Ini Lho Caranya Agar Media Sosialmu Rame

 Media sosial yang ramai, bisa menjadi salah satu indikator jika akun kita mampu memberikan pengaruh pada orang lain. Pengaruh yang diberikan dari konten-konten, bisa kita lihat pada aktivitas follower di kolom komentar, jumlah penyuka hingga seberapa banyak yang membagikan konten tersebut.


cara sosial media rame


Tips Agar Interaksi di Media Sosial Bagus

Nah, untuk menjaga media sosial tetap bagus, banyak hal yang ternyata harus dilakukan untuk bisa menjaga kualitasnya, seperti:


1. Menjaga Kualitas Konten

Konten yang berkualitas tentu adalah kunci dari semuanya. Ketika Anda memberikan konten-konten yang berkualitas, maka tak sedikit audien yang tertarik untuk berinteraksi di sana.


Untuk hal ini, Anda juga bisa menggunakan kalimat-kalimat yang komunikatif atau menarik adanya diskusi di dalamnya. Tidak hanya pada kalimat, baik gambar maupun pemilihan warna juga bisa dibuat dengan sangat apik.


Sehingga follower akan merasa nyaman dengan isi konten, tata bahasa hingga visual pada akun Anda. Bukankah itu paket lengkap yang kita harapkan?


2. Konsisten Publish Konten Baru

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga loyalitas audiens, salah satunya dengan membuat konten secara konsisten.


Semua follower mengikuti dan berinteraksi pada akun media sosial Anda tentu karena menyukai konten di dalamnya. Itulah mengapa, kita juga perlu menjaga mereka agar interaksi yang sudah tercipta tidak terputus begitu saja.


Selain itu, publikasi konten yang konsisten juga akan membuat audiens lebih cepat mengingat akun Anda. Untuk menciptakan konsistensi tersebut, cobalah membuat jadwal. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kita mengatur waktu.


internet lancar sosial media rame


3. Membalas Komentar dengan Sopan dan Ramah

Interaksi yang kita inginkan tentulah interaksi yang baik-baik saja. Untuk itu, pastikan Anda hanya menggunakan kalimat yang sopan ketika melakukan komunikasi strategis untuk membalas komentar follower atau pengunjung lain.


Bahkan, Anda juga bisa menggunakan panggilan atau kalimat yang santai agar terlihat lebih ramah. Ketika Anda bersikap ramah, tentu akan mengundang orang lain untuk terlibat dalam percakapan tersebut.


Meskipun tidak mengenal atau belum pernah bertemu secara fisik, tapi semua orang tentu sangat suka jika diperlakukan dengan sopan. Dengan demikian, audiens pun akan merasa nyaman ketika berkomunikasi dengan kita.


4. Meningkatkan Keterlibatan Follower dengan Kuis atau Giveaway

Aktivitas di media sosial biasanya akan terlihat sangat ramai ketika kita mengadakan giveaway, kuis atau bahkan challenge tertentu. Untuk meningkatkan interaksi, mintalah audiens berkomentar, membagikan, menyukai hingga menyebutkan beberapa teman mereka pada kolom komentar.


Belajar dari banyak website teknologi, Anda bisa lho menerapkan penggunaan tagar yang relevan agar konten Anda bisa dijangkau lebih banyak audiens, termasuk yang mungkin belum mengikuti Anda.


5. Konten Fokus Memberi Solusi untuk Followers

Pernahkah melihat siapa saja pengikut Anda? Sebab, hal ini juga akan memudahkan membuat konten nantinya.


Perlu Anda ketahui juga, jika banyak diantara followers tersebut yang menyukai konten solutif. Artinya, konten-konten yang berisi tips atau trik adalah hal yang banyak dibutuhkan.


Hal ini tentu bisa dikaitkan dengan benang merah konten Anda, apa segmennya untuk orang tua, pekerja digital, pelajar atau bahkan penyuka binatang.


Membuat konten yang relevan dengan followers, juga akan membuat mereka dengan senang hati merekomendasikan akun Anda. Hal ini dikarenakan, para pengunjung merasa mendapatkan solusi atau jawaban melalui konten-konten Anda.


Kesimpulan, Membangun Interaksi dengan Followers Butuh Internet Cepat

Ya, untuk bisa membalas pesan, komentar dan berinteraksi dengan followers, tentu saja kamu membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Tujuannya, supaya kamu bisa lebih mudah mengakses media sosial, lebih konsisten memproduksi konten yang berkualitas, bahkan menciptakan konten-konten yang inspiratif.


