Lambung Tidak Nyaman? Ini Ramuan Alami untuk Penderita Maag yang Wajib dicoba!

 Munculnya rasa tidak nyaman di perut, bisa menjadi salah satu ciri jika kita menderita maag. Meski terkesan penyakit yang ringan dan mudah diatasi, namun tetap saja jika menyerang, rasanya luar biasa. Nah, apa sih sebetulnya penyakit maag ini?


Kalian kah salah satu penderitanya? Jika telat makan, banyak pikiran, kelelahan, atau hanya karena salah makan, lambung rasanya langsung panas, kembung di perut. Yes! Itu bisa jadi kalian menderita penyakit maag.


Apa itu Penyakit Maag?

Sakit maag atau dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut, seperti perut terasa penuh, rasa panas pada perut bagian atas, serta kembung. Gejala ini paling sering terjadi selama atau beberapa saat setelah makan. (laman alodokter).


Penyakit ini termasuk penyakit yang sangat umum terjadi dan biasanya bersifat ringan. Tergantung pada penyebabnya, sakit maag bisa berlangsung sesekali atau bahkan setiap hari.


apa itu maag


Meski tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit lambung ini perlu segera ditangani, agar tidak menimbulkan komplikasi. Sebetulnya, kondisi ini bukan suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit. Meski terbilang mudah untuk disembuhkan, akan tetapi maag juga bisa menjadi parah.


Benarkah kita mengalami MAAG? Coba rasakan ciri-ciri berikut yang bisa terjadi saat kondisi lambung tidak baik-baik saja. Antara lain:


  • Ada rasa nyeri di perut bagian atas atau ulu hati dan nyeri di tengah dada yang muncul ketika atau setelah makan.
  • Rasa panas pada perut bagian atas.
  • Perut terasa kembung
  • Perut mudah terasa penuh, baik ketika makan maupun setelah makan
  • Sering bersendawa dan kentut


Beberapa orang mungkin pernah mengalami ini sesekali. Namun, ketika ini terjadi berulang kali atau lebih dari dua kali seminggu, kondisi tersebut menyebabkan MAAG. Meski sama terjadi gangguan pada lambung, Maag tidak sama dengan GERD. Pada maag, asam lambung tidak naik ke kerongkongan, tetapi hanya di lambung saja.


Apa Penyebab Penyakit Maag?

Sakit maag dapat disebabkan oleh penyakit, seperti tukak lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, atau peradangan pada lambung (gastritis).


Setiap makanan yang kita konsumsi, tentunya akan masuk ke lambung dan dicerna secara kimiawi. Nah, pada proses pencernaan ini dibantu oleh enzim pepsin dan renin yang bercampur dengan asam lambung (HCl). Jika terjadi gangguan, mukosa akan rusak dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri.


Jika gangguan ini terus-menerus terjadi, asam lambung akan memecah mukosa dan menyebabkan iritasi dan peradangan. Kondisi inilah yang mengakibatkan sakit maag. Rasa nyeri karena maag akut disebabkan oleh asam lambung yang bersentuhan dengan lapisan mukosa. Akibatnya, ujung-ujung saraf menjadi lebih peka oleh rasa nyeri.


Selain itu, kondisi maag juga dapat diperparah oleh beberapa makanan dan minuman dengan rasa yang terlalu kuat. Misalnya jenis makanan yang asam, pedas, dan berminyak. Jenis minuman yang mengandung alkohol dan minuman berkafein juga lebih mudah memunculkan gejala maag.


Penyebab lain bisa karena kebiasaan makan yang kurang baik. Hal ini yang memperberat gejala Maag, seperti makan terburu-buru dan sering makan dalam porsi banyak sekaligus.


Bagaimana Mencegah Penyakit Maag Agar Tidak Sering Kambuh?

Maag atau gangguan pada lambung ini, dapat diatasi dengan mengubah perilaku sehari-hari. Termasuk pada pola dan kebiasaan makan. Menjaga konsumsi makanan yang memicu Maag, dapat menjadi salah satu pencegahan terbaik.


Baca juga: Kebiasaan Hidup Sehat


1. Atur Pola Makan

Dikarenakan penyakitya berada di lambung, maka hal yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi lambung kita. Dengan apa? Dengan memberikan makanan yang aman dan sehat untuk lambung. Kita sendiri yang bisa merasakannya, jadi, memilih makanan terbaik untuk lambung bisa meredakan Maag.


Selain pemilihan makanan, penting juga untuk memperhatikan jam makan kita. Tidak menunda makan adalah kunci pencegahan yang baik untuk penderita Maag. Makanlah dengan perlahan, juga hindari makan dengan porsi langsung banyak, karena memperberat kerja lambung.


2. Terapkan Pola Hidup Sehat

Selain pola makan yang perlu dijaga, pola hidup sehat juga harus dijaga dengan baik. Tidur setidaknya selama 7 jam setiap malam, akan sangat membantu meredakan kondisi tidak nyaman pada lambung tersebut.


