Pentingnya Melakukan Simulasi Kredit Mobil Bekas

Kredit mobil meskipun dalam kondisi bekas bukan sebuah keputusan finansial yang remeh. Kamu wajib mempertimbangkannya dengan matang terlebih dahulu. Jangan lupa untuk simulasi kredit mobil bekas agar tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan di awal dan bulan-bulan berikutnya.


Melakukan simulasi kredit ternyata begitu penting karena beberapa alasan yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini. Mari simak penjelasan lebih lengkapnya dan jangan skip informasinya sampai bagian akhir, ya!


Pentingnya Melakukan Simulasi Kredit

Ini dia beberapa poin yang membuat simulasi kredit mobil, baik untuk yang baru atau bekas menjadi sangat penting.


1. Menghitung Pembayaran Kredit Mobil Bulanan

Setiap orang yang bekerja tentu akan memiliki penghasilan, biasanya akan dihitung sebagai pendapatan bulanan. Melalui simulasi kredit mobil, kamu akan mengetahui berapakah cicilan atau biaya yang harus dibayarkan per bulan.


simulasi kredit mobil bekas


Dengan biaya per bulan sebanyak sekian juta, apakah akan mengganggu finansial secara keseluruhan atau tidak? Jika belum sesuai dengan pendapatan yang kamu hasilkan setiap bulan, ada opsi untuk menunda pembelian mobil.


Selain itu, bisa juga mengganti ke mobil bekas lain dengan harga lebih murah sehingga biaya cicilan yang harus dibayarkan lebih rendah.


Baca juga: Ciri Mobil Pernah Turun Mesin


2. Menilai Total Pinjaman

Saat membeli mobil dengan sistem kredit, ada bunga serta biaya asuransi yang mesti dibayarkan. Melalui kalkulator simulasi kredit pula, kamu akan mengetahui berapakah total pinjaman yang harus dilunasi. Kamu juga bisa menilai apakah jumlahnya sebanding dengan yang didapatkan atau tidak.


3. Memastikan Bisa Melunasi Pinjaman

Melakukan simulasi kredit sebelum membeli mobil adalah wajib. Dari simulasi ini, kamu bisa memastikan bisa atau tidak untuk melunasi pinjaman tersebut sampai akhir.


Jangan sampai ada kredit macet dan akhirnya mobil ditarik kembali oleh leasing karena memaksakan kredit yang sebenarnya di luar kemampuan.


Baca juga: Manfaat Perawatan Mobil Berkala


4. Membandingkan dengan Metode Pembayaran Lainnya

Dengan mengetahui secara detail berapa jumlah pinjaman, berapa cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, kamu bisa membandingkannya dengan metode pembayaran lain. Misalnya membandingkan dengan sistem pembayaran tunai atau cash.


Setiap metode pembayaran pasti punya plus minus dan kamu bisa memilihnya berdasarkan keuntungan atau kerugian yang akan didapatkan.


Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran


Kesimpulan, Rekomendasi Simulasi Kredit Online

Platform mobbi yang dahulu dikenal dengan mo88i merupakan marketplace khusus yang berisi mobil-mobil bekas. Selain menjual dan membeli, kamu bisa melakukan simulasi kredit mobil bekas di mobbi.


Fitur simulasi kredit ini bisa diakses setiap kali kamu membuka produk mobil bekas. Scroll saja terus ke bawah untuk menemukan kalkulator kreditnya. Kemudian kamu tinggal memasukkan DP, memilih tenor, dan memasukkan penghasilan.


Selain mengetahui cicilan yang harus dibayar per bulan, simulasi kredit di mobbi ini juga akan menilai apakah kredit ini layak untuk profil finansial kamu atau tidak. Jika masih belum sesuai, kamu bisa memilih mobil lain yang harganya lebih murah.


Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.