IndiHome dari Telkom Indonesia memahami kebutuhan para kreator digital akan akses internet cepat. Itulah sebabnya, IndiHome menyediakan berbagai paket internet dengan kecepatan yang berbeda-beda, mulai dari 30 Mbps hingga lebih dari 100 Mbps.


Selain itu, IndiHome sudah menggunakan teknologi router fiber optic yang memungkinkan para pelanggannya bisa mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Dengan teknologi ini, kamu dapat mengunggah konten video ke media sosial dengan lebih efisien dan tak perlu khawatir akan terjadi gangguan pada jaringan.


Selain itu, teknologi router fiber optic juga membuat pengguna bisa menikmati koneksi internet yang lebih aman dan terjamin keamanannya.


Adanya interaksi pada akun media sosial, tentu menjadi salah satu hal yang cukup menyenangkan, terlebih jika Anda adalah pemilik bisnis. Berbagai interaksi yang tercipta di dalamnya, tentu sangat berpengaruh pada engagement rate.


Tingginya nilai engagement rate juga menentukan seberapa “menjual” konten Anda. Di saat yang sama, membangun dan mengelola media sosial harus didukung dengan akses internet yang cepat, stabil, dan aman, seperti koneksi internet dari IndiHome. Kalau kamu belum jadi pelanggan IndiHome, cus langsung daftar saja di website IndiHome.

34 komentar:

  1. aku nih yang agak jarang dan gak konsisten publish Konten Baru, hehehe. kadang jarang juga komen! hahaha, mau ga rame gimana ya akun sosmed aku. duuh. untungnya sih ada indiHome, mau aku kembali aktif lagi di sosmed gak masalah. indiHome kan jaringannya stabil ya, gak akan ada gagal komen atau upload feed dong

    BalasHapus
  2. kasi solusi, kuis, dan giveaway ini yang aku masih jarang. pantes aja medsosku gitu2 doang, yak

    BalasHapus
  3. Kehadiran media sosial menurut saya memang sangat bermanfaat dan mendukung ya, Mbak. Tidak hanya sekadar jejariangan sosial menambah teman seperti dulu. Saya pun sangat terbantu dengan promo buku dan jualan. Dan memang, harus konsisten posting dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Bisa dicoba nih mba tips nya. Aku juga lagi usaha membangun interaksi dengan follower

    BalasHapus
  5. iyaa kak setuju, pernah baca saran seseorang katanya juga kalau ada followers yg komen di IG wajib untuk cepet2 dibalas. Ternyata biar membina hubungan baik dengan mereka ya. Dan sekarang bersosmed makin asyik dengan internet cepatnya Indihome.

    BalasHapus
  6. Media sosial saat ini tidak hanya untuk up date status saja, ya. Tetapi jangkauannya lebih luas lagi dalam bersosialisasi dan juga bisa menjadi sumber penghasilan, apalagi kalau didukung dengan akses internet yang cepat dan stabil ya

    BalasHapus
  7. pr banget nih buat aku untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berkomentar di postingan IG padahal kalau mau IG nya sukses memang harus rajin ya balas komentar

    BalasHapus
  8. Makasih tipsnya nih. Aku baru kurang aktif di IG semoga nanti akan kembali rajin posting lagi

    BalasHapus
  9. hmmm jadi catatan bangettt inii, "kasih solusi" untuk followers huhu.. jadi evaluasi diri ini aku selama ini udah kasih solusi belumm

    BalasHapus
  10. Penting banget bagi seorang konten kreator untuk memiliki media sosial yang rame ya mbak
    Biar engagement nya bagus

    BalasHapus
  11. Konsisten menayangkan post di medsos ini sih yang sesungguhnya beneran nggak mudah. Apalagi kalau semuanya di-handle seorang diri saja. Padahal konsistensi menyapa follower memanglah kunci biar akun tetap ramai dan makin banyak mendapatkan kunjungan dari calon pengikut baru.

    BalasHapus
  12. Biar engagement bisa naik untuk medsos seperti IG memang perlu interaksi. Jadi ER nya bisa bagus ya semisal daftar job hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Kejar kejaran interaksi ini sih yang menentukan banget ya, Kak Fenni. Biar akun juga jadi hidup karena tiap hari ada notifikasi masuk.

      Hapus
  13. Hahaha, masih jadi PR banget buat saya ini, Kak. Pas ada yang komentar di Instagram, niatnya entar bales pas on di lappy. Eh, lupa. Terus aja begitu sampai komentar banyak tak berbalas.