Selain itu, penerapan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga ringan dengan berjalan kaki serta pilih makanan sehat yang rendah lemak dan rendah kalori.


Baca juga: Cara Menaikkan Berat Badan Alami


3. Konsumsi Ramuan Alami

Selain hal-hal pencegahan di atas yang bisa kita lakukan, ramuan alami yang benar-benar dari alam ini bisa lho ternyata membantu mencegah sering terganggunya kondisi lambung. Sudah disediakan gratis dari alam, mari kita nikmati manfaatnya untuk kesehatan kita.


Ramuan Alami untuk Penderita Maag

Sebelum memutuskan pergi berobat ke dokter, ada baiknya kita coba ramuan alami untuk penderita maag yang bisa membantu. Apa saja yang bisa dikonsumsi?


ramuan alami untuk penderita maag


1. Kunyit

Kunyit termasuk rempah-rempah yang banyak digunakan untuk obat alami tradisional. Nah, ternyata, dapat digunakan untuk membantu meringankan gangguan lambung. Hal ini karena kandungan polifenol di dalamnya, yang memiliki sifat anti-peradangan. Sehingga membantu meredakan kondisi lambung yang tidak nyaman atau sedang infeksi.


Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Sciences, kunyit disebut dapat membantu mencegah peradangan pada gangguan lambung. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dan anti peradangan dalam kurkumin.


2. Jahe Merah

Selain kunyit, obat alami herbal lainnya untuk membantu meredakan gejala maag yaitu jahe merah. Bumbu rempah yang satu ini memiliki sifat anti peradangan yang bermanfaat untuk pasien masalah lambung dan dapat meredakan rasa mual.


3. Umbi Garut

Memang belum banyak yang mengetahui manfaat umbi garut, termasuk aku pun masih belum kenal seperti apa umbi garut. Pasalnya tanaman ini kurang populer di Indonesia. Meski termasuk dalam jenis umbi-umbian, tapi keberadaan umbi garut ini tidak seterkenal singkong, ubi, talas, hingga kentang.


Namun, meski kurang terkenal, ternyata umbi garut ini punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh, termasuk menjadi ramuan alami untuk penderita maag.


Berdasarkan dari banyak jurnal yang membahas dan meneliti kandungan umbi garut ini, ternyata sari pati pada umbi garut bisa meningkatkan kadar pH lambung. Sehingga dapat menurunkan jumlah luka pada lambung.


Hal ini diperkuat dalam jurnal Potensi Antibakteri Umbi Garut sebagai Bahan Makanan Prebiotik yang di dalamnya dijelaskan kalau umbi garut bisa dijadikan sebagai makanan prebiotik yang di dalamnya mengandung pati resisten.


Apa manfaatnya pati resisten ini? Dalam pencernaan, pati resisten yang masuk ke dalam usus besar akan difermentasikan menjadi prebiotik baik yang bisa melawan bakteri jahat. Dengan begitu usus akan bebas dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan beragam penyakit pencernaan.


Nah, bagaimana cara mengonsumsi umbi garut untuk meredakan penyakit maag? Kita bisa mengonsumsi umbi garut yang sudah diparut lalu diperas airnya. Air umbi garut inilah yang bisa dikonsumsi untuk meredakan penyakit lambung.


Nutriflakes, Sereal Asam Lambung Berbahan Umbi Garut

Jika kesulitan mengonsumsi langsung umbi garut, atau bahkan sulit menemukannya, kini sudah hadir makanan yang berbahan dasar umbi garut. Lebih praktis dan memudahkan kita untuk mengonsumsinya sehari-hari.


manfaat umbi garut untuk lambung


Kalian bisa coba Nutriflakes. Merupakan sereal khusus untuk penderita gangguan pada lambung dengan bahan utama pati umbi garut yang diformulasi khusus untuk meredakan asam lambung tinggi. Produk ini aman dikonsumsi mulai dari anak-anak (usia 2 tahun) hingga lansia. Karena terbuat dari bahan-bahan alami dan sudah terdaftar BPOM.


Baca juga: Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung


Rasanya sudah disesuaikan sehingga nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, sereal ini juga cocok untuk yang sedang menjalani program diet. Kandungan karbohidrat dan nutrisi yang diperlukan tubuh terdapat pada sereal ini dan bisa memberikan efek kenyang, sehingga cocok dijadikan pengganti menu makan harian.


Kesimpulan, Coba Ramuan Alami dari Alam untuk Penderita Maag

Selain menjaga pola hidup yang sehat termasuk pola makan, kita juga bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan langsung dari bahan alami. Bahan alami yang sudah tersedia di alam, ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Termasuk mampu membantu mengobati penyakit maag.


Jika kesulitan untuk mendapatkan bahan alami tersebut, atau sulit dalam pengolahannya, kita bisa mengonsumsi produk yang sudah tersertifikasi aman yang terbuat dari bahan-bahan alami. Pastikan saja kandungannya memang aman untuk lambung dan dapat membantu mengobati keluhan pada lambung.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.