kita sukai, terbukti mampu menurunkan kadar kortisol yang membantu mengurangi stres dan kecemasan.


2. Cerdas Memilih Makanan

Makanan memang menjadi kebutuhan pokok kita untuk bertahan hidup. Hingga kini, banyak sekali jenis makanan yang bisa dikonsumsi. Mulai dari makanan alami yang dapat langsung dikonsumsi, sampai makanan olahan yang semakin nikmat untuk dinikmati.


Namun masalahnya, apakah kita sudah benar dalam memilih makanan untuk tubuh kita. Bukan tidak mungkin, jika makanan yang masuk dalam tubuh akan membawa dampak yang buruk untuk tubuh. Oleh karenanya, penting untuk memulai cerdas dalam memilih makanan sehari-hari.


Agar tidak salah, kita bisa pastikan makanan yang tersaji dalam piring sesuai dengan takaran pemenuhan gizi yang seimbang. Seperti lengkapnya pilihan olahan karbohidrat yang baik, tercukupinya serat, protein, dan juga pilihan lemak yang baik.


3. Mulai Batasi Konsumsi Gula

Konsumsi gula dalam tubuh yang berlebihan akan berpotensi memunculkan risiko penyakit, terutama diabetes. Bahaya diabetes kini juga sudah bisa diderita anak-anak, oleh karena itu kita harus mulai perhatian dengan apa yang kita konsumsi sejak dini.


Kebiasaan hindari makanan tinggi gula memang berat, apalagi bagi para pecinta manis. Namun, kita bisa menguranginya perlahan, sampai menjadi kebiasaan hidup sehat. Konsumsi manis bisa kita dapatkan dari gula alami, yaitu dari buah-buahan segar. Selain lebih sehat, kandungan gula pada buah segar tentu lebih rendah dibanding gula buatan.


yuk hidup sehat


Kesimpulan, Kebiasaan Hidup Sehat Bisa Dimulai Hari ini!

Nah, ternyata memulai kebiasaan hidup sehat sangat mudah jika sudah mengetahui langkahnya. Hal-hal sederhana yang bisa mulai diubah secara perlahan, akan memberikan dampak yang berarti jika dilakukan konsisten.


Tidak hanya aktif berolah raga, hidup sehat juga harus mulai dengan mengatur pola makan. Pemilihan makanan yang baik untuk tubuh kita, juga akan berdampak baik bagi kesehatan. Bahaya diabetes dan penyakit lainnya bisa mulai dipertimbangkan untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat dari hari ini! Cari informasinya lebih lengkap mengenai bahaya diabetes di solusi-diabetesku.com untuk hidup lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.