    BalasHapus
  14. Sebagai seorang blogger, punya akun media sosial yang aktif itu penting banget. Selain biar kelihatan eksis, juga bisa ngebantu untuk mendapatkan lebih banyak interaksi ke blog. Semoga tips di atas bisa saya terapkan agar sosmednya menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  15. Giveaway nih nggak enaknya bikin followers rame kalo lg ngadain doang. Kalo gada GA konten balik sepi lagi 😆 raorang nih emg hehe

    BalasHapus
  16. Konsistensi yang perlu saya tingkatkan. Karena saat ini posting IG ya udah posting aja. Dan itu enggak terjadwal.

    BalasHapus
  17. Bener banget tuh kak tipsnya. Mulai dr upload hingga interaksi emang butuh koneksi internet mumpuni. IndiHome emang paling pas buat memenuhinya.

    BalasHapus
  18. Aku udah lama banget pake indihome dan selalu puas dengan layanannya yang sangat memudahkan content creator untuk berkreasi!

    BalasHapus
  19. Saling interaksi sebenernya bisa bikin engagement rate naik. Aku jg lg mau benerin feed IG sih biar agak enak diliat hehe

    BalasHapus
  20. Saya pernah mengalami lagi berbalas chat dengan teman di sosial media, eh karena sinyal lemot, pesan terkirim sebagian sebagian. Jadinya salah paham deh. Malu juga. Internet cepat pasti gak bakalan bikin kekeliruan seperti pengalaman saya itu

    BalasHapus
  21. Sepakat dah kalo harus pakai internet cepat karena gimana bisa menarik followers jika gak ngonten lah ngonten butuh internet kan ya...mantap dah IndiHome juga sangat membantu pekerjaaku di dunia digital

    BalasHapus
  22. Banyak banget PR yang harus saya lakukan untuk membuat media sosial saya jadi tambah rame. Selama ini belum konsisten, baik membuat konten atau juga berbalas komen.

    BalasHapus
  23. Masih menjadi PR nih untuk bisa membalas setiap komentar secara konsisten. Hanya pada waktu tertetu saja reply comment, kalau reply DM pasti di saat itu juga

    BalasHapus
  24. wqwq membalas komentar masuk yaa. tapi semoga apa pun kondisinya, komunikasi harus tetap berjalan sih

    BalasHapus
  25. Iya sih, bener juga. Saat ini dalam sehari bisa ada jutaan konten yang diunggah ke media sosial. Dengan segitu banyaknya, jelas konten yang berkualitas dan bermanfaat yang pastinya dibutuhkan oleh pengguna internet ya

    BalasHapus
  26. makasih tipsnya, masih berusaha untuk konsisten membuat konten. sempat hiatus setelah bapa meninggal, eh pas mau mulai mengaktifkan medsos lagi sdh ketinggalan jauh :(

    BalasHapus
  27. Bener sih kalau mau engagement sama reach medsos gede, kudu ningkatin interaksi nggak cuma update IGS atau post feed terus tinggal. Tapi ya emang, kuncinya internet cepat supaya semua juga lancar dilakukan

    BalasHapus
  28. Pe-eR ku banget ini, aku belum konsisten publish konten baru dan balesin komen suka telat, huhuhu

    BalasHapus
  29. Aku pengen ngadain giveaway belum jadi-jadi nih kak 🤣
    Padahal semarak give away bukan hanya bikin rame konten kita, tapi juga nambah followers ya kan..

    BalasHapus
  30. Wah tips yang bagus banget buat memaksimalkan media sosial sehingga bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak. Tapi sayang banget eh, aku dah lama hiatus dari media sosial. Lagi pengen fokus kerjaan (kisahnya). Nanti aku coba deh tipsnya. Zen

    BalasHapus
  31. konsisten publish ini yang belum saya bisa lakukan, masih suka malas-malasan gitu dna sesuka hari kapan aja uploadnya, wah dengan membaca ini jadi mulai ngatur jadwal kayaknya agar konsisten

    BalasHapus
  32. Saya gak rutin nih bikin konten.
    Se-moodnya aja gituh..
    Mana kontennya ngalor ngidul lagi..
    huh.....

    BalasHapus
  33. Anonim30/3/23

    wah, boleh juga nih dicoba ya, memang kalau pengen terus eksis harus ada interaksi yang bagus biar terus dikenal hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.